DIY Mengganti Jok Kursi Dengan Bahan Kanvas Motif Eiffel

Saturday, May 07, 2016


Bahan kanvas sedang kekinian. Motifnya macam-macam, antara lain Eiffel, London, bunga-bunga, chevron, garis-garis dan sebagainya. Bahan tersebut lalu dikembangkan menjadi bantal, dompet, tas, taplak dan sebagainya. Teksturnya yang tebal dan kasar membuatnya cocok untuk dibuat berbagai kerajinan. Kanvas tidak mudah kotor, tidak mudah sobek dan gampang dibersihkan.
Dulu saya sudah pernah mengganti jok kursi meja makan yang sudah jelek banget. Baca disini. Setelah beberapa bulan, jok tersebut menjadi kotor dan saya ogah mempertahankannya alias mencucinya. Kebetulan anak saya lalu mengambilnya untuk dijadikan kursi meja belajarnya. Jadi saya pikir, lebih baik saya ganti jok saja daripada mencuci, sekalian menyesuaikan warna kamarnya yang serba pink.


Beberapa minggu sebelum toko Liman kebakaran, saya sempat membeli beberapa motif kanvas. Saya sering mengumpulkan beberapa motif kain bahan barang 2 meter untuk berbagai percobaan yang hasilnya dijual melalui Ladaka Handicraft jika memuaskan. Karena belum sempat menyentuhnya, akhirnya saya ambil salah satu untuk memperbaharui jok tersebut.
Sebenarnya warna kursi tersebut tidak matching. Ada rencana untuk mengubah warna coklat kayu menjadi putih agar lebih cantik. Tapi nanti saja, tunggu setelah beberapa momen besar bulan ini berlalu. Nanti hasilnya saya blog juga deh. Abaikan juga suasana kamarnya yang berantakan karena saya tidak berani membersihkannya sampai ujian selesai. Takut salah buang kertas-kertas latihan soal.
Bahan yang harus dipersiapkan masih sama seperti dulu, yaitu:

  1. Bahan kanvas motif Eiffel 2 meter dibagi 4.
  2. Gunting.
  3. Jok lama.
  4. Stapler besar.
Caranya:
  1. Bongkar dulu jok lama. Ini cukup mudah, tinggal dicungkil saja stapler lama dengan gunting. Jok lama bisa dibuang atau jadi lap. Karena cukup tebal, saya menggunakannya untuk mengangkat wajan panas.
  2. Letakkan jok lama yang sudah polos ditengah kanvas lalu lipat yang rapi. Kali ini saya tidak menggunakan pelapis hitam itu karena kanvas bisa menutup semua. Lagipula menggunaka pelapis hitam untuk menutup malah membuatnya tidak rapi karena bahan jok yang tidak cukup lebar itu lari-lari.
  3. Kencangkan dengan stapler yang rapi.
  4. Lekatkan di kursi kayu menggunakan isolasi atau selotip besar. 
  5. Kursi siap diduduki.

You Might Also Like

6 comments

  1. Motifnya lucu... motif ini kmn saya liat di pakai di salah satu tas kanvas yg di pajang di booth pesta siswawirausahanya mba icues. Atau mirip2 gitu :))

    ReplyDelete
  2. Kirain tadi DIY itu daerah istimewa Yogjakarta. Motifnya keren banget. Tapi aku lebih suka warna dasarnya gelap. Ada kale ya ?

    ReplyDelete
  3. Canggih bangeet deh dikau mbaaa. Bagus hasilnya. Jadi pop banget yaaah 😘😘😘

    ReplyDelete
  4. Motifnya lucu banget mbak
    belinya di Liman ya hehe ikutan ah

    ReplyDelete
  5. aku punya kursi makan jadul nih, boleh juga kalau di ganti bahannya supaya leih bagus lagi

    ReplyDelete
  6. Kreatif banget sech, kalo gw mah keburu males hahaha

    ReplyDelete

Maaf jika kenyamanan teman2 terganggu, sementara komentar dimoderasi karena makin banyak spam. Kalau sudah reda, akan dilepas lagi. Terima kasih.