Thursday, June 30, 2016

Untuk Cantik Itu Cuma Perlu Bersih

Untuk tampil cantik itu sebenarnya tak perlu mahal, cukup rajin bersih-bersih saja, apalagi sekarang ada Cetaphil Gentle Skin Cleanser.

Menyenangkan gaul sama yang muda-muda, biar awet muda. Photonya mak Tunjung.

Daripada mengoleksi alas bedak dan ribet kapan harus menggunakan bedak compact dan tabur, lebih baik merawat kebersihan wajah. Apalagi sampai kursus bikin shading. Ramuan kimia untuk mengelupas kulit juga berbahaya. Memang pengelupasan tersebut bisa membuat kulit berubah pink dan ranum, tapi pemeliharaannya juga tidak murah. Polusi udara akan membuat pengeluaran lebih besar lagi untuk melindungi kulit yang seperti itu. 

Ini karena perawatan yang berlebihan akan membuat kulit kerja keras dan sensitif.

Di antara blogger Jogja, saya termasuk senior karena umur. Beberapa sudah memanggil budhe. Sebuah tahapan kehidupan yang saya nikmati. Karena banyaknya kegiatan dan karena tidak pernah jerawatan, saya sudah bertahun-tahun tidak melakukan perawatan khusus di salon. Di usia saya saat ini, dimana kulit sudah mulai mengendur dan cenderung berkerut, harus ada perhatian khusus. Kalau terlalu sering scrub, kulit yang sudah tidak kenyal lagi ini bisa kekeringan. Kalau dilakukan treatment yang berlebihan, bisa-bisa banyak efek samping. Ini karena kulit itu sama dengan fisik manusia, mudah capek jika sudah tidak muda lagi, jadi jangan diforsir dengan macam-macam perawatan ekstrem.

Namun saya percaya, segala racun kimia dan polusi udara tak akan berpengaruh terlalu besar jika secara rutin dibersihkan.

Berikut 3 tip bersih yang berusaha saya terapkan dengan rutin, meski kadang masih kalah dengan rasa capek dan kantuk.

1. Bersihkan Make-up Dengan Cuci Muka
Pengetahuan ini saya dapatkan dari perias pengantin keponakan saya. Waktu itu giliran saya didandanin. Berhubung sebelumnya saya sudah dandan, meski tipis, untuk bepergian ke beberapa tempat, perias meminta saya untuk cuci muka dengan sabun. Diantara merk pembersih yang bisa digunakan untuk muka dan beredar di pasaran saat ini adalah Cetaphil Gentle Skin Cleanser. Karena malas, saya meminta perias tersebut membersihkan wajah saya menggunakan milk cleanser saja. Tapi dia menolak.
"Kalau seperti ibu sebaiknya cuci muka saja supaya wajah benar-benar besih dan make-up bisa melekat dengan baik. Kecuali kalau belum terkena make-up, kami bisa bersihkan menggunakan milk cleanser dan toner.
Jadi, jangan lupa bersihkan make-up dengan cuci muka menggunakan Cetaphil. Jika make-up lebih tebal dari biasanya, misalnya habis kondangan, bersihkan muka lebih dahulu mengunakan milk cleanser, lalu cuci muka dengan Cetaphil, keringkan dengan handuk, terakhir tepuk-tepuk menggunakan kapas yang telah dibasahi dengan toner.
Dibawa kemana-mana, termasuk ke acara Bukber Blogger Jogja, aupaya tangan tetap bersih sebelum dan sesudah makan.

