Monday, December 11, 2017

[Blog Tour + Giveaway] 50 Ide Bisnis Bermodal 5 Jutaan

Begitu terpilih menjadi blog tour host sebuah buku baru yang berjudul 50 Ide Bisnis Bermodal 5 Jutaan, saya langsung terbang untuk menjemput buku tersebut ke markas penerbitnya, Stiletto Book. Buku seperti inilah yang sudah lama saya nantikan.



TENTANG BUKU 50 IDE BISNIS BERMODAL 5 JUTAAN

Judul: 50 Ide Bisnis Bermodal 5 Jutaan
Penulis:  Lily Kurniaini
Editor: Herlina P Dewi
Proof Reader: Mutiara Arum
Desain Cover: Teguh Santosa
Layout Isi: Arya Zendy
Tebal: 179 halaman
Penerbit: Stiletto Book
Cetakan 1, Oktober 2017
ISBN: 978-602-6648-22-8

Seperti judulnya, buku ini memberikan ide bisnis kepada para pembaca yang sedang berencana memulai usaha dan ditulis oleh Lily Kurniaini, pemenang Wanita Inspiratif Nova 2011. 

Buku 50 Ide Bisnis Bermodal 5 Jutaan memuat tiga hal utama:
  1. Pengenalan diri sebelum memulai bisnis.
  2. 50 ide bisnis bermodal 5 jutaan rupiah.
  3. Menjaga eksistensi bisnis.
Tulisan tentang ide-ide bisnis mendominasi 90% isi buku, meliputi:
  • Bisnis kuliner
  • Bisnis kerajinan
  • Bisnis jasa
  • Bisnis supplier
  • Bisnis fashion
  • Bisnis kecantikan
  • Bisnis perjalanan
Tiap-tiap ide bisnis dilengkapi dengan pembahasan tentang:
  • Modal awal
  • Fasilitas dan perlengkapan
  • Kreativitas
  • Promosi dan pemasaran
  • Proyeksi hitungan laba rugi

REVIEW DARI MANTAN PELAKU USAHA

Penting banget ya saya sebut "mantan" diatas karena berhubungan langsung dengan antusiasme saya terhadap buku ini sampai bela-belain menjemputnya segala. Mungkin sebagian besar teman-teman sudah tahu bahwa dulu saya sempat punya usaha kerajinan yang maju sampai punya outlet di Mall Pekanbaru dan Mall Ciputra Pekanbaru. Bisnis tersebut terpaksa saya hentikan karena pindah ke luar pulau dan tak mampu memonitor kegiatan operasional disana.

Ternyata memulai usaha di tempat baru itu cukup sulit, apalagi tren kerajinan sudah berubah banyak. Meski masih sempat setor wajah di Inacraft 2016, tapi berhubung itu merupakan sebuah kolaborasi, rasanya kok kurang puas dan masih ingin mengejar mimpi untuk mengusung brand sendiri seperti dulu. Alhamdulillah brand baru saya @beyouprojects mulai merayap. Penyakit pelaku usaha memang seperti itu, yaitu tidak pernah kapok! Hahahaaa....

Memulai usaha itu tentu terkait dengan modal dan perhitungan-perhitungan yang masuk akal. Dulu saya memulai dengan sedikit demi sedikit menyisihkan gaji suami, kadang cuma 200 ribu atau 500 ribu, sampai menjadi besar, bisa menyewa outlet di mall dan tidak punya hutang. Nah, apalagi dengan modal 5 jutaan rupiah? Itu besar lo, bisa untuk membuat usaha macam-macam asal tahu seluk beluknya.

Seringkali kita sudah merasa bahwa suatu bisnis yang sedang tren tapi belum ada di sekitar kita bisa menjadi bisnis yang laris. Tapi kita tidak tahu bagaimana memulainya. Atau misalnya kita mendapat warisan satu bangunan mungil di pinggir jalan besar, tapi tidak tahu mau dibuat bisnis apa. Buku ini memberikan semua informasi yang kita butuhkan, minimal sampai usaha teman-teman bisa launching.



Memulai adalah inti dari sebuah usaha karena kalau nggak segera dimulai, tren akan segera berlalu dan apa yang tadinya merupakan ide segar di kepala berangsur menjadi ide basi. Belum lagi kalau keduluan teman atau tetangga. Perih, ya? 

