Cara Melipat dan Memasang Cover Mobil Sendirian Secepat Kilat

Thursday, August 11, 2016

Cara melipat dan memasang cover mobil sendirian secepat kilat ini sebenarnya sudah tayang lama di channel youtube beyourselfwoman, yang per 11/8/2016 sudah memiliki 1148 views, jadi jangan sampai nggak subscribe ya. 

Cara Melipat dan Memasang Cover Mobil Sendirian Secepat Kilat
Pic by gratisography.com
Sekarang semua yang kita lakukan ada tipsnya di youtube, tinggal search, tak terkecuali tips memasang cover mobil ini.  Tips ini saya buat karena sering geleng-geleng kepala melihat orang rumah kewalahan tiap saya minta memasang cover mobil. Padahal biasanya saya melakukannya sendiri dan santai aja tuh, sebentar saja selesai.
Dulu saya juga selalu membuat keributan tiap pasang cover mobil karena bahannya yang ringan dan susah diatur. Apalagi waktu itu halaman kami terbuka sehingga angin ikut ngrecokin. Kalau depan ditarik, eh belakang tersingkap. Kalau belakang ditarik, eh depan tersingkap. Belum lagi waktu cover dibuka, laaah bagian telinganya salah, harus diputar. Keadaan jadi heboh ketika memasangnya terburu-buru karena hari mau hujan.
Hingga pada suatu hari, sopir yang sering kami mintai bantuan jika ada acara melihat cara saya melipat cover sambil mengernyit. "Nggak gitu bu cara melipatnya. Nanti susah waktu mau masang."
Yup, ternyata semua urusan dengan cover mobil dimulai dengan cara melipat yang benar. Lalu bapak yang sudah sepuh itu memperlihatkan pada saya caranya. 
Dalam video di channel youtube beyourselfwoman, saya bagi adegan menjadi 2, yaitu cara melipat dan cara memasang cover. Berhubung waktu itu belum paham benar cara membuat vlog yang bagus (sekarang juga belum sih) jadi hasilnya masih kasar begitu. Adegannya juga difoto sendiri karena tidak ada yang bantu motoin, dan tentu saja jadi nggak mungkin bikin video yang sesungguhnya, melainkan jadi slideshow. Sudah gitu kameranya pakai Lumix mirrorless, jadi kudu diperes-peres resolusinya. Sedangkan backsound saya ambil dari CC0 youtube berhubung saya nggak tahu cara pasang yang benar dari koleksi musik sendiri. Ntar kalau ada yang bikin workshop cara-cara edit di youtube gini, saya daftar ya.


STEP 1: Cara Melipat Cover Mobil Sendirian
  • Arahkan pinggiran kanan dan kiri cover bagian belakang ke tengah.
  • Arahkan pinggiran kanan dan kiri cover bagian depan ke tengah, jangan lupa lepaskan telinga cover di bagian spion.
  • Berdirilah di bagian depan mobil.
  • Gulung dan tarik cover ke arah badan sambil dirapikan agar selalu mengecil ke bagian tengah, tidak menjadi gulungan yang melebar.
  • Selesai. 
Cepat kan?

STEP 2: Cara Memasang Cover Mobil Sendirian
  • Lap mobil, terutama kaca depan lebih dulu jika basah agar tidak berjamur setelah ditutup.
  • Letakkan gulungan cover mobil di atap belakang.
  • Buka gulungan sedikit dan turunkan untuk menutup bagian belakang mobil tapi biarkan bagian kanan dan kirinya tetap tertangkup.
  • Dorong, lebih tepatnya lempar, sisa cover lurus ke depan.
  • Buka cover ke arah kanan dan kiri dimulai dari bagian depan dengan mencantolkan telinga cover ke spion lebih dulu sebagai pengikat.
  • Rapikan sampai kap depan dan belakang mobil tertutup dan karet mengunci di bagian bawah mobil.
Selesai! 

VIDEO ADA DIBAWAH.

No drama. No ribut-ribut panik. Lalu mengapa sampai sekarang anggota keluarga masih heboh jika disuruh menutup mobil menggunakan cover. Apakah saya tidak memberikan kelas khusus melipat dan memasang cover? Sebenarnya sudah saya beritahu sih, tapi namanya mentang-mentang ada mamah, cuma didengarkan sambil lalu, tidak diperhatikan benar-benar, mending heboh. Ntar kan mamah turun tangan kalau nggak beres. Saya sih seneng aja suasana jadi ramai gara-gara cover mobil, biasanya rumah ini sepi sekali. Hahahaaa....

You Might Also Like

10 comments

  1. Aku ga pernah pake cover mobil karna kukira ribet ngelipetnya. ternyata ada juga ya cara cepat ngelipetnya. hihihi

    ReplyDelete
  2. Thanks sharenya mbak Lusi siapa tahu kedepannya bisa mobil *aamiin, jadi sudah bisa pasang dan ngelipat penutupnya :)

    * di videonya ngga ngeh 100% mungkin harus sambil praktek kali ya hehe

    ReplyDelete
  3. Hahahaha sepertinya urusan mesmasang dan melipat cover mobil itu sepele ya, tapi kalo buat orang bertubuh mungil kek saya. Sepertinya errrr, saya melipatnya malah kek mo ngelipat seprei hahaha bingung sendiri.

    Tfs mba, jadi tau sekarang :D

    ReplyDelete
  4. urusan mobil aku taunya cm pakai aja haha
    tp bagusss jg tipsnya ya mba
    makasih .. ^^

    ReplyDelete
  5. handy bangeeet nih tipsnya mba..nuhuuun..

    ReplyDelete
  6. Klo aku..cari bagian spion dulu. Berarti ketemu depannya. Yang sering lama bingung cari depan-belakangnya ☺

    ReplyDelete
  7. nah perlu banget nih apalagi bagian cara melipat

    ReplyDelete
  8. Kami nggak pernah pake cover mobil sih. Bookmarked dulu ah, siapa tau kapan-kapan punya.

    ReplyDelete
  9. kita mah tinggal duduk saja buk hehehehe
    tapi penting jg sih punya info spt di atas

    ReplyDelete
  10. Terimakasih infonya.. Btw, saya diberitahu kalau sebelum dipasang ke mobil, cover yang baru dibeli harus dicuci terlebih dahulu.. Apa benar begitu ya?

    ReplyDelete

Maaf jika kenyamanan teman2 terganggu, sementara komentar dimoderasi karena makin banyak spam. Kalau sudah reda, akan dilepas lagi. Terima kasih.