Monday, December 26, 2016

Prediksi Blogging Indonesia 2017 Dimata Pengelola Komunitas Blogger

Prediksi Blogging Indonesia 2017 dimata pengelola komunitas blogger ini adalah artikel yang tidak saya rencanakan.



Rencana sebenarnya, saya mencari personality yang aktif mengurus komunitas blogger di Indonesia untuk saya mintai pendapat bersamaan dengan top influencer lain. Ternyata sulit mencari narasumber yang mau memberikan pendapat dari sisi komunitas. Bagaimanapun sebagai pengelola, mereka harus berdiri ditengah semua member. Mereka tidak ingin mengecilkan siapapun dan tidak pula mau menganakemaskan blogger niche tertentu. Syukurlah ada jalan tengah, yaitu memuat pendapat mereka disini secara anonim. Saya menjamin kebenaran sumbernya dan setuju menyimpannya sendiri, seperti halnya di media resmi yang sumbernya tidak diungkap.
Ishhh... misterius banget sih. Heheheee.... Padahal ini postingan santai saja kok. Santai tapi insya Allah bermanfaat untuk saya dan teman-teman.

Tahun 2016 ditandai dengan menjamurkan komunitas blogger, baik dengan keanggotaan multi niche maupun niche tertentu, baik kedaerahan maupun nasional, baik profesional maupun sosial dan sebagainya, dengan jumlah anggota yang cukup besar maupun terbatas. 

Komunitas blogger yang tumbuh pesat ini membantu perkembangan blogger secara individu. Ilmu dan job yang dishare di komunitas membuat blogger selalu up-to-date. Komunitas juga sarana bagi blogger untuk mengembangkan percaya diri dan mencari dukungan bagi karya-karyanya.

Tahun 2017 nanti blogging di Indonesia akan seperti apa ya? Pengelola sebuah komunitas tentu merasakan kecenderungan yang sedang dan akan terjadi karena keseharian mereka mensupport kegiatan blogging member dan tak jarang mendapat pekerjaan dari brand yang dibagikan ke member. Memang tak semua komunitas blogger menerima job dari brand untuk membiayai kegiatan komunitas atau bagi-bagi rejeki dengan member, ada pula yang pure ngeblog dengan fokus tertentu, misalnya komunitas blogger penggemar buku, komunitas blogger relawan atau komunitas blogger yang agamis.

PROSPEK BLOG 2017

Narsum saya optimis prospek blog di tahun 2017 akan tetap cerah ceria karena sebuah riset menunjukkan bahwa blog masih menduduki urutan ke 2 tertinggi sebagai sumber pencarian referensi opini.
Ini hampir sama dengan prediksi oleh pengelola komunitas blogger asing yang saya kompilasi sebelumnya. Bahkan @blogelevated waktu itu berani memasang optimisme bahwa, terutama milik para influencer, akan menjadi sumber berita terpercaya ditengah maraknya fake news atau hoax yang tidak bisa diverifikasi kebenarannya.

Baca: Prediksi Blogging 2017 Oleh Komunitas Blogger Asing

Karena itu, jika blogger ingin tetap eksis, blogger harus membangun reputasi blognya agar semua artikel yang dihasilkan bisa dipercaya.


NICHE YANG MENONJOL

Narsum saya mengatakan bahwa semua niche sudah terangkat karena mayoritas blogger memahami bahwa blog adalah sarana untuk sharing segala hal. Jika blogger benar-benar menguasai niche yang dipilih, sharing yang dilakukan akan terasa mengalir dan enak dibaca. Karena itu, penting bagi blogger untuk tidak ikut-ikutan niche yang sedang "ramai". Jika mau bersabar dan bekerja keras untuk memantapkan niche-nya, peluang yang akan datang sama besar.