Meski semua tetap ditentukan oleh niat dan tekad teman-teman sendiri, tapi paling tidak teman-teman tahu apa yang harus dilakukan dipandu dengan buku ini. Tidak seperti saya dulu, nggak ngerti kanan kiri, bahkan awal mula saya ikut pameran tidak ada barang saya yang laku. Pernah ditipu supplier tenun. Terakhirnya malah sahabat saya yang mencontek usaha saya se display-nya sekalian. Heheheee....

Dari buku ini, ada satu contoh yang menarik hati saya, yaitu bisnis jasa penulis lepas. Nah, ternyata ada hitungannya lo kalau mau menjadikan jasa penulis lepas sebagai bisnis. Mentang-mentang kerja dirumah pakai daster dan laptop dibelikan suami, jangan sampai kita nggak perhitungan dengan waktu, pikiran dan pulsa yang telah kita habiskan. Ingat, ini bukan kerja bakti.

Contoh lain adalah bisnis frozen food. Ini cocok buat yang suka masak dan sering menimbun nugget untuk keperluan keluarga. Nggak ada salahnya mulai dijual, kan? Pertanyaan yang sering muncul di bisnis ini adalah peralatan apa saja yang dibutuhkan mengingat bisnis ini memiliki resiko besar dalam mempertahankan makanan agar tetap higienis. Tentu mahal ya peralatannya? Enggak juga, bisa diakalin sesuai budget. Freezer misalnya, bisa beli yang bekas dulu.

Mengapa orang yang sudah punya angan-angan memiliki usaha tapi tak segera memulai? Karena angan-angan tersebut tidak dituangkan dalam rencana yang dihitung dengan jelas sehingga yang ada hanyalah keraguan dan kekhawatiran. Buku ini tidak mau bertele-tele agar tidak menambah fase maju-mundur pembacanya. Informasi yang disajikan langsung ke pokok bahasan, yaitu ide bisnis tersebut dan cara memulainya sesuai budget 5 jutaan rupiah. Bonusnya adalah cara mempertahankan bisnis tersebut agar makin eksis setelah launching.

Karena ditulis oleh perempuan dan penerbitnya pun identik dengan perempuan, ide-ide yang dipilih banyak yang menyasar para calon pengusaha wanita. Meski begitu, bisnis-bisnis yang ditampilkan juga aplikatif untuk laki-laki. Contohnya bisnis tour and travel, cleaning service, laundry, jual alat tulis dan sebagainya. 

Apakah yang ditulis Lily ini sekedar ide yang dicomot dari sana-sini? Tentu tidak! Lily juga mewawancarai para pemilik usaha terkait. Bagaimana? Sudah siap untuk memulai?

GIVEAWAY 

Buku 50 Ide Bisnis Bermodal 5 Jutaan sudah beredar di pasaran. Teman-teman bisa membelinya di toko-toko buku terdekat atau langsung ke Stiletto Book. Nggak mahal kok, tapi isinya mungkin bisa mengubah cara teman-teman berusaha atau bahkan mengubah keraguan menjadi keyakinan untuk memulai sebuah bisnis.

Pengin buku gratis? Bisa! Ada 2 (dua) buah buku 50 Ide Bisnis Bermodal 5 Jutaan yang masih cling ditambah 2 (dua) buah merchandise dari penerbit Stiletto Book. 

Caranya mudah, jawab pertanyaan dibawah ini sesuka hati teman-teman, tidak harus dijawab semua. Lalu ikuti persyaratannya. Syaratnya gampang kok, cuma follow-follow-an dengan saya dan Stiletto Book. Kayaknya sudah banyak yang saling follow dengan saya kan? Yang belum, mungkin sayanya siwer, insya Allah saya follow balik asal ikut giveaway ini heheheheee.....

Pertanyaaan: Bisnis apa yang teman-teman sukai, suatu saat ingin teman-teman miliki atau malah sedang teman-teman jalani? Buat yang bekerja kantoran, bisa cerita tentang bisnis sambilan yang diincar, bisnis yang diidamkan ketika pensiun nanti atau bisnis yang ingin dihadiahkan pada saudara atau untuk membantu orang yang kurang mampu.

