Tuesday, October 04, 2016

Sakuku, Praktisnya Dompet Elektronik Dalam Genggaman

Aplikasi Sakuku, dompet elektronik yang merupakan inovasi terbaru bank BCA diperkenalkan di acara Ngobrol Bareng Blogger Yogyakarta tanggal 5 September 2016 lalu di Roaster and Bear, Hotel Harper, Yogyakarta.



 Acara yang dirancang santai tersebut mengumpulkan teman-teman blogger yang kebanyakan sudah saling mengenal tapi lebih sering berinteraksi secara online. Untuk memompa semangat sebelum mengupas cara penggunaan dan manfaat Sakuku, tampil mas Yehezkiel Cyndo yang memberikan inspirasi tentang pengembangan diri.  Dia adalah ilustrator keren Jogja yang awalnya memiliki latar belakang pendidikan yang tak sejalan dengan bakatnya.

Bakat itu terus diasah dan dia bereksperimen menggunakan berbagai media. Dia juga memberikan arti yang berbeda pada sebuah gambar. Misalnya beberapa karya Yehezkiel dibuat untuk menggambarkan ekspresi seseorang pada suatu peristiwa di masa lampau yang tidak ada dokumentasinya. Merekonstruksi sebuah peristiwa masa lalu tentu agak sulit, tapi itu bisa diwujudkan dalam bentuk gambar atau lukisan. Selain menekuni bakatnya, dia juga menyarankan teman-teman yang memiliki bakat tertentu untuk tidak segan-segan mem-branding diri agar citra diri teman-teman melekat pada karya yang dihasilkan.

Untuk menghibur kami, tampil sebuah group band dan Aditya, seorang standup comedian dari Semarang, yang berhasil menggugah antusiasme teman-teman blogger. Penampilan singkat tersebut menjadi pengantar yang menyegarkan sebelum masuk ke acara utama, yaitu memperkenalkan inovasi terbaru BCA, yakni Sakuku yang dibawakan oleh Mas Richard Gunawan Jusup.


Sebuah Dompet Elektronik Bernama Sakuku

Dompet elektronik bernama Sakuku ini berfungsi sama seperti dompet konvensional  kita sehari-hari, yaitu berisi uang tapi virtual untuk membayar barang dan jasa yang kita gunakan. 

Karena itu, untuk menggunakannya, kita harus mengisi (top up) dompet tersebut terlebih dahulu melalui transfer ATM BCA, KlikBCA Individu, atau m-BCA di BCA mobile.

Sebagai inovasi baru, BCA mengakui bahwa Sakuku masih terus menambah jumlah merchant dan fasilitas pembayaran. Untuk sementara, semua fasilitas pembayaran yang terpenting bagi keseharian masyarakat sudah tersedia di Sakuku. Di Jogja sendiri sudah banyak tempat usaha terkenal yang menjadi merchant Sakuku seperti Raminten, Bakpiaku, Dixie, Jasmine Cakery dan sebagainya. 

Fitur Unik Sakuku

Aplikasi Sakuku merupakan solusi buat gaya hidup masa kini yang doyan ngumpul dan menjajal tempat-tempat hangout menarik. Seringkali jika ada ajakan kopdar, kita bingung siapa yang akan membayar hidangannya nanti. Mau jadi boss tapi tanggal tua. Mau patungan kok kurang elok menghitung uang “bantingan” di depan pelayan restoran. Dengan fitur split bill di aplikasi Sakuku, kecanggungan tersebut bisa diselesaikan di belakang layar. Jadi, kalau nanti teman-teman piknik ke Jogja, kita bisa ngobrol lama di Raminten, menikmati sego kucing dengan penyajian ala restoran tapi bayar sendiri-sendiri menggunakan fasilitas split bill. Sama-sama enak, kan? Cuma itu?
Tentu tidak! 

Sakuku berfungsi  selayaknya dompet, hanya saja dioperasikan  melalui smartphone. 

Bukankah bank BCA sudah memiliki m-BCA yang selama ini menjadi sahabat para pembelanja online? Benar, namun Sakuku bekerja lebih praktis karena meringkas fungsi dompet konvensional, kartu ATM dan E-banking menjadi satu dalam smartphone yang kita genggam. Jadi, jika ada janjian kopdar di cafe, tak perlu membawa dompet dan kartu ATM, cukup membawa smartphone yang sudah ada aplikasi Sakuku untuk foto selfie sekaligus patungan membayar pesanan makanan. Mungkin hanya perlu ditambah uang receh untuk biaya parkir kendaraan.


