Thursday, March 16, 2017

Satu Sisi Blog Beyourselfwoman Di Radar Jogja

Kemarin, satu sisi saya sebagai blogger dimuat di koran Radar Jogja.



Mengapa saya bilang hanya satu sisi? Karena dinamika saya sebagai blogger itu sangat beragam dan sudah menempuh perjalanan panjang. Meski tidak sehingar bingar seleb blog, tapi banyak sekali yang bisa diceritakan. Kalau diceritakan semua, mbak wartawannya tidak akan memuat di koran, melainkan bisa dijadikan novel. Sayang, si mbak wartawan tidak merangkap sebagai novelis dan memilih menampilkan satu sisi saja. Heheheee.... Kalau ingin melihat sisi yang lebih beragam, sering-sering saja berkunjung ke blog ini.

Jangankan dibandingkan dengan blogger nasional, blogger Jogja saja banyak yang lebih bagus dan berprestasi dari saya. Lalu mengapa saya? Entahlah, saya sendiri heran karena ini bukan pertama kali saya dihubungi koran lokal untuk wawancara profil. Yang sebelumnya saya tolak karena saya tidak percaya diri. Tapi berhubung sudah bertemu dengan wartawan Radar Jogja ini ketika saya mengisi pertemuan pertama Smart Blogging Indonesia, saya merasa lebih aman dengan wawancara yang akan dilakukan.


Saya curiga, mungkin semata-mata karena saya mudah "ditemukan". Blog beyourselfwoman memberikan keterangan yang cukup mengenai kiprah saya sebagai blogger.

Sesungguhnya saya tidak menyukai sorotan, apalagi popularitas. Personal branding yang saya usahakan mengarah ke kegiatan ngeblog semata. Saya tidak terlelu cerewet di media sosial meski saya usahakan untuk update rutin. Bagaimanapun blog dan media sosial itu sepaket. 

Diluar itu, saya berusaha mencari tahu dan belajar pada siapapun juga, bagaimana caranya agar blog ini dikenal tanpa terlalu banyak berkeliaran di media sosial. Masa sih sudah capek-capek riset artikel dan menyewa domain TLD tapi blognya nggak ada yang baca? Salah satu yang saya pelajari dan praktikkan adalah cara membuat "about me" yang mengena dari twitter course sebuah komunitas blogger Amerika. 


Coba perhatikan url ini: http://www.beyourselfwoman.com/p/beyourselfwoman-jogja-lifestyle-blogger.html. Url "About Me" di blog beyourselfwoman mengandung kata kunci Jogja dan lifestyle blogger. Mungkin itu sebabnya ketika mereka mencari narasumber seorang blogger yang tinggal di Jogja, ketemunya selalu saya. 

Karena itu, meski saya senang bisa nongol di koran tapi tak ada perasaan berlebihan karena saya tahu banyak teman saya yang jauh lebih hebat.

Sebenarnya saya sudah 2x tampil di koran yang menampilkan profil saya. Yang pertama ketika berada di Pekanbaru dan baru memulai usaha jualan kerajinan. Waktu itu nama usaha saya bukan Ladaka. Tapi wawancara sebagai pemilik usaha dan blogger itu jauh berbeda. Sebagai pemilik usaha, yang dibicarakan seputar kisah jatuh bangun dan tips-tips usaha. Sedangkan sebagai blogger, banyak sekali aspek yang bisa dibicarakan.

Dalam wawancara kali ini, saya bicara ngalor ngidul seperti biasa. Untung mbak wartawannya bisa mengambil sarinya. Apa saja yang dimuat di koran terbitan 15 Maret 2017 tersebut? Secara detil sebagian sudah pernah saya tulis di blog ini dan yang belum akan saya tulis kapan-kapan dalam bentuk artikel. Yang sudah beli korannya tentu sudah tahu. Jadi stay tune, ya. Heheheee.....

Pada akhirnya saya cuma ingin ngeblog dan ngeblog. Entah itu ngeblog dengan tema dahsyat atau biasa-biasa saja, saya percaya akan ada manfaatnya. Karenanya saya akan terus belajar membuat postingan yang baik dan berevolusi sesuai dengan jamannya dalam parameter segmen saya, yaitu perempuan.

18 comments:

  1. alhamdulilah, ya mbak. masuk koran :)
    jangan dilepas dulu moderisasinya mbak. coz untuk jaga jaga saja. semakin lama semakin brutal spam coment kalau nggak di moderisasikan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheheee...
      Iya nih nggak rencana buka moderasi. Biar aja :)

      Delete
  2. Selamat ya Mak Lus. Salah satu blog yg sering saya kunjungi nih, Mak. Saya banyak belajar dari Mak Lus.

    ReplyDelete
  3. Selalu salut padamu mba,...
    Pengen bs nulis dgn tatanan kalimat yg runut kayak gini.jadi kpn, bs jd muridmu.... 😀

    ReplyDelete
  4. waaa...terabadikan dalam media cetak adalah prestasi tersendiri ya mba.

    btw, mba Lusi, aku lihat tampilan blog ini berbeda. mohon pencerahan tutorial bikin breadcrumd di atas artikel mba.

    yang home>achievement>judul artikel

    maturnuwun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf aku juga nggak paham. Sudah ada di templatenya, aku pake sora template gratisan.

      Delete
  5. Kerennn.. Blognya mbak Lusi jarang ngiklan tapi up date terus, idenya ngalir terus seperti ada sumbernya. Saya suka dengan tips-tips tentang ngeblog seperti bagaimana caranya konsisten ngeblog dll, meskipun sulit menerapkan karena berbagai alasan, salah satunya capek dan malas *eh malah curhat :(


    ReplyDelete
  6. Mba lipstik nya cakep. Merk dan nomernya plis hehehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu Wardah tapi nggak tau nomor berapa itu, stikernya udah burem :)

      Delete
  7. Siapa sih yg nggak kenal Mak Lus, emak Blogger yg kece dah. Isi bloge Mak Lus emang berbobot kok, pantaslah sering mejeng di media.

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillaah..., terus berkarya dan semoga semakin banyak bermanfaat ya, Mbak. Aamiin...

    ReplyDelete
  9. Wuuiii keren mbak Lus, udah masuk koran.
    Aku salah satu yg suka baca blog ini. Kapan hari setelah baca postingan yg melipat kresek, aku terapin di rumah. Senangnya, jadi lebih rapi dong sekarang, biasanya ku uwel-uwel aja tuh kresek hahaha

    ReplyDelete
  10. Akur, ngeblog sesuai mau itu memang punya rasa tersendiri yang gimana gitu..

    BTW boleh juga ni, blognya termasuk 'koran-genik' mungkin ya, jadinya gampang ketangkap 'radar' :)

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.