Friday, November 17, 2017

Aplikasi Baru Detikcom Mempermudah Pencarian Ide Konten Craft dan DIY

Menulis konten craft dan DIY itu nggak mudah buat orang yang nyaris nggak pernah punya rumah tetap sejak kecil. Baru beli kursi, eh pindah dan nggak bisa bawa. Dijual deh. Kondisi rumah lebih sering alakadarnya daripada dihias-hias karena capek bongkar pasang. Selain itu, bongkar pasang butuh biaya banyak lo. Aplikasi baru seperti detikcom di Play Store ini bisa membantu pencarian ide.

aplikasi detikcom


Tapi saya sangat menyukai artikel-artikel craft dan DIY, terutama yang ada fotonya. Kebetulan sudah sepuluh tahun saya bergaul dengan orang-orang yang berkarya di bidang home decor, meski tidak pernah saya praktekkan untuk rumah sendiri. Karena itulah, saya banyak memposting konten home decor di blog dan akun instagram @beyourselfwoman dalam kategori craft dan DIY (Do It Yourself). Karena itulah, saya perlu banyak inspirasi untuk menghasilkan ide-ide kontennya.

Dengan waktu yang sangat terbatas sebagai seorang macanternak (mamah cantik antar jemput anak), saya tidak sempat browsing dirumah untuk mencari inspirasi. Mendingan waktunya saya gunakan untuk ngeblog, upload foto online shop @beyouprojects atau beberes rumah. Waktu terbaik bagi saya untuk browsing adalah ketika idle menunggu anak keluar dari sekolah.  Tentu saya menggunakan ponsel karena lebih praktis, bukan laptop.

aplikasi detikcom
Pencarian ide yang membuat hobi craft dan DIY home decor menyenangkan.


Ponsel saya dilengkapi oleh paket data dari provider dengan jaringan terbaik di negeri ini. Namun tak jarang saya bingung juga karena kalau pas selo begitu saya browsing nyambi chatting dan scroll media sosial. Browsing dalam full screen website itu heboh banget memainkan jari untuk memperbesar dan memperkecil huruf atau gambar. Lebih enak lewat aplikasi. Tidak hanya bingung, tapi loading ponsel juga lebih berat karena semua tab dan aplikasi favorit saya buka bersamaan. Karenanya, saya hanya install aplikasi yang ringan dengan navigasi yang gampang untuk melakukan pencarian kategosi. Jadi kalau mau mencari sesuatu tinggal buka aplikasi lalu zap zap zap ketemu deh.

Sekitar 2 minggu lalu, seorang teman blogger mengenalkan saya pada aplikasi detikcom. Awalnya saya kurang tertarik karena pernah install aplikasi media online tapi tidak memuaskan karena loading-nya lambat dan harus sign up. Kalau mau mengirim kritik, saran atau artikel wajarlah harus sign up. Tapi cuma mau baca berita-berita ringan masa harus seribet itu? Eh, la kok saya dijapri. "Kamu kan bisa juga cari-cari ide DIY disitu?"

Hihihii iya juga ya. Saya memutuskan untuk mencoba. Kalau tidak memuaskan tinggal uninstall. Gampang, toh? Segera saya membuka Play Store di ponsel android saya.

FITUR BARU


aplikasi detikcom
Navigasi halaman depan yang memudahkan pencarian kategori dan berita.


Tampilan antar muka sebuah portal media itu ibarat pandangan pertama, jadi harus bisa membuat pengunjungnya kepincut begitu buka. Detikcom memiliki tampilan antar muka yang sedang disukai saat ini, yaitu clean dan terlihat modern. Sama halnya dengan dunia blogger yang mengenal tren template masakini, detikcom menyesuasikan diri dengan tampilan yang sedang tren.

Mode malam atau night mode adalah fitur baru yang membuat pengunjung detikcom nyaman. Beberapa fitur ponsel yang terkenal seperti jam di ponsel saya dan google maps sudah menyediakan night mode. Detikcom tak mau ketinggalan. Tapi kita tetap punya opsi untuk menggunakan mode normal.

