beyourselfwoman.com: Best of 2015, What in 2016

Thursday, December 31, 2015

Di hari terakhir 2015, saatnya memberikan catatan khusus tentang best of 2015 dan what in 2016 dari blog saya beyourselfwoman.com.



Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih kepada teman-teman yang telah memberikan dukungan pada blog ini, baik sebagai silent readers, komentator, menyebarkan linknya, maupun memberikan petunjuk bagaimana memperbaiki kinerja blog ini. Sungguh, saya belajar banyak dari teman-teman. Saya memang jarang bertanya, tapi saya memperhatikan. Karena waktu saya yang terbatas, bukan karena sibuk melainkan karena melamban, dengan terpaksa saya memilih lebih banyak menyimak teman-teman yang bisa saya timba ilmunya tanpa banyak bertanya. Sementara lainnya, saya sapa seperlunya ketika kebetulan berpapasan di media sosial.

Tahun 2015 sudah saya niatkan untuk ngeblog laiknya orang bekerja. 

Saya punya waktu rutin untuk menulis, berinteraksi di media sosial dan sesekali datang ke acara offline. Selebihnya, waktu saya untuk kegiatan lain di luar blogging dan media sosial. Sama seperti profesi lain, ketika jam kerja selesai, interaksi dengan para relasi juga selesai, masuk ke kehidupan privat atau hobi lainnya.
Tahun 2015 tak disangka juga masih memberikan kesempatan pada saya untuk jalan-jalan ke Bali bersama Sari Husada dalam program Jelajah Gizi Nutrisi Untuk Bangsa. Prioritas hidup tiap orang berbeda. Traveling diluar agenda keluarga tidak masuk dalam komitmen tahun 2015 saya, tapi selalu menggoda. Banyak lomba berhadiah jalan-jalan yang saya lewatkan, tapi untuk yang satu ini tiba-tiba teman saya menyodorkan ide tentang apa yang harus ditulis dan akhirnya menang.
Komitmen untuk tidak melibatkan keluarga dalam mengejar lomba blog juga berhasil saya penuhi, meskipun setengah mati menahan diri untuk tidak kepikiran melihat hadiah-hadiahnya yang bisa untuk membetulkan tembok dapur saya. Komitmen tersebut adalah untuk menghormati privacy mereka. Hanya ada satu foto anak saya yang khilaf saya masukkan untuk lomba blog tentang mobil dan akhirnya kalah. Foto tersebut segera saya hapus. Kebetulan tahun ini tidak ada job review yang mengharuskan anak-anak jadi bintang iklannya, jadi saya tak perlu membujuk mereka untuk mau tampil. Cukup mamahnya saja yang fotonya beredar ke seluruh dunia dan menghasilkan gadget atau uang jajan.
Karena itu pula, frekuensi lomba blog saya tidak banyak. Brand sekarang berusaha mendekatkan diri dengan kehidupan sehari-hari konsumennya, sehingga lomba blog juga banyak yang bertema keluarga, dari tentang bayi hingga kakek nenek. Ilustrasi tentang mereka menjadi senjata ampuh untuk memenangkan lomba. Sebenarnya memang sayang sekali jika tidak diikuti karena temanya mudah, keseharian kita. Tapi komitmen yang sudah dibuat harus berusaha ditaati dan alhamdulillah ada beberapa yang menghasilkan hadiah, baik gadget, pulsa, barang, maupun uang. 

Tahun 2015 pula blog ini seperti sah disebut sebagai lifestyle blog berkat masuk dalam nominasi award oleh Blogger Camp ID yang jurinya adalah para blogger senior dan kondang. Bagi saya blog lifestyle itu seharusnya tidak sekedar gado-gado. Tiap manusia itu unik. Keunikannya itu harus mampu menggariskan kekhasan dalam blognya.
Sebagai blog lifestyle, pada akhirnya beyourselfwoman dotcom memiliki ruang lingkup yang luas. Namun sejak blog baru ini menggantikan blog lama yang namanya lebih susah, sudah saya gariskan bahwa akan banyak artikel yang bersifat detil, informatif, bahkan teknikal dengan target pembaca perempuan. Semua artikel diusahakan berasal dari self-experience, yang berarti meminimalkan artikel hasil browsing sana-sini. Karena itulah, teman-teman akan jarang menemukan artikel yang bertema terlalu mengambang dan curhat di blog ini, meskipun tetap saya sediakan kategori "woman", jika sewaktu-waktu tak tahan pengin curhat.
Meski range-nya sangat luas, tapi dari data tahun 2015 tampak bahwa artikel yang popular di blog ini sudah sesuai dengan harapan saya untuk mengambil segmen perempuan yang sibuk berkarya tak jauh dari rumah atau keluarga. Namun demikian, saya merasa bahwa blog ini belum memiliki cukup banyak artikel seperti yang saya harapkan agar nantinya menjadi referensi bagi perempuan yang demikian dalam berkegiatan.
Tahun 2016, seperti yang sudah saya gariskan diatas, akan lebih banyak lagi artikel yang informatif dan teknikal bagi perempuan. Akan ada tambahan artikel parenting secara umum, bukan tentang kegiatan anak saya. Semboyannya tetap sama, mencoba mengakali hidup agar keseharian perempuan bisa lebih mudah.

