Sunday, August 14, 2016

5 Tips Membeli Tiket Pesawat dan Voucher Hotel Murah Online

Tips membeli tiket pesawat dan voucher hotel murah online ini berdasarkan pengalaman pribadi saya, karenanya tidak akan meninggalkan kenyamanan.

Inacraft 2016
Para ibu, apalagi yang jarang bepergian, seringkali menganggap urusan pesan tiket atau membeli voucher hotel itu terlalu rumit sehingga menyerahkannya pada para bapak. Mereka takut kemahalan atau bahkan masuk dalam situs penipuan. Padahal para ibu biasanya lebih detil soal harga meskipun ada penawaran Tiket pesawat Promo. Yuk, ibu-ibu beranikan diri memesan tiket sendiri. Nggak susah kok.
Ada cerita lucu tentang sahabat saya yang mengajak kerjasama di Inacraft 2016 lalu. Sebagai pengusaha, dia sudah berkeliling Indonesia, bahkan ke Malaysia hingga Jerman. Tapi untuk keperluan ke Jakarta bersama saya tersebut, sahabat saya ini menelpon temannya yang lain, minta dibantu membeli tiket pesawat dan voucher hotel. Tadinya saya pikir teman tersebut memiliki kantor agen perjalanan. Ternyata tidak, dan yang dimaksud dengan minta tolong tersebut adalah untuk melakukan pembelian online. Saya sampai bengong tidak percaya, bagaimana mungkin seorang yang sudah kemana-mana tersebut bisa sedemikian gaptek untuk urusan tiket?
Serta merta saya mengambil alih pembelian tiket secara online tersebut. Pada saat itulah drama dimulai! Berhubung sahabat saya sudah sangat bergantung pada temannya itu untuk urusan tiket, dia selalu membanding-bandingkan penemuan temannya dengan usul saya. Kebetulan temannya itu juga akan ke pameran yang sama dengan kami. Karena tidak suka dibanding-bandingkan, saya sempat memesan yang "pokoknya selain dengan yang dipesan tadi." Hahahaaa.... Kekanak-kanakan banget ya? Tapi pada akhirnya saya kembali ke jalan yang benar bahwa yang penting adalah mendapatkan tiket yang termurah dengan fasilitas sesuai kebutuhan kami, yaitu:
  1. Tiket pesawat pulang pergi. Kami mengesampingkan kereta api karena waktu display sore hari, sedangkan kereta api datang di Jakarta dini hari. Jeda yang terlalu lama akan membuat kami lelah, sedangkan kami perlu banyak energi untuk memajang produk yang sudah datang lebih dulu di arena pameran naik truk.
  2. Hotel dekat JCC dengan fasilitas AC, kamar mandi bersih dan sarapan. Fasilitas lain tidak kami butuhkan karena kami sebenarnya seperti numpang tidur saja karena setiap hari selama 5 hari dari pagi hingga larut malam di pameran.
1. TEKUN MEMBANDINGKAN HARGA
Rencananya kami akan terbang siang agar sampai Jakarta sore. Tadinya saya agak cemas karena waktu untuk pesan hanya sebulan, sedangkan pada waktu yang bersamaan akan banyak yang terbang ke Jakarta pada hari itu. Rupanya, ini seperti yang dikatakan Gaery di blogger gathering bersama tiket.com kemarin bahwa diluar musim mudik, orang Indonesia punya kecenderungan untuk membeli tiket mendadak, rata-rata sekitar 3-4 hari sebelum keberangkatan. Jadi, meski akan ada event kerajinan tahunan terbesar di Indonesia, masih banyak tiket promo yang tersedia. Kuncinya, jangan lewatkan satu portalpun ketika melakukan pembandingan harga. Seperti sekarang ini sedang ada promosi Anniver5sary Tiket.com dalam rangka berbagi kebahagian di ulang tahun situs tersebut yang ke-5.


Untuk hotel lebih tricky karena kita harus benar-benar yakin dengan foto yang ditampilkan serta klaim jarak dengan venue. Di Jakarta itu meski diklaim jarak lebih dekat dibandingkan dengan hotel lain, belum tentu jarak tempuhnya lebih cepat. Perhitungkan putaran kendaraan dan kemacetan? Caranya? Kita kan bukan orang Jakarta? Baca saja testimoni yang pernah menginap disana. Saya pernah membatalkan pesanan sebuah hotel karena dalam testimoni itu disebutkan bahwa hotel berada di perkampungan dengan jalan satu arah yang berputar-putar.