Fitur baru lainnya adalah Fokus dan Berita Daerah agar pembaca bisa update tentang apa yang sedang banyak dibicarakan masyarakat atau kejadian penting apa yang harus diketahui pembaca baik didunia, di Indonesia maupun di daerah-daerah. Masyarakat harus tahu, banyak diantara kita yang menghabiskan waktu untuk berusaha mengharumkan nama bangsa atau mengabdikan hidupnya untuk membangun bangsa. Kebanggaan terhadap Indonesia akan menumbuhkan semangat untuk terus berkarya dan berprestasi.

KATEGORI BARU

Saya harus cerita secara khusus tentang kategori baru ini, yaitu Hai Bunda. Detikcom mengerti sekali bahwa perempuan jaman sekarang adalah pelahap berita dan ilmu. Mereka, terutama para ibu, rajin browsing untuk mencari pengetahuan seputar dandan, masak, pendidikan anak, motivasi dan sebagainya. Perkembangan ini mendapat perhatian besar dari detikcom sehingga dibuatlah kategori Hai Bunda.

aplikasi detikcom
Hai Bunda, persembahan untuk perempuan Indonesia.


Nah, untuk pecinta DIY dan craft seperti saya, bahkan bisa menemukan video-videonya di kategori ini. Memang hanya 20 detik, tapi itu sudah cukup untuk memantik ide orang-orang seperti saya yang intens di hobi tersebut.

KENIKMATAN BARU

Pertama buka langsung suka karena tampilannya mobile friendly banget. Dan yang penting, navigasinya sangat mudah, tinggal pencet kategori-kategori yang ada. Tidak ada lagi cerita kelimpungan mencari sitemap hanya untuk membuka satu kategori.

Membaca berita atau pengetahuan bisa mengasyikkan jika fitur-fiturnya mendukung. Coba saja install aplikasi baru detikcom. Testimoni tentang aplikasi detikcom ini juga bisa dibaca melalui akun-akun twitter dan instagram teman-teman yang sudah install dan mengeksplor fiturnya dengan tagar #AdaYangBaru.

Update: Kalau teman-teman sudah install dan menjajal kenikmatan membaca berita melalui aplikasi detikcom, rekam testimoni teman-teman dalam bentuk video, lalu upload di instagram. Total hadiah 10 juta rupiah, atau masing-masing 1 juta rupiah berupa voucher Carrefour, sudah menanti. Keterangan lengkap ada di akun instagram @beyourselfwoman dengan hashtag #AdaYangBaru . Deadline tanggal 11 Desember 2017.

14 comments:

  1. aq suka baca detik dot com ini
    ulasannya menarik2 yaa
    tapi belum install sih hehe biasanya di browser aja

    ReplyDelete
  2. Wah asyikkkk sekarang teknologi semakin canggih saja sehingga memudahkan kita ya mba. Saya jdi penasaran dengan aplikasi detik ini. Saya butuh ide DIY untuk menstimulus tumbuh kembang anak saya di rumah. Mksh infonya. Saya pengen nyoba dulu.

    ReplyDelete
  3. Baru tahu ada aplikasi detikcom. Install ah, pengen tahu dan penasaran, kira-kira apaan yang bakal jadi favorit saya. Tfs, MakLus...

    ReplyDelete
  4. Makin menarik ya mba. Ada aplikasi nya dan fitur yg macem2...

    ReplyDelete
  5. Kalau saya paling suka masuk kategori Hai Bunda di Apps detikcom. Di sana bisa dapat banyak pengetahuan tentang parenting, tumbuh kembang anak, dan relationship dengan pasangan. Keren ya apps detikcom sekarang, kita bisa langsung masuk kategori yang kita suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, kalau sudah di kategori itu bisa lama baca2 :))

      Delete
  6. Aplikasi-aplikasi seperti Detikcom ini menolong banget buat ibu-ibu seperti kita, yang dari pada bengong saat nunggu anak, lebih baik browsing :)

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval. Should you need further information, please email to beyoumails@gmail.com.