2. Rajin Cuci Tangan
Ceritanya keluarga saya terkena wabah belekan. Ketika memeriksakan diri ke dokter, yang menjadi perhatian utama dokter bukan mata, tapi malah tangan.
"Untuk mata, saya kasih obat ini aja beberapa hari langsung sembuh. Tapi supaya penyakitnya nggak muter-muter didalam rumah terus, jaga kebersihan tangan. Virus belekan tersebut menular melalui tangan, bukan karena saling bertatapan. Tidak harus pegang langsung sih, tapi bisa transfer ketika mengulurkan piring, buku dan sebagainya."
Sejak saat itu, kemana-mana saya selalu membawa cairan pembersih tangan dan meletakkan sabun tangan di wastafel dan kamar mandi. Ini juga berlaku untuk kesehatan wajah. Tangan yang kotor sehabis menggenggam pegangan tangga di tempat umum, memegang uang dan sebagainya lalu mengusap wajah, bisa mengakibatkan jerawat, panu, gatal-gatal dan sejenisnya.
Karena itu bawalah selalu Cetaphil didalam tas, yang bisa digunakan untuk membersihkan tangan tanpa perlu menggunakan air.
3. Lindungi Dengan Pelembab
Meski menerapkan perawatan minimal, tapi jangan pernah lupakan pelembab, baik wajah maupun tangan dan kaki. Pelembab ini akan membantu mempertahankan kulit kenyal lebih lama meski terpapar matahari dan polusi. Kalau kulit bersih, tak perlu macam-macam trik make-up. Cukup bersihkan dengan Cetaphil, lalu lapisi dengan pelembab agar tampilan kulit tampak lebih segar.

Inner beauty memang lebih langgeng daripada penampilan luar, tapi penampilan luar yang baik akan membantu kita melangkah lebih jauh. Penampilan sangat tergantung dengan persepsi diri orang tersebut terhadap apa yang membuatnya istimewa. Namun jika ingin hidup simple, penampilan yang bersih dan segar sudah cukup mengesankan, cermin rasa percaya diri.

14 comments:

  1. Denger dari beberapa temen Cetaphil ini katanya bagus ya Mbak Lusi. Soal rajin bersihin wajah emang bener sih. Sayangnya saya ini tipe orang yang udah masuk ke fase males bebersih wajah. Waktu masih lebih muda dulu suka juga ngerawat wajah tapi ya cuma dibersihin aja dan memang kelihatan lebih ganteng... *eaaa :D

    ReplyDelete
  2. Lost fokus sama tatapan matanya :))))
    Kalau aku, yang bermasalah tuh komedo, tapi karena takut facial dipencet-pencet sakit, suka bersihin sendiri.
    Bersihin sendiri itu yang bikin malas, karena nggak mudah juga ngilangin komedonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tatapan mataku memang mendalam, menusuk jiwa.

      Delete
  3. Ada foto aku nampang. Xixixixi..
    Mak Lus mah cantik, cantik dari hatimuuuu *malah nyanyi

    ReplyDelete
  4. klo kulitku sensitif mak lus...jd bersih2 itu penting banget plus day cream atau night cream tp banyakan alesn buat males2 ternyata hahahay

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow harus hati2 ya lo kalau kulit sensitif

      Delete
  5. jerawatku di daerh T..pake apa aja selalu sensitif jadi sekarang g pake apa2,baca banyak cerita emak2 jadi pingin nyoba cetaphil....
    mendadak, malu...soalnya tatapan mak Lusi itu loh,nggak nguati ^^

    ReplyDelete
  6. Wah ternyata bisa buat cuci tangan juga ya. Tipsnya ok banget, aku setuju. Aku jg bukan orang yg banyak dandan apalagi ke salon. Tapi kalau cuci muka sih harus.

    ReplyDelete
  7. Cantik mmg tak perlumahal yaaa, tapi perawatan makin mahal di jamin cantik nya makin maximal hahaha

    ReplyDelete
  8. Bagus juga ya ni produk.. :)
    Eco friendly karena enggak butuuh banyak air.. :)

    ReplyDelete
  9. Bersih memang bikin kinclong ya mbaaa.. Dan sehat :)

    ReplyDelete
  10. hal sepele kelihatannya ya soal cuci tangan tapi bis amempengaruhi kesehatan

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval. Should you need further information, please email to beyoumails@gmail.com.