Lomba-lomba tetap akan saya ikuti karena itu juga merupakan pintu rejeki. Tapi yang berhadiah jalan-jalan tidak akan coba-coba saya ikuti lagi sampai pertengahan tahun 2016. Setelah itu, mungkin saya bisa lebih merdeka.
Job review dan buzzing tetap saya tunggu-tunggu dan masih dengan ketentuan tidak mengandung SARA, bukan makanan atau minuman yang melanggar ajaran Islam, tidak berhubungan dengan pihak-pihak yang sedang tersangkut masalah hukum terutama korupsi, tidak berkaitan dengan dukungan politik dan ketentuan lain tergantung dari penawarannya. Sedangkan untuk placement article, mungkin perlu saya pikirkan lagi karena saya tidak ingin teman-teman merasa asing jika datang ke blog ini, tapi sebenarnya itu kesempatan bagus juga jika ketentuannya tidak terlalu mengikat, terutama untuk ijin mengedit.
Saya berterima kasih kepada teman-teman, agensi dan brand yang telah memberi saya kepercayaan selama tahun 2015, semoga kepercayaan tersebut berlanjut di tahun 2016.
Beberapa teman, dan juga saya sendiri, mengatakan bahwa 2015 adalah tahun yang hiruk pikuk dalam dunia blogging di Indonesia. Ada hiruk pikuk yang baik, yang menghasilkan peningkatan diri. Ada pula hiruk pikuk yang tak perlu, yang membuat sebagian jengah. Ada yang memilih diam, tapi terus mencari jalan aktualiasasi diri. Ada yang mengaku tak suka keributan tapi tak mampu menghentikan kata-katanya sendiri.
Tahun 2016 tampak sebagai masa depan yang sangat cerah bagi kami, para blogger. Lihatlah teman-teman yang satu persatu muncul sebagai blogger yang memiliki banyak prestasi, baik sebagai pejuang kemanusiaan, pemenang lomba berskala besar, peraih penghargaan, bahkan sebagai brand ambassador. Meski belum ada ikatan atau asosiasi profesi resmi bagi blogger, tapi sudah banyak teman-teman yang bisa menghidupi keluarga dari ngeblog dan kami juga membayar pajak untuk hadiah dan kontrak kerjasama.
Semoga blog ini bisa mengikuti kesuksesan blog teman-teman hebat saya. Insya Allah, tak akan putus saya terus belajar dan mengikuti perkembangan yang ada. Sampai jumpa lagi di tahun 2016.

You Might Also Like

37 comments

  1. Sesekali, blogku diberi masukan juga biar lebih semangat ngeblog.
    Aku belum pernah ikut lomba, masih malu.
    Aku main blog juga niatnya juga main-main.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halah ikut aja lombanya. Akupun sering kalah.

      Delete
  2. Sama dgn komentar di atasku ini mak. Aku pun masih setengah hati menjadikan blog sebagai pekerjaan. Anak-anakku malah senang difoto-foto dan dimasukkan ke blog, mereka kegirangan pas kuliatin fotonya di blog. Anak yg tengah malah marah karena dia terlewat difoto hihihi.. Tapi ga tau kalau nanti udah gedean, apa masih mau difoto dan dimasukin ke blog. Sekarang sih narsisnya ngelebihin mamaknya nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau sudah ABG memang rada susah kalau anaknya pendiam :))

      Delete
  3. Bagi rahasianya dong mbak, cara dapat job review. #Eh ngarep hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kebanyakan via teman. Ada juga nyang nyasar kesini. Gabung komunitas coba.

      Delete
  4. Asekkkk, tahun 2015 banyaaak rejeki ya mak.
    Moga2 tahun depan juga penuh berkah untuk kita semua, amiiiiin

    bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  5. Insya Allah....semoga tahun 2016 makin berkah blognya aamiin
    makin kesini ulasan di blog ini makin kece mak,udah kece tambah kece pula..hal sederhana bisa jadi tulisan panjang,idenya selalu mantap...^^

    ReplyDelete
  6. Betul banget Mbak setuju 2015 itu tahun yang hiruk pikuk dengan dunia blogging haha. Dan 2016 semoga akan lebih baik lagi.