Syarat:
  1. Jawab pertanyaan tersebut di kolom komentar dibawah artikel ini. Jangan lupa menuliskan akun media sosial atau email agar mudah dihubungi jika menang.
  2. Follow twitter @Stiletto_Book dan @beyourselfwoman.
  3. Follow instagram @stiletto_book dan @beyourselfwoman. Nggak punya akun instagram? Nggak apa-apa, bisa lika fanpage Facebook Stiletto Book
  4. Share blog tour dan giveaway ini dari akun media sosial teman-teman. Jangan lupa mention akun Stiletto Book dan beyourselfwoman dengan hashtag #50IdeBisnisBermodal5Jutaan. Kalau fanpage Stiletto nggak bisa ditag nggak apa-apa ya, yang penting host sudah ditag. Ada tambahan hadiah pernik unik dari saya untuk yang sharenya menawan hati saya. 
  5. Giveaway ditutup tanggal 15 Desember 2017, jam 23.59.
  6. Pemenang diumumkan pada tanggal 16 Desember 2017.


Yuk ikut! Saya tunggu, lo.

20 comments:

  1. Aku ikutan maaakk...
    Dari dulu punya cita cita buat bikin taman kanak-kanak kanak sendiri. Yang enggak mampu boleh bayar seikhlasnya. Pokoknya temen temen deket saya pasti tau cita cita saya yang ini.
    Dunia anak buat saya itu nyenengin banget, suatu saat nanti berharap Allah bisa kasih kesempatan saya buat bikin TK yang bisa bikin anak anak happy dan betah main hahaha....
    IG @kartikanugmalia FB Kartika Nugmalia email: Kartika.nugmalia@gmail.com. btw ngincer pernak pernik dari mak Lusi wkwkwk ngefans banget nih sayaaah

    ReplyDelete
  2. Klo aku, pengen punya taman bacaan mba, semacam rental buku gitu. Segmen pasarnya anak2 pedesaan aja..karena rata2 mereka di rumah punyanya buku pelajaran/sekolah thok. Mau ke perpust daerah juga jauh.

    Kayaknya bisnis kayak gitu udah ilang ya... dan anak2 sekarang , nggak di kota nggak di desa memang lebih asyik mainan gadget daripada asyik mbaca komik atau majalah anak2..

    Sebenarnya nggak murni bisnis si mba..cuma biar anak2 pada gemar membaca.

    Akun twitter: @trisulis98
    Akun fb. : Tri.sulistiyowati75
    Akun IG. : @sulistiyowatitri98


    ReplyDelete
  3. Saat ini saya bekerja mbak, dari Senin sampai Sabtu full, liburnya Ahad dan tanggal merah. Di rumah sudah membuka warung kecil-kecilan (kecilll banget) dan yang jagain ibu, memang niatnya buat kegiatan ibu di rumah.

    Mikir juga nanti kalau udah nggak kerja mau ngapain? Yang terpikir saat ini pengen bisnis onlen tapi sepertinya waktu sudah habis buat kerja dan pekerjaan rumah lainnya, kalau Ahad kulakan ke pasar dll dll dll

    Mikir lagi pengen jual pakaian di rumah sekalian digantung/dipamerin di warung kecil saya. Misalnya daster, mukena, kerudung dll. Tapi belum tahu mau kulakan dimana dan butuh modal berapa?

    Intinya pengen usaha ini itu tapi masih maju mundur dan ragu hehe..
    Masalah terbesar saya adalah manajemen waktu, masih amburadul :)

    Semoga keinginan ini bisa segera terwujud, aamiin.. * doain ya mbak :)


    Twitter : @anjar_sundari; IG : @anjar_sundari; FB : Anjar Sundari.

    ReplyDelete
  4. mbak aq ikutan buat giveway-nya mudah-mudahan bisa menangin bukunya plus pernik2nya juga ;)
    beberapa bulan ini sebenernya aq punya usaha online untuk pakaian anak, tapi kesulitan mengatur waktu untuk mengembangkan bisnis tersebut karena kerjaan kantor juga gak bisa ditinggalin dan anak serta suami yang juga harus dapat perhatian. intinya masih belum punya time management yang baik.
    namun kalau untuk bisnis masa depan, akhir2 ini aq terpikiran untuk bisnis daycare. iya aq ngelihatnya tuh sekarang makin banyak mamah muda yang ingin tetap aktivitas tapi terhalang karena gak tega untuk ninggalin anak, ditambah susah banget kan mencari pengasuh anak atau asisten rumah tangga, atau kalau mau menyewa baby sitter itu mahalnyaaa.. deket rumah aq banyak ibu-ibu yang sudah umur namun masih ingin kerja, aq pernah mempekerjakan namun terbentur karena mereka kurang update ttg pengasuhan masa sekarang, perlu di arahkan lagi.. inginnya sih bisa membantu financial mereka dan bisa membantu mahmud yang ingin menitipkan anak dengan aman dan nyaman untuk anaknya juga.

