Thursday, January 28, 2016

Carolina Ratri: Blogging, Have Fun And Get The Money

Mumpung excitement-nya masih sangat terasa, saya pengin cerita event Carolina Ratri tadi siang yang meluncurkan buku Blogging: Have Fun And Get The Money.

A photo posted by lusitris (@beyourselfwoman) on


Tanda-tanda Carolina Ratri (Carra) mau menerbitkan buku itu bisa dilihat dari makin rajinnya doi bikin survey di facebook. Biasanya itu lagi nyari bahan. Kalau sudah gitu, deket aja, siapa tahu bisa mejeng dibukunya. Guyon. Tapi bener deh, saya sudah nampang di bukunya yang terdahulu tentang toko online. Sudah punya belum?


Kali ini Carra menulis tentang serba-serbi blogging. Blogging memang sedang booming luar biasa sebagai penyampai informasi. Ini dikarenakan paket komplit dan mandiri yang ditawarkan para blogger. Selain menulis, blogger juga bisa menyebarkan informasi ke target pasar yang sudah ditetapkan. Sempat ada yang bertanya, kok bisa Carra dapat job merk eletronika padahal kebanyakan pembacanya ibu-ibu? Kata Carra, ya bisa aja dong, kan produknya hair dryer. 
Sebelum dibombardir pertanyaan seputar job tersebut, Carra mensyaratkan bahwa yang utama untuk menjadi blogger itu suka menulis. Kalau nggak suka nulis, trus mau ngeblog apa? Sekarang ini ketika banyak yang ingin menjadi blogger karena ngiler dengan lembaran-lembaran rupiah, voucher dan bukti transfer yang dipajang, ya tidak apa-apa, tapi biasanya blogger seperti ini akan sulit menjaga konsistensi lalu lama-lama kan tenggelam. Ada masanya dia tak akan tahan. Beda yang memang dasarnya suka menulis, yang terus ngeblog meski sedang tidak ada job. Ini penting untuk mempertahankan eksistensi blog.

A photo posted by lusitris (@beyourselfwoman) on

Sepanjang sessi banyak yang bertanya seputar tools ngeblog, domain dan cara menaikkan traffic. Kalau mau dituruti bisa nggak pulang tuh. Tapi detilnya ada dibukunya dong yang langsung saya baca. Buku Carra mengungkap dengan tuntas tentang apa yang bisa didapat orang dengan ngeblog, mulai dari cara memulai sebuah blog, pemilihan niche, kiat meningkatkan kinerja blog dan tentu mendapat penghasilan darinya. Tapi ingat, seperti yang tertulis diatas, tidak ada yang instan. 
Mbak Indah Juli sebagai salah satu narsum di buku Carra juga memberikan sedikit gambaran apa yang bisa dan harus dilakukan blogger jika ingin mendapatkan penghasilan dari ngeblog. Selain mbak Indah, Carra menghadirkan beberapa blogger dibukunya, baik blogger yang telah banyak bekerja sama dengan brand, maupun para agen itu sendiri. Carra juga memberikan informasi sumber-sumber penghasilan yang nominalnya lebih kecil dari job review, yaitu program-program afiliasi.
Meski bicara tentang uang, talkshow tadi jauh dari suasana perburuan harta karun. Heheee.... Carra membawa arah pembicaraan ke kesadaran bahwa yang penting harus suka nulis dulu, share, dan uang akan menyusul. Teknik ngeblog memang penting, tapi kalau tidak suka menulis, mau dapat apa? Pemberi job itu tidak naif, mereka melakukan riset mendalam ke blog kita sebelum memberikan job. Jika blog lama tak update, apa yang bisa dikerjakan?
Ilmu dan informasi tentang ngeblog memang banyak berserakan di dunia maya. Carra berhasil mengolahnya dalam satu buku ditambah dengan pengalamannya sendiri yang telah bertahun-tahun malah melintang di dunia blogging, baik sebagai penanggung jawab di kantornya terdahulu, maupun sebagai blogger itu sendiri. Kehadiran beberapa narasumber di buku tersebut melengkapi rasa ingin tahu kita. Agar applicable, ilmu memang harus dilengkapi dengan kisah para pelakunya.
Nah, kalau teman-teman pengin tahu selengkapnya tentang bersenang-senang ngeblog dan dapat penghasilan, beli saja bukunya. Cuma Rp 50.000 tapi bisa bantu teman-teman untuk waktu yang sangat lama. Apalagi yang sudah mulai dapat job review e-commerce nih, udah balik modal sekali invoice tapi manfaat bukunya masih jalan terus. Kalau saya tadi dapat diskon karena beli di lokasi expo. Jangan minta gratisan deh kecuali Carra lagi bikin giveway. Kita hargai yuk kerja keras para penulis buku dalam mengumpulkan informasi untuk pembacanya.
Tambahan cerita dari launching buku Carra tadi, sebenarnya tadi juga merupakan Hari Ulang Tahun ke 5 Stiletto Book tempat Carra bekerja freelance. Ada juga talkshow  tentang kepenulisan fiksi sebelum Carra. Carra ditaruh siang karena harus jemput anaknya dari sekolah dulu. Senang ya, kalau bekerjasama dengan pihak yang mengerti kesibukan seorang ibu. Acara selingan diisi dengan lagu-lagu yang dibawakan dengan iringan gitar. Mbak Weka tampil fenomenal dengan membacakan bagian dari novel Awaing You. Diakhir pembacaan, tiba-tiba mbak Weka meletakkan buku dan memberikan sedikit adegan teatrikal yang mengaduk emosi.
Selamat ulang tahun ya Stiletto Book. Semoga menjadi tempat berkumpulnya penulis-penulis perempuan terkeren seantero jagat. Terima kasih untuk goodie bag, jajanan yang berlimpah serta sampaikan salam untuk mas-mas yang tadi mengeluarkan seluruh kekuatan untuk membuatkan saya kopi. :D

