Monday, August 08, 2016

Sebelum Kenal Avast, Yang Ternyata Gratis, Terpaksa Ganti Domain Gara-gara Virus

Makanya rajin-rajinlah menambah pengetahuan, nggak nyerah ganti domain gara-gara virus seperti saya.

Avast Antivirus Nitro Update gratis


Teman-teman lama saya mungkin masih ingat www.burselfwoman.com yang keren itu? Heheee.... Itu adalah domain pertama yang saya beli setelah sekian lama gratisan. Dengan menggunakan hosting wordpress berbayar pula, saya punya blog yang langsung keren. Ya iyalah, dibikinin. Sudah banyak lomba yang saya menangkan dan job review yang saya terima melalui blog tersebut. Tapi apalah artinya blog keren jika tidak punya pengetahuan yang cukup untuk berinternet yang aman. Apalagi waktu itu, semua hal teknis saya pasrahkan pada adik saya. 

BLOG DOWN
Sampai suatu ketika, blog saya down. Benar-benar tidak bisa dibuka. Panik dong. Ketika telpon adik, bukannya segera diatasi, saya malah diinterogasi. Habis download apa? Habis klik apa? Habis utak atik apa? Tentu saya tidak ingat karena untuk blogwalking saja bisa sekitar 50 blog saya jelajahi. Belum lagi mampir kemana-mana kalau ada tautan menggoda. Kadang ada tuh blog teman yang kalau tiap klik mau scroll malah keluar iklan. Bukannya menutup blog tersebut, malah penasaran di klik terus. Hahahaaa.... Barulah akhir-akhir ini saya tahu bahwa itulah yang namanya injeksi iklan.
Adik saya perlu sekitar 2 hari sebelum menyatakan bahwa blog saya kena virus. Itu masih ditambah omelannya karena virusnya sangat besar, satu folder sendiri. Capek membersihkannya. Entah apa maksudnya, saya nggak ngerti, yang penting blog saya kembali. Yeiii!
Tapi peristiwa itu berulang di tahun berikutnya! Kali ini gawat, karena adik saya sedang banyak pekerjaan, tidak bisa diganggu. Saya harus menunggu beberapa hari dengan perasaan tak sabar. Langsung terbayang alexa bakal balik ke N/A dan tidak sempat mikir statistik lain karena sibuk mengejar-ngejar adik saya. Setelah blog sembuh, bukannya senang, saya malah gusar. "Kalau begini terus, ngeblog nggak bisa tenang."

GANTI SEMUANYA
Akhirnya saya memutuskan untuk berganti platform dari WP ke blogger (blogspot). Pertimbangannya karena blogspot lebih mudah saya operasikan sendiri tanpa bantuan adik. Memang sih banyak untung ruginya diantara kedua platform tersebut. Namun, yang terpenting adalah saya tidak bergantung pada siapapun. Saya juga berniat ganti domain, biar sekalian semua mulai lagi dari nol.
Lalu saya biarkan domain lama sampai kedaluarsa dan membeli www.beyourselfwoman.com ini, yang namanya lebih mudah diingat. Blog ini benar-benar saya tata sendiri. Tidak sekeren dulu, tapi saya lebih tenang.

LAPTOP DOWN
Tak lama setelah blog ini mulai eksis, tiba-tiba giliran laptop saya yang tidak mau merespon. Laptop baru mau merespon kembali setelah di-restat menggunakan Ctrl Alt Del karena layarnya tidak menunjukkn gambar apapun. Hanya biru. Setelah beberapa menit bisa digunakan untuk ngeblog, laptop seolah frezee kembali dan harus di-restart lagi. Begitu terus.
Karena saya sudah bersumppah untuk tidak bergantung pada siapun, saya browsing untuk mencari tahu penyebabnya. Hasil browsing puluhan blog menunjukkan bahwa:
  1. Rata-rata menyarankan agar laptop di scan dari serangan virus.
  2. Diminta cek extension di chrome dan hapus yang mencurigakan.
  3. Lakukan defrag.
Yang pertama saya lakukan adalah cek extension, karena yang paling mudah. Ternyata benar, ada extension yang tidak saya kenal karena tidak merasa men-download aplikasi tersebut. Tapi sayang, extension terasebut sulit sekali dihapus. Setiap setelah restart, eh extension tersebut nongol lagi.
Mau nggak mau saya browsing lagi untuk langkah berikutnya yaitu scan. Tapi scan pakai apa? Sebenarnya di laptop sudah ada antivirus tapi tidak cukup sakti untuk menghalau malware. Mulailah saya mencari antivirus terbaik. Saya browsing sampai leher pegel karena juga harus mencoba download. Ingat ya, saya bukan ahli, jadi saya cari yang step by step-nya saya mengerti.

