Thursday, September 21, 2017

Yang Harus Diperhatikan Sebelum Belanja Produk Kecantikan dan Kesehatan Secara Online

Belanja online semakin akrab dengan kehidupan kita. Produk toko online yang diminati sekarang tidak hanya merambah produk tertentu yang tidak beresiko tapi juga termasuk produk kecantikan dan kesehatan.



Belanja online memberikan kemudahan dan seringkali malah lebih irit. Kita bisa membandingkan harga antar toko tanpa capek mendatangi dari pintu ke pintu. Bahkan untuk ongkos kirim tertentu atau masa promo bisa gratis. Misalnya barang tersebut dikirim dari Jakarta ke rumah saya di Jogja, kan lumayan irit 17 ribu rupiah jika kebetulan ada promosi bebas biaya kirim. Ketika tidak ada promosipun untuk produk tertentu tetap bisa lebih irit karena parkir mobil sekarang Rp 2.000 di pinggir jalan dan minimal Rp 5.000 di supermarket, belum lagi harus menyediakan waktu, kena macet dan bensinnya. 

Tapi bagaimana jika yang dibeli adalah produk kecantikan dan kesehatan? Apakah kita melulu mengejar irit?

Beda dengan produk lain, kita harus sangat berhati-hati dalam membeli produk kesehatan dan kecantikan karena resikonya akan mempengaruhi kondisi tubuh kita, baik secara langsung maupun beberapa waktu kemudian, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Mungkin karena kesamaan resiko tersebut, maka beberapa situs e-commerce menyatukan produk beauty & health dalam satu kategori, seperti yang dilakukan oleh situs Matahari Mall.

Kalau demikian resikonya, mengapa tidak membeli langsung saja? Bukankah bisa konsultasi dengan beauty assistant atau BA? Betul, tapi sayangnya dengan begitu banyak produk kecantikan dan kesehatan yang beredar di pasaran, kadang satu toko tidak memiliki produk yang kita inginkan karena kehabisan stok atau malah produk tersebut kurang diminati. Coba dicek di meja rias masing-masing. Untuk produk wajah saja ada berapa item? Sudah parkir antri dan harus bayar Rp 5.000, eh produk yang kita perlukan tidak tersedia. Kecewa kan, ya?

Setidak ada 5 hal yang harus diperhatikan sebelum memutuskan membeli produk kecantikan dan kesehatan secara online:

1. Tidak Ada Indikasi Serius
Orang sering beranggapan bahwa indikasi serius itu hanya terkait dengan kesehatan, sedangkan kecantikan tidak. Padahal sama saja karena keduanya melakukan kontak langsung dengan tubuh kita. Misalnya ketika wajah kita berjerawat, kita bisa mencari produk anti jerawat deskripsinya sesuai dengan kondisi wajah kita. Tapi jika terjadi peradangan, hindari mencoba semua produk anti jerawat.
Wajah adalah kesan pertama dari diri kita kepada orang lain, jika tidak berhati-hati, bukannya mulus malah bisa tambah parah karena tidak cocok dengan jenis kulit kita. Contoh lain ketika stamina kita menurun, kita bisa mencari suplemen yang memiliki kandungan yang kita butuhkan. Tapi kalau lemes banget dan sempat hampir pingsan, sebaiknya dibawa saja ke Unit Gawat Darurat (UGD).

2. Kenali Kebutuhan Diri Sendiri
Media sosial saat ini sangat berpengaruh terhadap keputusan membeli masyarakat, terutama perempuan. Contohnya ketika bibir teman-teman terpampang nyata dengan lipstick kekinian, kita pun tidak mau kalah dan berburu produk tersebut di toko online. Namun, apakah itu cocok dengan kondisi bibir kita? Untuk bibir tebal dan lebar, tentu akan tambah tebal dan lebar jika menggunakan lipstick yang gelap dan matte. Tapi ini masih ada perkecualian untuk yang rasa percaya dirinya sangat tinggi, sih.