    Twitter : MrsMayaRumi
    IG : mayarumi

    ReplyDelete
  5. Ikutan Mak
    Saya pengen punya usaha industri rumah tangga makanan ringan. Makanan ringannya merupakan olahan singkong yang sangat murah di sini. Industri rumahan ini inginnya yg padat karya terutama bagi tetangga yg masih banyak terlilit bank keliling
    Ig : @anis_khoir01
    Twitter: @anis_khoir01
    Fb :Anis Khoir

    ReplyDelete
  6. Buku ini nih yang sepertinya saya cari. Dari akhir tahun kemarin sudah mulai memikirkan mau bikin usaha yang serius tapi baru sebatas wacana dan coret-coretan di kertas. Mandek di ide dan belum dieksekusi. Di otak saya ada banyak bisnis, mbak ahahaha.

    Yang pertama karena suka blusukan pengen banget punya bisnis travel, tapi khusus di adventure. Jadi traveling minat khusus. Ini pas banget kalau kolab sama mas suami, karena dia anak gunung juga.

    yang kedua adalah bisnis wastra. Saya penggemar kain nusantara, kayaknya seru juga kalau punya bisnis ini. Apalagi punya sahabat yang pintar membatik dan adik yang bisa menjahit. Rasanya pengen kolaborasi dengan mereka berdua. Tapi ya lagi-lagi baru sebatas wacana hehe.

    Kalau yang sekarang di jalani sih bisnis jasa kolaborasi dengan 3 kawan lain. Saya kebagian nulis, dua fotografer dan videografer, serta satunya web designer. Berhubung belum digarap serius dan masih sambilan jadinya ya gitu deh, belum terlalu kentara hasilnya.

    Oleh karena itu ku ingin baca buku ini, supaya bisa jadi pemacu semangat. Apalagi ini akhir tahun yak, jadinya memulai bisnis masuk resolusi buat 2018 hehe.

    IG n twitter: @elisabethmurni

    ReplyDelete
  7. Nama : Ipeh Alena
    Link share : https://twitter.com/blogipehalena/status/940585085044002816
    Email : ipehalena@gmail.com


    Bisnis yang ingin sekali saya jalani itu sama seperti yang sempat disinggung di atas. Bisnis terkait penulisan. Karena saya ingin juga merasakan bagaimana sih rasanya membuka bisnis yang sesuai dengan yang saya jalani saat ini.

    Untuk bisnis yang tengah saya jalani sekarang, meski belum jadi bisnis yang WAH, yaitu jasa motret produk. Duh, padahal foto saya masih ala kadarnya tapi allhamdulillah ada aja yang mau jadi client saya hehe. Menariknya apa yang saya kerjakan saat ini yaitu beberapa permintaan client sukses membuat saya harus belajar dan belajar lagi mengenai dunia fotografi. Jadi, gak serta merta asik-asik asal jepret. Semua hal tercurahkan. Ya tenaga ya pikiran, untuk gali ide dan prakteknya.

    Sebelumnya di tahun 2009-an, saya pernah menjadi pedagang online produk reseller. Bertahan sampai tahun 2012! Lumayan lama memang, allhamdulillah. Padahal jual barang dropshipan. Alasan berhenti karena saat itu mau fokus sama kerjaan yang semakin menumpuk. Iya, saya menjalani dagang online ini sambil kerja. Dan itu sering memecah konsentrasi juga.

    Alasan saya ingin baca buku ini, tentu saya juga ingin tahu pertimbangan apa saja yang dituliskan di dalam buku ini. Sehingga saya bisa membuat ancang-ancang sebelum nekat bertindak. Tentunya smart move itu kan dibarengi dengan ilmu. Jadi, saya ingin dapat ilmunya dari buku ini.


