Thursday, March 10, 2016

How To Write Viral Content Workshop

Tanggal 9 Maret 2016, ada tiga peristiwa penting, yaitu gerhana matahari total, hari raya Nyepi dan mencuri ilmu dari Ollie Salsabeela di How To Write Viral Content Workshop, hasil kerjasama Kumpulan Emak Blogger (KEB), rockingmama.id dan Telkom Indonesia.


Usulan acara ini awalnya dilontarkan Carra, pengelola rockingmama.id, yang mengabarkan bahwa Ollie akan berada di Jogja bulan ini untuk sebuah acara. Ollie adalah Chief Content Zetta Media, penulis 28 buku, co-founder @NulisBuku dan inisiator @StartUpLokal dan @GirlsintechID. Zetta Media memiliki 10 portal, salah satunya rockingmama.id. Tak mau melewatkan kesempatan emas untuk belajar, bersama mbak Indah dan Ika, kami berusaha mengatur sebuah acara, agar ilmu dari Ollie bisa diserap oleh lebih banyak teman.

Seolah dimudahkan, rencana tersebut mendapat dukungan penuh dari mbak Erna Wiyati dari Telkom Indonesia. Tempat, konsumsi, hadiah-hadiah bahkan sinyal untuk sekitar 60 hadirin (50 mendaftar secara online) di-support oleh Telkom Indonesia witel Yogyakarta. Sempat terjadi geser-geser tanggal menyesuaikan event yang diikuti oleh Ollie. Alhamdulillah, akhirnya bisa dilaksanakan hari ini. Terima kasih untuk teman-teman yang sudah datang, baik yang domisili Jogja, maupun yang datang dari Semarang, Solo dan Klaten. Semoga yang kita dapat hari ini bisa kita manfaatkan bersama-sama.
Sempet agak ngos-ngosan persiapan, naik-naik pasang back drop dibantu Lathifah dan berkat kesigapan mbak Erna, akhirnya ruangan siap pada waktunya. Peserta dan pengisi acara datang tepat waktu tapi acara dimulai agak mulur karena perlu koordinasi lebih dahulu. Seluruh acara direncanakan secara online, sehingga perlu koordinasi tambahan.

viral content workshop
Provider yang merah putih hanya Telkom Indonesia.

Viral Content Workshop yang terselenggara atas kerjasama rockingmama.id dan KEB, serta didukung penuh oleh Telkom Indonesia dibuka oleh Weka selaku MC.

Mbak Erna dari Telkom mengawali acara dengan penjelasan tentang Indihome. Jangan bingung ya, banyak nama Erna bertebaran di Telkom. Hihiii. Ternyata sesi tanya jawab dengan Telkom ini seru banget, banyak yang tanya tentang layanan Indihome. Jaman semakin terkoneksi, layanan Indihome menawarkan banyak kepraktisan.


Setelah itu, sesi yang ditunggu tiba, yaitu viral content workshop oleh Ollie. Pengetahuan dan pengalaman Ollie dalam bidang tulis menulis sudah tak diragukan lagi. Apalagi sekarang mengorbitkan 10 portal dalam waktu bersamaan tentulah butuh tangan dingin seseorang yang paham bagaimana membuat artikel yang dibutuhkan, dibaca dan di-share banyak orang.
Ollie buka rahasia tentang kesuksesan artikel-artikel rockingmama.id yang selalu viral. Ini untuk membantu teman-teman, terutama emak-emak, yang merasa payah dalam memahami teknik-teknik SEO seperti saya. Membuat artikel viral yang tetap didasarkan sebagian besar dari kemampuan menulis ini merupakan solusi untuk mendatangkan banyak pengunjung tanpa mengurangi kenikmatan menulis. Riset tetap ada dong, agar sasaran tepat pada segmen pembaca yang sesuai dengan tema blog kita.
Sementara, viral itu adalah apabila artikel tersebut mendapatkan view lebih dari 2000, share lebih dari 200 dan komen lebih dari 5 dalam waktu 2 jam. 
Tentang sebagian jalannya workshop, teman-teman bisa memantau akun twitter saya @lusitris . Selengkapnya mungkin agak susah ya, karena teman-teman konsentrasi mengikuti langkah-langkah yang diberikan Ollie.

