Monday, December 07, 2015

Manfaatkan Hari Tersibuk Blogger Nasional

Weekend dirumah saja bisa digunakan untuk memanfaatkan hari tersibuk blogger nasional.

hari tersibuk blogger nasional


Belakangan ini begitu buka laptop dan twitter di hari Sabtu dan Minggu, TL (timeline) saya selalu dipenuhi oleh livetweet kegiatan teman-teman blogger. Dalam sehari seringkali ada beberapa event yang dilaksanakan bersamaan. Puncaknya Minggu kemarin terpantau ada 5 hashtag yang berbeda, yang acaranya dihadiri oleh teman-teman blogger. Mungkin karena jelang akhir tahun. Pengalaman tahun lalu, jika jelang akhir tahun, banyak sekali event yang diadakan brand.
Akibatnya, TL berjejalan tweet teman-teman, apalagi jika panitia menyediakan hadiah bagi tweet terbaik. Karena sumbernya sama, satu hashtag bisa saja berisi berderet tweet yang sama. Apakah teman-teman yang tidak ikut di acara tersebut merasa terganggu? Dari pantauan saya sih ada saja yang merasa terganggu. Tapi coba deh bercermin, kalau dilain waktu giliran dirimu yang datang ke event, akan sama juga kan? Jadi kalau sekiranya tidak berminat dengan temanya, mute aja atau log out. Stay away from trouble. Let's respect each other.
Di sisi peserta dan penyelenggara jelas livetweet ada manfaatnya. Selain bisa mendapatkan hadiah, saya sering melihat ulang dan mengembangkannya menjadi sebuah postingan blog. Jadi, tweet tersebut berfungsi sebagai catatan saya juga. Bagi penyelenggara, fokusnya adalah mendapatkan perhatian sebanyak mungkin untuk produk yang sedang dipromosikan. Tapi bagi kita yang hanya menonton ini manfaatnya apa?

Yang pertama harus disingkirkan sebelum memantau riuhnya TL di weekend adalah pikiran yang hobi mengurusi hal-hal remeh. 

Jika itu sudah dilakukan, kita akan fokus pada tweet-tweet keren. Yang asal ngetwit seolah mengalir saja entah kemana karena pikiran kita sudah bertekad untuk mencari yang bisa memperkaya ilmu kita. 
Kadang yang dibagi tidak hanya ilmu tapi juga insight dan informasi. Insight disini misalnya kedepannya seperti apa perkembangan dunia perbloggingan, apa yang sedang trend, serta apa yang dibutuhkan brand dan pembaca. Selain itu, pengumuman lowongan kontributor, peluang kerjasama dan lomba blog, pasti tidak ingin teman-teman lewatkan.
Berikutnya, jangan terlalu memperhatikan siapa yang ngetwit, fokus pada hashtagnya saja. Kadang kala kita tak senang pada kepribadian seseorang lalu kita tutup semua tentang orang tersebut. Itu rugi loh. Seringkali dari orang yang kita benci, kita bisa belajar sesuatu. Di twitter kita punya keuntungan kan bisa mengikuti seseorang diam-diam alias stalking. Kalau tweetnya paling berisi, tak usah gengsi belajar dari tweetnya. Nggak ada yang tahu, kan?
Pada hari-hari tersebut merupakan saat yang tepat untuk melakukan engagement dengan blogger-blogger terbaik. Beberapa brand menentukan blogger seperti apa yang akan mereka undang karena menyesuaikan dengan target jangkauan pemasaran tertentu. Kita bisa melakukan engagement dengan menjawab pertanyaan, balik bertanya atau melakukan retweet. Jika followersnya ribuan dan akun kita diretweet atau di mention reply, bukankah ada kesempatan menambah followers? Ya ya ya, menaikkan klout juga. Doh! Tapi yang terpenting adalah ilmunya, karena blogger dengan kualifikasi tinggi tweetnya juga bernas. Baik-baik saja dengan blogger-blogger yang banyak ilmu dan luas networkingnya seperti itu karena akan membantu perkembangan kita sebagai blogger.

Sudah dapat insight, sudah dapat ilmu, sudah dapat informasi, jangan lupa mengucapkan terima kasih ya. 

Kalau gengsi, ya bolehlah mengucapkannya dalam hati. Hahaaa....
Setelah itu biasanya akan ada postingan seragam pula tentang acara tersebut. Males visit? Nggak apa-apa. Tapi biasanya teman-teman yang rajin blogwalking sudah tahu blog siapa yang selalu menulis reportase dengan baik. Meski sudah mengikuti livetweetnya, reportasenya penting untuk dibaca juga. Seringkali ada beberapa hal yang membutuhkan penjabaran, sedangkan di twitter dibatasi 140 karakter.
Nah, weekend telah menjadi hari tersibuk bagi blogger nasional yang ikut event. Yuk, kita buat bermanfaat bagi blogger nasional yang memantau dari rumah.

