Teflon adalah salah satu alat masak idaman para ibu, termasuk untuk memasak resep seafood yang cepat dan mudah.


resep seafood

Teflon adalah salah satu penemuan terbaik didunia, ibu-ibu pasti sangat mengharapkannya karena bisa digunakan untuk memasak berbagai resep masakan, dari mulai dadar, goreng, hingga oseng-oseng. Jadi ketika saya berhasil menebus fry pan ukuran 24 cm Royal VKB Cookware Alfamart lagi ngehits itu, rasanya seneng bukan main. Soalnya kudu cepet-cepetan. Penginnya terus-menerus bereksperiman macam-macam resep. Berhubung saya lagi happy, maka saya ingin membagi resep-resep yang telah saya coba itu ke teman-teman.

Sebelum saya mulai berbagi resep, saya punya disclaimer bahwa bumbunya kira-kira heheheee.... Namanya juga bereksperimen, kan? Jenis menunya sih sudah sering teman-teman lihat sehari-hari, tapi saya tidak googling resepnya, hanya kira-kira saja dari kebiasaan masak sehari-hari. Jadi, jika ada perbedaan dengan resep lain, tenang saja, yang penting rasanya mirip. Terus, jika ada yang bingung ukuran bumbu yang saya gunakan karena terkesan asal cemplung, ya memang begitu. Kata Gordon Ramsey, yang penting jangan lupa mencicipi ketika masak. Bagi emak-emak newbie yang masih takut-takut nyemplungin bumbu, silakan japri, nanti saya kasih motivasi. Hahaaa....

Ada jenis ikan yang mungkin tidak bisa teman-teman temukan, bisa diganti dengan ikan lain. Kunci bereksperiman dalam memasak adalah jangan stress, gunakan yang ada saja.

1. SPAGHETI SEAFOOD CARBONARA

Kerang hijau seperti ini cukup mudah ditemukan di Jogja tapi supermarket. Memang agak susah mendapatkan kerang di pasar tradisional di Jogja. Jika bosen makan nasi dan bosan makan spagheti standar alias menggunakan pure tomat, biasanya saya membuat saus carbonara ala-ala. Untuk isinya bisa disesuaikan dengan isi kulkas. Kebetulan malam minggu kemarin ada kerang hijau sedikit dan jamur kancing sedikit. Wah asik nih dingin-dingin makan spaghetti seafood. Anak-anak pasti suka karena mereka sangat suka seafood.

Note: Foto diatas.

Bahan: spagheti atau fettucini, minyak zaitun, jamur kancing, kerang hijau, bawang putih, daun bawang, tepung terigu 1 sendok, mentega, susu cair kemasan, air, keju, merica dan garam.

Cara memasak:
  • Rebus spagheti atau fettucini, tiriskan, tuang 1 sendok makan minyak zaitun. Jika tidak punya minyak zaitun, bisa menggunakan minyak sayur. 
  • Panaskan mentega, bawang putih dan daun bawang.
  • Masukkan tepung terigu dan susu. Aduk cepat. Jika terlalu pekat, bisa ditambah air.
  • Masukkan jamur dan kerang.
  • Masukkan spagheti atau fettucini. Angkat dari kompor.
  • Sewaktu penyajian, taburi dengan parutan keju.



2. IKAN TONGKOL KECAP

resep ikan tongkol

Ikan tongkol itu paling enak dimasak pedas dengan semburat rasa manis dan kuah yang sudah terkaramelisasi menempel pada ikan. Dijamin nasi satu ceting (bakul) habis. Resep ini kesukaan anak saya pas lapar-laparnya. Biasanya mereka tidak menambahkan menu lain meski di meja ada olahan sayur agar rasanya nggak nyampur, Supaya tetap ada sayur tanpa merusak rasa, saya tambahkan lalapan.

Bahan: ikan tongkol, cabe hijau, cabe merah, bawang merah, bawang putih, garam, gula merah, air, kecap dan minyak sayur.

Cara masak:
  • Lumuri ikan tongkol bersih dengan sedikit garam, lalu goreng dengan sedikit minyak. Jangan keseringan dibalik. Tunggu satu sisi garing, baru dibalik.
  • Semua bumbu dirajang.
  • Tuang sedikit minyak ke teflon untuk menumis.
  • Masukkan berurutan bawang putih, bawang merah, cabe, gula merah.
  • Tuangi air dan kecap. Tunggu sampai mengental.
  • Masukkan ikan, lalu oseng sampai semua kuah habis meresap pada ikan.



3. IKAN PARI KUAH SANTAN

resep ikan pari

Ikan pari mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional di Pekanbaru. Padahal Pekanbaru jauh dari laut lo. Di Jogja tidak hanya ikan pari yang susah ditemukan tapi juga ikan-ikan lain. Kemungkinan ini terkait selera makan. Karena jika permintaan banyak, pasti banyak pula ikan dikirim ke Jogja. Supply and demand. Keragaman olahan ikan segar memang sangat kurang di Jogja. Paling-paling yang umum ditemukan adalah lele, gurameh dan bandeng. Kalau mau pilihan beragam harus ke supermarket besar.
Ikan pari itu unik, dagingnya rapuh tapi ada tulang lunaknya. Sebaiknya potong agak besar agar tidak mudah hancur ketika memasak.

