Friday, May 13, 2016

Jadwal Kolam Renang Khusus Wanita di Jogja dan Tips Bagi Muslimah

 

Di group Blogger Cantik Jogja malam ini jadi ngumpulin data kolam renang di Jogja gara-gara pertanyaan mak Yoan yang mencari kursus renang buat anaknya. Obrolan ini jadi memunculkan keinginan untuk rutin renang lagi, mengingat saya sudah tidak diperbolehkan memforsir kaki sehingga tidak bisa melanjutkan hobi jogging. Renang adalah salah satu olahraga yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW selain memanah dan berkuda. Dari segi kesehatan, berenang dipercaya untuk
melatih pernapasan sehingga baik untuk penderita sesak seperti saya (Duh banyak banget sih penyakitnya?), terapi urat tulang belakang kejepit dan sebagainya.

Ibu-ibu semestinya juga harus sering berenang, tapi ternyata adegan di kolam renang rata-rata sama, yaitu ibu-ibu lebih sering tampak sebagai penjaga tas dan mondar-mandir nyuapi anak. Padahal nyuapi anak ketika si anak sedang berendam itu sebenarnya dilarang. Kalau ibu-ibu mau berenang, badan akan sehat dan lincah. Kalau badan berisinya tetep ya, paling jadi padet aja. Alasan nggak mau renangnya paling banyak adalah males ribet bilas ganti baju dan malu.

Untuk menghindari malu, ibu-ibu bisa ikut jadwal khusus wanita. Jadwal ini meskipun awalnya sebagai respon minat muslimah yang pengin renang tapi tak mau dihadapan para pria bukan muhrim, tapi ini juga bisa bermanfaat untuk yang non muslimah tapi pemalu.
Jangan pakai legging dan kaos oblong longgar.
Ibu-ibu yang pemalu ini sering tampak menggunakan legging dan kaos oblong longgar. Jika muslimah ya ditambah dengan jilbab instan. Mereka mengira, kaos oblong yang longgar akan menyembunyikan lekuk tubuhnya. Memang iya sih, tapi itu sebelum kena air. Begitu basah, terbayanglah lekuk tubuh berikut behanya. Berikut beberapa tips praktis untuk ibu-ibu pemalu dan muslimah.

1. Pakailah baju renang. 
Sekarang banyak baju renang muslim. Makin lama makin banyak pula pilihan coraknya. Kalau malu dengan bahan yang ketat, bolehlah dirangkap dengan kaos oblong longgar diluarnya. Tapi baju renang ini wajib dipakai didalamnya karena bahannya khusus untuk air, tidak sama dengan bahan spandek yang buat baju-baju muslim itu. Sudah terlalu sering melihat ibu-ibu yang kaosnya ngeplek beha dan celana dalam karena dalamnya tidak mengenakan baju renang. Kapan beliau-beliau ini bisa disadarkan? Meskipun kaos rangkap, hasilnya tetap beda dengan baju renang. Celana legging cocoknya cuma untuk dipakai di pantai. Untuk kolam renang, tetap pakailah celana panjang dari setelan baju renang. Meski sepintas sama, bahan celana dari setelan baju renang tidak sama dengan legging.

2. Lengkapi dengan jubah mandi. 
Jubah mandi dari bahan handuk yang besar memang mahal. Ibu bisa menyiasatinya dengan membuat atau pesan ke penjahit dengan bahan lain yang lebih murah. Saya dulu malah punya robe dari bahan batik. Untuk menyerap air, tetap gunakan handuk biasa. Seringkali ibu-ibu malu kalu keluar air menggunakan handuk sebagai kemben.

3. Gunakan sabun mandi yang bisa digunakan untuk keramas.
Untuk kolam renang hotel yang nyaman, mungkin bilas setelah renang tidak menjadi masalah. Tapi di kolam renang umum, penggunaan sabun sekalian shampoo ini bisa membuat bilas praktis dan cepat.

4. Cek jadwal renang khusus bagi perempuan. 
Untuk mengakomodir minat berenang muslimah yang terus meningkat, banyak kolam renang yang menyediakan jadwal khusus wanita. Karena tidak harus berbagi dengan laki-laki tak dikenal, jadwal tersebut akhirnya menjadi favorit bagi wanita, meskipun bukan muslimah. Namun perhatikan jadwal favoritnya, agar tidak ribet karena kolam yang terlalu ramai seperti cendol. Kondrat ibu-ibu, senang membawa anak-anak sekalian untuk berenang.

5. Pilih lokasi yang sesuai, apakah kolam renang hotel, perumahan, sekolah atau umum.
Saya paling suka kolam renang hotel, asal letaknya tidak didepan restorannya. Kolam renang hotel lebih bersih dan private. Biasanya kolam renang hotel memang tidak punya jadwal khusus wanita karena tamu hotel diprioritaskan untuk selalu bisa mengaksesnya. Meski demikian, seringkali kolam renang hotel tidak terlalu ramai. Namun adakalanya klub renang menggunakannya juga. Cermati saja jadwalnya. Saya tidak pernah memilih kolam renang perumahan karena rasanya sungkan saja renang di rumah orang yang nggak kenal. Heheee.... Kolam renang umum adalah yang paling banyak punya jadwal khusus wanita.

6. Jangan perhatikan orang lain ya. 
Kalau sampai bertatap mata, nanti ibu bisa malu karena berarti orang tersebut tertangkap basah sedang memperhatikan ibu. Jaga mood. Fokus berenang dan bersenang-senang dengan teman atau keluarganya saja. Berenang paling asik kalau rame-rame.

