Monday, June 20, 2016

Parcel Lebaran Menunggu Dibalik Kreasi Tajil Indomilk

Sekarang dilarang menerima pemberian parcel Lebaran ya?

Pisang crispy keju susu kental manis.

Kalau tidak diberi tapi mengusahakannya sendiri, nggak apa-apa dong ya? Caranya cuma lewat tajil yang kita buat tiap hari selama bulan Ramadhan ini kok, bu.

Tajil merupakan hidangan yang paling ditunggu keluarga. 

Makanya ibu-ibu selalu berusaha memberikan yang teristimewa sebagai rasa syukur karena keluarga telah berhasil melampui hari itu dengan baik. Kalau kehabisan ide, ibu-ibu sibuk googling mencari resep-resep yang bisa segera dipraktekkan. 
Memasak kreasi takjil dan hidangan lainnya di bulan Ramadhan banyak pahalanya. Meski sama-sama berpuasa, karena ini sudah biasa dilakukan para ibu tiap tahun, sepertinya para ibu tidak punya beban, malah bersemangat membayangkan keluarga berkumpul menikmati hasil masakan penuh cintanya. Tak hanya memasak untuk keluarga, para ibu sering melebihkan masakan untuk diantar ke mesjid atau sekedar diberikan tetangga. Yah, siapa tahu ada tetangga yang tidak sempat memasak, sedang sakit atau jomblo jauh dari orangtua.

Jus campuran terong belanda, susu kental manis dan es serut untuk buka puasa ala gaya hidup sehat.

Umumnya yang sampai ke tetangga adalah takjil ini. Berbagai kreasi tajil dibuat para ibu agar tampilan tajil menarik dan menyemarakkan suasana. Tentusaja berbukalah dengan yang manis. Makanan atau minuman yang manis membantu pemulihan energi setelah sehari berpuasa. Namun konsumsinya tak boleh berlebihan.
Bahan makanan manis juga tidak hanya berasal dari gula, bisa dari susu kental manis misalnya. Karena itu, jika sudah menyiapkan sop buah segar yang disiram susu kental manis, tak perlu lagi menyediakan teh manis sampai satu mug. Kalau masih haus, mendingan minum air putih.
Susu kental manis telah menjadi bagian dari keluarga saya sejak saya kecil. Sekarang orangtua saya rutin minum susi kental manis yang diseduh air untuk membantu menjaga stamina karena beliau jogging tiap pagi dan menguatkan tulang tua meraka. Susu kental manis favorit beliau adalah Indomilk. Meski dulu tidak punya kulkas, tapi aman saja tuh menyimpan kaleng susu yang sudah dibuka di suhu ruang.
Selain itu, Indomilk ada kemasan sachet yang mudah dibawa. Beberapa waktu lalu saya borong cukup banyak berhubung si sulung jadi panitia perkemahan dan harus melek hingga malam. Susu panas membantunya menjaga kondisi ditengah udara terbuka malam yang sangat dingin.


Maksudnya aman disini nggak mudah berubah rasa dan wujud. Kalaupun ada yang tidak aman itu gara-gara semut dan saya. Agar aman dari semut, bapak meletakkan kaleng susu didalam mangkuk, lalu mangkuknya diberi air. Untuk bahaya yang datang dari saya, sampai sekarang tidak ada solusinya, karena kalau didekat kaleng tersebut nggak tahan mengulurkan jari untuk mencolek dan mencicip susu sedikit.
Indomilk memiliki banyak kandungan yang diperlukan tubuh, yaitu kalsium, fosfor, vitamin D3, vitamin A, vitamin B1 dan B2, vitamin B5, vitamin B6, vitamin B12 dan zink.
Kalau buat saya sih, karena sudah ibu-ibu, susu kental manis tidak hanya berakhir dengan diseduh, tapi bisa jadi bermacam-macam. Yang paling sederhana adalah untuk olesan roti bakar bersama mentega dan keju. Anak-anak sangat menyukai kombinasi roti bakar tersebut untuk sarapan. Sedangkan yang paling sering saya buat adalah wedang jahe, yang terdiri dari air panas, geprekan jahe yang sudah dibersihkan dan susu kental manis original (yang warna putih).

Ibu-ibu punya Resep Tajil apa nih?

