Saturday, February 20, 2016

Ini Yang Harus Dilakukan Jika Melihat Teman Ikut Lomba Blog

Ini dia yang harus dilakukan jika teman-teman melihat ada yang sedang ikut lomba blog.

Foto bukan milik beyourselfwoman, dari Jelajah Bali 2016.

Teman ikut lomba blog itu bisa kita jadikan ladang amal bagi yang tidak suka ikut lomba dan momen balas budi bagi yang suka ikut lomba. Kalau sedang musim lomba, apalagi menjelang deadline, banyak sekali postingan baru dengan judul seragam. Kalau didatangi semua, berasa juri deh ya, bisa seharian didepan laptop. Tapi kalau mau mendukung kan nggak ada salahnya, sekuatnya, sebagai amal kita kepada teman-teman yang sedang berikhtiar.
Selain itu. ini juga sebagai balas budi kepada teman-teman yang sebelumnya pernah mendukung kita di lomba lain. Ketika menang lomba, jangan cuma bersuka ria dengan teman se-gank saja karena teman se-gank-mu tidak bisa membawamu menjadi pemenang. Memangnya berapa jumlah teman se-gank-mu? Di tengah semaraknya lomba blog akhir-akhir ini, dibutuhkan banyak sekali pendukung yang jumlahnya berkali-kali lipat dari jumlah teman se-gank. Makanya jangan lupa untuk mendukung balik teman-teman yang berkomentar, retweet, share, like, love dan sebagainya di artikel lomba meski tidak akrab, meski tidak diminta. Tak semua blogger bisa dengan santai minta dukungan. Ada yang pemalu seperti saya. (Lalu terdengar koor, "Halaaah....")
Kok tahu teman tersebut ikut lomba blog? Tahu dong, kan ciri-ciri artikelnya mudah dilihat, yaitu:
  • Ada banner didalam artikel (kebanyakan di akhir artikel, ada juga yang di awal) yang menerangkan bahwa artikel tersebut diikutsertakan dalam sebuah lomba,
  • Ada banner di widget yang berhubungan dengan artikel tersebut.
  • Judulnya menggunakan keyword yang sama dengan postingan dari blog-blog lain.
  • Lebih detil dibandingkan dengan job review. Job review lebih fokus ke kalimat-kalimat persuasif. Jika hadiah lombanya sampai jutaan, detilnya bisa gila-gilaan.
  • Biasanya si blogger sibuk share dan colek-colek supaya banyak pengunjung.
  • Banyak menulis status tentang DL (deadline).

Seringkali kita menemukan postingan lomba ketika blogwalking. Apa yang harus dilakukan?
Beda dengan yang sengaja klik postingan tersebut untuk mendukung, penemuan dari blogwalking ini memberikan beberapa pilihan:
  • Mendukung.
  • Cuek saja.
  • Cepat-cepat membuat postingan untuk ikut lomba juga.
Tindakan-tindakan konkrit dari pilihan-pilihan tersebut terletak di tangan kita. 

Meski kelihatannya sepele, siapa tahu komen kita di blog teman tersebut berperan membuatnya memenangkan lomba. 

Apalagi hadiah lomba blog kadang luar biasa, bisa sampai 15 juta. Jumlah yang bisa mengatasi beberapa item dalam daftar waiting list kebutuhan rumah tangga. Jadi mari kita bahas.

Klik adalah perbuatan minimal penuh keikhlasan yang sangat diharapkan. Meski tak semua lomba blog memasukkan statistik dalam unsur penilaian dalam daftar persyaratan, tapi postingan yang dengan page view tinggi atau bahkan berada di google page one bisa membantu rasa percaya diri peserta dan mungkin saja bisa menambah poin. Jadi jika kita tidak tertarik dengan judulnya atau sedang malas membaca tapi ingin mendukung, cukup dengan klik saja.