viral content workshop

Menyenangkan sekali bisa belajar bersama-sama dengan teman-teman baik dari KEB maupun masyarakat umum karena acara ini juga disebarluaskan melalui koran dan radio. Workshop ini juga mendapatkan liputan dari televisi lokal. Peserta yang hadir mayoritas perempuan, tapi ada juga yang laki-laki. Yang membuat saya sangat salut adalah kerjasama keluarga-keluarga untuk dapat menyerap ilmu menulis ini. Ada yang suaminya ikhlas mengantar dan momong anak seperti Fenny, Liya dan Noni. Ada yang anak-anaknya sabar menemani ibunya belajar, seperti Erlina. Bahkan ada yang dengan senang hati membantu mendokumentasikan acara, seperti anak mbak Indah.
Panitia memang berusaha agar semua kalangan bisa mendapatkan kesempatan belajar sesuai dengan kapasitas ruangan. Keluarga tidak boleh menghalangi keinginan untuk belajar, sebaliknya keinginan belajar tidak boleh mengabaikan keluarga. Sedapat mungkin keduanya dikolaborasikan.

viral content workshop

Terima kasih kepada PT Telkom Indonesia atas dukungan penuhnya. Terima kasih pada rockingmama.id dan Zetta Media atas ilmu-ilmunya. Kepada Carra, mbak Indah dan Ika, "We did it!" 

57 comments:

  1. Makasih sharingnya mak lusi.
    Mulai sekarang harus riset sebelum menulis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ety aku kira bakal datang bareng Ranny :(

      Delete
  2. Waaahh banyak ilmunya ya mbak. Ngarep kapan2 bisa ikutan acara serupa. Terima ksih udah sharing cerita n ilmu yg didapat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga nanti ya. Paling enak belajar langsung.

      Delete
  3. Keren ilmu untuk menulis konten viral, makasih mak. Semoga di Bandung juga diadakan sharing serupa :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga. Minta aja di arrange sama makmin2 :)

      Delete
  4. Seru banget acaranya mbak. Pengen datang tapi sayanya lagi nggak di jogja huhuhu

    ReplyDelete
  5. Owalaaaahhh, ini dia rahasia2nya konten viral. Duh, keren banget mak. Semoga mbak Ollie dan rockingmama juga bikin tour ke kota2 lain ya. Ke Surabaya, mungkin>

    ReplyDelete
  6. Acaranya kereeen ! Pingin ih ada acara begini di Medan :).

    ReplyDelete
  7. Asyiknyaaa... sayang sekali aq ga bisa ikut mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah diwakili mbak Waty, todong beliau saja :))

      Delete
  8. Mak Luuuss.. saya mupeng ilmunya. Besok-besok ke Yogja saya todong ajarin nulis viral :D

    ReplyDelete
  9. Senang dan bersyukur bisa ikutan workshop keren dan banyak ilmu ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nggak nyangka dapat juga spt blogger jkt

      Delete
  10. super duper mbak lus, acaranya sukses bgd yak alhamdulillh, dan kayaknya seru bgd deh, aku ngikutin tl ttg ini aja rasanya padet ilmu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah skrg bisa belajar dr mana saja termasuk TL

      Delete
  11. Pratice makes perfect ya mak..
    Semakin sering menulis smkn pinter nanti membuat konten yg viral.
    Yg paling susah kalo buat aku, itu judulnya mak. Yg membuat orang pengen ngeklik dan baca sampe selesai. Hehe
    Makasih sharingnya. Jd tambah semangat nulis... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Passion juga, supaya nggak cuma ngejar quantity

      Delete
  12. Wuah..keren bingits acaranya..sukses ya mak Lus..sukses untuk semuanya.. :D

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah sukses ya Maaak. Aku ngikutin di twitter, kemarin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Syukurlah bermanfaat. Makasih udah menyimak :))

      Delete
  14. Alhamdulillah sukses ya Maaak. Aku ngikutin di twitter, kemarin.

