Aya Dan Makna Cinta

Friday, May 20, 2016


Jika ingin mengenal seseorang lebih dalam tanpa bicara padanya, cobalah buka blognya. Memang tak semua bisa diketahui karena bagaimanapun internet adalah dunia tanpa batas, ada bagian-bagian kehidupan yang privat, yang tidak ingin diketahui orang banyak. Itulah yang saya lakukan ketika menelusuri sosok Kartika Nugmalia atau Aya.

Saya tidak begitu mengenal Aya, baik online maupun offline. Pernah bertemu dalam event Kumpulan Emak Blogger (KEB) tapi belum sempat ngobrol akrab karena saya sok sibuk, penginnya ngobrol dengan semua orang. Kalau orangnya 30, ya berarti cuma bisa ngobrol sebentar-sebentar masing-masing orang. Hampir setiap hari saya lihat nama Aya di group WA, tapi namanya emak banyak pikiran, cuma komentar yang penting-penting lalu ngilang ngurusin setrikaan. Aya sendiri kelihatan jarang bercanda dan lebih banyak membicarakan tentang Aisha.


Aisha adalah putri kecil Aya. Jika teman-teman membuka blognya, www.myvioletya.blogspot.co.id, postingan-postingan terakhirnya banyak berbicara tentang Aisha. Aisha sedang menjalani fisioterapi dan pengamatan dokter ahli terkait dengan Global Developmental Delay yang dialami.
Sayapun merunut balik keyword "Aisha", tampaklah bahwa ia adalah penjuang tangguh sejak dilahirkan. Aisha terus tumbuh, kuat, berkat ibu yang hebat seperti Aya. Aya bercerita tentang semua riwayat kesehatan Aisha berikut terapi yang sudah dijalaninya. Ini akan sangat membantu para ibu lain yang memiliki pertanyaan sama terhadap pertumbuhan putra putrinya.
Aya juga banyak bercerita tentang anggota keluarga lain. Saya sempat menangis membaca tentang almarhum Yusuf. Tak menyangka perempuan murah senyum ini banyak menerima cobaan. Aya juga bercerita tentang Shoji yang aktif dan puisi romantisnya untuk suami yang baik hati.
Selain tentang Aisha, dari blog Aya yang menonjol adalah berbagai usaha yang dijalani. Bahkan semua page yang dibukanya berhubungan dengan usaha, yaitu bisnis bunda, hijab shop, VCO dan lapak bahan pangan sehat. Bisa dibayangkan betapa sibuknya Aya. Apalagi kata Phie di blognya, Aya juga seorang guru TK. 
Namun begitu, yang khas dari Aya di blognya adalah senyum manisnya yang lepas, apapun yang ditulisnya. Ini menggambarkan apapun yang terjadi diterimanya dengan ikhlas.
Aya yang mana hayo? Yang bisa menjawab saya beri hadiah berupa perhatian. :))
Blog Aya memperlihatkan sisi lain dari dunia blogger. Meski Aya rajin memperkaya ilmu dengan datang ke acara-acara blogger, namun Aya dengan sabar meletakkan prioritas pada tempatnya. Dia tak pernah galau karena DL lomba, tak pernah baper karena kalah lomba, tak pernah uring-uringan karena ditawar rendah agensi dan hal-hal lainnya yang umum diumbar blogger di media sosial. Aya menempatkan semua pada porsinya, posisinya dan takdirnya. 
Tapi, sempat juga jantung saya mau copot ketika ngulik blog tersebut lebih jauh. Yaitu cerita tentang "kakak laki-laki" ketemu gedenya di pesta pernikahan Aya. Fotonya itu mirip adegan drama mantan yang datang ke pernikahan yang selalu viral di media sosial. Setelah membaca sampai akhir barulah saya bernapas lega karena "kakak" tersebut malah dijodohkan oleh Aya sendiri dengan sahabat dekatnya, yang berakhir dengan pernikahan. Bahagia, sekaligus penuh pahala bagi comblangnya.
Makna cinta seperti senyum Aya yang manis, harus ikhlas diberikan kepada anak, suami dan sahabat.

You Might Also Like

15 comments

  1. Tulisan maklus selalu khas dan menyentuh ketika dibaca. Senang bisa berkenalan dengan mak Aya.

    ReplyDelete
  2. Makna cinta yang kuat seorang bunda kepada anaknya...

    Btw, selalu suka dengan tulisan Mak Lusi...

    ReplyDelete
  3. Tiap membaca profil blogger yang ditulis oleh teman-teman saya selalu menemukan hal-hal baru. Hal hal baik yang bisa saya gunakan dalam hidup sendiri. Begitu juga dari pengalaman hidup Mbak Aya ini

    ReplyDelete
  4. Cerita-cerita di blog kita itu yang sering bikin kita merasa dekat ya mak.. Kita juga bisa mengenal sedikit karakter blogger dari gaya tulisnya juga foto-foto di blog. Jadi pingin kenalan sama mak Aya dan Aisha ^^

    ReplyDelete
  5. nambah teman yaaaa mba...mba aya memang manis sekali dengan senyumnya :)

    ReplyDelete
  6. nanti mau mampir ah ke blognya.
    Di foto itu yang mana ya? Apakah yang pake kerudung biru muda dan gendong anak itu ya?

    ReplyDelete
  7. Mak Lus....
    Sepertinya saya terlewat di postingan ini. Maafkan yaaa...
    Suka banget sama tulisannya. Meskipun mak Lus merasa belum dekat, aku merasa mak Lus dekat di hati lhooo. Kagum dengan orang yang total dengan apapun yang dikerjakannya. Sukses buat Ladaka-nya ya mak :* kalau ketemu kita selfie#ehh

    ReplyDelete
  8. belajar banyak dari Aya ah, aku belum kenalan

    ReplyDelete
  9. Apik Mak Lus ulasannya..Mbak Aya memang jarang becanda orangnya..hihi=)

    ReplyDelete

Maaf jika kenyamanan teman2 terganggu, sementara komentar dimoderasi karena makin banyak spam. Kalau sudah reda, akan dilepas lagi. Terima kasih.