    Terima kasih

    ReplyDelete
  8. Halo, Mbak Lusi. Halo, Mbak Lusi! Aku ikutan, yaa. :)

    Aku saat ini masih menjalani bisnis kecil-kecilan jasa les privat di luar kerjaan kantor. Meskipun sudah berjalan lama (sejak medio 2005), sampai sekarang statusku masih freelance tutoress. Kalau job datang dan ga bisa ku-handle, lempar ke adik perempuanku yang jadwalnya lebih longgar. Kami berdua ingin bisa mengembangkan bisnis ini menjadi semacam sanggar belajar, punya ruang belajar lengkap dengan perpustakaan; keuangan pun sudah mulai dipisah. Sepuluh persen dari "uang gajian" hasil privat, selalu kami sisihkan untuk aset sanggar (beli text book, kumpulan soal, ATK, dsb). Entah kapan berani mulai berkantor, lha aku lebih banyak fokus di redaksi hehehe.

    Yang kedua, pengin jadi saudagar sayuran hidroponik dan jamur kuping. Aku kan suka sekali makan sayur ya, Mbak hehehehe. Sesuai bidang yang aku pelajari, agaknya bisnis ini gak butuh modal uang besar (modal nyalinya yang kudu digenjot). Tertarik karena ingin memanfaatkan barang-barang bekas di sekitar (utk hidroponik) dan kayu2 dari pohon di kebun (utk media kembangbiak jamur kuping). Lumayan kan kalau nanti bisa jalan, at least bisa menopang kebutuhan rumah tangga, syukur-syukur bisa juga dijual ke pasar terdekat.

    Demikian usaha impianku, Mbak Lusi. Terima kasih sudah menggelar giveaway ini, jadi bisa bagi-bagi cerita hehehe.
    Akun IG n Twitter: @phijatuasri

    ReplyDelete
  9. Hi mbak Lusi.
    Aku Lintang dan aku suka banget dengan kain tradisional Indonesia. Sayangnya, di masa-masa awal aku jatuh cinta dengan kain tradisional Indonesia, model-model baju yang terbuat dari kain-kain ini diciptakan untuk perempuan yang umur dan jiwanya lebih tua dari aku. Intinya aku suka kainnya tapi aku nggak suka kalau kain-kain itu sudah dibuat baju. Tiap lihat kain aku selalu punya bayangan bakal jadi baju model apa. Sayangnya setiap kali aku bawa kain ke tukang jahit, nggak pernah sesuai dengan bayangan di kepala. Akhirnya aku belajar jahit. Hampir semua baju yang aku pakai adalah baju hasil kreasi ku yang aku jahit sendiri. Beberapa teman yang lihat aku pakai baju yang berbeda dari yang ada di pasaran pun menanyakan aku dapat baju dari mana. Akhirnya sudah setahun ini aku memberanikan diri untuk berbisnis baju wanita dari bahan kain tradisional indonesia dengan label Ge.Lintang. Sayangnya aku baru bisa produksi tapi masih kesulitan untuk memperluas pasar marketing. Harapanku aku bisa belajar lebih banyak lagi melalui buku ini.
    Terima kasih ya mbak Lusi dan Stilleto Book aku sudah boleh ikut giveaway buku 50 ide bisnis bermodal 5 jutaan.
    Twitter: @ge_lintang
    IG: @dinilint
    Email: dinilintangasri.dla@gmail.com

    ReplyDelete
  10. Klok warkop msuk kuliner kn ya Mbk ?
    Iyup aku ( sm suami) lg bljr bisnis kuliner mbk. Dan iya, setuju deh sm buku ini, butuh modal kurleb 5 jutaan utk mulai bisnis ini dan insyaAllah bs ttp stabil. Soalnya kn, kdg2 ada yg putus di tengah jln. Dan disebbkn krn gk bs atau sulit survive di awal mulai bisnis.
    Alhmdulillah, mskipun pendapatan di warkop nggak menjulang bgd. Tp bisa bgd bikin dapur tetap ngepul dan sedikit nabung (bwt tambahan biaya spp aku mbk).
    Nah rencanya aku pgn ngembangin sayap nih. Yg kuliner biar diurus suami. Sementara aku pgn njajal bisnis lain. Slh satunya jd supplier.
    Ah jd pgn punya buku ini. Baik beli sendiri atau hadiah gratis dr mbk lusi. Hehe. Pgn baca2. Khususnya pengalaman org2 yg sdh pernah menjalankan bisnis ini.

