Wednesday, December 21, 2016

Ide Perayaan Tahun Baru di Rumah

Ide perayaan tahun baru yang meriah buat dirumah itu apa saja ya?



Tahun baru 2017 kurang dari setengah bulan lagi. Sebagian besar keluarga sudah merencanakan piknik atau kumpul-kumpul disuatu tempat yang asik. Nah, yang belum ada ide sama sekali, mau ngapain nih? Di tahun-tahun baru sebelumnya (Alhamdulillah diberi kesempatan melalui banyak buanget tahun baru.) saya pernah mencoba berbagai gaya merayakan dirumah, antara lain nonton TV sampai ketiduran, ngemil snack sambil nonton TV sampai ketiduran, nyamber-nyamber di socmed sambil nonton TV sampai ketiduran dan masih banyak lagi sambil nonton TV sampai ketiduran lainnya. Barbeque-an dan open house pun sudah pernah.

1. Nonton TV sampai ketiduran. Tentu saja ini bagi yang punya TV dong ah. Sekarang kan banyak yang bangga nggak punya TV, jadi ini tidak berlaku bagi mereka. Nonton TV selama tahun baru itu asik juga karena bisa melihat keseruannya di seluruh dunia. Kita diajak mengikuti dari kota pertama yang dadah-dadah ke tahun 2016, kota terakhir yang menutup tahun 2016, kota pertama yang melihat matahari tahun 2017 hingga kota terakhir yang tiba di tahun 2017. Kita juga diajak melihat landmark yang terkenal dunia dalam menyambut tahun baru, misalnya Time Square Garden di Amerika, Tokyo, Sidney dan sebagainya. Tak ketinggalan dangdutan di Bundaran HI atau Ancol tanpa perlu desak-desakan.



2. Ngemil sambil stalking atau nonton film. Coba saja belanja di supermarket tanggal 31 Desember siang. Yang banyak diborong adalah cemilan. Memang asik menunggu pergantian tahun sambil ngemil, baik ada temannya maupun sendirian. Teman-teman bisa download film untuk ditonton rame-rame. Siapin saja pop corn bikin sendiri yang banyak dan soft drink dingin. Tidak ada TV juga nggak masalah, selama pulsa ponsel terjamin. Nggak terasa setelah stalking sana sini sambil ngemil tahu-tahu sudah tahun baru. Tapi saran saya sih jangan sendirian, kecenderungannnya akan ngenes. Heheee....

3. Membuat konten tahun baru. Jaman apa-apa live, siapin dong peralatan perangnya. Bisa kamera digital atau cukup handphone. Rekam suasana tahun barumu, lalu unggah. Pilih video atau foto terbaik dan poles dikit agar followers ikut merasakan euforianya. Jangan nyepam dengan gambar alakadarnya, apalagi blur, bikin followers kesel. Meskipun keselnya nggak ditunjukin, tapi kata ibuk bikin mata kedip-kedip terus kalau lagi diomongin orang. Ganggu! Wkwkwkwk....



4. Indoor party. Indoor party kan nggak harus ngundang DJ yah. Kalau tinggal di kompleks yang rumahnya couple, bisa diprotes tetangga dong jeduk jeduknya. Indoor party ini merupakan solusi di musim penghujan. Ini juga solusi kalau ingin rame-rame dirumah mengundang sahabat dekat atau keluarga besar saja, tanpa mengundang tetangga. Saya sarankan sih menunya jangan terlalu berat dan jangan terlalu rumit penyajiannya tapi jenisnya diperbanyak. Jadi bisa menekan budget tapi durasi ngemilnya bisa diperpanjang supaya nggak manyun menunggu pergantian tahun. Misalnya: sate lontong, bakso, pempek, siomay, mie goreng, aneka jajanan, aneka klethikan, kopi, teh, soft drink dan sebagainya. Hiburannya bisa karaoke, nyanyi bareng kalau punya gitar atau piano, games dan sebagainya. Jangan lupa mengirim dus-dusan ke tetangga.

5. Open house. Mengapa tidak saya sebut outdoor party? Karena kalau disebut outdoor party nanti lupa mengundang keluarga. Jadi disebut saja open house, yang berarti tetangga are welcome. Prinsip saya sih kalau menggelar makanan di luar pintu rumah, meskipun masih di halaman saya, tetangga harus diajak. Dibandingkan dengan indoor party, saya lebih suka open house, karena rumah saya sempit.
Jika kampung mengadakan lek-lekan atau tirakatan di waktu yang sama, nggak apa-apa sih, nengok sebentar saja kesana sambil membawa satu nampan makanan. Kita nggak harus membatalkan rencana kita sendiri karena itu adalah momen suka-suka kan, bukan momen wajib lingkungan RT atau RW?