    ReplyDelete
  15. Meski panitianya ngos - ngos an #kata Mak Lusi tapi acara ini tampil keren...sukses untuk eventi Jogja berikutnya Mak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah nggak gitu2 amat sih, biar drama aja wkwkwkwkk

      Delete
  16. Wow, acaranya keren, salut buat panitia yang udah bersusah payah. Sayang belum bisa ikut,semoga lain waktu bisa gabung ama emak-emak kece.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gpp, baca postingan teman2 aja, semoga bisa sama2 belajar

      Delete
  17. Beruntung bisa ikut workshopnya... keren :)

    ReplyDelete
  18. Wuih namanya keren mbak, Rockingmama. Pasti acaranya keren dan bermanfaat ya :)

    ReplyDelete
  19. pengen banget deh ikut acara seperti ini :(

    ReplyDelete
  20. Alhamdulillah, senang bisa ikut menyerap ilmu dari mba Ollie. Makasih juga mba Lusi, yang sangat berbaik hati menelusuri tempat travel yang udah aku booking, hihii... Maaf sangat, dakuw merepotkanmu. Semoga lain hari bisa ikut acara blogger Yogya lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gpp mbak, kota kecil saja, kalau bisa ngantar pasti aku antar :))

      Delete
  21. Wah...ini penting banget nih untuk diketahui.. dah lama aku pengen tahu gimana sih nulis sesuatu yang menjadi viral?

    ReplyDelete
  22. Beberapa tulisanku viral..dan aku rasa..gda trik apa apa. Semua itu karena pas saja sama selera pasar. Padahal pasti ada sesuatu di balik itu ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. View lebih dari 2000, share lebih dari 200 dan komen lebih dari 5 dalam waktu 2 jam? Wiiih ayo bikin postingan yang mana aja itu, pasti ada keunggulannya yang sama. Nanti kita bisa belajar dari situ.

      Delete
  23. acaranya keren, sampai saya rela datang berbaur dengan emak emak, hihi

    ReplyDelete
  24. suka ngiri deh, kalau ada acara2 seperti ini :) mudah2an suatu saat mendapat kesempatan untuk ikut di acara2 serupa :)

    ReplyDelete
  25. Beraat kalau view 2000 per 2 jam. Apalagi share nyampe 200. Hahaha. . .
    Kayak mimpi kalau Blogger macam aku bisa gitu ya, Mbak. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaaa banget, tapi itu untuk portal kali ya? Susah kalau personal blog.

      Delete
  26. Asyiknya bisa dpt ilmu bermanfaat.
    Hhhhmmm, jadi riset kudu diperdalam ya Mak.

    ReplyDelete
  27. Coba deket, mau ih pas liat ternyata jogja yaa, liat dari TL aja huhu. Viral... Syaratnya bgitu ya mba, berat,, hrs belajar bnyk aku. Makasih sharing acara yg seru ini mba

    ReplyDelete
  28. Pengen juga ikutan event KEB untuk nimba ilmu tentang blogging.. Semoga bisa ikutan yang di jakarta next time. Btw ini syarat viral berat juga.. Jadi inget judul e-newspaper yang viral, pas di klik content nya gak nyambung sama judul hihihii semoga kita gak kayak gitu ya makk.. Viral demi menaikkan pageviews tapi tidak memperhatikan content

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, banyak yg viral dengan cara tidak baik

      Delete
  29. Wow, diview 2000 orang dalam 2 jam? Kayaknya belum bisa deh :D

    ReplyDelete
  30. Hari Sabtu lalu diadakan di Surabaya. Aku nggak bisa datang hiks.

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.