Waduh, Produk Kecantikan Wajah Wajib Ini Bisa Jadi Sumber Petaka

Wednesday, January 23, 2019

Meski saya bukan beauty enthusiast, tapi saya gemar blogwalking ke artikel teman-teman beauty blogger untuk melihat produk kecantikan wajah wajib apa yang sedang tren.

produk kecantikan wajah wajib
Foto: qupas.id

Yup, yang saya perhatikan memang cuma yang wajib-wajib saja untuk perawatan sehari-hari. Tak semua saya ikuti tapi seringkali tetap saja saya beli. Maklumlah punya anak gadis yang juga sama-sama bukan beauty enthusiast, jadi malas ke salon. Tapi sebagai ibu, saya keukeuh membelikan mereka produk kecantikan dan bawel mengingatkan mereka untuk melakukan perawatan di rumah.

Lucunya, karena saya banyak blogwalking, malah saya yang tahu lebih banyak produk kecantikan apa yang menjadi favorit para milenials. Dari blogwalking itu pula saya jadi tahu, ternyata yang namanya produk kecantikan wajib itu justru bisa menjadi sumber kekacauan di wajah jika tidak diterapkan sesuai dengan petunjuk pengaplikasian, kebersihan dan tanggal kedaluarsa.

Jaman dahulu, produk kecantikan wajib untuk wajah itu pada dasarnya cuma terdiri dari pembersih dan penyegarnya, moisturizer, foundation dan bedak. Setelah itu barulah ditambah dengan produk artistiknya seperti lipstik, perona pipi, maskara, eyeliner dan sebagainya. Sekarang, ada tambahan beberapa produk kecantikan yang baru saya ketahui setelah beberapa kali menjadi panitia pernikahan keponakan dan didandani oleh MUA (Make Up Artist). Beda dengan tim rias pengantin atau paes jaman dulu, bekal MUA itu banyak banget. Ada yang disemprot-semprot semacam air, ditunggu dulu biar ngeblend dan sebagainya.

Baca juga: Tutorial Membuat Pouch Make Up Untuk Travelling

Ternyata yang saya temui ketika didandani MUA tersebut sejalan dengan perkembangan produk kecantikan wajib di blog-blog bertema beauty. Ya ampun, jadi banyak banget jenisnya. Tapi mungkin itu sesuai juga dengan perkembangan keseharian kita sekarang yang banyak di ruang Ac atau sebaliknya banyak terekspos polusi di luar ruangan. Kulit bekerja lebih berat sehingga perlu perawatan yang lebih maju. Yuk kita lihat produk kecantikan wajah wajib apa yang patut diperhatikan berdasarkan kategorinya.

PRODUK KECANTIKAN UNTUK PERAWATAN WAJAH


Perawatan wajah itu lebih penting daripada riasan wajah. Dengan perawatan wajah yang benar, akan meminimalisir penggunaan riasan karena pancaran kulit sudah bagus. Kalaupun harus menggunakan riasan, kosmetik yang digunakan akan ngeblend dengan sempurna. Perawatan wajah ini bikin malas karena hasilnya tidak segera tampak, butuh proses. Namun, semakin sering juga belum tentu semakin baik. Jika berlebihan justru akan mengakibatkan kerusakan kulit.

1. Facial Wash

Facial wash adalah produk kebersihan wajah yang paling banyak digunakan karena praktis digunakan sekalian mandi. Banyak merk di pasaran yang menyajikan wajah bersih dan putih. Let's face it! Kebanyakan wajah di Indonesia itu coklat atau sawo matang dengan tingkat radiasi cahaya matahari dan polusi yang tinggi. Jadi, jangan mudah tergiur iklan. Beli dalam kemasan mini dulu untuk melihat apakah cocok dengan wajah kita atau tidak. Seringkali kali harapan kita terlalu tinggi sehingga ketika kulit sudah menunjukkan iritasi, kita masih berusaha menyakininya sebagai gejala wajar sebagai pengguna baru.

2. Facial Scrub 

Hasil facial scrub itu memang sangat menyegarkan. Kulit wajah terasa ringan seperti masa muda dulu. Minyak dan segala kotoran terangkat. Sayangnya, dalam scrub terdapat kegiatan menggosok wajah. Pelajari cara menggosok dan mengurut kulit yang benar, yang sudah banyak tersebar di portal kecantikan. Jika terlalu bersemangat, kulit akan iritasi. Demikian pula dengan frekuensi scrub, ikuti petunjuk kemasan dan sesuaikan dengan sensitivitas kulit.

3. Cleanser

Cleanser wajib ada di meja rias agar tidak malas membersihkan wajah meski tidak sedang mandi. Jaman dulu cleanser terdiri dari pembersih dan penyegar. Sekarang cleanser tampil lebih praktis dan bisa digunakan kapan saja dan dimana saja. Sama dengan no 1, coba dulu dalam kemasan kecil. Selain itu, perhatikan kadar alkohol di kemasan. Kadang kulit tidak cocok dan jadi kering.