28 comments:

  1. Saya juga sering stalking diam-diam mbak, mau follow malu soalnya nggak pernah ngetwit, mau ngetwit takut nggak ada yg komen..ya udah jadi 'penggemar rahasia' ajah... :)

    ReplyDelete
  2. Blogger sibuk banyak acara, dan aku malesssss #Lelah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adududuuuuh kak cumi yang super-setroooong kok ya bisa lelaaah?
      #TanyaKenapa

      Delete
    2. lha kemarin udah ngisi acara blogger perempuan gitu bang, forum buat blogger laki-laki ada kagak?

      Delete
    3. Aku kan manusia juga punya lelah
      Eh blogger laki kayak nya baru di bikin deh, kmrn sempet baca di blog nya siapa lupa

      Delete
  3. Yukk kita manfaatkan blog utk berbagi hal yang berguna bagi sesama.. Biasanya aku kalau mau BW langsung lihat di sidebar blog mana yg barusan posting tulisan teranyar langsung deh aku mampir ke tempatnya..

    ReplyDelete
  4. Saya juga biasa ngintip Aja, banyak ilmu yang bisa diambil dari tweetnya blogger yang ikut event2 keren :)

    ReplyDelete
  5. informasi lewat twit kadang bermanfaat juga ya mbak. hihihi maaf aku juga nyepam info harbolnas

    ReplyDelete
  6. saya banget nih mak diam2 stalking hehehe

    ReplyDelete
  7. Minggu kemarin nyimak 3 hastag.
    Lha semua event tumplek blek di Jakarta. Yang di Solo nyimak ae.

    ReplyDelete
  8. aku sebagai #bloggergoler pemantau setia timeline dan reportase di blog...

    ReplyDelete
  9. aku sering mba, mantau twit2 temen yg sedang ikutan event.. apalagi biasanya kan event itu seringnya ke jekardah.. palingan yg aku pantengin yg berkaitan dengan parenthing trus yg menarik lgsg aku rituit.. kalo event lain, biasanya dilewati aja :D
    dan beneran, minggu kemarin ruameeeeee banget!

    ReplyDelete
  10. Aku jarang ngikutin twit temen2. Jarang melongok twitter juga sih

    ReplyDelete
  11. Aku bagian ngeretweet aja wkwkwk
    tapi suka emang mantengin TT dan Hestek, banyak ilmu banyak cerita :D

    ReplyDelete
  12. Kadang retweet, tp jarang....

    bykan main di FB, hehe

    ReplyDelete
  13. Kalau aku mah tiada hari tanpa media sosial, apalagi twitter.
    Soalnya kerja dan passionnya di situ.
    Apalagi ada Mr Klout yang suka kasih skor kalau hobbi wara-wiri di medsos.
    Tariik maang...

    ReplyDelete
  14. Udah jarang banget buka twitter, apalagi mantengin :(
    Kalau ikut acara juga jarang banget live tweet :(
    #BloggerAbalAbalSayaMah

    ReplyDelete
  15. Ini yg aku selalu suka kalo BW ke tempatmu, mbakku. Informatif dan inspiratif.
    Hatur nuhun and keep menulis yang seperti ini ya ^_^
    *salam utk Jogja*

    ReplyDelete
  16. Ramee emang.. Klo di pku.. Rame juga.tpi untuk anak sosmed msh ga ada yg mw dinaikkan....hiks

    ReplyDelete
  17. beberapa kali dtg acara blogger malah gabisa tweet krn koneksi internet malah mati :(

    ReplyDelete
  18. mumpung lagi 'selo' dan deket kemana-mana semoga bisa lebih banyak event yang saya ikuti dan saya bagikan infonya buat yang nggak bisa dateng :)

    ReplyDelete
  19. jadi inget waktu senin kemarin banyak hastag smartphone hehe, iyah makin akhir bulan makin banyak event yg melibatkan blogger, aku paling jadi blogger weekendan aja mbak apalagi blog ku masih belum pulih

    ReplyDelete
  20. setujuuuu ... banget! Makanya, kalau saya gak bisa datang atau malah gak diundang (wkwkwk) berusaha santai aja. Toh, masih bisa ambil ilmunya. Zaman sekarang kalau gak dimanfaatin untuk hal positif bakal rugi banget. Karena sebetulnya ilmu bertebaran dimana-mana

    ReplyDelete
  21. Aku juga sering intip2 tweetnya emak2 blogger yg lagi gathering anu itu sambil nyerap ilmunya. Aku di Malaaaang, gersang T___T *lambai lambai bendera*

    ReplyDelete
  22. Aku malah suka baca2 dan kalo menarik retweet, lihat dulu lah. Tapi gak pernah sampe jutek, lah infonya berharga bagi aku yg kudet sesekali hihiii

    ReplyDelete
  23. Saya juga kadang nyimak live tweet dari temen2 blogger kalo lagi ada acara gitu, Mak. Emang nambah info dan wawasan. Makasih sharing ilmunya, Mak :)

    ReplyDelete
  24. Paling seneng memang ikut event-event. Banyak ilmu yg didapat. Tapi kalo gak bisa, mantau livetwitnya aja. Selalu ada di setiap acara. Dan terakhir, baca reportasenya dari temen-temen yang ikut. Banyak ilmu gratiiiiisss...

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval. Should you need further information, please email to beyoumails@gmail.com.