2. LAKUKAN PEMBELIAN JAUH-JAUH HARI
Dari membanding-bandingkan tiket promo selama 2 hari, saya mendapatkan tiket pesawat murah di situs tiket.com. Harga tiket hanya Rp 250.000,- sudah termasuk pajak. Saya langsung membeli 4 tiket, 2 untuk pergi, 2 untuk pulang. Yang menakjubkan, ternyata kami berangkat bersama lebih dari 20 orang peserta Inacraft dari Jogja. 80% dari mereka adalah perempuan. Keren kan? Setelah ngobrol, ternyata banyak yang mendapatkan tiket di kisaran RP 400.000,-. Ini karena mereka membeli tiket dekat dengan tanggal keberangkatan ketika kuota tiket promo sudah habis.
Sedangkan untuk hotel, karena okupansi lebih terbatas maka hotel-hotel yang paling bagus rekomendasinya pasti akan cepat habis dipesan.
Karena lakukan perencanaan dengan baik. Beli tiket jauh-jauh hari. Kalau masih ragu dengan tanggalnya, pilih yang refundable dan baca ketentuan pengembaliannya, termasuk denda yang akan dikenakan. Untuk kereta api rada ribet ya, karena kita harus menunjukkan tiket asli (printed). Belum bisa lewat telepon atau online. Semoga kedepannya PT KAI punya sistem online yang lebih maju.

3. CERMAT MELIHAT KOMPONEN HARGA

Harga promo pasti dicetak sangat besar dan tebal. Tapi waspadai term of conditions, bisa-bisa ditambah macam-macam plus jadinya mahal juga. Untuk pesawat, perhatikan apakah masih ditambah dengan tax dan bagasi. Untuk tiket Air Asia yang saya beli dari tiket.com waktu itu benar-benar cuma Rp 250.000,-, dari Jogja, lebih murah dari kereta api dan free bagasi 15 kg. Heheheee....
Sedangkan untuk hotel, lagi-lagi lebih njlimet karena harus dilihat apakah ditambah dengan tax and service yang rata-rata sebesar 21%. lumayan banget kan? Waktu itu saya beli voucher hotel Le Green Poso dari tiket.com seharga Rp 225.000,- tanpa tambahan apa-apa lagi. Murah banget! Memang sih non-refundable (tidak bisa dikembalikan jika tidak jadi menginap), tapi karena saya tidak mungkin nggak berangkat secara barang-barang pameran sudah dinaikkan ke truk, jadi voucher tersebut tetap saya ambil.
Soal hotel ini adalah keberuntungan kami karena jaraknya hanya 600 meter dari JCC. Dari luar memang tampak biasa saja, bahkan lobinya di parkiran bawah. Tapi kamarnya jauh lebih bagus dari hotel-hotel budget modern yang sekarang banyak dimana-mana. Kasurnya empuk dan tiap hari dibersihkan. AC berfungsi dengan baik, ini penting karena kami selalu kembali ke hotel dalam kondisi capek luar biasa. Kamar mandinya lega dengan air panas dingin. Tidak seperti hotel budget modern yang dari luar kelihatan bagus tapi kamar mandinya seperti kapsul, susah bergerak.



4. LAKUKAN VIA HANDPHONE DAN APLIKASI
Jika tiket pesawat nyaris tidak ada masalah, beli voucher itulah sumber dramanya. Sahabat saya keukeuh mau sehotel dengan temannya tadi, sedangkan harga kamar yang Rp 250.000,- sudah habis. Yang tersisa adalah harga Rp 370.000,- keatas. Anehnya, ada beberapa situs yang malah menyatakan hotel Le Green Poso fully-booked. Soal hotel ini sampai mendominasi persiapan pameran karena perlu 2 minggu bolak-balik konfirmasi ditambah berantem. Hahahaaa.... Untunglah kami tipe yang cepat move on. Namanya juga bakul, kalau nggak cepat move on, dapur nggak ngebul.
Masalahnya, teman sahabat saya itu ngotot dia mendapatkan harga yang lebih murah dari hasil pencariannya di internet. Itu terjadi berkali-kali. Sampai pada suatu siang, saya tidak mencari melalui laptop, melainkan dari handphone karena kebetulan saya sedang berada di luar rumah. Saya kaget bukan kepalang karena saya menemukan voucher yang lebih murah lagi, yaitu hanya Rp 225.000,- tanpa tax and service di tiket.com. Saat itu juga voucher langsung saya sambar. Entah karena saya ganti keyword atau pakai hp, nyatanya saya bisa menemukan harga yang sangat murah.
Di blogger gathering kemarin, Gaery, co-founder tiket.com mengatakan bahwa pembelian tiket melalui aplikasi memang mendapatkan diskon. Tinggal download aplikasi Tiket.com di *200*266#.

