DIY Mengganti Jok Kursi Motif Bunga Tanpa Jahitan

By June 19, 2016 ,

Sebenarnya DIY ini mau saya tulis dalam bahasa Inggris, berhubung versi Indonesia-nya sudah pernah saya tulis ketika mengganti jok dengan kain kanvas motif Eiffel.




Tapi berhubung sedang banyak pikiran, jadi males mikir grammar-nya. You know-lah bahasa Inggris ribet dengan tenses, plural, singular dan seterusnya. Harus lebih teliti. Pada dasarnya sama dengan DIY yang lalu, tapi saya ingin memberi ide kepada teman-teman agar tidak ragu bermain motif dan bahan.

Baca juga: DIY Jok Kursi Kanvas Motif Eifel

Kali ini saya menggunakan motif bunga mawar merah dengan latar hitam. 

Tadinya saya mau menggunakan motif bunga tersebut dengan latar putih, tapi rasanya kok lebih dramatis yang latar hitam. Tapi saya tetap beli dua-duanya sih, lain kali saya tunjukkan yang latar putih. Jika motif Eiffel menggunakan bahan kanvas yang sedang ngehits, maka untuk motif bunga ini memang asli bahan jok. 

Tekstur bahan jok yang saya pilih ini hampir sama dengan kanvas tapi sedikit lebih ringan. 

Harganya Rp 50.000,- per meter. Untuk satu jok, saya tidak menghitung berapa pasnya, melainkan hanya saya bagi 4 dari 2 meter kain yang saya beli. Lebar kain jok ini 1,5 meter. Memang kain jok lebih mahal daripada kanvas.
Saya mendapatkan kursi makan ini dalam kondisi parah dan sebagaian kaki dimakan rayap. Setelah saya bersihkan dan cat ulang, saya harus membuat joknya sendiri setahun lalu karena joknya sudah bolong. 




Setelah setahun, wajar jika jok tersebut kotor. Sebenarnya bisa saja saya cuci, tapi kok pengin ganti jok saja untuk ganti suasana. Berikut yang saya lakukan.
  1. Membuka kain jok terdahulu. Bersihkan semua stapler yang ada.
  2. Cek apakah busa masih bagus. Jika sudah ditipis, ditumpuk saja dengan busa lain. Kebetulan busa jok saya masih bagus.
  3. Susun ulang kertas karton tebal, busa dan kain jok.
  4. Tangkupkan kain jok yang baru.
  5. Rapikan menggunakan stapler besar.
Agar menempel kuat di kursi yang kita duduki, tidak bergeser-geser, saya tempelkan double tape hitam yang adanya sponge tipisnya, yang sering untuk elektronika. Double tape ini lebih kuat daripada double tape yang putih. Kalau teman-teman ada waktu dan kreatif, bisa juga dikasih pita, lalu pita tersebut diikatkan ke kursi. Ini juga bisa mencegah jok bergeser.
Gampang banget kan?

You Might Also Like

12 comments

  1. wah ternyata mengganti jok kursi ternyata begitu simpel :D
    Baru tahu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yg simple, ada yg lebih rapi heheee

      Delete
  2. double tape nya yang kayak apa to mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Double tape yang biasa juga bisa yg putih itu atau double tape elektronik yg hijau tua atau hitam. Beli di toko stationary atau bangunan.

      Delete
  3. rajin bangeeet deh mba...aku selalu kagum dengan mereka yang banyak melakukan DIY untuk furniture. Di sini banyak bangeeet...dan keren-kereeen :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum seperti mereka mbak. OTW insya Allah

      Delete
  4. gampill maak, pengin cobaaa, lalu kapan? *hiks mak bisa banget dibikin video nih hihhih

    ReplyDelete
  5. Wuah ternyata bisa ya ganti jok kursi sendiri, hasilnya juga keren.

    ReplyDelete
  6. Staplernya digimanain itu Mak? Kok saya belum ada bayangan yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diteken aja diatasnya. Stapler paling besar lo, biasa buat nempel brosur, bukan stapler buat kertas biasa.

      Delete

Maaf jika kenyamanan teman2 terganggu, sementara komentar dimoderasi karena makin banyak spam. Kalau sudah reda, akan dilepas lagi. Terima kasih.