Keuntungan dan Keamanan Penggunaan Sakuku

Sakuku juga bisa menggantikan fungsi kartu ATM dengan adanya fasilitas tarik tunai di mesin ATM berlogo Sakuku, transfer, pembelian pulsa dan sebagainya. Apakah tidak berbahaya? Sakuku menggunakan nomor telepon kita sebagai akses dan diamankan dengan 6 angka PIN. Jika handphone hilang, cukup melapor ke customer service/Halo BCA 1500888 agar dilakukan pemblokiran. Tips lain, isi Sakuku (top up) dengan jumlah seperlunya saja. Lagipula jumlah maksimal uang yang bisa disimpan di dompet elektronik ini dibatasi Rp 1.000.000,- dan jika di-aktivasi ke Sakuku Plus maksimal Rp 5.000.000,-.

Menariknya, Sakuku bebas biaya administrasi. Sama seperti ketika kita mengambil uang dari dompet konvensional kita sendiri, tinggal tarik. Misalnya untuk pembelian pulsa handphone, biasanya ada biaya administrasi Rp 1.500,-, tapi melalui Sakuku tidak dikenakan biaya tersebut. Bisa untuk usaha penjualan pulsa ke teman-teman sekitar nih.

Fasilitas personal banking BCA mungkin termasuk yang paling banyak digunakan orang Indonesia. Sebagai pemilik online shop, hampir seluruh transaksi saya, baik dengan pembeli maupun supplier, menggunakan produk BCA. Begitu pula ketika saya belanja di supermaket maupun toko online lain, kebanyakan menerima kartu dan rekening BCA. Karena itu, inovasi baru seperti ini pasti dengan cepat akan diadopsi oleh nasabahnya.

Apalagi minimal transfer yang bisa dilakukan sangat kecil, yaitu Rp 5.000,-. Buat orang lain mungkin jumlah itu cukup kecil untuk diikhlaskan, tapi buat pemilik olshop sangat penting jika ada kelebihan ongkos kirim dari pelanggan dan perlu dikembalikan karena menyangkut reputasi dan kepercayaan konsumen. Jangan ketinggalan, ya.


Bagaimana Mendapatkan Aplikasi Sakuku?

Aplikasi Sakuku bisa di-download sesuai dengan smartphone yang dimiliki teman-teman. Untuk pengoperasian terbaik, teman-teman bisa cek spesifikasi smartphone yang disarankan di BCA Sakuku . Pastikan semua data diri yang diminta adalah benar. Siapkan pula sedikit pulsa untuk notifikasi registrasi. Cara pengoperasiannya, seperti yang dijelaskan dalam website BCA tersebut, sangat mudah untuk orang jaman sekarang yang sudah akrab dengan smartphone.

Jika ada kesulitan, hubungi customer service atau call center Halo BCA 1500888. Layanan pelanggan BCA termasuk yang paling sigap diantara bank-bank yang ada. Sudah pernah mengantri di kantor BCA? Bandingkan dengan bank lain. Cepat, kan?

Akhir tahun banyak sekali acara menarik di Jogja, yuk piknik ke Jogja dan pastikan sudah download aplikasi Sakuku. Kita jajan!

7 comments:

  1. Ahh tunggu aku piknik ke Jogya Mak!!

    mau minta diisin sakuku ya, biar bisa angkringan *laah

    ReplyDelete
  2. Ajakan "yuk ke Jogja, kita jajan" itu bikin aku kangen sama Jogja deh. Ihik :(.

    ReplyDelete
  3. Fokusnya malah ke ajakan piknik ke Jogja. Aih... mupeng dan pengen ketemu Mak Lusi lagi. Nebeng jajan di sakuku *eh :)

    ReplyDelete
  4. Tadinya mau komen sakuku. Lalu gagal fokus liat kue2 itu. Apa aja itu namanya mba.. ngiler ygdi pojok kiri bawah..
    Btw sakuku agak2 mirip kartu debet ya

    ReplyDelete
  5. pokoknya aku harus punyaaaa ini nanti :)

    ReplyDelete
  6. ehhh ada Cindyyy #salfok

    Sakuku ini simple dan mempermudah hidup ya, okesip, mau coba ah aplikasinya...

    ReplyDelete
  7. lupa baw adompet gak masalah asal bawa hp ya mbak

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval. Should you need further information, please email to beyoumails@gmail.com.