Sunday, April 01, 2018

Resep Salad Buah Untuk Long Weekend Yang Panas



Long weekend itu menyenangkan karena seluruh anggota keluarga berkumpul. Tapi itu juga berarti seksi konsumsi alias para ibu harus selalu siap dengan berbagai kudapan dan makanan. Berbagai cara dilakukan, antara lain pesan online, masak bersama, makan diluar, tapi kebanyakan sibuk masak sendiri. Karena itu butuh resep yang bisa dibuat cepat dan massal seperti salad buah ini.

Banyak yang bilang buah-buahan itu mahal. Banyak yang bilang saus untuk membuat salad juga mahal. Let's talk about these.

Saya sama dengan ibu-ibu pada umumnya, berusaha ngirit dan menabung. Untuk mengakali harga buah, saya tidak pernah mencontek resep sama persis. Saya selalu melakukan penyesuaian berdasarkan buah apa yang sedang musim. Saya harap teman-teman juga begitu, tak perlu meniru resep ini sepenuhnya. Disesuaikan saja dengan buah yang sedang murah disana.

Untuk resep salah buah ini, saya menggunakan:

  • Pepaya California. Pepaya ini saya beli dalam wujud sudah dibelah 2 atau 1/2 buah di supermarket. Harganya Rp4.500 dan saya hanya menggunakan separuhnya, yang berarti 1/4 buah.
  • Semangka. Sama dengan pepaya, saya membeli separuh semangka seharga Rp6.000. Saya mengambil setengahnya lagi untuk salad ini, yang berarti 1/4 buah.
  • Buah naga. Harga per gram Rp900,-. Saya memasukkan satu buah utuh seberat kira-kira 500 gram atau sekitar Rp5.000,-
  • Pir. Saya lupa harganya tapi hampir sama dengan buah naga, sekitar Rp900,- per 100 gram.
Untuk saus, yang diperlukan:
  • 1 botol mini minuman yogurt. Saya membeli dengan harga Rp 7.000 satu pak berisi 4 botol.
  • 1 sachet susu kental manis. Saya membeli dengan harga Rp 6.500 satu renteng berisi 10 sachet.
  • 1 sendok makan perasan lemon. Bersyukur saya tidak perlu membeli di supermarket yang harganya lumayan tinggi. Saya punya pohon lemon yang terus menerus berbuah. 
Tips:
  • Rasa yogurt sudah asam, jadi lemon sedikit saja untuk memberikan kesegaran.
  • Campur saus di wadah tersendiri dulu agar buah-buahan tidak kebanyakan diaduk.
  • Setelah saus dituangkan ke buah, aduklah 3-4 kali.
Salad buah ini cukup untuk 4-5 orang dan makin segar setelah didinginkan di kulkas.

11 comments:

  1. Inspirasi banget nih (terutama buat sayurnya. Kalo buahnya kan bisa dikondisikan sesuai selera, hehe). Apa lagi bahan2nya gampang dicari di pasar. Tapi kalo kebanyakan kuah jadi berasa kayak es buah / sup buah ga sih mba? hehe

    ReplyDelete
  2. Duh, menggoda, jadi pengen. Ini mah cocok banget apalagi cuaca sekarang puanas gini.
    Kan, jadi pengen. Beli atau bikin ya. Beli aja, biar tinggal makan..hehe
    Atau mau dikasih sama teh Lusi aja :D

    ReplyDelete
  3. Segeeer bangeeet! Apalagi ada nanasnya mba. Aku kalau summer douan banget semangkaaa

    ReplyDelete
  4. Woh sama mbak, weekend kemarin puanasnya luar biasa. Kapan hari bikin ah, mudah juga ternyata yak.. Baru tau aku, wkwk

    ReplyDelete
  5. Buahnya ini lo, sungguh elit. Dijamin enak deh.

    ReplyDelete
  6. Mbak saya nanam pohon lemon dah 3 tahun enggak berubah, hiks! #salfok, tapi pohon jeruk jeruk purut sudah 10 tahun lebih subur banget..
    Btw, anak-anak suka banget salad buah ini, cuma musti di skip buah naganya, kata mereka aneh radanya.. Cuma kalo di jus mereka mau.
    Btw, Thanks resepnya Mbak...

    ReplyDelete
  7. Buah favorit saya adalah : nanas, semangka, pir dan alpukat. Seru kali yang kalau ke-4nya sama campur gitu terus dikasih saus. Tapi enggak deh, sepertinya saya nggak bakalan suka dengan saus yang ada susu kentalnya, neg.

    Jadi akan saya potong-potong saja, kemudian ambil garpu dan disantap sambil selonjoran di depan TV :).

    Jadi ingat kapan hari beli buah naga. Terprovokasi adik yang katanya enak dan bisa menjadi obat/pencegah beberapa penyakit. Buah naga merah, dan setelah saya iris jadi aneh melihat warnanya yang merah membara dan teksturnya yang gimanaaa gitu..

    Akhirnya nggak saya makan, mungkin kemudian dimakan suami, yang tidak pernah menolak makanan apapun :).

    ReplyDelete
  8. Waahhhh resep sausnya itu yg paling ptg :D. Kalo buah2nya memang bisa menyesuaikan.. Paling suka mba ama salad buah gini. Tp biasanya banyak orang pake sausnya mayo.. Aku eneg yg ada. Nah kalo yoghurt pasti seger krn asam

    ReplyDelete
  9. Duuh siang-siang begini lihat salad jadi pingin 😂

    Btw, makasih resepnya, Mak... selama ini bikin salad minimalis banget seadanya hehe...

    ReplyDelete
  10. Baca tulisan mak lus di jam makan siang bikin mlipir ke toko buah dulu.

    ReplyDelete
  11. duh segernya, Jogja panas banget akhir-akhir ini

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval. Should you need further information, please email to beyoumails@gmail.com.