Wednesday, October 07, 2015

Kehidupan Kita dan Google

Tak terasa hidup kita makin bergantung pada google.

 
Kenal dengan ikon-ikon diatas, kan? Mana yang teman-teman gunakan secara aktif? Sebagai blogger, saya menggunakan hampir semuanya, kecuali google photos dan street views. Pernah sih ngintip streetviews sebentar. Selain ikon-ikon tersebut, masih ada aplikasi google lain di handphone saya yang belum pernah saya klik. Untuk smartphone berbasis android, google masuk ke perangkat kita dalam satu paket aplikasi. Meski beberapa aplikasi tak kita butuhkan, tetap saja terdownload. Mungkin bisa menghapus yang tidak kita butuhkan itu, tapi saya belum sempat mengutak-atik.
Ketergantungan kita pada google makin hari makin dalam sehingga membentuk rantai maya informasi dan komunikasi yang melilit pada diri kita, yang semuanya bersifat social networking.

Jika saya boleh membagi ikatan kita dengan google, mungkin seperti ini jadinya:


Untuk Pekerjaan
Untuk pekerjaan, banyak yang memiliki akun gmail untuk berkomunikasi dan memanfaatkan google drive untuk menyimpan data. Kita mempercayakan semua rahasia pekerjaan pada google. Akun gmail saat ini merupakan layanan email gratis terfavorit karena loading-nya lebih cepat dibandingkan yahoo. Yahoo mail malah beberapa kali hang, membuat pekerjaan tidak bisa diselesaikan hari itu. Belum lagi gangguan iklan yang kadang menutup dashboard dan bahkan muncul di bagian atas inbox. 
Akun gmail juga menjadi kunci pembuka semua fasilitas atau aplikasi google yang kita butuhkan. Dengan satu akun gmail, kita bisa memanfaatkan G+, youtube, blogspot dan sebagainya. Bagi yang sedang membangun branding, ini sangat membantu karena kita akan tampil sama di semua kanal milik google.
Yang bekerja sebagai blogger bisa memanfaatkan akun gmail tersebut untuk membuat blog di blogspot, lalu menghubungkannya dengan G+ untuk share link secara otomatis. Foto yang tersimpan di G+ bisa kita buka di gallery smartphone yang menggunakan ID gmail, kemudian bisa kita share di Instagram. Jadi satu foto bisa muncul dimana-mana, tak perlu kerja dua kali untuk platform yang berbeda.

Untuk Hobi
Teman-teman bisa memanfaatkan youtube dan blogspot untuk belajar menguasai hobi yang diminati. Banyak tutorial yang bisa dipelajari secara mandiri. Setelah berhasil, kita bisa gantian memajang karya-karya tersebut. Bagi yang hobi menulis bisa mengasah ketrampilannya dengan terus ngeblog sampai ketemu genre dan gaya tulisan yang terbaik bagi kita.

Untuk Bersosialisasi
Selain google hangout yang bisa digunakan untuk pembicaraan jarak jauh, ada yang tidak kita sadari peran pentingnya. Berapa smartphone yang teman-teman punyai? Sekarang, kita tak lagi dipusingkan dengan daftar kontak jika ingin berganti smartphone. Bahkan kita juga bisa memiliki dua atau lebih smartphone dengan daftar kontak yang sama. Ini berkat sinkronisasi dari akun gmail kita. Nomor whatsapp dan pin BB pun bisa tersimpan dengan baik. Jika smartphone rusak, tak perlu takut kehilangan data kontak teman-teman dan kolega.
Perangkat online berupa google maps bahkan bisa membantu sosialiasasi secara nyata. Google maps membantu kita menunjukkan lokasi yang akan kita kunjungi dan memperkirakan jarak tempuhnya. Belakangan google streetview melengkapi kemampuan visualisasi google map. Kita bisa melihat tempat yang ingin kita kunjungi secara riil.

Google Search
Semua berawal dari google search yang kemudian merambat ke aplikasi lain. Mesin pencarian ini sekarang seolah menguasai semua kegiatan internet kita. Apapun yang kita butuhkan, kita selalu mencarinya melalui google search, termasuk pentunjuk kemana mencari referensi ilmiah. Bagi blogger, google search adalah parameter utama untuk melihat kesuksesan sebuah artikel menarik pengunjug dengan tampil di halaman pertama.