Apalah artinya pesta diluar rumah tanpa bakar-bakaran? Nah, fokuskan saja setting tempat dan menu yang cocok untuk bebakaran. Nyaris apa saja bisa dibakar: sate, jagung, sosis, marshamallow, daging steak, udang, cumi, nanas, ubi dan sebagainya. Bisa ditambahkan menu lain yang lebih segar misalnya bakso, es coktail dan sebagainya. Jangan lupa  kethikan dan jajanan.
Untuk hiburan, biasanya karena berada diluar rumah terus terdorong untuk menyalakan mercon atau kembang api ke udara. Saya sing enggak ya, karena takut mengganggu tetangga yang punya balita. Tapi bukan berarti saya anti. Kalau ingin menyalakan kembang api ke udara, saya akan ke alun-alun karena lebih seru, bisa cari lawan tinggi-tinggian dan cakep-cakepan meledaknya. Meski tidak menyalakan kembang api, kami bisa nebeng sorak-sorak melihat kembang api dilangit yang diluncurkan hotel dan guest house dekat rumah. Mereka pasti membuat event tahun baru yang seru.

Jadi bagaimana? Sudah punya rencana tahun baru?

22 comments:

  1. Biasanya kalau tahun baru, saya kumpul dengan keluarga besar. Karena waktunya kan berbarengan ma libur sekolah. Acara bakar-bakaran selalu ada. Tapi paling kalau udah pada kenyang langsung tidur. Jarang ada yang sampe begadang hehehe.

    Baru tahun lalu aja pada begadang. Bikin layar tancap di depan rumah. Kalau tahun ini kayaknya keluarga kecil saya bakal misah dulu. Punya acara sendiri :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahun baru kali ini krik krik bener. Cuma depan tivi hahaaa

      Delete
  2. Biasanya saya dan anak2 menghabiskan malam tahun baru dengan nonton k3mbang api di halaman rumah. Kami sih gak beli kembang api. Cukup n9nton aja krn tetangga sekitar sdh banyak yg beli kembang api. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, aku juga nebeng kembang api hotel sebelah.

      Delete
  3. Taun baruan selalu di rumah dan pasti ketiduran.. hehe.. Tapi sebelumnya sudah sempat main kembang api dulu sama anak dan liat kembang api yg tinggi dari jauh.. :D Monton tv liat kembang api di landmark 2 dunia juga seru mba.. Pingin jg sesekali ngadain open house gitu ya, pasti asik.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Open house asik asal nggak hujan mbak krn rumah kami kecil, bisa di halaman.

      Delete
  4. Iya mbak.. Nonton kembang apinya nebeng klo aku...hi..hi ngirit. Tapi kok paling sering ketiduran sblm jam 00..paling sering nonton tv mpe ketiduran ☺☺

    ReplyDelete
  5. Aku biasanya tidur pas tahun baru, mbaa. Hihiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kemarin aku tidur begitu lewat jam 12 hahaaa

      Delete
  6. pinginnya sih istirahat leyeh2 ... traktir dan pesen makanan aja ke rumah trus bobo hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku ngumpulin makanan sorenya trus ndekem dirumah :))

      Delete
  7. kalo tahun baru biasanya kami makan-makan gorengan Mba :)
    beli ubi, pisang dan sukun trus kemudian digoreng dan dimakan bersama sekeluarga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hwaaah lagi diet tapi goreng kentang juga kemarin :))

      Delete
  8. kalau aku bakal pulang kampung, yeyyeyeye

    ReplyDelete
  9. Malam baru kena shift kerja malam di jadwal. Alamakjaang, buyar semua rencana :(

    ReplyDelete
  10. aku mau di rumah saja, kalaupun dikasih tiket gratis nginep di hotel, ya aku mau bobo aja di hotel enggak mau jalan-jalan. Istirahat buat menyambut mentari pagi

    ReplyDelete
  11. Hahahaha... aku yang nomor 1 banget. Sengaja bawa kasur ke depan tv. Semua nonton sambil nyemil depan tv. Akhirnya ketiduran deh. :)))

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval. Should you need further information, please email to beyoumails@gmail.com.