Sunday, September 16, 2018

Suka Dan Benci Pada Hijau Tosca

Ada yang suka hijau tosca? Sama dong. Tapi ada juga bencinya.

souvenir jogja
Hijau tosca yang diedit sedikit tapi langsung berubah menjadi biru tosca,
Hijau tosca itu menarik karena terkesan modern dan anggun. Ada beberapa gradasi warna tosca. Yang saya sukai adalah hijau tosca muda yang mendekati biru dan hijau tosca tua yang mendekati hijau solid. Meski hijau tosca itu pekat tapi tidak terasa berat. Hijau tosca juga menjauhkan kesan norak buat penggemar hijau tapi merasa tak pandai padu padan.

Tosca berasal dari bahasa Inggris, tuquoise, untuk menerjemahkan turkish dari bahasa Perancis. Turkish tentu saja maknanya adalah Turki. Sedangkan turquiose kita kenal mengacu ke warna biru batu pirus. Ternyata asal muasalnya memang dari batu pirus yang dibawa Perancis dari Turki. Dalam perkembangannya, istilah tosca tidak persis menggambarkan warna biru batu pirus, melainkan ada beberapa gradasi. 

Saya punya batu pirus biru yang sudah dirangkai menjadi cincin. Saya tidak tahu darimana batu pirus itu didapat karena cincin tersebut merupakan pemberian.

Karena keistimewaannya itu, banyak sekali penggemar tosca. Tak terkecuali teman-teman yang memesan produk @beyouprojects. Untuk bahan berwarna tosca bisa saya dapatkan dengan berbagai pilihan gradasi. Sayang, saya kesulitan menunjukkan alternatif warna tersebut karena ternyata warna tosca itu sulit sekali difoto. 

Jadi, warna tosca itu sulit difoto dan sulit diedit. Ini pengalaman saya yang tidak pandai memotret. Mungkin teman-teman yang hobi fotografi tidak punya masalah dengan tosca. Kalau tidak sabar, yang kita dapatkan adalah warna biru. Untuk mendapatkan warna yang sesuai aslinya, cahaya harus cukup dan alami. Setelah itu, usahakan agar editan hanya berupa crop. Kalaupun edit brightness dan contrast, cuma bisa sedikit saja. Kalau kebanyakan edit, warna tosca menjadi biru.

gift set jogja
Lumayan mendekati aslinya yaitu hijau tosca setelah diedit meski masih tampak nuansa birunya.
Sejak pengalaman pertama menerima pesana warna tosca itu, saya tidak mau membuat stok ready untuk warna tersebut. Foto produk dan pemandangan itu beda karena foto produk harus semirip mungkin dengan aslinya meski diedit. Pembeli zaman sekarang itu kritis, kalau terlalu jauh dari aslinya, komplain tidak disampaikan ke penjual tapi marah-marah di media sosial. Kalau ada yang pesan, baru saya buatkan karena lebih mudah menjelaskannya secara personal. 

Kebetulan geng tercinta saya sejak jaman sekolah dulu adalah penggemar warna tosca. Mereka itu sudah memberikan banyak perhatian dan materi yang tak terhitung pada saya. Hobi baru saya sebagai crafter ini merupakan sarana untuk membalas kebaikan mereka. Minggu lalu saya buatkan travelling pouch, make up pouch dan tempat tissue untuk mereka. Semuanya hijau tosca. Belum saya kirim sih, karena nunggu mood buat packing. Wkwkwkwk piye to mbak? Katanya mau balas budi?

Dalam berkarya, saya memang tidak melulu perhitungan, semua harus dijual. Ada juga yang saya gunakan sebagai hadiah. Hadiah untuk orang-orang yang baik sama saya saja tentunya. Yang nggak baik? Saya doakan supaya lama-lama baik sama saya. Aamiin.

6 comments:

  1. Suka bangetttt..dulu nggak familiar sama wara toska,sekarang kemana2 sering lihat barang dengan warna ini

    ReplyDelete
  2. warna tosca dipadukan dengan fushia, aq suka banget deh,, jreng banget gitu mbak, hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku suka fuschia tapi agak susah nyari bahannya

      Delete
  3. suka crafter juga ya , sama dg daku

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval. Should you need further information, please email to beyoumails@gmail.com.