Bahan: ikan pari, cabe hijau, tomat, bawang merah, bawang putih, kemiri, daun jeruk, santan cair, garam, gula pasir dan minyak sayur.

Cara masak:
  • Haluskan bawang, kemiri dan garam.
  • Tumis minyak, bumbu halus, cabe, tomat dan daun jeruk.
  • Masukkan santan dan biarkan kuah "jadi" lebih dulu di atas api kecil.
  • Masukkan ikan pari dan aduk pelan sampai kuah menyusut sedikit sebagai tanda telah meresap pada ikan.


4. SAMBAL TERI

resep sambal teri

Pertama kali kami mengenal sambal teri yang enak itu ketika tinggal di Batam sebagai bagian dari lontong sayur. Sejak saat itu sambal teri menjadi salah satu menu favorit keluarga kami. Bahkan tak jarang sambal teri tidak dijadikan lauk, melainkan camilan. Dahulu saya ulek sendiri sambalnya. Sekarang beli yang sudah jadi sajalah di supermarket. Aslinya bahan sambal menggunakan terasi tapi saya tidak suka aroma terasi, jadi cuma menggunakan sambal masak biasa.

Bahan: teri nasi atau teri medan, kacang tanah, sambal masak kemasan, minyak sayur.

Cara masak: 
  • Goreng teri dan kacang. Tipsnya, teri dan kacang goreng di api sedang dan jangan sampai benar-benar matang. Angkat ketika mendekati matang dan proses pematangan akan tetap berlanjut diluar teflon.
  • Tak perlu mengganti minyak, gunakan minyak bekas tadi (tapi jangan kebanyakan) untuk menumis sambal masak.
  • Masukkan teri dan kacang panjang.
5. TUMIS TAOGE

resep tumis taoge


Tumis taoge adalah menu sayuran darurat kami karena memasaknya mudah dan cepat. Taoge selalu tersedia di kulkas buat jaga-jaga jika harus masak kilat. Tumis taoge adalah menu sayuran yang umum ditemui di warung seafood di Pekanbaru. Tumis taoge disana beda dengan di Jawa karena masih kremus-kremus jika dimakan. Anak-anak sangat suka.



Bahan: taoge, teri nasi atau teri medan, bawang putih, cabe hijau, daun bawang, minyak sayur atau mentega. Saya lebih sering menggunakan mentega.

Cara masak:
  • Panaskan minyak atau mentega.
  • Masukkan rajangan bawang putih, cabe hijau dan daun bawang.
  • Masukkan taoge, teri dan sedikit air. Tak perlu garam lagi karena rasa yang diharapkan adalah segar, bukan asin. Asin dari teri dan mentega sudah cukup memberi rasa.
  • Ingat ya, taoge tak perlu sampai terlalu lemes. Yang penting aroma bumbunya sudah keluar saja.
Jadi teflon nggak sekedar buat mendadar, bisa dieksplor untuk berbagai menu masakan. Apalagi jika menggunakan teflon dari Royal VKB yang terkenal memiliki lapisan anti lengket yang cukup tebal sehingga mudah dibersikan. Gagangnya yang kokoh tidak membuatnya cepat copot seperti kebanyakan teflon. 

Alfamart

Royal VKB Cookware banyak dijual di online shop karena memang idola para ibu. Tapi tentu saja mahal, ya. Namun demikian, bukan para ibu namanya jika tidak mencari cara untuk mendapatkannya dengan cara paling menguntungkan, seperti yang saya lakukan. Tapi denger-denger sih di Alfamart sendiri juga banyak yang memburu cookware ini. Jadi siapa cepat, dia yang dapat.

royal vkb cookware

Jadi, tiap saya belanja Rp 30.000,- saya mendapatkan 1 stamp. Begitu pula kelipatannya. Fry pan 24 cm Royal VKB Cookware seperti milik saya itu saya tebus dengan 10 stamp fisik dan Rp 99.000.-. Harga aslinya Rp 369.900 lo. Daripada mondar-mandir ke Alfamart dekat rumah beli jajan seprintil-seprintil, mendingan disetting supaya sekali kesana bisa mendapat kelipatan Rp 30.000,-. Selain nggak boros bensin, bisa koleksi Royal VKB Cookware keren itu.

Keterangan lengkap ada di website Alfamart.

Buat teman-teman yang mau lebih praktis, disediakan pula stamp digital. Meski kelihatannya stamp digital butuh lebih banyak stamp untuk menebus cookware tersebut, tapi sebenarnya ada banyak produk sponsor yang mendukung. Jadi sama enaknya. 

Jangan sampai nggak kebagian ya. Periode pengumpulan stamp hingga 8 Mei 2017. Sedangkan penukaran stamp dengan Royal VKB Cookware hingga 21 Mei 2017.



"Saya mendapatkan kompensasi untuk postingan ini, tapi seluruh pengalaman menggunakan produk tersebut adalah sepenuhnya milik saya."