4. Facial Cream

Siapa yang meja riasnya ada macam-macam krim baik dari membeli bebas atau dari klinik anu? Krim dibutuhkan untuk berbagai tujuan khusus. Ada krim malam, krim siang, krim anti matahari, krim anti penuaan dini dan sebagainya. Apapun krim yang diperlukan, ingatlah untuk memberi jeda pada kulit agar bernapas dengan bebas. Jangan sampai selama 24 jam kulit tertutup berbagai krim yang gantian dipakai.

Baca juga: Tutorial Membuat Pouch Serut Untuk Wadah Alat Kecantikan

PRODUK KECANTIKAN UNTUK RIASAN WAJAH


1. Foundation

Berdasarkan pengalaman didandani MUA, untuk menghasilkan riasan yang flawless itu ternyata bukan dengan meminimalkan penggunaan produk tapi justru dengan menebalkan foundation ditambah dengan concealer. Belum lagi penggunaan primer. Jadi seolah kita punya kulit baru untuk menyembunyikan kulit kita yang kisut. Setelah itu muka kita disemprot dengan setting spray agar make up tahan lama. Bayangkan selama berjam-jam seluruh pori-pori tertutup dengan foundation. Bahkan keringat tidak bisa keluar meski dibawah tenda pengantin yang panas. Kulit tersiksa tanpa kita sadari karena terbuai dengan foto yang cetar. Untuk penggunaan sehari-hari, minimalkan penggunaan foundation agar kulit bisa bernapas lebih baik.

2. Riasan Bibir

Setiap membaca review, yang dicari adalah lipstik yang tahan lama sampai berjam-jam. Meski kita sudah merasa aman karena telah menggunakan pelembab bibir sebelumnya, tapi dampaknya akan tetap ada. Bibir pecah-pecah dan menghitam seringkali tidak dipikirkan karena toh bisa ditutup lipstik  lagi agar tidak terlihat. Jika tidak ada acara khusus, minimalkan penggunaan lipstik yang terlalu berat. Jika kurang percaya diri bisa menggunakan lip balm atau pelembab bibir lainnya. Meski tidak berwarna tapi bibir kelihatan lebih sehat.

3. Riasan Mata

Kata orang, mata adalah jendela jiwa. Karena itu, riasan mata menjadi perhatian utama MUA. Tentu saja kita mengharap riasan mata yang tahan lama. Padahal, mata itu mudah terkena iritasi hanya karena kotoran yang sangat sepele. Karena itu, gunakan seperlunya saja dan batasi penggunaan maksimal hanya di acara khusus. Setelah itu, jangan lupa membersihkan menggunakan eye cleaner, jangan diusap dengan sembarang pembersih wajah. Pertama kali mengenakan bulu mata dahulu, saya tidak membersihkannya dulu dan langsung tidur karena kecapekan. Keesokan harinya, mata saya sembab padahal masih ada acara lain yang mengharuskan saya dirias lagi. Akibatnya saya diomeli si perias. Ya gimana, nggak ngasih tahu sih. Hehehee....

Kesimpulannya, sebelum menggunakan produk kecantikan apapun, pelajari dulu tata cara penggunaan dan efek sampingnya. Pada dasarnya perempuan memang suka kecantikan tanpa harus ada niat menarik perhatian siapa-siapa. Jangan sampai kecantikan itu berubah menjadi petaka.

Terima kasih sudah berkunjung di blog beyourselfwoman. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

20 comments

  1. aq paling kapok pake facial scrub, ada aq pakai salah satu merk yang banyak dipakai orang dan aq suka banget sama wangi apricotnya tapi ternyata aq gak cocok pake, muka langsung jerawatan besar2 karena butiran scrubnya besar2 jadi setelah bersusah payah ngabisin 1 tube karena sayang udah dibeli akhirnya gak pernah beli lagi..

    ReplyDelete
  2. Banyak juga ya mbak variannya, aku gak pernah pakai fasila scrub sih paling fasial wash aja.
    Kalau baca review biuti blogger mereka nyoba berbagai merk ya sampai bingung hihihi, tapi kadang aku jadi pingin nyobain juga. Apa kabar mbak Lusy? aku lama gak bw nih mau mulai nyapa lagi ah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya maklid, kok kita jadi terputus bw2annya tanpa sadar. Kita sambung lagi yuk :))

      Delete
  3. teman istri saya juga ada yang mukanya sampai seperti luntur warnanya (putih semu merah) karena pakai kosmetik murahan

