7 Resep Olahan Nanas

Monday, November 14, 2016

7 resep olahan nanas ini paling populer diantara resep-resep nanas lainnya.

Setup nanas.


Resep ini saya kumpulkan dari berbagai sumber maupun pengalaman sendiri karena nanas selalu terngiang setelah memenangi Sunpride challenge dan membawa pulang sekotak nanas honi yang besar-besar. Berhubung kami keluarga kecil, saya hanya menyimpan 2 nanas saja, selebihnya kami bagikan ke tetangga. Kan sayang kalau terlalu lama disimpan dan busuk.

1. Setup Nanas
Setup nanas adalah favorit keluarga kami. Koktail buah memang lebih populer tapi jika cuma ada nanas, bagi kami sudah cukup. Tinggal direbus bersama air, cengkeh atau kayu manis dan gula. Kadang jika kebetulan tidak menyimpan cengkeh atau kayu manis, cukup dengan gula saja. Kalau sedang sibuk, nanas saya biarkan didalam setup. Tapi jika sedang selo, nanas saya tiriskan untuk dibuat puding. Air setupnya dimasukkan dalam wadah dan disimpan di kulkas. Jika ingin minum, tinggal tuang ke gelas.

2. Puding Nanas
Nanas yang digunakan bisa diambil dari setup. Teman-teman bisa membuat 2 macam puding, yaitu seperti yang pernah saya buat di arisan lalu.
Cara lain adalah cukup meletakkan nanas di wadah plastik dan menyiramnya dengan puding (campuran susu, agar-agar, sedikit garam dan gula). Susu bisa diganti dengan santan. Berdasarkan pengalaman, puding dengan campuran susu bisa padat lebih cepat.


3. Gorengan Nanas
Gorengan nanas memang tidak lazim, tapi ada. Kalau teman-teman akan ke terminal Giwangan Jogja, di perempatan yang salah satunya menuju Kotagede juga, ada penjual gorengan yang memasukkan nanas sebagai salah satu pilihannya. 
Untuk membuat gorengan nanas yang enak, pilih yang rasanya manis karena adonan tepungnya dibuat gurih. Adonan tepung yang saya gunakan perbandingan 5:1 untuk tepung terigu : tepung sagu. Ukuran sendok bisa mana saja. Hasilnya tidak terlalu lembek dan tidak terlalu keras, cukup krispi. Untuk nanas, pisang dan sebangsanya, perasa yang saya gunakan hanya garam dan gula. Ukuran gula dan garam sesuai selera, jadi cicipi saja sampai pas rasanya.

4. Pacri Nanas
Pacri nanas ini yang membuat saya semangat datang ke kondangan di Riau. Pacri nanas adalah masakan khas Melayu. Selain itu, di daerah Kampar juga terkenal sebagai pembuat kripik nanas. Kalau teman-teman lewat daerah sana, sepanjang jalan akan banyak penjual nanas. Penampakan dan rasa pacri ini mirip gulai. Jika sedang berada di Sumatra, bumbu-bumbu mudah dijumpai di pasar, fresh dan diracikkan penjualnya. Tinggal menyebut menu yang akan dibuat, lalu masak santai cemplang-cemplung. Jika di Jogja, terpaksa meracik sendiri. Kabarnya di pasar Sentul ada, tapi jauh dari rumah. 
Berhubung saya cuma pengalaman makannya dan belum pernah memasaknya, maka saya ambilkan resepnya dari Republika.
Bahan: nanas, 2 sdm bumbu kari, 4 sdm kelapa sangrai, gula merah, garam, 200 ml air, 1 sdm minyak goreng, kayu manis, kembang lawang, cengkih, kapulaga, rawit utuh. Kelapa sangrai umum digunakan di resep-resep Melayu dan Minang, termasuk di bumbu rendang. 
Bumbu halus: cabe keriting, 1 genggam ebi direndam, 5 siung bawang merah, 3 siung bawang putih. Perbandingan bawang merah dan bawang putih umumnya seperti itu ya, bawang merah lebih banyak. Jadi jika ada resep yang tidak menyebutkan berapa siung, perbandingannya adalah seperti itu, bawang merah lebih banyak. Kalau mau cepat, diblender saja.
Cara memasak: 

  1. Panaskan minyak sayur dan sekalu dahulukan bumbu halus.
  2. Masukkan bumbu lain.
  3. Masukkan nanas.
  4. Matangkan hingga nanas layu.

5. Nastar
Saya sudah pernah 2x membuat nastar dan hasilnya tidak bagus. Adonan tepungnya tidak bekerja dengan baik sehingga keras dan garing. Katanya karena tangan saya terlalu keras ketika menguleni. Yup, salahkan tangan saya yang tidak gemulai ini meski dulunya saya pernah menari klasik. Jadi berhubung tiap Lebaran nastar wajib ada, saya cukup mengandalkan parcel yang alhamdulillah selalu berlimbah dan kadang pesan ke ibu saya sendiri.
Karenanya, resep saya ambilkan dari blog mbak Endang JTT yang sudah terjamin bukan hasil copas dan pernah dimasaknya.
Selai: Kupas nanas dan parut atau blender, 200 gram gula, kayu manis, cengkeh.
Kulit: 150 gram mentega, 100 gram margarin, 90 gram gula halus, 3 kuning telur, 50 gram susu bubuk, 350 gram terigu protein rendah, sedikit vanila.
Olesan: 2 kuning telur, 1/2 sdt madu. 1 sdt air, 1 sdt minyak goreng
Untuk resep lengkap foto step by step, berkunjung saja ke blog tersebut.

