Wednesday, January 02, 2019

Beli Tiket Kereta Api Ala PJKA Alias Pulang Jumat Kembali Ahad

Daftar libur nasional dan cuti bersama 2019 sudah beredar. Saatnya anggota PJKA alias pulang Jumat kembali Ahad mengatur strategi beli tiket kereta api.

stasiun tugu yogyakarta


Jakarta – Yogyakarta merupakan jalur kereta api yang sangat padat sehingga nyaris tidak bisa mengharapkan tiket kereta api tanpa perencanaan di akhir pekan. Jakarta dan Yogyakarta memiliki kondisi khusus yang menyebabkan orang mau bolak-balik menempuh waktu berjam-jam. Kesempatan berkarir yang lebih baik membuat orang berduyun-duyun ke Jakarta. Namun ketika sudah berkeluarga, banyak yang memilih menempatkan anak-anak mereka untuk bersekolah di kota pelajar Yogyakarta.

PILIHAN TRANSPORTASI PJKA


Pilihan transportasi umum yang tersedia untuk rute Jakarta – Yogyakarta adalah pesawat, bus, travel dan kereta api.

Pesawat adalah transportasi paling nyaman dan cepat. Sayangnya, di akhir pekan harga tiket biasanya melambung. Selain itu, transportasi dalam kota Jakarta sendiri mencapai puncaknya di Jumat sore sampai malam hari. Perlu usaha keras agar tidak ditinggal pesawat. Kami pernah kehilangan Rp 650.000,- karena si ayah terjebak macet dan tidak dapat mencapai bandara tepat waktu meski sudah pindah dari taksi ke ojek.

Bus dan mobil travel merupakan favorit banyak orang. Selain murah, perhentian bus dan travel juga fleksibel. Namun, jam berangkat bus tidak cocok untuk pegawai kantoran karena jam 16.00 sudah banyak yang berangkat. Dengan kondisi lalu lintas yang mengerikan macetnya di hari Jumat, berarti harus sudah berangkat ke pool bus atau terminal setelah sholat Jumat. Wah, kalau tiap Jumat masuk setengah hari bisa-bisa mendapat surat peringatan.

Sedangkan travel, meski ada yang berangkat agak malam, tapi fasilitas antar jemput dari pintu ke pintu akan menghabiskan banyak waktu yang sangat berharga bagi anggota PJKA.

sancaka
8 jam perjalanan naik kereta api tak perlu bengong atau cuma scroll medsos. Cukup nyaman untuk menulis dan membaca.


KERETA API FAVORIT PJKA


Kereta api menjadi idola kami karena waktu dan harga tiketnya pas untuk anggota PJKA. Jadwal kereta api diatas jam 19.00 banyak tersedia sehingga para pegawai bisa bekerja sampai selesai jam kantor lebih dulu. Stasiun Pasar Senen dan Gambir yang menjadi lokasi keberangkatan penumpang ke arah Yogyakarta juga bisa ditempuh dengan commuter line yang bebas dari kemacetan.

Sebagai favorit, akhirnya tiket kereta api menjadi rebutan para anggota PJKA. Jangan mengharap go show deh. Apalagi jika ada tanggal merah di hari Jumat atau Senin yang berarti long weekend, tiket kereta api dipastikan sudah habis dua bulan sebelumnya.  Jadi bagaimana caranya supaya tidak kehabisan tiket?

daftar libur nasional dan cuti bersama 2019
Diambil dari @jaringacara

Jika sebulan kedepan tidak ada tanggal merah, maka setelah gajian beli saja tiket kereta api bulan depan stripping untuk tiap weekend. Tiket bulan ini harus sudah ditangan semua ya karena dibeli bulan lalu.

Nah, jika ada tanggal merah, gunakan sedikit strategi. Contohnya tanggal  7 Maret 2019 itu kan libur Hari Raya Nyepi di hari Kamis. Coba cek masih punya cuti tidak? Kalau masih punya, segera beli tiket tanggal 6 Maret 2019 atau Rabu malam dan tanggal 10 Maret 2019 atau hari Minggu. Lalu ajukan cuti di hari Jumat atau tanggal 8 Maret 2019. Berharga banget tuh, yang biasanya cuma bisa semalam bersama keluarga, di weekend tersebut bisa mendapat 3 malam.

train pegipegi
Wih, yang paling malam tinggal 2 kereta aja, lo. Yuk, buruan beli!

Saya tidak mengambil contoh tanggal 5 Februari 2019 hari Selasa karena tinggal sebulan lebih sedikit, jadi untuk jadwal kereta Jumat malam tanggal 1 Februari 2019 sudah bisa dipastikan habis. Nggak percaya? Nih, buktinya! Baik untuk tiket eksekutif dan ekonomi tinggal untuk keberangkatan pagi padahal masih harus bekerja. Yang hurufnya hanya berbayang itu artinya tiket sudah habis, tidak bisa diklik.

tiket kereta api habis
Nih, beneran sudah habis kan tiket kereta malamnya.