Jadi, mana dong kolam renang yang punya jadwal khusus wanita? Untuk Jogja, berikut yang berhasil saya rangkum dari berbagai sumber. Mohon maaf, saya sendiri belum pernah mencoba jadwal tersebut. Foto kolam renang diatas adalah yang pernah saya coba di hotel Hyatt dan Matahari Yogyakarta, bukan di jadwal khusus wanita tapi untuk Hyatt cukup nyaman karena tidak terlalu ramai, sedangkan untuk Matahari kadang barengan dengan anak-anak les renang.

1. Salsabila
Ini yang paling sering disebut. Letaknya di kompleks SD Budi Mulia Dia karena merupakan milik Yayasan Budi Mulia. Tiketnya Rp 12.000. Jadwal khusus wanitanya: Senin (14.30 - 20.00), Rabu (15.00 - 20.00), Jumat (16.00 - 20.00) dan Jumat (11.00 - 16.00). Jadwalnya cukup banyak, hanya perlu diperhatikan waktunya saja yang berbeda-beda.

2. Depok Sport Center
Nggak jauh dari Salsabila, masih di Seturan juga dan lebih mudah dicari karena dipinggir jalan utama. Jadwalnya Kamis, Jumat dan Sabtu seharian tapi hanya berlaku di kolam indoor, tidak di kolam outdoor. Harga tiket Rp 12.000.
Update dari Mbak Inda: sekarang ganti Senin, Rabu dan Jum'at.

3. Umbang Tirta
Letaknya ditengah kota, di komplek stadion Kridosono. Jadwalnya tiap hari Jumat, dengan tiket Rp 6.000,-. Makanya kalau Jumat pagi banyak eyang-eyang putri disini. Renang bikin awet muda.

4. Nafi'
Alamat di Kompleks Ponpes Jamilurrahman, Ds Glondong, RT4, Wirokerten, Banguntapan, Bantul. Kontak 085245870009. Jadwalnya tiap hari Minggu, Selasa, Kamis dan Jumat sore. Tiketnya Rp 7.000. Kolam ini juga bisa disewa privat untuk sekeluarga dengan tarif Rp 90.000 per 2 jam dengan jumlah maksimal pengunjung 15 orang.

5. Mantup (Update dari teman)
Kolam renang ini direkomendasikan oleh 2 orang teman, save untuk hijaber. Letaknya di Jl Wonosari

Jika teman-teman ada yang tahu jadwal lain, mohon diinformasikan di kolom komentar ya, nanti saya pindahkan ke daftar diatas. Terima kasih.


29 comments:

  1. Passs banget ini mba. Aku nanti malem mau rendeman...di kuningan. Nice infoooh pokoknya mah soal baju renang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Renang malem itu enak banget, airnya malah anget.

      Delete
  2. sepertinya di Kudus belum ada Mbak Lusi, dan harga tiketnya jauh 2X lipat dari yang Mbak Lusi disebutkan di atas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena masih terbatas, seringnya kayak cendol :))

      Delete
  3. eh,ada ya sabun mandi yang buta keramas juga??katrok aku mak,baru tau hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheheee ada, biasanya di kamar mandi hotel berbintang 4 banyak yg sudah seperti itu.

      Delete
  4. Cakep!!!! kep kep, mau ke Jogja dan renang di tempat khusus cewek akhirnya ketemu juga tempat2nya, gracias maaak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke tp perhatiin jadwal ya, jangan pas kyk cendol :))

      Delete
  5. Asik bget kalo ada kolam renang yg khusus begini, sama halnya dgn senam khusus muslimah atau aerobic khusus muslimah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau ada kyk gitu disini, aku udah jadi member.

      Delete
  6. Kolam renang hotel emang enak, apalagi kalo sepi. Trus ditambah yang ada fitnes centernya sekalian jadi tambah asik. Tapi sayangnya saya pernah ada pengalaman buruk euy. Renangnya emang di kolam renang hotel yang sepi tapi diliatin sama karyawan dan koki-kokinya dari lantai atas.

    ReplyDelete
  7. hihi, belum punya baju renang ala hijab, makasih tipsnya mak ^_^

    www.leeviahan.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak link blognya di nama aja ya. Kemarin2 saya hapus kalau di badan komentar. Besok2 saya hapus lagi. Terima kasih atas kunjungannya :))

      Delete
  8. Waaaaahhh enaknyaaa, dimana ya yang begini kalo dijakarta. Uhuhuhuhuu. Makasi sharingnya Maaaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya di Jkt ada ya, kan marketnya lebih luas

      Delete
  9. Di jalan wonosari ada mak. Setiap hari bisa, soalnya kolamnya disekat. Jadi dipisah antara laki2 dan perempuan. Sayangnya cuma ada 1 jenis kolam aja. Tapi lumayan save buat hijaber

    ReplyDelete
  10. Gak pernah berenang lagi dah lama banget sejak berhijab.. Btw, ada kolam renang khusus wanita memungkinkan para wanita yang seperti aku bisaa berenang ya Mba.. biar gak risih lagi gitu..

    ReplyDelete
  11. asyiiik banget ada jadwal khususnya ya mbaaa. Saya setuju..tetap pakai baju renang, lalu kalau perlu disiasati :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya kalau sudah asik berenang nggak terlalu ribet nutupi, dah lupa aja hahaaa

      Delete
  12. wah asyik banget kalau ada kokam renang khusus muslimah ya. kau jug a udah punya kok baju renang khusus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok di Bali kita nggak dikasih kesempatan renang ya? Hiks

      Delete
  13. sangat terbantu dengan informasi ini mbak. barakallah :)

    ReplyDelete
  14. Mbaa, di depok sport center khusus perempuan nya sudah ganti jadi senin, rabu,jumat

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.