    Oya hampir lupa.
    Ini setor ig sm email.
    Ig : @indachakim
    Fb : https://www.facebook.com/inda.chakim
    Twitter : @indachakim
    Email : indachakim@gmail.com

    ReplyDelete
  11. Saat ini saya punya bisnis sebagai reseller tas dan dompet import. Promo udah via sosmed (Facebook dan Instagram), shopee dan tokopedia. Yang paling efektif ternyata jualan via instagram. Tapi karena memang harga bersaing, jualan saya gak laris2 banget. Hiks... Maksudnya gak tiap hari juga ada orderan. Yah namanya juga reseller, untung cuma berapa ribu, jarang2 juga yang pesan. Jadi dalam sebulan saya dapat penghasilan sekitar 300 ribuan. Lumayan sih...daripada gak dapat sama sekali, kan?

    Lalu bisnis saya selanjutnya ialah jualan tulisan. Nulis lewat blog gitu, selalu berusaha cari sponsorship. Hehe. Kalau blogger lain pada ogah naruh link orang di blogpost, saya sebaliknya...asal ada bayarannya. Minimal 50 rb untuk 1 link yang terselip. Nyari job di sana-sini, kebanyakan info lewat grup blogger facebook. Juga join jadi penulis freelance di project dan sribulancer. Dibanding fee jualan tulisan via blog sendiri, jadi freelance lebih susah karena tugasnya banyak tapi fee sedikit. Yah disyukuri saja. Yang penting dapat job. Lumayan nambah pemasukan dan ngisi tabungan.

    Sebagai IRT yang gak boleh keluar rumah sendirian, saya gak tahu harus bisnis apalagi. Saya kurang pandai jualan secara verbal. Makanya jualan online. Sayangnya juga gak begitu menguasai triknya, jadi yaaa...untung yang didapat ala kadarnya ajah.

    Kalau suatu saat dikasih modal lebih besar, pengen buka BPS alias bidan praktek swasta. Iyah, basic saya bidan. Karena diminta suami resign kerja agar bisa lebih konsen irus rumah tangga, saya menurut. Tapi impian saya tetap buka praktek sendiri di rumah. Modalnya besar... Selain harus punya bangunan sendiri, alat2nya juga harus punya dan harganya mahal. Saya sudah bertekad kalau nanti sampai jadi punya, inginnya ngasih tarif yang murah biar semua orang bisa merasakan nikmat sehat tanpa banyak mikir keluar biaya. Kalau bisa sih gratis. Saya ingin bergerak di bidang kemanusiaan, semampu saya. Sebisa saya. Karena saya bisanya jadi bidan, yaaa nolong sesuai profesi saya. Mudah2an terlaksana punya praktek sendiri... Biar bisa bantu orang2 di sekitar. Ini bisnis yang juga berujung pahala di hari akhir kan? Bisnis yang bisa membawa ke surgaNya.

    Twitter: @artha_amalia
    IG: @artha.amalia

    ReplyDelete
  12. Kemarin nulis resolusi 2018 dan kayaknya jodoh baca blog post ini, karena salah satu resolusiku berkaitan dengan buku ini :D.

    Aku dan suami pengen membuka usaha. Beliau pengen buka kost di Jogja makanya tahun ini udah beli tanah, kurang nabung buat membangun, hihi. Sementara aku pengen banget usaha kuliner makanan rumahan karena seneng banget makan. Jadi jika Allah ridho, untuk jangka panjangnya kami mau buka usaha kost yang di dekatnya ada rumah makannya. Selain anak kost praktis mau jajan, aku bisa leluasa memasarkan untuk masyarakat sekitar.

    Nah, karena belum ngumpul modalnya. Maka di tahun 2018 pengen usaha yang modalnya under 10juta saja dulu. Kami sempat bingung mau usaha apa. Lha kok ya jodoh sama buku ini ada referensi buat buka usaha. Jadi kalau misal dapat buku ini bisa jadi guideline buat kami untuk buka usaha di tahun 2018. Sementara ini sih saya mau buka usaha online shop kerudung, apalagi saudara ada yabg menjahit sehingga bisa kolaborasi dengan dia.