    ReplyDelete
  7. sy belajar banget dr catatan mak lus ini...
    ternyata blogging telah menjadi bagian dr sy dan keluarga. sy msh terus belajar dr blogger2 lain..n membiarkan semuanya mengalir...
    pencapaian dan rezeki dr blog di thn 2015 alhamdulillah msh jd keberuntungan sy... tp menulis dg karakter di blo atau jd blogger yg berkarakter terasa msh jauh... tp bkn tdk ingin smp kesana.
    semangat ah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayapun berusaha konsisten ngeblog agar karakter terbentuk dg sendirinya

      Delete
  8. Tahun 2015 banyak karunia dari Allah. Moga makin sukses di tahun 2016. Nah kayaknya memang menarik kalau bagi-bagi tips suksesnya mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheheee semua hebat dengan keunikan masing2

      Delete
  9. angin apa sih mba..yang menghidupkan lagi dunia blogging di 2015 ini? aku smapai sekarng masih bingung hahah. soal target pembaca, aku juga inginnya wanita..makanya tulisanku juga keseharian 'wanita single'. tapi mba, demografiku trenyata banyakan cowok lho...kan aku jadi bingung mau ngikutin kata hati apa selera pembaca

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga karena ekonomi bangkit ya, pengusaha butuh blogger utk marketing. Dirimu dara cantik, wajar kalau banyak kumbang kepo ke blogmu :))

      Delete
  10. Kadang perlu beberapa kali membaca kalimat demi kalimat dari mbak Lusi. Meski agak susah bagi saya memahami, tapi insya Allah maknanya dapet. Saya suka tulisan2 yg berbobot di blog ini.
    Semoga tahun depan lebih banyak lagi ilmu yg bisa saya dapat dari blog ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah berarti saya harus belajar menulis yang mudah dipahami ya?

      Delete
  11. semoga harapan dikau di thn 2016 nnti trcapai ya mbk lusi amiinn...
    ditunggu tulisan2nya ya mbk lus, yg temanya ttg perempuan berkarya yg tak jauh dr rumah dan keluarga..

    ReplyDelete
  12. aaamiin, saya percaya sekali, Mbak Lusi. Blogmu mampu membantu para perempuan untuk mencari informasi...artikelnya ke arah sana... hehee, SELAMAT TAHUN BARU 2016, SUKSES SELALU ya, Mbak.

    ReplyDelete
  13. wah ada fotoku tampak belakang hehehe. happy new year mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Woops, harusnya posting yg barengan ya :))

      Delete
  14. Mbak Lus, saya juga pengin banget ngeblog kayak jam kantoran. Sempat kepikiran maksimal ngurus blog 4jam gitu sehari. Tapi yang butuh waktu banyak juga buat offline. Semoga kita bisa memenuhi target soal waktu ngeblog itu ya :)

    ReplyDelete
  15. saya penggemar blogmu mba, suka artikel-artikelnya, beda dari blog lain, barakallah atas pencapaian blognya semoga makin kencang prestasinya di 2016, aku juga bisa ketularan prestasinya aamiin :*

    ReplyDelete
  16. Ini yang kadang Boku rasakan saat ini, dikala ingin kembali serius ngeblog, bersamaan dengan kesibukan kerja offline. Betul betul menjadikan inspirasi dan semangat lagi untuk ngeblog Mbak setelah membaca artikel dari Mbak.

    Sukses selalu...

    ReplyDelete
  17. 2015 kebangkitan para blogger yaaa kak, banyak kerjaan ini itu#Alhamdulillah. Maju bersama secara sehat meskipun kadang aku lelah terlalu banyak yg nyinyir tp hadapi dengan senyuman ;-)

    ReplyDelete
  18. Mba Lusi, suka banget baca artikelnya. Insya Allah bisa mengikuti jejakmu dengan blogging seperti laiknya 8-to-5 concept.

    ReplyDelete
  19. Awal 2015,saya berniat ingin rajin ngeblog tapi ketika ditentukan kenyataan di kantor yang volume pekerjaan nya meninggikan ya niatan baik saya kandas

    Tapi saya tidak jera. Tahun 2016 saya harus menulis di blog lebih banyak. Meski belum bisa menulis lebih baik

    ReplyDelete
  20. aaah banyak pencapaian mba Lus yang patut diacungi jempoool..dan informasi yang diberikan juga beragaaam :)..semangat teruuus yaaa untuk 2016 nantiii :)

    ReplyDelete
  21. Wah, 2015 kece pencapaiannya..
    Eh iya juga ya, kalau diingat-ingat lagi 2015 dunia blog penuh hiruk-pikuk. Semoga 2016 ini penuh damai dan maju bersama. Pasti indah banget. Semoga sukses ya mba' :)

    ReplyDelete
  22. Mbak Lusi makin keren aja nih, selamat tahun baru! Makin banyak rejeki :)

    ReplyDelete
  23. semoga di tahun 2016 ini berkah dari ngeblog juga semakin banyak ya mak..amiien...

    ReplyDelete
  24. Postingan2 di blog mbak Lusi bermanfaat banget lho, nggak seperti blogku yang isinya curhatan nggak jelas. Suskses terus ya :)

    ReplyDelete

Maaf jika kenyamanan teman2 terganggu, sementara komentar dimoderasi karena makin banyak spam. Kalau sudah reda, akan dilepas lagi. Terima kasih.