Wednesday, February 28, 2018

DIY Membuat Dompet Koin Dengan Resleting

Dompet koin itu meski kecil tapi penting. Yuk kita buat dan harus ada resletingnya biar aman.


DIY tutorial membuat dompet koin resleting


Kaget sendiri saya, melihat sudah 10 hari tidak update blog beyourselfwoman. Ya, akhir-akhir ini memang saya sedang kesusahan, wira-wiri nengok orangtua yang bolak balik masuk rumah sakit. Alhamdulillah kemarin sudah kembali ke rumah. Semoga sehat seterusnya. Aamin.

Meski blog ini tidak update, tapi blog lain yaitu www.slowtravelid.blogspot.com yang berisi kuliner dan tempat-tempat menarik yang kami datangi sekeluarga. Menyiapkan artikel untuk blog beyourselfwoman ini perlu waktu lebih lama karena harus mengedit foto. Kalau tabungan fotonya sih banyak karena tiap saya menjahit model yang baru saja saya pelajari, saya usahakan terdokumentasikan untuk keperluan saya sendiri. Syukur jika bermanfaat untuk teman-teman juga.

Kali ini kita mulai lagi dengan tutorial yang mudah dulu saja ya untuk mengembalikan mood, yaitu DIY (Do It Yourself) membuat dompet koin yang menggunakan resleting atau zipper atau rit. Nggak susah kok karena model standar meski resleting sering membuat pemula ragu-ragu. Kalau khawatir salah, siapkan saja alat pendedel jahitan. Heheheee... Ukurannya tidak terlalu besar tapi lumayan merapikan koin daripada disatukan dengan uang kertas yang akan bikin kacau isi dompet ketika akan mengambilnya.

Yuk, kita mulai saja.


DIY tutorial membuat dompet koin resleting


Bahan yang dibutuhkan:
  • resleting ukuran 15 cm dari ujung ke ujung (bukan hanya bagian logamnya saja).
  • 2 lembar kain outer (bagian luar dompet) ukuran 15 x 12 cm. Saya menggunakan kain kanvas karena tebal, cocok untuk dompet koin.
  • 2 lembar kain inner (bagian dalam dompet) ukuran 15 x 12 cm. Saya menggunakan kain furing jenis asahi tipis yang biasanya untuk melapisi bagian dalam baju.

Pada dasarnya kain apapun bisa digunakan. Kalau bisa jangan beli kain karena kebutuhannya cuma sedikit. Usahakan pakai perca. 


Resleting yang saya gunakan ini sudah terpasang dengan kepala rit. Sekarang sih saya lebih sering menggunakan yang meteran karena lebih mudah menyesuaikan dengan ukuran dompet yang akan saya buat. Untuk pemula, sebaiknya menggunakan resleting siap pakai saja. Tapi kalau pakai yang meteran juga enggak apa-apa. Cara memasang kepala ritnya sudah saya unggah di instagram @beyourselfwoman. 


DIY tutorial membuat dompet koin resleting


Foto diatas dan dibawah ini saling berhubungan langsung. Semoga tidak membingungkan teman-teman.

Kita mulai menyusun bahan, ya. Paling bawah letakkan kain outer dengan permukaan yang bagus menghadap keatas. Di atas kain outer letakkan resleting. Kepala rit atau bagian gerigi resleting menghadap ke bawah. Jadinya seperti foto diatas.

Sekarang kita beralih ke foto di bawah ini. Letakkan kain inner diatas susunan kain dan resleting tadi. Permukaan yang bagus menghadap ke bawah. Kalau di blog luar negeri sering disebut sebagai susunan ala sandwich. Sekarang siap menjahit resleting.


DIY tutorial membuat dompet koin resleting


Untuk menjahit resleting, gunakan sepatu seperti dibawah ini. Sebenarnya sepatu biasa juga bisa, tapi saya lebih suka menggunakan sepatu khusus resleting supaya tidak perlu mengira-ngira pas tidaknya jarak reseleting dengan pinggiran kain.


DIY tutorial membuat dompet koin resleting


Setelah susunan tadi dijahit, lakukan hal yang sama di sisi resleting lainnya menggunakan sisa bahan outer dan inner.


DIY tutorial membuat dompet koin resleting


Setelah 2 sisi resleting dijahit, buka lebar kain-kain tersebut dengan susunan outer disatukan dengan outer, inner disatukan inner, sedangkan resleting di tengah. Mohon maaf fotonya kok ada. Saya tidak melakukan jahit tindas karena dompet ini hanya kecil saja dan dipakai sendiri, tak perlu ribet kebanyakan langkah.

Jahit keliling dengan menyisakan lubang di bagian inner untuk jalan membalik. Jika ketemu resleting, terjang saja. Kalau perlu ulangi jahit mundur dan maju di bagian resleting supaya kuat. Pastikan jahitan berada sebelum batas ujung logam atau gerigi resleting. Setelah itu gunting semua ujung seperti foto di bawah ini agar membentuk sudut yang rapi ketika sudah dibalik nanti.


DIY tutorial membuat dompet koin resleting


Kita sudah sampai di bagian akhir, yaitu membalik kain melalui lubang yang disisakan tadi. Hasilnya seperti foto di bawah. Jika permukaan kain yang bagus sudah berada diluar, jahit lubang tersebut. Kalau mau rapi, bisa dijahit tangan agar benang tidak kelihatan. Disini saya menutupnya dengan jahit mesin. Benangnya sih kelihatan tapi rapi kok kalau pakai mesin jahit. Lagipula letaknya kan didalam dompet.

Terakhir, rapikan dompet. Atur posisi inner agar berada didalam dompet. 


DIY tutorial membuat dompet koin resleting


Nah, sekarang dompet koin bisa digunakan. Lumayan kan? Heheheee.... Yuk dicoba. Kalau sudah jadi, jangan lupa colek saya di akun IG @beyourselfwoman ya. Semangat!


DIY tutorial membuat dompet koin resleting

4 comments:

  1. Kreatif,kak.
    Salut dengan kreasinya ☺

    ReplyDelete
  2. Mba lusi selalu rajin bikin2..😀
    Btw, sama.. bapakku juga sakit, harus mondar-mandir sleman-bntul.. blog juga agak2 lumutan blkngn mba..

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.