Berkomentar di artikel lomba adalah perbuatan yang mulia. Dari sisi penjurian, menyenangkan sekali jika melihat artikel yang bagus ditambah dengan kolom komentar yang panjang dan interaktif, ada komunikasi antara penulis dan pembaca. Komunikasi menunjukkan bahwa artikel tersebut bermanfaat bagi banyak orang atau setidaknya menarik perhatian orang, dimana itu menjadi tujuan seseorang, institusi atau brand mengadakan lomba.

Fokus ke konten adalah perbuatan menyenangkan yang mampu menghilangkan semua kelelahan. Membuat artikel lomba itu butuh perjuangan yang tiada tara. Beda dengan job review yang jelas ada bayarannya dan tinggal mengikuti kemauan brand (meski kadang kemauannya njlimet), artikel lomba diwarnai dengan memeras otak untuk meletakkan standar setinggi-tingginya karena kita tidak tahu setinggi apa standar yang dipasang peserta lain. Karenanya, sering blogger memasukkan semua unsur yang berkaitan dengan tema, tidak terpaku pada tema, misalnya dari sudut pandang ilmiah, awam, personal dan sebagainya. 
Peserta berharap, juri melihat itu sebagai usaha untuk membuat tema yang sedang diangkat bermanfaat bagi masyarakat yang lebih luas. Nah, sudah usahanya sekeras itu, alangkah menyenangkannya jika teman-teman juga berkomentar tentang kontennya, nggak sesingkat ini, "Semoga sukses lombanya."

Ikut-ikutan lomba adalah perbuatan yang tidak diharamkan. Sosial media itu sudah seperti air bah informasi yang kadang sulit kita pantau. Informasi lomba blog selalu ada tapi tak semua bisa kita bookmark, selalu ada yang terlewat. Judul dengan keyword sama dari beberapa blog ada 2 kemungkinan, sedang ada job review atau sedang ada lomba. Tak ada salahnya teman-teman klik banner di artikel tersebut atau search dengan kata kunci "lomba blog (nama brand atau tema lomba)". Jika ternyata memang sedang ada lomba blog, nggak apa-apa kok jadinya malah ikut lomba. Banner lomba dipasang antara lain bertujuan agar bisa menjaring sebanyak mungkin peserta. Jadi, jangan sungkan untuk menjadi saingan dari peserta yang barusaja kita baca artikelnya. Wkwkwkkk.

Mendukung di media sosial adalah perbuatan yang luarbiasa dan insya Allah banyak pahalanya. Dengan share di media sosial berarti kita juga membantunya mendatangkan pengunjung lebih banyak lagi. Syukur jika dipantau oleh penyelenggara juga. Mereka akan senang sekali jika ada artikel peserta yang viral. Tapi saya no comment jika teman-teman adalah peserta juga. Mungkin lebih baik mem-viralkan artikel milik sendiri. Heheee....

Balas budi adalah perbuatan wajib yang tidak usah tanggung-tanggung atau perhitungan. Ketika menang lomba, paling enak itu bisa berbagi dengan orang-orang terdekat kita. Namun, jangan pernah melupakan jasa para pendukung kita sekecil apapun. Karena berkat merekalah kita bisa menang. Artikel kita bisa sehebat pemenang Nobel, tapi jika tidak ada yang berkunjung, berkomentar, like atau share, tidak mungkin menang. Nggak apa-apa berselebrasi dengan teman-teman terdekat saja. Tapi ketika kita melihat pendukung kita dulu sedang mengikuti lomba, itulah saatnya kita balas budi. Tak perlu perhitungan, misalnya dulu 1 like, sekarang 1 like juga. 

Hidup tidak seselo itu kalau apa-apa mau dihitung, jadi kapan ingat, kapan sempat, kapan lihat, langsung saja dukung.