5. JANGAN MENYERAH
Namanya pengin dapat yang murah, jangan cepat menyerah. Kalau tidak bisa melakukan pembelian jauh-jauh hari, coba pilih alternatif berikut:
  1. Pilih selain tanggal keberangkatan selain weekend atau liburan panjang.
  2. Weekend atau liburan panjang masih bisa murah jika melawan arus.
  3. Untuk tiket kereta api, jika tidak bisa mendapatkan tiket sampai jam 00.00, coba lagi di jam 03.00 - 04.00 ketika pemesan yang belum membayar kehilangan haknya (saran Gaery).
  4. Lakukan perubahan keyword pencarian sampai rasa penasaran tuntas.
  5. Tak jarang last minute purchase bisa dapat tiket murah lo. Tapi jangan lakukan ini kalau tidak benar-benar terpaksa.
Kelihatannya harus keluarga energi banget ya, tapi kan semua dilakukan secara online, nggak perlu kemana-mana. Sambil leyeh-leyeh juga bisa. Kalau dirimu blogger, bahkan bisa manfaatkan sidebar untuk passive income, ditinggal leyeh-leyeh eh bisa menghasilkan uang sendiri melalui sistem affiliate partner dengan situs penjualan tiket.


Ibu-ibu ayo dong beranikan diri untuk mengurus yang pembelian tiket perjalanan dan voucher hotel. Apalagi kalau merencanakan liburan keluarga, sementara suami masih sibuk bekerja. Kalau belum berani bertransaksi, paling tidak bisa laporan ke suami alternatif tiket-tiket murah yang bisa dipilih. Jangan lupa, pilih situs terpercaya, yang bisa memberikan notifikasi setiap aktivitas kita di situs tersebut. Situs seperti tiket.com bahkan memberikan service tambahan dengan terus mengingatkan jadwal keberangkatan kita dan menanyakan kepuasan penerbangan atau selama tinggal di hotel.

33 comments:

  1. Naah kadang aku nih kurang tekun mak...jd soal yg kayak gini suka ku deliver ke pak suami yg dalam hal ini lebih tekun

    ReplyDelete
  2. Ih, benar-benar. Urusan pedan tiket itu rumit buatku. Biasanya saya pasrah aja sama pilihan suami.
    Mending buat packing drpada ikut mikir tiket, qeqeqe.
    Noted, kayaknya suami bakal bepergian naik pesawat jd tipsnya kepake ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pesawat aku sering pasrah juga kok kalau perginya bareng, saya agak rewel urusan hotel hehee

      Delete
  3. Owh... saya selama ini terima beres aja sih kalo masalah beginian. Yg handle suami soalnya biasanya. Sy cuma ngurus anak2 dan ransel dan koper saja. Muehehe... musti berubah kayaknya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang saya agak bebas urusan anak2 mbak. Tak suruh packing sendiri. Merdeka! :))

      Delete
  4. kalau disini justru semua aku yg ngurus mbak, gak diserahkan pada bapak hehehe

    ReplyDelete
  5. Aku kurang rajin Mba meneliti jadwal penerbangan dan harga tiket online.. Seringnya sih malah minta bantuan teman melihatnya di online..hehe

    ReplyDelete
  6. itu blog siapa sih yg pake baju merah2 kok narsis banget.. HAHAHAHAHHAA... thanks for coming and sharing lusi, senaanggg akhirnya bisa bertemu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mbak. You're so nice and humble. :))

      Delete
  7. Wah pas banget nih mbak Lus, aku lagi cari2 tiket murah buat ke Luwuk..hehe

    ReplyDelete
  8. nice info mbak, secara aku urusan begini seuami banget yg handle...