Dibalik semua lancarnya kegiatan kita berkat  google, kehati-hatian tetap sangat penting. 


  1. Sinkronisasi bisa berbahaya jika ada yang bisa membobol akun gmail kita. Dengan akun gmail tersebut, bisa terakses pula blog, G+, foto-foto yang terpublikasikan, dan lain-lain. Karena itu usahakan menggunakan akun email yang berbeda, khusus untuk login di platform lain seperti twitter, facebook dan aplikasi online lainnya. Jangan simpan file penting di cloud, lebih baik di CD , external drive atau flash dics.
  2. Perhatikan setting masing-masing fitur atau aplikasi. Ini juga akibat sinkronisasi. Misalnya google photos yang setingan defaultnya adalah sinkronisasi melalui fitur "back up". Jadi begitu kita gunakan aplikasi ini, otomatis semua yang ada di handphone kita, baik yang sudah diedit maupun yang privat, akan bisa dilihat pula secara online melalui file di G+. Karena itu jangan lupa untuk setting "off" agar hanya bisa dilihat secara offline di handphone tersebut saja. Yang seperti ini tidak ada option setuju atau tidak setuju dan tidak ada notifikasi, diam-diam foto-foto yang kurang sopan untuk konsumsi pribadi bisa terpublikasi tanpa kita sadari.
  3. Hati-hati dengan "back up". Selain yang terjadi dengan google photos diatas, fitur "back up" juga ada di beberapa aplikasi lainnya, seperti google drive. Harus diperhatikan bahwa yang namanya "back up" di google itu itu berarti disimpan pula di aplikasi google lainnya. Jadi, jika fitur tersebut kita klik dengan maksud untuk jaga-jaga jika google drive error, yang terjadi file kita tersebut malah terpublikasikan dan bisa dilihat secara online.
  4. Jangan senang dulu jika mobil google streetview masuk ke lingkungan kita. Itu berarti privasi kita sebagian terambil. Beberapa hari lalu seorang teman di facebook dengan riang mengunggah view rumah neneknya. Ketahuilah bahwa itu membahayakan nenekmu, apalagi jika nenekmu tinggal sendiri, karena di foto tersebut terlihat jelas posisi pintu depan, pintu samping, dan plat nomor mobil yang parkir di halaman dalam lantaran kamera google streetview cukup tinggi untuk melihat melampaui pagar rendah.
Teknologi selalu punya dua sisi. Satu sisi memudahkan hidup kita, sisi lain mengambil privacy kita. Pandai-pandai menyiasatinya, ya.

27 comments:

  1. Nah, aku masih bingung soal yang sinkronisasi itu. Bahaya juga ya kalo sampai akun kebobolan

    ReplyDelete
    Replies
    1. google maps bener2 membantu kl lagi jalan ke kota baru,yaa meskipun beberapa kali pernah kesasar karena beloknya g sesuai..tapi lumayanlah hehe

      Delete
  2. duh iyaa...emailnya kepake untuk semua akun ya mba..kudu hati2 nih...

    ReplyDelete
  3. Akhir-akhir ini aku sering nerima email pencegahan upaya masuk gitu Mbak Lusi. Katanya ada yang coba masuk ke akun google pake emailku. Jadi khawatir.

    ReplyDelete
  4. Google juga menakutkan, dia tau kalo aku mau terbang pake pesawat. Dia mengingatkan gitu ihik ihik #Serem

    ReplyDelete
  5. Aku pernah baca artikel yang ngebahas tentang sindrom Google yang bisa menganggu cara kerja otak, dengan Google otak jadi ngga dirangsang untuk mengingat informasi, soalnya otak tahu kalau ada apa-apa tinggal tanya Google maka akan muncul jawabannya. Gitu :/

    ReplyDelete
  6. Google Map aku pakai kalua pas ada acara aja mbak :)

    ReplyDelete
  7. Teknologi selalu menjadi pisau bermata dua *tsah *sok bijak bener eike wekekek

    ReplyDelete
  8. idem sama mba liany...tahunya make doank...duh saya pake satu email nih keculai untuk blog

    ReplyDelete
  9. ouh, thanks for sharing mak, sy blm emmanfaatkan maksmal google. batu tau back up bisa membuka data kita ke luar ya...duh harus banyak belajar nih saya soalnya paling males baca2 petunjuk apalagi kalo english..