    Yak, semoga Aku beneran jodoh sama buku ini ya Mbak Lusi :*

    Ig: @cahayatheprinces
    Twitter: @cahayatheprince
    Fb: cahaya theprinces
    Email: cahayatheprinces89@gmail.com

    ReplyDelete
  13. asyique, mba lusi ada giveaway. aku mauu banget, karena salah satu resolusi 2018 saya adalah mulai bisnis (lagi).

    Saya pengen jualan pakaian & aksesoris muslimah, atau saya mau mulai jualan produk-produk bayi (pakaian dan bahan MPASI).

    Soalnya saya muslimah dan seorang ibu, kalau jualan saya maunya barang yang dijual itu saya kuasai. Misal saya mau jualan gamis dan hijab yang memang nggak terawang, nyaman dipakai seharian, karena saya pun muslimah yang ingin berpakaian nyaman dan syar'i setiap hari. Saya juga sudah pernah jualan produk baju muslimah, jadi sedikit banyak sudah tahu tips dan trik berjualan, cuma kurang modal aja wkwk.

    Kalau keinginan untuk jualan produk MPASI berangkat dari pengalaman saya yang susah banget nyari bahan-bahan MPASI berkualitas di daerah saya, mesti order online dari Jakarta. Jadi kenapa nggak saya jual disini? saya juga bisa merekomendasikan produk MPASI yang bagus atau yang cocok untuk anak, metode makannya, tips anti GTM, dll karena memang saya sudah mengalami.

    Menurut saya memang lebih enak jualan itu dari produk yang memang kita pakai sehari-hari jadi kita bisa merasakan kebutuhan/keinginan dari sisi konsumen.

    Nama : Enny Luthfiani
    IG : @dudukpalingdepan
    twitter : @du2kpalingdepan
    email : dudukpalingdepan@gmail.com

    ReplyDelete
  14. Bismillah saya ikutan ya Mbak,

    Saya pengen bangkit dari ragu-ragu.Dulu pernah bisnis toko pakaian anak-anak dan waralaba teh. Trus bangkrut. Sekarang pengen buka wirausaha baru yang modalnya ga lebih dari 5 juta lah (mengingat bisnis yang gagal tempo hari merugi 10 jutaan).
    Cita-cita saya pengen buka kafe baca gitu. Ya kecil-kecilan, semacam lesehan juga ga apa-apa dengan menu andalan segala olahan buah terutama pisang. Dan ada ruang bacanya. Soalnya minat baca di daerah saya masih rendah. Pengennya dengan suasana yang lain dari biasanya bisa menarik minat baca masyarakat. Jadi nih menu andalannya : jus pisang, milkshae coklat, pisang goreng pasir, nugget pisang, pisang bakar keju dan coklat. Trus ada cemilan ringan pisang gitu deh.
    Nah interiornya ntar ada foto-foto hasil jepretan saya ala food fotography gitu. Trus ada pojok instagrammable.
    Mudah-mudahan ada rezeki saya nih dapat buku ini sekalian bisa saya review di blog saya nanti. Makasiih

    Akun twitter: @dwiaprily
    Akun fb : Dwi Aprilytanti Handayani
    Akun Ig : @dwi.aprily

    ReplyDelete
  15. Hai Makk... ikutan juga dong!

    Tiap mampir ke blog Mak Lusi, pasti terpecut buat ngidupin lagi usaha aksesoris handmade inas craft yang udah lama mati suri gara2 kewalahan ga bisa bagi waktu.

    Sempet buka usaha toko obat bareng suami di depan komplek selama 5 tahun. Namun harus gulung tikar karna ga direstui ibu. Sempat mau menyelamatkan toko obat dgn menjual kosmetik. Tapi ga jadi karna ragu. Mau dibawa kemana usaha ini kalau kita usaha keras tapi ortu sndiri ngga iklas? Setidaknya jadi pelajaran bahwa usaha dengan restu ortu itu penting banget karna rejeki jadi ngga seret.

    Tutup toko, skr ceritanya sok sibuk di rumah aja. Niatnya mau serius ngeblog. Ternyata belum bisa krna riweuh urus 3 boyz yg udah jelang gede n makannya tambah banyaak. Jadi mangkal di dapur mulu emaknya.

    Saat ini, alhamdulillah dapet kerjaan jadi content writer aplikasi masak. Sambil menyelam minum sirup. Sambil masak2 buat keluarga, sekalian update postingan aplikasi dan update blog khusus masakan, hehe. Saking sibuknya, 2 blog lain yang dimonetasi jadi keteteran. Hiks.