Contohnya ketika 3 tahun lalu saya pernah ngobrol dengan salah satu admin komunitas blogger tentang usia, dia mengatakan agar saya menerima saja bahwa agensi hanya tertarik dengan mamah muda seputar 30 tahunan untuk job review atau endorsement. Ternyata pendapatnya salah besar karena yang terjadi bukan agensi tidak butuh, melainkan karena perkembangan blog belum sampai di segmen tersebut.
Segmen usia matang adalah yang paling akhir beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan pergaulan dunia maya. Otomatis gaya pemasaran brand untuk range usia tersebut menyesuaikan. Sekarang ketika semua lapis usia sudah memahami manfaat teknologi informasi modern, contohnya ibu saya yang nenek-nenek saja menggunakan group WA (Whatsapp) untuk berkomunikasi dengan teman-teman pengajiannya, maka brand tak ragu untuk masuk ke segmen tersebut dengan fasilitas digital. Bahkan kosmetik pun merangkul blogger diatas usia 40 tahun. Demikian pula produk susu dewasa, hingga kebutuhan fashion untuk usia matang.
Ketika blogger menunjukkan komitmen di niche tertentu sesuai dengan passionnya, brand atau agensi akan terpicu untuk berpikir bagaimana memanfaatkan niche tersebut untuk kepentingannya.

BLOGGER YANG AKAN BERSINAR

Ketika saya bertanya tentang blogger seperti apa yang akan bersinar, lagi-lagi jawabannya menunjang prediksi komunitas blogger asing yang saya tulis lalu. Padahal jawaban email ini masuk duluan sebelum saya mengkompilasi prediksi komunitas blogger asing. Jadi nggak mungkin terpengaruh kan? Berarti kemungkinan besar trennya akan seperti itu di tahun 2017.

Narsum saya ini menekankan personal touch sebagai pembeda dengan blog lain. 

Masih ingat kan di postingan sebelumnya bahwa sisi manusiawi atau istilah narsum saya sekarang sisi alamiah manusia harus mewarnai blog? Model tulisan yang seperti mesin pengejar share atau view dan yang seperti media online mungkin akan tetap ramai karena banyak pembaca yang mencari solusi cepat dari artikel-artikel yang demikian.
Namun sebagian akan merasa bosan karena membuat blog satu dengan lainnya nyaris serupa. Artikel yang berisi daftar tips dan sejenisnya akan membuat blog terasa flat jika tidak didetilkan dengan pengalaman pribadi yang menunjukkan sisi emosi si penulis.
Untuk eksis, penting bagi blogger untuk menampilkan artikel "ala gue" dan menciptakan tren tersendiri. Meski mungkin hanya akan berpengaruh pada circle kecilnya, tapi itu lebih bisa membangun dan mengikat loyal visitors.

TAMPILAN BLOG YANG AKAN TREN

Melanjutkan kecenderungan di tahun 2016, tahun 2017 nanti template yang bersih dengan warna terang seperti pastel dan putih akan tetap mendominasi dan digemari. Penekannya sama dengan prediksi oleh blogger Amerika lalu yaitu harus mudah dijumpai di search engine, ringan dan mobile friendly.

Mobile friendly disini bukan tampilan mobile yang disetting dari blogger/blogspot, melainkan template khusus yang membuat tampilan mobile blog teman-teman tak banyak beda dengan tampilan webnya, hanya menyesuaikan width saja sesuai dengan lebar layar perangkat kita, yaitu ponsel dan tablet. Tampilan mobile dari blogger/blogspot sering tidak menampilkan beberapa widget penting dan navigasinya sulit. Mintalah pendapat teman-teman blogger tentang tampilan blog mobile-mu. Jika kurang paham tentang template mobile friendly, tanyalah di forum komunitasmu atau ke mastah-mastah yang kamu kenal. Disclaimer: saya bukan mastah atau mbaktah, jadi jangan tanya saya.


