Mumpung excitement-nya masih sangat terasa, saya pengin cerita event Carolina Ratri tadi siang yang meluncurkan buku Blogging: Have Fun And Get The Money.

A photo posted by lusitris (@beyourselfwoman) on


Tanda-tanda Carolina Ratri (Carra) mau menerbitkan buku itu bisa dilihat dari makin rajinnya doi bikin survey di facebook. Biasanya itu lagi nyari bahan. Kalau sudah gitu, deket aja, siapa tahu bisa mejeng dibukunya. Guyon. Tapi bener deh, saya sudah nampang di bukunya yang terdahulu tentang toko online. Sudah punya belum?


Kali ini Carra menulis tentang serba-serbi blogging. Blogging memang sedang booming luar biasa sebagai penyampai informasi. Ini dikarenakan paket komplit dan mandiri yang ditawarkan para blogger. Selain menulis, blogger juga bisa menyebarkan informasi ke target pasar yang sudah ditetapkan. Sempat ada yang bertanya, kok bisa Carra dapat job merk eletronika padahal kebanyakan pembacanya ibu-ibu? Kata Carra, ya bisa aja dong, kan produknya hair dryer. 
Sebelum dibombardir pertanyaan seputar job tersebut, Carra mensyaratkan bahwa yang utama untuk menjadi blogger itu suka menulis. Kalau nggak suka nulis, trus mau ngeblog apa? Sekarang ini ketika banyak yang ingin menjadi blogger karena ngiler dengan lembaran-lembaran rupiah, voucher dan bukti transfer yang dipajang, ya tidak apa-apa, tapi biasanya blogger seperti ini akan sulit menjaga konsistensi lalu lama-lama kan tenggelam. Ada masanya dia tak akan tahan. Beda yang memang dasarnya suka menulis, yang terus ngeblog meski sedang tidak ada job. Ini penting untuk mempertahankan eksistensi blog.

A photo posted by lusitris (@beyourselfwoman) on

Sepanjang sessi banyak yang bertanya seputar tools ngeblog, domain dan cara menaikkan traffic. Kalau mau dituruti bisa nggak pulang tuh. Tapi detilnya ada dibukunya dong yang langsung saya baca. Buku Carra mengungkap dengan tuntas tentang apa yang bisa didapat orang dengan ngeblog, mulai dari cara memulai sebuah blog, pemilihan niche, kiat meningkatkan kinerja blog dan tentu mendapat penghasilan darinya. Tapi ingat, seperti yang tertulis diatas, tidak ada yang instan. 
Mbak Indah Juli sebagai salah satu narsum di buku Carra juga memberikan sedikit gambaran apa yang bisa dan harus dilakukan blogger jika ingin mendapatkan penghasilan dari ngeblog. Selain mbak Indah, Carra menghadirkan beberapa blogger dibukunya, baik blogger yang telah banyak bekerja sama dengan brand, maupun para agen itu sendiri. Carra juga memberikan informasi sumber-sumber penghasilan yang nominalnya lebih kecil dari job review, yaitu program-program afiliasi.
Meski bicara tentang uang, talkshow tadi jauh dari suasana perburuan harta karun. Heheee.... Carra membawa arah pembicaraan ke kesadaran bahwa yang penting harus suka nulis dulu, share, dan uang akan menyusul. Teknik ngeblog memang penting, tapi kalau tidak suka menulis, mau dapat apa? Pemberi job itu tidak naif, mereka melakukan riset mendalam ke blog kita sebelum memberikan job. Jika blog lama tak update, apa yang bisa dikerjakan?
Ilmu dan informasi tentang ngeblog memang banyak berserakan di dunia maya. Carra berhasil mengolahnya dalam satu buku ditambah dengan pengalamannya sendiri yang telah bertahun-tahun malah melintang di dunia blogging, baik sebagai penanggung jawab di kantornya terdahulu, maupun sebagai blogger itu sendiri. Kehadiran beberapa narasumber di buku tersebut melengkapi rasa ingin tahu kita. Agar applicable, ilmu memang harus dilengkapi dengan kisah para pelakunya.
Nah, kalau teman-teman pengin tahu selengkapnya tentang bersenang-senang ngeblog dan dapat penghasilan, beli saja bukunya. Cuma Rp 50.000 tapi bisa bantu teman-teman untuk waktu yang sangat lama. Apalagi yang sudah mulai dapat job review e-commerce nih, udah balik modal sekali invoice tapi manfaat bukunya masih jalan terus. Kalau saya tadi dapat diskon karena beli di lokasi expo. Jangan minta gratisan deh kecuali Carra lagi bikin giveway. Kita hargai yuk kerja keras para penulis buku dalam mengumpulkan informasi untuk pembacanya.
Tambahan cerita dari launching buku Carra tadi, sebenarnya tadi juga merupakan Hari Ulang Tahun ke 5 Stiletto Book tempat Carra bekerja freelance. Ada juga talkshow  tentang kepenulisan fiksi sebelum Carra. Carra ditaruh siang karena harus jemput anaknya dari sekolah dulu. Senang ya, kalau bekerjasama dengan pihak yang mengerti kesibukan seorang ibu. Acara selingan diisi dengan lagu-lagu yang dibawakan dengan iringan gitar. Mbak Weka tampil fenomenal dengan membacakan bagian dari novel Awaing You. Diakhir pembacaan, tiba-tiba mbak Weka meletakkan buku dan memberikan sedikit adegan teatrikal yang mengaduk emosi.
Selamat ulang tahun ya Stiletto Book. Semoga menjadi tempat berkumpulnya penulis-penulis perempuan terkeren seantero jagat. Terima kasih untuk goodie bag, jajanan yang berlimpah serta sampaikan salam untuk mas-mas yang tadi mengeluarkan seluruh kekuatan untuk membuatkan saya kopi. :D