42 comments:

  1. "Jangan minta gratisan ...."

    AStaga. Ngakak.
    Makasih atas semua support-nya, Mbakku sayang. Salah satu teman ngobrol terbaik yang pernah kupunya. *pelukin uyel-uyel*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang penting traktiran aja heheee sama aja ya

      Delete
  2. Mbak Carra itu kalo nulis menguasai bahan dan sangat memperhatikan teknik penulisan. Misal tentang EYD. Jadi tulisan-tulisannya rapi dan enak dibaca. Itu yang saya suka :)
    Btw mupeng juga ih sama bukunya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi confirm beli kan ya? *kirim invoice hihihiii

      Delete
  3. Mbak Lusi yang mana ya kemaren? aku tahunya Mbak Dian Farida Ismyama dan Mak Injoel...padahal pengin kenalan dan ngobrol. Apa akunya yang kelewat ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayo yg mana? Kalau tebakan betul aku kasih hadiah.

      Delete
  4. Aq fansnya mbk Carra sebenernya, sering banget ngintip blognya tapi gk bisa meninggalkan jejak, wp musuhan sama aq huhuhu.

    Pengen banget beli bukunya, pasti kece banget isinya

    Kok gak ada foto mamasnya mbk? #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, wp itu makhluk yg sulit. Masnya lagi tak suruh keramas :))

      Delete
  5. Mak lusi pakai baju pink muda apa oren fitu mba arinta...sukses ya Mak Car...kopiku enak tp lumayan pahit buat bumil.hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yg pink itu Erlina. Yg oren Lia. Hayo salah semua. Eh, aku heran lo bumil minum kopi :))

      Delete
  6. Mau banget nih bukunya, ntar stalking stiletto dulu nih

    ReplyDelete
  7. naksir bukunya, kudu punya mah ini,

    ReplyDelete
  8. baiklah, langsung mau hunting bukunya, para blogger perlu buku ituh

    ReplyDelete
  9. udah punya dua-duanya mbak. kemarin pas lagi diskon dapat harga gila. :-D

    ReplyDelete
  10. Btw, kalau nulisnya moody, masih bisa dibilang suka nulis gak, Mbak? :D

    ReplyDelete
  11. Yg di foto aku taunya cuma mak Injul, mak Lusi dan mak Carra aja :D
    Sudah punya bukunyaaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg pink erlina, sebelahku dian. yg ujung lia bukan keb, satunya lupa namanya

      Delete
  12. Stiletto ultah ya, jadi inget belum nulis buat lombanya nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa aku juga belum. Besok DL. Ayo semangat

      Delete
  13. Wah... asyik nih bukunya.
    Memang ya... tak boleh minta buku gratis krn nulis itu effortnya luar biasa.

    ReplyDelete
  14. Akkkk...mak carra kereeenn, selalu kagum sama penulis buku sekaligus blogger yg satu ini :)

    ReplyDelete
  15. Aaaakkk... harus dibeli ini bukunya mba Carra. Iseng-iseng nyari di Gramedia kayanya belum ada ya mba Lusi?

    ReplyDelete
  16. besok mau beli ahh..hits bangte di IG para blogger

    ReplyDelete
  17. WAh penasaran kayak apa isi bukunya.. Dari judulnya aja udah ngeh banget :D

    ReplyDelete
  18. Kalo diturutin smua prtanyaannya bisa ngga pulang yah mbaaa huhuuu... Kpingin beli bukunya

    ReplyDelete
  19. Mba Carra makin kece aja, makin banyak buku yg diterbitkan.. konsistensinya bisa dikadih 20 jempol :)

    ReplyDelete
  20. coba deket ya aku bisa ikutan , cari ilmu langsung

    ReplyDelete
  21. salah satu buku ttg blogging yg sepertinya worth it buat dimasukin ke rak buku nih, makasih infonya mbak...

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval. Should you need further information, please email to beyoumails@gmail.com.