    ReplyDelete
  4. aku pernah mba, zaman smu tergiur ama facial wash yg katanya bikin putih merona ;p.. aku pake dong, krn zaman sekolah dulu masih mindset kalo cantik itu putih ;p.. akibatnya, aku breakout paraaah banget sampe akhir smu.. ternyataaaa, di facial wash yg aku pake itu ada kandungan AHA... itu memang bgs kalo utk org yg ga alergi itu.. tp bagi yg alergi, ya wassalam ;p... sejak itu aku ga mau lg pake produk2 pencerah yg ada aha nya... ya udh trima nasib aja kalo kullit sawo matang ;p... yg ptg mulus dan sehat :)

    ReplyDelete
  5. kadang saya juga suka ngepoin makeup apa yg lagi hits, ujung2nya pasti gatel pengen beli (meski kudu nabung dulu). Padahal ya, mau itu makeup mau itu skincare, pasti rajin pake nya d awal doang, abis itu suka lupa, atau lagi M (males).
    disitu kadang saya merasa ####

    ReplyDelete
  6. no 2 buat saya petaka banget mak, ga cocok kalau wajah pakai scrub..merek apapun...kulit wajah jadi merah dan gatal kadang-kadang

    ReplyDelete
  7. Kalo dulu blm ngerti make up, facial scrub aku pake tiap hari dong wkwk.. untungnya wajahku baik2 aja, tp jd agk kering sih LOL. Kalo skrg sih gak :D

    Ngomong2 soal riasan bibir, aku malah lebih suka yg biasa aja, gak matte2 bgt 24 jam. Serem juga yg long lasting gitu :))

    ReplyDelete
  8. wah riasan mata nih saya yang perlu.. hehhe gak sedia blas.. karena pasti jarang dipake.. wkwk..

    ReplyDelete
  9. Kulitku tergolong ndableg, paling muncul jerawat tapi juga satu dua sih dan langsung sembuh begitu dioles salep jerawat andalan, hihii. Selama ini kalo pakai produk kosmetik juga nggak rewel, tapi aku tetep pilih-pilih juga kalo nyoba yang baru

    ReplyDelete
  10. TFS mba lusi. penting nih buat saya yg suka sembarang aja beli produk. sembarangnya bukan karena antusias coba2. krn ya itu, juga bukan beauty antusiats. jd lbh ke pilih yg diskonan hahaha

    ReplyDelete
  11. Aku bukan beauty enthusiast juga Mbak..karena kulitku sensitif. Jadi sebelum coba benar-benar dipertimbangakan dulu. Kalau sekiranya aman ya ayuk ajaa...tapi ya itu tadi yang utama jangan malah bikin petaka.

    ReplyDelete
  12. Wah betul juga ya untuk perawatan wajah, kalo mau mencoba suatu produk beli yg ukuran kecil dulu, coba cocok enggaknya ya. Memang sayang kalo sudah beli mahal2 ternyata nggak cocok.
    Kalo aku biasanya pakai facial wash, pelembab dan lipstik aja. Toner punya tapi sering kelupaan pakai hahaha. Kayaknya aku harus cari perawatan wajah yang lebih komplit deh buat umur 45 plus :D

    ReplyDelete
  13. Aq lebih sering ngabisin duit buat skin care sih daripada make up. Btw kalau serum itu nggak tergolong produk wajib ya mak? boleh di skip gt?

    ReplyDelete
  14. Aku juga gak suka pake facial scrub atau jenis-jenis sabun muka. Soalnya kulitku kering. Bikin kulit makin kering. Aku suka pake pembersih wajah yang 2 langkah. Milk cleanser dan toner. Wajah jadi lebih lembap.

    ReplyDelete
  15. Make up dan skincare ini jangan sampai hanya ikutan tren padahal gak cocok di muka kita..

    ReplyDelete
  16. Saya lama belum beli semua itu lagi. Biarinlah, mungkin kalo debay dah lahir mau nyoba lagi.

    ReplyDelete
  17. Kalo aku sebelum beli produk konsmetik pasti selalu lihat produk itu terdaftar di BPOM atau tidak. Klo tidak terdaftar aku gak bakalan beli. Takut dampaknya dikemudian Hari.

    ReplyDelete
  18. Aku suka bingung mau pake yang mana kalau liat kemajuan perawatan zaman now hehe... Jadinya perawatanku ya masih standar aja kayak dulu. Tapi iya mba, emang semenjak BW jadi lumayan terupdate sih wawasanku di bidang beauty ini..

    ReplyDelete
  19. Kalau aku sih jangan tergiur dengan standar kecanrikan yang sudah diboomingkan di mana mana, sehingga kita rela pake ini dan itu, just simple and happy 😍

    ReplyDelete

Terima kasih atas komentar teman-teman. Maaf komentar dimoderasi. Jika ingin berkomunikasi lebih lanjut silakan email ke beyoumails@gmail.com.