Balas dendam adalah perbuatan yang.... Seringkali ada latar belakang seperti berikut. Ketika si A ikut lomba, B adalah satu pendukung dan akhirnya A menang. Meski hanya berupa komentar di blog, tapi tetap memiliki kontribusi terhadap kemenangan A. Ketika gantian B yang ikut lomba, A sama sekali tidak menunjukkan dukungan meski hanya sebatas komentar di status sosial media yang berisi link tersebut. B menganggap A sombong dan tidak mau mendukung A ketika A ikut lomba lagi.
Nah, kalau seperti itu terpulang pada teman-teman semua. Tapi ada beberapa keadaan yang mungkin saja tidak seperti yang kita kira. Mungkin A memang benar sombong. Mungkin A tidak sedang memantau sosial media. Mungkin A sedang sibuk atau malah sedang tertimpa kemalangan. Balas dendam itu tak baik. Kecuali kita memang benar-benar tak tertarik dengan tema yang diangkat, tidak mendukung karena dendam itu tidak baik.

Nah, bagaimana? Siap mendukung teman-teman yang berikhtiar melalui lomba blog?

49 comments:

  1. Siap donk..insyaallah baik sesama yg ikutan lomba atau pas kita ga ikut lomba tetap mendukung:)

    ReplyDelete
  2. Mendukung dengan doa gimana ceu? Hehehe...
    Akan sgt mendukung kalau isinya mmgl bagus dan layak didukung. Kalaupun toh isinya kurang sreg di hati ya minimal di klik buat nambah2 page view kali ya

    ReplyDelete
  3. Keren Mak Lusi. Sipppp...
    Saya malahan seneng klo ada blogger yg update menang lomba... seperti lomba menang morinaga chilgoo dan sebagainya. Jdi ikut ketularan semangatnya :)

    ReplyDelete
  4. Aku senang baca tulisan kawan-kawan yang ikut lomba blog. Keren-keren banget hasil karyanya, mba. Makasih tipsnya ya, mba Lusi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mereka sudah mengeluarkan seluruh kemampuan, jadi bagus2 :)

      Delete
  5. Infonya saya catet mak.
    Ternyata beramal tuh gak susah ya.
    Cukup klik saja.
    Dan akan sangat mulia bila komen.
    Ok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehee beramal itu perbuatan paling gampang, kalau mau.

      Delete
  6. Iya mba, saya malah semangat kalau ada mak-mak blogger ikutan lomba. Allhamdulillah selama ini sering mampir, cuma kadang suka ga bisa ninggalin komen. Karena browsernya sering masalah :( kadang muncul kotak komengnya kadang ga. Tapi, yang belum dilakukan dan sepertinya good idea juga, share link yang ikutan lomba. Ini nanti aku coba praktekin deh. Hehe

    ReplyDelete
  7. Betul banget mbak. Kalo sama2 ikut lomba musti saling dukung. Makasih atas postingannya mbak (y)

    ReplyDelete
  8. Saya siap mendukung lho. Dan siap didukung juga hihi....

    ReplyDelete
  9. setuju banget mbak haru ssaling dukung saat ikutan blog beramal dengan klik heheheh

    ReplyDelete
  10. Siap donk dukung temen2 yg ngelomba Mba. Aku sendiri hampir gak pernah ikut lomba, tapi seneng baca postingan ruar biasa dr temen2 yg lagi ngelomba. Jadi ikut semangat aja gitu bacanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haaa nggak lomba tapi udah dapat Asus, dah cukup tu :))

      Delete
  11. Siap...mendukung temen lomba dan siap untuk didukung juga.hi..hi

    ReplyDelete
  12. S8ng mburi kok ngehe tenan, hahahaha

    ReplyDelete
  13. Banyakan yg komen emang "semoga sukses lombanya." Hahaha.. Aku baca komen kayak gitu jg berasa nyess.. Dia baca tulisanku atau sekadar BW?