    ReplyDelete
  9. Ini langganan juga mba, saya kalau beli tiket kereta selalu dari Tiket.com. Emang gampang dan ga susah, trus support pembayaran via kartu kredit, ini yang dicari sama saya. Baru aja pembelian kemarin, pas Mamah pulang ke Bojonegoro :)

    So far ga pernah ada kendala sama sekali. Allhamdulilah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh syukurlah. Sungkem untuk mamahnya ya :)

      Delete
  10. TFS,Mak Lusi...jadi lebih tau soal urusan tiket ini. Selalu suami memang yg ngurus, hehe

    ReplyDelete
  11. Saya nih paling ga berani mba pesan akomodasi /transportasi perjalanan keluarga, biasanya suami yg ngurus -_-

    ReplyDelete
  12. Tiket.com ini sudah menjadi penghuni tetap di ponselku, Mak. Juga ponsel suami. Tiap bepergian, tiket selalu dibeli via tiket.com.
    Untuk tiket.com, harga tiket itu sesuai nggak ada penambahan, website lain ada penambahan.
    Aku langganan newslatter, tapi untuk yang punya aplikasi di ponsel selalu dapet notif tiap ada promo. Asik deh!
    Tixpoin pun bisa dipakai untuk mengurangi harga :D kemarin tixpoin abang udah banyak, ealaah diikutkan undian hahahaha..
    Untuk pesan kamar hotel, yang no refund dan no breakfast biasanya murce harganya :D hihihi
    Makanya tiap pesen tiket or hotel selalu tengok dulu promo, lumayaaaan bikin hemat kantong :D
    #TestimoniCustomerSetiaTiket.com

    *kepanjangan ih komennya
    *salim

    ReplyDelete
  13. Alhamdulillah aku udah terbiasa ngurusin pemesanan tiket atau booking hotel via aplikasi atau web, mba. Jadi memang kudu jeli dan teliti ngeliat komponen-komponennya. Kadang kepala sampe mumet sendiri, mulai dari searching sampe booking nya. Tapi asik, jadi ngga bergantung sama pasangan. Hehehe :D

    ReplyDelete
  14. hehehe bener buat orang yg jarang berpergian seperti saya, saya lebih suka menyerahkannya ke suami ajah :D kpn2 deh coba sendiri

    ReplyDelete
  15. Aku sekarang trauma mba beli tiket online malem malem begadang demi dapet yg murah. 2x kejadian salah tanggal. Mata siwer hahaha

    ReplyDelete
  16. Klao aku langganan ama tetangga sebelah nya yang sama2 biru juga egehehe

    ReplyDelete
  17. Secara pribadi saya hampir nggak pernah bepergian, tapi kalau urusan kantor sering sih pesan-pesan tiket pesawat dan KA, tapi selama ini sudah ada langganan travel, tapi nggak bisa bandingin harga. Mungkin lain kali bisa jadi rekomendasi buat kantor nih tiket.com :)

    ReplyDelete
  18. Wah aku memang kdg kurang rajin membandingkan harga. Ngerasa murah lgsg beli aja..
    Btw knp pas buka page ini lgsg nongol cewek seksi minta di klik ya..

    ReplyDelete
  19. Semua serba online sekarang ya. Kami pesen tiket kereta api biasanya dari tiket.com, suami sih yang pesen bukan aku hihihi. Bulan lalu suami nyobain pesen tiket pesawat juga via tiket.com.

    ReplyDelete
  20. Hihihihi... iya sih, Mbak. Tak semua yg sudah melanglang buana tuk pameran tahu cara pesan tiket online. Saya kenal salah satunya. Hehehe

    ReplyDelete
  21. Wah .. asyik banget ya Mbak kalau bisa pameran di event besar seperti itu.

    ReplyDelete
  22. banyak memang yg begini mbak... temen2ku kalo udh urusan mesen tiket, larinya pasti ke aku :D.. mereka mikirnya aku sering beruntung, krn selalu dapet tiket yg murah2 kemana2.. pdhl itu mah udh book jauh2 hari, dan memng pada dasarnya aku cintra traveling.. aku ajarin kalo urusan book tiket itu hrs sabar, hrs mau buka semua website maskapai, dan membandingkan satu samalain, ttp aja mereka pada males ;p.. jd ya bgitu deh, kdg2 aku bisnisin aja jadinya ;p, ambil profit sedikit utk yg booking lwt aku hihihihi

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.