3. Pastikan Produk Tersebut Memiliki Ijin Edar

Ada berbagai cara untuk memastikan produk legal, selain karena sudah populer, yaitu melalui situs BPOM atau aplikasi smartphone-nya. Banyak produk yang terdengar asing tapi sebenarnya sudah legal. Namun ada juga produk yang belum terdaftar, yang mungkin masih dalam proses. Situs yang baik tidak akan memajang produk abal-abal yang tidak jelas produsen atau importernya. Cara ceknya seperti dibawah ini yang saya ambil contoh dari salah satu produk di MatahariMall.com yang belum pernah saya lihat dan dengar sebelumnya.



4. Situs Penjualan Online Ternama
Nama besar akan berimbas ke tanggung jawab karena mereka tak akan coba-coba mempertaruhkannya dengan pelayanan yang asal-asalan. Untuk produk lain mungkin kita bisa iseng mencoba situs-situs baru, tapi untuk kecantikan dan kesehatan sebaiknya tidak karena dibutuhkan quality control yang jauh lebih tinggi dari produk lain. Besar resikonya jika kemasan rusak, tanggal kedaluarsa, atau malah terkontaminasi.
Namun demikian, ketidaksempurnaan pengiriman tetap saja bisa terjadi. Namanya juga manusia kan, ya? Tapi jika situs tersebut profesional, maka ketidaksempurnaan pelayanan tersebut akan bisa diperbaiki oleh pasukan customer services yang mudah dihubungi.

5. Jaminan Keamanan Pembayaran
Jaminan lain yang kita butuhkan adalah pembayaran yang aman. Situs besar umumnya sudah punya sistem pengelolaan pembayaran yang aman, ditandai dengan awalan https:// di url-nya. Namun, masih ada beberapa toko online yang kerap mendapatkan keluhan terkait dengan pembelian menggunakan kartu kredit orang lain. Untuk toko online yang seperti itu, upayakan membayar menggunakan sistem transfer atau COD (Cash On Delivery). Berhubung MatahariMall.com memiliki toko offline di hampir semua kota besar di Indonesia, mereka juga menerapkan sistem O2O (Online to Offline) yang memungkinkan transaksi di Matahari Mall di kota yang bersangkutan.



Saya sendiri cukup terbantu dengan makin maraknya toko online. Sebagai pengguna produk Mustika Ratu dan Biokos, sulit lo menemukannya di supermarket atau mall. Paling-paling adanya pembersih wajah dan masker di supermarket. Sedangkan yang di etalase khusus di mall, untuk Biokos lumayan tersedia walaupun tidak selengkap di outlet khususnya, untuk Mustika Ratu malah selalu tidak ada BA-nya. Jadi, harus minta tolong BA produk sebelah yang kadang cemberut kalau sedang PMS.

Jadi untuk produk kecantikan dan kesehatan, jika ingin mendapatkannya secara online, yang penting harus teliti sebelum membeli.





12 comments:

  1. kalau kecantikan spt kosmetik hrs jeli ya, krn kita gak bisa ngetes ke kulit spt kalau kita beli di toko

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau iritasi malah harus keluar biaya banyak :)

      Delete
  2. betul mba, saya malah sebelum beli kosmetik atau skin care online googling dulu review dan pengalaman orang yang sudah pernah pakai. Tapi kalau bpomnya saya akui masih sering lalai ngecheknya huhu. Thanks for sharing mba :)

    ReplyDelete
  3. sepakat, soal kosmetik ini memang susah-susah mudah

    ReplyDelete
  4. Aku biasanya sebelum beli kosmetik via online, suka dateng ke kaunter kosmetik dulu buat sekedar nyobain produk yang mau dibeli hihihi. Nyoba gratisan terus kabur :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwkwk ya kan dalam rangka nyari yg cocok.

      Delete
  5. yoi mba, ngeri belanja di olshop yang gajelas. palsu lah, harga mahal lah, ya begitu2

    ReplyDelete
  6. Sampai saat ini belum berani beli produk kesehatan dan kecantikan secara online, tapi kapan-kapa bisa dicoba juga ini tipsnya. Makasih, Mbak untuk tipsnya.

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval. Should you need further information, please email to beyoumails@gmail.com.