    ReplyDelete
  14. Aishhh.. Selalu saja terpana membaca tulisanmu yang apik tenan nih mba.. Dukung mak lusi jadi juara.. Lha.. Haha

    ReplyDelete
  15. setuju banget mbak. harus banyak belajar juga nih bikin postingan mantep ginih hehehe...

    ReplyDelete
  16. Aku sukaaa banget baca2 artikel lomba teman2, bisa dicuri ilmunya.. Skalian komentar buat beri dukungan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan nyuri ah, diminta saja tapi nggak perlu bilang2 hahaaa

      Delete
  17. Bener banget tuh makk.. Aku mendukung dalam hal blogwalking karena jarang buka fb.. Apalagi kita lagi sama sama ikutan lomba seo.. Harus blogwalking sering2 dan bw balik.

    ReplyDelete
  18. Alhamdulillah, biasanya ikut mendukung dengan komen positif mengenai produk atau apa pun yang dilombakan. Meskipun sama-sama ikut lomba yang sama juga.

    Sering juga jadi ikutan lombanya karena baru tahu ada lomba itu...

    ReplyDelete
  19. Aku sih memperlakukan sama saja seperti blogwalking pada blog lain mbak, tetep dibaca dan dikomen, kalo urusan ikut2an tergantung mood, hehe

    ReplyDelete
  20. Wah luar biasa sekali ya MBak, ngeblog mendukung teman yang ikut lomba membuat ladang pahala bagi kita, kalau memberikan semangat dan koemnnya ikhlas..heheee. Kalau ada temen yang ikut lomba, pertama aku akan bilang dalam hati "duh, temenku bisa ikutan lombanya dan aku belum bisa, hiks sedih" tapi ya tetep mengunjungi blognya dong.

    ReplyDelete
  21. ketika kita mendukung teman , mudah2an kita juga nantinya mendapat dukungan balik, kalaupun tidak kita sudah beramal

    ReplyDelete
  22. Kalo saya kadang ga bisa nyimak temlen, jadi perlu dicolek di whatsapp
    Karena twitter dan FB baru bisa ON kalau leppy terbuka.
    Tetapi saya akan selalu dukung yang meminta dukungan meski gak kenal
    Apatah lagi yang sudah kenal, kadang tanpa diminta yaa sudah mendukung

    ReplyDelete
  23. Mbak aku njlimet semua lohhh... ya review ya lomba ya postingan biasa podo pake tenaga :D

    ReplyDelete
  24. Aku selalu memberi semangat dan dukungan pada teman yang ikut lomba. MEninggalkan komentar dan menklik tombol google plus itu yang aku lakukan. Walau aku belum pernah mengikuti lomba.

    ReplyDelete
  25. semangaat mba,,smeoga beruntuung ya (ini bukan artkel lomba ding..hihiiii)

    ReplyDelete
  26. Siaaapp, aku malah seneng baca-bacain blog temen yg sedang ikut lomba soalnya sekalian belajar cara penulisan atau grafisnya. Pokoknya ambil banyak ilmu deh dari temen yang sedang lomba.

    ReplyDelete
  27. mbaklusy rajin suka jawabin komen, heheh eaku kalau lagi datang sadarnya aja

    ReplyDelete
  28. kalo ada teman lomba pasti siap dukung lah, apalagi kalo mereka membutuhkan "like" hehe..siap menyetorkn jempol kok

    ReplyDelete
  29. Sip mak, siap laksanakan nih. Makasih, share-nya mak:)

    ReplyDelete
  30. great list..jangan pernah lupa kalau dalam lomba apapun kita tidak bisa menang tanpa dukungan orang lain yaaa :)

    ReplyDelete
  31. Siaaapp.
    Ikut lomba blog memang harus peras otak lebih hehehe.
    Kalo aku pribadi sih, liat tema lomba dulu kalo sesuai baru pikir-pikir untuk ikutan :)

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval. Should you need further information, please email to beyoumails@gmail.com.