    ReplyDelete
  10. Itulah dunia maya, semakin tipis jaraknya dengan dunia nyata. Aku menggunakan email berpeda disetiap akun sosial maupun untuk beremail ria. Memang jangan terlalu mengumbar foto pribadi yang berlibihan. Takut disalah gunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

    ReplyDelete
  11. Apa-apa kalau nggak tahu seringnya langsung search ke google. Seperti kejadian saat baby Ghifa nafasnya grok grok mak. Ya meskipun tak semua jawaban yg saya cari ada.

    San setuju kalau yahoo email itu lemotnya minta ampun. Makanya sekarang sudah mulai aku pensiunin mak

    ReplyDelete
  12. yang belum saya gunakan itu google photos mbak, tapi saya pakai satu email nih buat kemana-mana soalnya untuk memudahkan, tapi email untuk FB dan blog berbeda sih mbak, duhhh semoga gak kenapa2 ya

    ReplyDelete
  13. duh aku sebenarnya ga setuju sama google street view. nyasar2an mmng terbantu dg google map. tp kalo ada street view, kayaknya jd kurang seru berpetualang.

    ReplyDelete
  14. Google memang sekarang sudah melebarkan sayapnya dalam berbisnis, dari yang dulunya hanya mengandalkan mesin pencari, sekarang banyak fitur fitur yang bermanfaat...saya juga hampir semua produk google saya gunakan...sekarang memang satu akun bisa buka semuanya. jadi harus hati hati untuk menjaga akun kita...

    ReplyDelete
  15. Sisi positifnya banyak sekali yang dapat kita manfaatkan ya, namun ada beberapa hal yang perlu kehati-hatian juga dari adanya beberapa pasilitas tsb :D

    ReplyDelete
  16. yang street view itu sya rasa juga yeremin. bahaya kalau ada yang punya niat jahat.

    Bahaya banget

    btw, google memang kayaknya udah jadi pendamping hidup gitu ya.
    apalagi google search, sering bnget di akses buat nyari sesuatu

    ReplyDelete
  17. smpat trpikir pgn back up, stlh baca ini jd balik kanan, gk jd back up,
    tfs mbk lus

    ReplyDelete
  18. samapi saat ini aku nggak paham ama sinkronisasi itu mak..takutnya foto2ku terpublish otomatis...mati aku mak kalo sampe kejadian...

    ReplyDelete
  19. setuju, seperti dua sisi mata pisau.

    Saya juga merasakan manfaatnya. Termasuk ketika mengajarkan pelajaran ke anak-anak trus ada yang gak bisa, modalnya tanya ke Google. Tapi memang harus pandai menyaring semua info :)

    ReplyDelete
  20. Bener banget tuh, harus hati-hati nih jangan sampe salah langkah..

    ReplyDelete
  21. Malahan si founder Google, kang larry page mau bikin perusahaan lagi yang bernama Alphabet, perusahaan itu akan menjadi perusahaan induk bagi semua produk dan layanan Google.

    ReplyDelete
  22. bener banget nih. tiap hari pasti buka google. entah nyari artikel lah, nyari bahan buhat kuliah lah, dan sebagainya. apalagi kalo di snkronisasi. lebih mempermudah pengguna. tp mang bahaya juga sih kalo sampe dibobol akunnya. smaoga ja ga trjadi.

    ReplyDelete
  23. kebanyakan pekerjaan saya berhubungan dengan google.. maaksih banyak mas tipsnya.. sangat bermanfaat.. ternyata kita harus hati2 juga ya sama akun gmail kita.. kalau sampai ada yang bobol lumayan jg sih.. bisa gawat

    ReplyDelete
  24. wah berarti akun emailnya ga boleh campur sembarangan ya? hmm tks mba sangat membantu nih artikelnya :)

    ReplyDelete
  25. Duh google emang makin canggih dan ngeri nih.. apa semua aspek kehidupan kita bisa terjawab oleh google, sang robot yang sebenernya adalah penciptaan dari manusia, tapi manusia itu pula yang dikendalikan.. hadeuuhh

    ReplyDelete
  26. Google memang sakti sih maaak.. Kami juga banyak pakai dan sempat di kantor di Jenewa kita pakai layanan gmail yang securitynya di upgrade .. Sepanjang tau rambu-rambunya I think we're good ;)

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.