Jadi patokannya, untuk weekend biasa beli tiket kereta api sebulan sebelumnya dan untuk libur nasional atau bersama beli tiket kereta api dua bulan sebelumnya.

Contoh lain tanggal 19 April 2019 Wafat Isa Al Masih yang jatuh pada hari Jumat itu perlu diwaspadai karena bisa pulang lebih awal tanpa mengajukan cuti. Belilah tiket di kesempatan pertama PT KAI menjualnya. Tidak hanya anggota PJKA saja, tapi semua orang yang tidak punya kewajiban akan merencanakan liburan. Mereka akan serentak berangkat pada Kamis malam.

BELI TIKET KERETA API DI PEGI PEGI

Masih nitip tiket kereta api melalui teman atau antri di stasiun? Waduh, jangan sampai deh mengalami kisah pilu saya setelah 2 jam antri tiketnya habis. Itupun sebenarnya terpaksa karena Prameks memang tidak bisa dipesan secara online. Yuk, kita hargai waktu kita sendiri untuk melakukan kegiatan produktif atau malah istirahat saja daripada buat antri. Sekarang sudah lazimnya orang beli tiket kereta api online. Tapi dimana?

Beli tiket kereta api ya melalui ponsel saja. Unduh aplikasi pegipegi, klik ikon kereta api untuk membeli tiket kereta api, lalu cari deh stasiun dan jadwal yang sesuai. Untuk kereta bisnis dan eksekutif, keberangkatan melalui stasiun Gambir (GMR) tujuan Yogyakarta (YK) atau Tugu. Untuk kereta ekonomi, keberangkatan melalui stasiun Pasar Senen (PSE) tujuan Yogyakarta Lempuyangan (LPN). Untuk arah sebaliknya, keberangkatan kereta ekonomi kebanyakan dari LPN tapi ada juga yang dari YK.

terakhir dilihat pegipegi
Fitur "Terakhir dilihat"

Mudah banget sih. Loadingnya juga ringan banget jadi nggak bikin geregetan buat mengganti-ganti jadwal sesuai dengan ketersediaan tiket. Fitur yang paling saya sukai adalah “Terakhir dilihat” atau semacam history dari pencarian kita. Ini sangat membantu kalau tiket habis. Tinggal klik untuk melihat kembali sambil berdoa supaya ada yang batal pergi sehingga tiket yang kita kehendaki kembali tersedia.

Yuk, berburu tiket tahun 2019!

43 comments:

  1. betul ya mba, musim liburan tiket banyak yg sold out :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang traveling sudah bagian dari gaya hidup.

      Delete
  2. setelah terakhir kali di tahun 2016 ke yogya naik kereta malam, saya kapok gak mo lagi naik kereta, karena gak bisa tidur, karena lampunya terang banget, gak bisa diredupkan seperti kalau kita naik pesawat, hiks. pengennya sih kalo pergi gitu siang hari dengan kereta, tapi sampe sekarang blm ada kepingin lagi naik kereta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya, itu memang kekurangan kereta api. Tidak dikasih lampu baca spt pesawat supaya tidak perlu semua terang benderang.

      Delete
  3. Saya juga suka banget naik kereta. Lebih nyaman dibandingkan transportasi lainnya. Hihi.

    ReplyDelete
  4. belum pernah sih aku naik kereta ke Yogya, jadi pengen cobain jg nanti thn depan buat mudik, tp ga ke yogya, tp ke sby hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yha selamat mencoba. Enak siang sih, banyak pemandangan.

      Delete
  5. Tiket kereta sekarang memang cepat habis ya.
    Suamiku biasanya pulang jember jumat malam, balik kerja di surabaya senin subuh. Manfaatin go show (2 jam sebelum keberangkatan) ada harga promo biasanya, tapi kalo musim liburan ya deg-deg an juga takut habis duluan tiketnya haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah enak tu kalau masih bisa go show. Deg2an tapi ya :))

      Delete
  6. PJKA
    Haha... Benerrrr pelakunya kudu waspada soal tiket. Pernah kehabisan tiket kereta gara2 gak merhatiin jadwal libur. Akhirnya kudu nge-bis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngebis pake bus jatim tu ngerih, secepat kilat. :(

      Delete
  7. Wiihh asyik, udah keliatan hilal tanggal merah liburan tahun 2019 nih.. mau ahh pesen lagi tiket keretanya, i love jalan-jalan naik kereta 😄

    ReplyDelete
  8. Baru beberapa kali sih beli tiket online. lumayan memudahkan urusan. Cuman sayang kondisi kereta eksekutif yg dulu begitu diagung2kan sekarang sudah menurun kualitasnya

    ReplyDelete
  9. berarti saya termasuk yang anti PJKA nih mbak..hihi..kalau bukan karena pekerjaan, paling menghindari pergi pas weekend..nggak cuma transport yang ribet, tapi biasanya juga lebih mahal itu..
    aku lebih sering pergi senin pulang kamis deh jadinya..dan tetep biar makin murah belinya online dong tiketnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm ntar aku pikirkan singkatan yang jleb ya buat senin kamis heheee

      Delete
  10. Beberapa kali naik kereta dan kudu keluar kota. Hiks, di kotaku gak ada stasiun kereta api. Tapi nggak kapok juga. Semoga tahun ini bisa jalan-jalan naik kereta lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Owalah... Tapi ada jalur lama nggak? KAI lagi getol menghidupkan jalur lama.