AVAST ATIVIRUS NITRO UPDATE UNTUK BLOGGER
Sebenarnya di Windows 10 (sistem pengoperasian yang membuat laptop kita bekerja) sudah ada Windows Defender. Hihihiii... kudu dijelasin begitu ya, biar ibu-ibu blogger paham juga tentang laptopnya, nggak cuma mengetik. 

Tapi keberadaan Avast Antrivirus Nitro Update membuat PC bekerja lebih cepat. 

Ini dikarenakan Avast Antivirus Nitro Update beroperasi menggunakan cloud sehingga mengurangi penggunaan kapasitas pemrosesan pada PC.
Avast Antivirus Nitro Update menggunakan teknologi Cyber Capture yang merespon ancaman baru secara real time, cocok banget buat blogwalking atau ketika mencari sumber tulisan untuk lomba blog. Cyber Capture yang berjalan pada sistem cloud dapat mendeteksi ancaman seketika (zero-second threat) pada perangkat kita. Antivirus ini akan diupdate tiap bulan agar tidak didahului para penjahat didunia maya yang pastinya makin hari juga makin canggih.
Beberapa waktu lalu blog gratisan saya slowtravelid.blogspot.co.id berpindah ke https karena sebelumnya disusupi injeksi iklan dari provider yang membuat saya mangkel banget. Ternyata https pun tetap perlu penjagaan. Avast telah melindungi 3,2 juta pengguna dari mengunduh malware atau mengakses website yang menyusupkan malware melalui https. Hasil penelitian independen dari Concordia University di Montreal membuktikan bahwa Avast menyediakan pemindai https paling aman.

Avast lebih baik lagi digunakan di browser Safezone, 

terlebih sudah dilengkapi dengan opsi "block ads", dimana iklan-iklan akan diblok supaya kita tidak tergoda untuk klik.

AVAST ANTIVIRUS NITRO UPDATE DOWNLOAD GRATIS
Betul! Untuk semua perlindungan yang membuat kegiatan ngeblog kita tenang tersebut disediakan gratis! Hehehee.... Kata itu kan yang ditunggu-tunggu? Toss! Mengunduhnya disini ya >> www.avast.com.

12 comments:

  1. TFS, mba.
    Aku sih gaptek banget, jadi kalo terjadi sesuatu kayak gini, yang turun tangan suami sama si sulung. Tapi tak semua bisa diselesaikan. Mengganggulah. Jadi mau tak mau terpaksa belajar pelan2.#curhat

    ReplyDelete
  2. Saya juga pengguna Avast Mba, alasannya karena sewaktu masih pakai AVG sering banget ngelag laptop saya, sehingga saya coba Avast yang kemudian masih saya pakai sampai sekarang. Dan saya pakai juga di handphone saya.

    ReplyDelete
  3. Wah saya juga pernah diserang sama si malware ini. Sudah aja saya pasrahin sama tukang servis. Hehe...

    ReplyDelete
  4. Makasih sharingnya mba. Blogwalking ternyata beresiko juga ya

    ReplyDelete
  5. penting niiih memang mba...suka sebel kalau virus bikin lumpuh segala-gala :)

    ReplyDelete
  6. aku kadang masing sering mikir yang nggak2. gimana kalau tiba2 blog ku kena virus, tulisannya hilang, nggak bisa dibuka, dllllll. secara, di rumah yang kenal blog cuma diriku doang. makanya, saya hati2 banget kalau ngeklik2 apalagi ngotak atik hehehe...blognya jadinya gitu2 aja:)

    ReplyDelete
  7. baru tahu ada avast mbak. makasih infonya ya.

    ReplyDelete
  8. aku baru tau loh mbak kalau domain bisa kena virus juga. AKu kayanya paling males defrag dll biasnaya aku kasih ke suamiku aja laptopnya hehehe

    ReplyDelete
  9. hehe emang ngeselin banget kalo dah kena, harus benar-bener muter otak buat ngatasinnya kalo si virus dah bersemayam di laptop..

    ReplyDelete
  10. Saya harus lebih giat belajar lagi nih mbak tentang internet dan seputarnya, masak apa-apa nggak tahu atau paling banter baru tahu, tapi lebih baik terlambat tahu daripada selamanya ngga tahu. Ya kan, heheh

    ReplyDelete
  11. Saya harus lebih giat belajar lagi nih mbak tentang internet dan seputarnya, masak apa-apa nggak tahu atau paling banter baru tahu, tapi lebih baik terlambat tahu daripada selamanya ngga tahu. Ya kan, heheh

    ReplyDelete
  12. nah iya, kadang bw juga muncul tuh pop up yg sudah di klik masih muncul terus-terusan. Akhirnya cepet-cepet closed, malah nggak jadi baca postingannya itu, takut kena spam/virus.

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval. Should you need further information, please email to beyoumails@gmail.com.