MONETIZING BLOG

Ternak blog akan kembali mewarnai tapi dengan tujuan yang berbeda dengan jaman dulu dan jumlah blog yang diternakkan juga tak sebanyak dulu. Kalau jaman dulu tujuan utamanya untuk mendongkrak views kaitannya dengan SEO dan adsense, maka di tahun mendatang lebih untuk memisahkan niche. Sebagai contoh, blogger tersebut mempunyai minat sama kuat antara parenting, traveling dan cooking. Maka dibuatlah 3 blog yang berbeda. Dengan demikian blogger tersebut bisa menulis lebih fokus di masing-masing blog. Brand juga lebih mudah melihat kecocokan dengan campaign yang ditawarkan dibandingkan dengan blog yang campur-campur. Bagi blogger sendiri juga lebih mudah menyusun media kit untuk masing-masing niche.
Namun mengkoneksikan branding seorang blogger dengan 3 blog berbeda niche itu tidaklah mudah jika personal branding blogger tersebut sudah telanjur melekat ke salah satu niche. Tapi jika memang tetap menginginkan yang demikian, sebaiknya ada benang merahnya antara blog-blog tersebut. Misalnya karena sudah melekat dengan niche parenting, 2 blog lainnya bisa tentang traveling bersama keluarga dan resep-resep untuk keluarga sehari-hari.


SARAN UNTUK BLOGGER

Kedepannya, makin banyak brand yang menggunakan jasa blogger. Datang ke banyak event atau menerima banyak job review (terutama placement article) secara kuantitas bisa merupakan prestasi tapi secara kualitas bisa menjadi boomerang jika tidak diimbangi dengan kualitas reportase yang jempolan dan artikel personal yang menonjolkan keunikan si blogger. Bagaimanapun blog adalah media personal. Blogger harus tetap menunjukkan "siapa dirinya".


HARAPAN UNTUK BLOGGER

Sepertinya para pengelola komunitas memiliki harapan yang sama, yaitu agar blogger Indonesia saling support. Jangan sampai perkembangan dunia blogging yang pesat ini membuat blogger menjadi individualis.
Tak akan habis kesempatan didunia blogging untuk dinikmati bersama-sama. 
Justru dengan saling support, kualitas karya-karya blogger akan meningkat sehingga makin banyak pihak yang menempatkan blog sebagai media utama penyampai berita, informasi, promosi, gerakan atau berbagi.

Demikianlah pendapat dari para pengelola komunitas blogger, semoga bermanfaat ya. Jangan lewatkan postingan selanjutnya. Check out banner dibawah. :D


21 comments:

  1. Waaaaa makasih infonya Mak Lusi. Bermanfaat banget buat blog saya ke depannya gimana

    ReplyDelete
  2. Sukaaa artikelnya :D
    Mbak Lus, tapi susah ya ngerawat beberapa blog saat dipisah niche. Mesti mau rajin nulisnya :')

    ReplyDelete
  3. Semoga aku bisa mengikuti perkembangan dunia blogger di tahun 2017.

    ReplyDelete
  4. Bagian yang template itu maksudnya template yg responsif ya mbak Lusi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya semua harus responsif & mobile friendly :)

      Delete
  5. wah jadi bahagia dan merasa punya masa depan cerah baca prediksi ini mak *muah*

    ReplyDelete
  6. Semoga 2017 lebih potensial untuk perkembangan blog ya mba, aamiin.. Artikelnya bergizi bangeet.. Makasih banyak yaa

    ReplyDelete
  7. Sip, mbak. Lengkap banget ulasannya di 3 posts 😉

    ReplyDelete
  8. Terima kasih infonya mbak sangat bermanfaat :)

    ReplyDelete
  9. Gw masih salut sama 1 orang yg bisa kelola beberapa blog. Gw ngurus 1 biji aja males nya ngak ketulungan hahaha

    ReplyDelete
  10. Sama seperti yang saya dapatkan info dari agency mbak Lusi. Memang ke depannya brand mulai lirik blog yang cocok dengan brand mereka.

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.