      Delete
  11. Harga tiket kereta ke jawa tengah sekarang udah ratusan ribu ya yang ekonomi juga. Jauh banget bedanya dgn saat masih dapat subsidi dulu hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih hahaaa. Apalagi kalau udah peak season.

      Delete
  12. Wah begini toh ternyata tips untuk PJKA, saya dulu sering ketemu sama karyawan yang kerja di jkt dan harus pulang pergi ke rumah seminggu sekali. Udah bak gaya hidup dan udah punya tiket setiap weekend selama satu bulan.
    Kerennn ternyata ada tipsnya juga, dulu penasaran banget gimana kok bisa dapet tiket apalagi kan cepet habisnya huhu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau nggak diakalin nggak bakal kebagian :(

      Delete
  13. Aku pegen banget mba jalan-jalan pake kereta api, terakhir naik kereta masih remaja. Belum ada tujuan mau kemana nih. Semoga kereta garut cepat ada, jadi bisa pulang naik kereta lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya di Jabar ada jalur2 lama yg diaktifkan to? Termasuk garut nggak ya?

      Delete
  14. Wah mudah sekali yach beli tiket kereta apinya bisa di pegi-pegi dot com, jadi ngak perlu repot antri di Stasiun. :)

    Saya baru tahu kalau PJKA itu kependekan dari : pulang Jumat kembali Ahad, hahahah..lucu..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya memang lucu biar nggak sedih2 amat kalau ingat kenyataannya. :)

      Delete
  15. Beberapa temanku masih bertahan sebagai PJKA. Pilihan yang menurutku dan suami hebat, karena dulu kami sempat LDR selama 2,5 tahun dengan frekuensi pertemuan sekali/bulan. Tapi memang keberadaan kereta api sangat membantu penjuang LDR seperti ini. Apalagi masalah waktu yang cenderung always on time sehingga ngak merusak jadwal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalau sebulan sekali ketemu memang berat.

      Delete
  16. Aku baru sekalo sih bun pake kereta api ke yogyakarta. Itu juga dulu. Tapi sekarang enak ya kalau mau pakai kereta api, buat pesen tiketnya tinggal ke pegi-pegi aja ya

    ReplyDelete
  17. aku baru bulan lalu naik kereta api lagi di Indonesia and I love it mba! Mau explore more routes and time tables aaah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang dibuka jalur2 baru mbak. Kabarnya Sumatra juga.

      Delete
  18. Wuih ternyata 2 bulan saja sudah banyak yang beli ya...tips yang ok banget

    ReplyDelete
  19. Wuih..observasinya teliti sekali, Mbak Lusi.

    Saya dulu jualan tiket kereta secara online. Soalnya banyak teman yang gaptek nggak bisa pasang aplikasi Pegipegi. Sering jengkel karena calon klien saya minta tiketnya mendadak. Udah gitu belinya borongan, minimal 6 seat sampai 11 seat gitu. Soalnya kalau mau liburan, sekeluarganya dibawa semua, sampai orang tua dan mertuanya juga. Dan minta seatnya deket-deketan pula. Mana bisa??

    Ternyata baru ketahuan, umumnya mereka baru bisa pesan tiket mendadak karena baru di-ACC cutinya ya mendadak.

    Saya udah lama nggak pernah pergi pas musim liburan lagi. Justru kalau lagi musim libur, saya malah nggak bepergian. Saya nungguin weekdays aja kalau mau liburan, berhubung saya dan suami saya kan sesama freelancer merdeka. Jadi saya udah lupa rasanya deg-degan berebut tiket kereta api. Wkwkwkwk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kalau nunggu di acc susah dong ya, udah telat. Harus berani ilang duit sebagian waktu refund deh kalau memang niat mau pergi di musim liburan.

      Delete
  20. Aku senang naik KA bareng suami dan anak2. Pernah ke Malang, Kediri dll. Nyobain kelas ekonomi ok, eksekutif hayuk. Paling demen minum teh dan kopi pas pagi2. Lumayan angetin perut yg kembung. Terakgir beli segelas kopi tuh 9K 😂 Enak pesen tiket KA lewat Pegipegi ya. Praktis gampang deh cara klik dan bayarnya. Mantul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ekonomi enak juga, udah nyoba jarak jauh Jogja - Malang.

      Delete
  21. Widiiih, mak Lusi keren buangeett euy!
    Udah berbagi strategi book tiket Kereta APi. Mantuuullll!!
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  22. Ahahaha benar mbaaak, beli tiketnya H- sebulan soalnya aku juga pejuang PJKA :))
    Tapi sekarang kebiasaannya berangkat Kamis malam dari Malang, sampainya Jumat subuh. Lumayan nambah waktu. Pulangnya pun yang Minggu sore. Dimolor2in lah, namanya juga cuti terbatas

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.