Sepertinya hampir semua rujak jadi lezat jika ada nanasnya, termasuk rujak cingur, rujak crobo, lotis, rujak es krim dan sebagainya. Baru-baru ini yang saya buat bersama ibu-ibu sekitar kompleks saya adalah rujak crobo. Rujak crobo sangat familiar bagi orang Jawa Timur. kebetulan disini banyak pendatang dari Jatim.
Bahan: Nanas, timun, mangga mengkal, jeruk bali, bengkuang dan air. Jika berhasil mendapatkan timun krai (mirip zuccini) akan lebih nikmat.
Bumbu halus: bawang putih, kencur, sedikit air rendaman asam, gula merah, cabai.
Cara memasak: Serut atau cacah semua buah, lalu campur dengan bumbu halus dan air. 
Lebih segar diminum dalam kondisi dingin.

7. Jus Nanas
Jus nanas ini favorit para ibu ya, karena daya gempur terhadap lemaknya dikabarkan cukup signifikan. 
Tapi jika tidak terlalu ketat dalam diet, bisa ditambahkan susu kental manis, air dan es batu. Penampilannya akan lebih creamy. Airnya dikontrol jangan terlalu banyak karena dari es batu nanti sudah akan ada tambahan air. 
Atau bisa juga ditambahkan susu cair, gula dan es batu. Ini akan sama creamy-nya.

Selain resep diatas masih banyak resep lain. Apakah teman-teman punya resep olahan nanas lainnya?

You Might Also Like

31 comments

  1. Resep terakhir bikin pengen cobain ^_^ karena ada kata "gempur lemak" hehehe. Soalnya kalau nanas seringnya aku makan buah segarnya saja.

    ReplyDelete
  2. Wah enyak enyak semua itu.. nanas salah satu buah favorit saya itu.

    ReplyDelete
  3. Nanas itu buah favoritku mbak Lus...rasanya asam manis, segeer
    Boleh lah kucoba resep2 olahan nanasnya

    ReplyDelete
  4. Penasaran sama nanas gorengnya...

    ReplyDelete
  5. Aku penasaran dengan pacri nanasa, sayang sekali tidak disertai photonya. Cuma resep dan cara pengolahannya. Jadi penasaran.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya itulah, kalau kondangan nggak enak mau foto2 makanan. Bikin sendiri males :)

      Delete
  6. Sebagai penduduk Kota Nanas, saya merasa wajib mampir sini hihihi... Tiap hari di sini nge-nanas sih. Tapi gorengan Nanas-nya sendiri baru nemu pertama kali di Bandung, tepatnay di gorengan Cemara.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah serius? Baru dengan ada kota nanas. Kapan2 aku pengin piknik kesitu ah.

      Delete
  7. Penasaran banget sama gorengan nanas :D belum pernah coba hehehe Pacri nanas ini kayaknya mesti dicoba kalo pulkam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gorangan nanas gampang, kayak goreng pisang. Bikin sendiri aja.

      Delete
  8. Penasaran sama gorengan nanas. Duh, aku sebenarnya suka nanas. Banyak mitosnya sih di sini. Jadi dilarang sama ibu. :D

    ReplyDelete
  9. nanas goreng itu aku makan pertama kali di Bandung, di warung tenda. berkesan banget lah hahaha

    ReplyDelete
  10. segerrrrr, jadi pengen bikin juga, trutama yang rujak nanas..

    ReplyDelete
  11. Diantara buah-buahan saya paling suka nanas dan semangka, suegerrr
    Tapi lebih suka dimakan gitu aja daripada diolah lagi. Apalagi nanas madu, dua gelondong langsung habis deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi kalau tinggal ngemplok ya, nggak ngupas sendiri :))

      Delete
  12. aku juga suka pacri nanas..., olahan khas Melayu ya
    nanas segar biasanya diblendder bareng buah lain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sayangnya aku nggak bisa buat pacri, bisanya nebeng di kondangan orang :))

      Delete
  13. Rujaknya segeeeer. Aku bikin nastar dari resep mb Endang juga tapi nggak punya nanas, jadi kuganti isian cokelat :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang bikin males itu memang bikin selainya, kudu sabar & lengket2 heheee

      Delete
  14. Pacriiii......^^
    Parking seneng dibikin setup^^

    ReplyDelete
  15. saya valing suka molen nanas mbak.. enak bener.. ketagihan pkonya..

    ReplyDelete
  16. Saya tinggal di daerah balikpapan, tempatnya panaaas.....
    klo bikin setup nanas ditambah es kayaknya seger nih.
    setup nanasnya bisa ga ya ditambah buah lain mba?

    ReplyDelete

Maaf jika kenyamanan teman2 terganggu, sementara komentar dimoderasi karena makin banyak spam. Kalau sudah reda, akan dilepas lagi. Terima kasih.