    Pengen... pengen banget balik lagi ngecraft krna bahan bakunya masih numpuk di gudang. Kalau ngga diolah keburu jamuran ya Mak, haha. Tapi masih bingung mau ngecraft apaan (dulu bikin bros) yg lebih laku dijual saat ini. Sukur2 kalo modalnya ngga gede, seperti yang dibahas di buku ini. Perlu banget buku ini diintip buat jadi panduanku menjadi pelaku usaha yang baik dan benar. Semoga aku beruntung :)

    IG: @innariana
    Twitter: @EmakRiweuh
    FB: Inna Riana
    Email: rianawldari@gmail.com

    ReplyDelete
  16. dulu pernah kepikiran buka klinik plus nursery plus cafe plus perpustakaan, semua hob pengen dijadikan satu...,jadi yang nunggu antrian berobat mana tau jadi pengen beli tanaman atau kue2 atau baca2 buku he.. he..

    IG & Twitter : @monda6

    ReplyDelete
  17. Halooo mbak Lusi Tris yang kece.

    Senang sekali Giveawaynya keren.

    Saya sangat amat ingin membuka usaha event organizer khusus seminar Internasional dan workshop pelatihan. Kebetulan saya mengajar, sehingga ingin menyalurkan hobi sharing menjadi suatu lembaga yang bisa memberi pekerjaan banyak orang.

    Sementara ini saya masih aktif mengadakan training offline maupun online. Semoga beberapa tahun kedepan bisa punya kantor sendiri, dan mengembangkan usaha secara mandiri, serta mempunyai wadah untuk menyebarkan motivasi positif bagi generasi muda dengan banyak berkarya.

    Sukses giveawaynya Kakaaa Lusi.

    IG : dira_corner
    Twitter : dira_corner
    Blog : www.diraindi.com

    ReplyDelete
  18. sukses GAnya mbaaa...aku jadi penasaran sama bukunya. Pengen bisnis tapi belum kebayang apaan hehehe

    ReplyDelete
  19. Mbak, ikutan ya, semoga bisa lolos πŸ˜‰.

    Bisnis yang saya pengin:
    1. Toko alat tulis. Dari dulu selalu suka berlama-lama di toko atk, memborong beberapa jenis bolpen dan pensil mekanik. Asik gitu ya, toko yang bakal dibutuhin terus tanpa terikat musim, mulai dari anak sampe orang dewasa.

    2. Tempat curhat. Saya gak ada bekgron psikolog sih, cuma sering setor telinga buat dicurhatin teman atau murid soal ini itu. Sasaran utamanya sih anak abege yang masi labil, peralihan menuju dewasa, banyak kan yg bikin masalah di usia ini. Gak mesti kasi solusi, jadi pendampingan aja, dengan bermacam pendekatan yg disesuaikan dengan kepribadian ybs.

    3. Taman baca, yang sepaket sama kelas mata pelajaran atau ketrampilan, rumah singgah, dll. Maju mundur, susah dapet acc, akhirnya sebagian buku udah saya kirim ke perpustakaan lain, jual ke teman, kasikan, daripada numpuk di rumah.

    4. Rumah tuli, karena anak saya tuli dan merasakan begitu susahnya untuk berbagai macam akses, saya jadi pengen punya semacam graha pendampingan buat ortu dan para tuli. Mulai dari yg masih baru dapat anugerah, sampai soal lapangan pekerjaan.

    5. Kantin bersih, bebas, jujur. Kantinnya self service, ambil makanan sendiri, hitung, bahkan cuci piringnya sendiri. Ada petugas yang bakal menjelaskan si konsumen harus ngapa-ngapain. Belajar manner, empati, jujur, banyak.

    Harapan saya sih, ada yang bisa segera terlaksana dalam waktu dekat ini. Amin.

    Twitter: @esthy1212
    IG: esthywika

    ReplyDelete
  20. Huwaaaaa Mbak Luuus. Saya telat setelat-telatnya. Tapi jadi mupeng pengen baca bukunya. Maturnuwun Mbak Luuus. ☺️πŸ‘πŸΌπŸ™πŸΌ

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval. Should you need further information, please email to beyoumails@gmail.com.