Sunday, September 25, 2016

Ikuti Kompetisi Blog JIBB 2016! Curahkan Pendapat, Kritik dan Ide Kreatifmu Tentang Batik

Kompetisi Blog untuk menyambut Jogja International Batik Biennale 2016 #JIBB2016  telah dibuka bagi semua blogger Indonesia.


JIBB 2016


#JIBB2016 adalah sebuah event 2 tahunan untuk mendukung Jogja sebagai Kota Batik Dunia. Selain itu, yang utama adalah memupuk kecintaan kita pada warisan leluhur bangsa Indonesia. 
Kompetisi blog ini adalah satu bagian dari banyak kegiatan besar lainnya di JIBB. Selain itu, kompetisi blogger adalah sebagai upaya dari panitia untuk menangkap apa pandangan masyarakat terhadap batik. Blogger merupakan representasi dari masyarakat. Sebaliknya, yang bukan blogger bisa membaca apa yang sedang terjadi dalam khasanah batik Indonesia.

Dalam lomba blog ini, blogger bebas menuangkan pemikirannya tentang batik sesuai dengan tema yang telah dipilih (lihat banner). 

Jika cinta pada batik, seberapa cinta, apa yang membuatmu cinta? Jika resah dengan perkembangan batik, apa yang membuatmu resah, adakah cara untuk membuatmu tidak resah lagi? Jika punya pengetahuan lebih tentang batik, bagilah dengan pembaca. Jika punya ide gila seputar batik, mengapa tidak diceritakan? Mungkin saja suatu saat bisa diwujudkan. 
Artikel dalam bahasa Inggris juga diterima karena JIBB adalah event internasional, seluruh perhatian para pecinta batik dunia tertuju pada acara ini. Artikel dalam bahasa Inggris juga membantu mengenalkan batik pada pembaca dari seluruh dunia.

JIBB 2016

Para juri dalam kompetisi ini adalah beliau-beliau yang memiliki kompetensi luar biasa di bidangnya dan memiliki pandangan yang terbuka. Jadi, gunakan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk mengeluarkan seluruh pemikiran teman-teman tentang batik. Para juri tersebut adalah:
  • KRT Thomas Haryonagoro dari Museum Ullen Sentalu. Yang belum pernah terpesona dengan museum tersebut, segera googling ya, karena selalu masuk dalam daftar museum terbaik di Indonesia.
  • M Arif Budiman, praktisi komunikasi kreatif dan blogger. 
  • Poerwaka atau lebih dikenal sebagai @blontankpoer dikalangan blogger ini sudah sangat lama malang melintang di dunia perbloggingan dan komunitas. Beliau juga seorang jurnalis kebudayaan.

Nantinya akan dipilih 3 tulisan terbaik dengan hadiah masing-masing Rp 5.000.000,-. 

Tidak ada juara 1, 2 atau 3 karena tiap tulisan yang menonjol pasti memiliki keunggulan masing-masing dan panitia berusaha memberikan penghargaan yang sama. Panitia juga bekerja sama dengan media online untuk mempublikasikan beberapa tulisan peserta yang menarik.
Keterangan lengkap tentang kompetisi ini ada di: 
Yuk teman-teman, kita berikan sumbangan pemikiran, saran, kritik dan ide tentang batik di Kompetisi Blog JIBB2016.

Disclaimer: saya sebagai media partner, bukan panitia kompetisi. Semua pertanyaan tentang lomba harap disampaikan langsung ke akun atau website penyelenggara. Namun dalam beberapa kesempatan saya akan membantu menyampaikan jika dirasa perlu.

16 comments:

  1. Aku sukaa batiiik (no daster batik ya)

    Wuiih hadiahnya mupeng, Acaranya kereen banget juga Maak.

    ReplyDelete
  2. Aduh mak, lomba ini bikin galau, ikut gak yaa hihhih *ditujes mak Lus
    Ceritanya aku pernah bahas tentang batik sama sahabat kan terus lupa aku skrinsut dan pindahin chatnya huhuhu nyesel deh sekarang :(

    Mak event JIBB itu ntar diadain di mana ya?

    ReplyDelete
  3. Asyik lombanyaaa. Tapi hanya tentang batik Jogja ya mba. Sukses lombanya ya mba

    ReplyDelete
  4. Replies
    1. Iya dong, dari kota batik yang kucinta harus ikut :))

      Delete
  5. waa...keren lombanya,hadihnya bikin ketip2 mata^^

    ReplyDelete
  6. Kok bentar waktunya..kan butuh ke Jogya ambil gambar...

    ReplyDelete
  7. Coba ikutan juga :), thanks for the info mak :)

    ReplyDelete
  8. Akuuuu pengen ikutaaan.. Tapi lagi gedubrakan beginiii 😇😇 semoga sempeeet

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku doain sempet, pengin lihat perspektifmu mbak, karena dirimu diluar negeri & ketemu designer2 keren.

      Delete
  9. mupeng sama 5 jutanya. Harus cari ide yang cakep, nih ^_^

    ReplyDelete
  10. Dari kmrn2 baca poster lomba ini tapi nyangkanya ini khusus lomba blog blogger jogja, mudah2an masih sempat bikin tulisannya

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval. Should you need further information, please email to beyoumails@gmail.com.