Sudah bikin kreasi tajil yang cantik, jangan sekedar di share di instagram atau jadi postingan blog resep. Ada Kontes #KreasiTajilIndomilk yang sayang untuk dilewatkan. Selain mudah, karena numpang menu Resep Tajil para ibu, juga karena hadiahnya lebih besar dari parcel Lebaran yang biasa kita terima. Bentuk hadiahnya-pun ibu-ibu banget.
Cara ikutannya bisa dilihat di foto dibawah ini.




Tapi ingat, waktunya sempit! DEADLINE 21 Juni 2016 jam 17.00 ya, berarti besok dan bukan jam 23.59, melainkan ikut jam kantor. 
Untuk hidangan tajil, umumnya para ibu memilih beberapa jenis makanan dan minuman yang saling melengkapi. Jika sudah ada es campur, maka snack yang ringan saja, dan sebaliknya. Selain untuk keseimbangan, juga agar waktu para ibu tidak dihabiskan berlama-lama di dapur. Mereka juga butuh bersosialisasi lo, misalnya ikut pengajian sore hari di mesjid.
Jadi mari kita berburu Resep Tajil berbahan susu kental manis. Berikut adalah kesukaan saya selain pisang keju dan sop buah adalah puding, jus alpukat, jus terong belanda, sop buah, pie susu dan salad buah. 
Sedangkan resep untuk pisang crispy diatas sangat mudah. Goreng pisang dengan celupan tepung sagu, gula, garam dan air. Setelah agak dingin siram dengan susu kental manis Indomilk, lalu taburi dengan parutan keju.
Yuk ikut Kontes #KreasiTajilIndomilk . Coba lihat hadiah dibawah ini. Sama saja kan dengan parcel Lebaran yang diberi orang lain? Eh, ini lebih banyak ding. Heheee....

17 comments:

  1. Tampilan mobile blogmu sekarang cakep, enak bacanya :)
    Kalau aku bikin takjil yang mudah dan nggak lama buatnya: kolak atau gorengan :D

    ReplyDelete
  2. Wah, icippp maklussss.. Sluurrpppp..

    ReplyDelete
  3. Emang kalo bikin takjil manis, gampangnya pake susu kental manis ya mak.

    Semoga sukses kontesnya, mak Lusi. Hadiah parcelnya menggiurkan euy..

    ReplyDelete
  4. semoga bisa ikutan.. Makasih infonya Mbak Lusi, keluarga kami juga suka dengan Indomilk sejak lama

    ReplyDelete
  5. Wah.... dl nya besok. Keburu gak yaa...

    ReplyDelete
  6. Wah enak2 tuh resep tajil bersama indomilknya mbak lusi 😀

    ReplyDelete
  7. waaah..udah cegluk cegluuuk liat tajil :)

    ReplyDelete
  8. Nahh jus terong belanda itu aslei uenaak...apalagi kalau pake susu. Ya Allah ngeces

    ReplyDelete
  9. Wah dan aku baru baca n tau sekarang lomba ini. Gak sempat ikutan keknya

    ReplyDelete
  10. Wah... ada lomba kreasi tajil ya? Aku lewat gak ikutan karena baru tahu, huhu..

    ReplyDelete
  11. pisang crispy nya itu mbaak :).. jd pgn bikin utk bukaan besok :D.. moga menang lombanya yaa ;)

    ReplyDelete
  12. Resep takjil andalan saya, buah dipotong2 trus dicampur air sama susu x)) udah gitu doang.

    ReplyDelete
  13. nggak jago buat takjilan bun hikss :(
    selera ikutan sih tapi bingung mau buat apaa

    ReplyDelete
  14. wah takjilnya mengalihkan duniaku, #liatjam

    ReplyDelete
  15. Padahal naksir berat sm slow juciernya tp ga bs ikutan krn ga ba fokus ke dapur hiksss

    ReplyDelete
  16. Anak saya paling suka susu kental manis nih mbak Lusi. Mau makan apa aja pasti ditambahin lagi susunya meskipun jelas-jelas udah pakai susu. Contoh, beli jagung manis rasa susu keju, masih aja ditambahin susu satu sachet, duh rasanya gimana ya :))

    Semoga menang ya mbak, aamiin :)

    ReplyDelete
  17. Aku telat ikutan kreasi tajil indomilk ini hiks, tapi yg ikutan keren-keren semua aku liat. Aku paling susah kalo diminta kreasi2 gitu, nggak kreatif hahaha, sukanya praktekinn resep orang lain aja :)

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.