Friday, July 01, 2016

Nggak Bisa Mudik? Di Kota Bukan Tujuan Mudik? Jangan Sedih!

Tidak bisa mudik seperti orang lain, padahal tidak berada di kota tujuan mudik, misalnya Jakarta dan Batam?



Jangan sedih! Ada kok yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu dan mengurasi perasaan merana rindu kampung halaman. Seringkali sebagai orangtua, kita dibebani untuk memilih tempat menghabiskan waktu yang edukatif. Di rumah pun dituntut untuk menyediakan kegiatan yang kreatif. Datang ke tempat-tempat edukatif itu memang baik, tapi disaat hati sedang gundah gulana begitu yang terpenting happy. Hura-hura nggak apa-apa, daripada terpuruk di kasur sesenggukan kangen orangtua dan saudara-saudara.

Jadi, dalam memilih kegiatan untuk mengisi waktu selama tetangga mudik, tak perlu mikir macam-macam selain bersenang-senang.

Beberapa hari menghilangkan sikap orangtua yang kaku dan terlalu pilih-pilih, bahkan untuk soal piknik, akan mendatangkan atmosfir yang menyegarkan dalam keluarga. Anak-anak akan terkesan dan bisa berekspresi lebih bebas.

Coba yuk kita cari tempat asik pelipur lara karena nggak bisa mudik.

1. Ngemall
Banyak yang mencaci liburan ke mall karena konsumtif dan tidak mendidik. Sampai-sampai ada himbauan liburan tanpa mall. Tapi yah sekali ini mohon dimaafkan. Kasihan udah nggak mudik, nggak boleh bersenang-senang tanpa kebanyakan mikir. Nggak adil ya, yang nggak mudik harus liburan sambil mikir karena beban kata edukatif tadi, sementara yang mudik bisa santai-santai tiduran melulu menunggu masakan emaknya matang. Lagipun THR cuma dikurangi dikit buat ngirim orangtua, masih sisa banyak karena nggak beli tiket pesawat. Puas-puasin deh ngemall, cari restoran yang sedang ngehits atau arena bermain yang baru-baru.

2. Nginep Hotel
Gaya amat ya mentang-mentang THR utuh terus nginep di hotel? Eits, tunggu dulu. Bayangkan tetangga sudah pada mudik. Lingkungan sepi padahal itu hari raya. Pedih nggak sih? Daripada kesiksa rasa ingin terbang ke kampung halaman, mendingan menginap di hotel. Di kota-kota metropolitan atau industri, yang bukan merupakan tujuan mudik, tingkat hunian kebalikan dengan kota tujuan mudik. Jalanan yang biasanya macet jadi lengang, begitu pula dengan hunian hotel. Karena itu biasanya mereka menawarkan paket-paket Lebaran yang menarik dengan harga promo. Paket tersebut termasuk ketupat ompor komplit untuk sarapan di hari raya. Tingkat hunian yang tidak terlalu padat membuat kita bisa menikmati seluruh fasilitas hotel dengan bebas.

3. Ikut Takbir Keliling
Kalau di daerah-daerah tujuan mudik, takbir keliling itu kota itu bikin macet sehingga tak jarang dihindari. Beda dengan kota yang bukan tujuan mudik, misalnya kota Pekanbaru yang warganya banyak yang mudik ke Sumatra Barat dan Jawa. Polisi malah mengawal kendaraan apapun yang ingin takbiran keliling kota. Jalanan yang lengang membuat polisi bisa mengawal sampai beberapa mobil secara bergantian karena cepat selesai. Ini akan menjadi pengalaman yang seru.

4. Males-malesan Di Rumah
Kalau biasanya jam 06.00 sudah mandi, jam 07.00 sudah sarapan, tak ada salahnya membiarkan seisi rumah males-malesan nonton TV sambil tiduran. Mungkin bisa menonton film bareng yang sedang seru saat itu. Sekarang kan ada beberapa movie on demand dari TV kabel. Nah, ibu-ibu juga jangan sibuk sendiri di dapur. Ikut males-malesan aja. Untuk keperluan makan, pesan saja lewat ojek online. Sedangkan untuk cemilan, sempatkan berbelanja macam-macam makanan ringan dan minuman yang bisa disimpan di kulkas. Sementara nggak usah mikir aturan makan diet dulu. Yang penting kan nggak ngabisin kambing guling seekor. 

5. Piknik Juga
Masa nggak ada tempat seru dekat rumah? Pasti adalah, ayo dicari dulu. Bisa googling atau tanya teman-teman. Mungkin ada tempat yang belum dikunjungi atau sudah dikunjungi tapi belum kesana lagi. Kali ini pikniklah habis-habisan. Bawa bekal yang banyak, jangan nanggung. Bawa karpet, bantal, bola dan segala yang bikin piknik seru. Kalau perlu bawa tungku barbeqeu portable. Cuekin dulu si gadget yang bikin baper karena penuh dengan postingan mudik. Nikmati hari dengan berlarian di taman atau berbasahan total di pantai

Twitter mbak @IndahJuli menjeritkan kata hati yang pengin mudik tapi nggak tahu kemana. Padahal mudik itu prinsipnya cuma dua: macet-macetan dan barang-barang yang berjubelan di bagasi mobil. Nah, bisa kan menciptakan mudik sendiri yang nggak perlu jauh-jauh?

5 comments:

  1. aku di rumah ajaaa... balada gak mudik :D
    paling ngemol dan ngemil :D

    ReplyDelete
  2. Ha..ha, aku slh satu yang nggak punya tempat mudik mbak.. Biasane setelah agenda kunjung-mengunjungi selesai..menikmati rumah..di luar macet soalnya :-)

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah masih bisa mudik meskipun kampungnya cuma sepelemparan kolor *pinjem istilahnya mb Uniek. :D

    ReplyDelete
  4. Aku pun tidak mudik karena kejauhan hiks... Tapi yang penting menikmati waktu dengan keluarga. Seruuu malaah

    ReplyDelete
  5. aku mudik juga cuma pindah tempat jalan & tidur aja mbak

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval. Should you need further information, please email to beyoumails@gmail.com.