Wednesday, July 17, 2019

Mengatasi Panik Luka Bakar Dengan SehatQ.com

Jelang tengah malam kaki terkena knalpot ketika memasukkan motor kedalam rumah atau tangan terkena setrika ketika sedang mengerjakan pesanan craft tentu bikin panik. Memang bukan luka bakar mematikan tapi akan sakit hingga pagi jika tak segera ditangani. Daripada sibuk browsing cara mengatasinya padahal terus menanggung rasa perih, langsung saja buka situs SehatQ.com.

obat luka bakar sehatq


Si sulung sudah lama saya belikan sepeda motor untuk menunjang aktivitasnya di kampus.Ternyata, dia menjadi kelewat aktif sehingga kadang pulang terlalu malam. Pada suatu hari, ketika ia pulang sangat malam, kakinya terkena knalpot ketika memasukkan motor ke dalam rumah. Kami memang tidak meletakkan motor di garasi karena belum sepenuhnya tertutup.

Awalnya dia hanya berkata datar, “Yah, kena knalpot.”

Bekas di kakinya juga hanya berupa lingkaran berwarna pink. Lama kelamaan warnanya menjadi lebih gelap sehingga membuat saya kaget. Ini masalah serius! Saya buru-buru membuka kotak obat. Ada beberapa salep yang lama tidak kami gunakan.

Ada satu salep yang manjur untuk luka tapi saya tak tahu apakah itu cocok untuk luka bakar? Selain itu ada Bioplacenton tapi masih berpikir untuk menggunakan salep yang lebih manjur lagi. Untuk meyakinkan diri, saya pun searching melalui google. Agak lama baru saya putuskan untuk menggunakan Bioplacenton saja.

Sialnya, ketika keputusan saya ambil ternyata Bioplacenton simpanan saya sudah kedaluarsa. Meski setiap hari akrab dengan setrika untuk merapikan jahitan craft hobi saya dan tentu saja baju-baju orang serumah, tapi saya selalu berhati-hati sehingga lama sekali tidak membutuhkan Bioplacenton.

Sementara, waktu sudah menunjukkan jam 23.15. Ada sih apotik 24 jam tak jauh dari rumah. Tapi tetap saja keluar rumah sendiri jelang tengah malam itu tak aman bagi perempuan. Seandainya saya cepat memutuskan, tentu tak perlu semalam itu. Yang lebih penting lagi, luka bakarnya tidak terlalu lama dibiarkan dan bertambah parah.

Saya barutahu ada situs yang sangat membantu kepanikan semacam itu, yaitu SehatQ.com. SehatQ bertindak bagai asisten kesehatan keluarga kita.

cek kesehatan sehatq


Contohnya adalah masalah si sulung tadi. Untuk memastikan untuk apa saja salep manjur saya tadi, tinggal mencarinya di kategori Obat.

cari obat sehatq


Sebenarnya, daripada mencari tahu satu-satu melalui kategori Obat, ada cara yang sangat praktis. Langsung saja search dari halaman utama. Contohnya, langsung ketik “obat luka bakar.” Langsung 4 pilihan obat. Tinggal cek mana yang sesuai.

Kalau saya sih akan langsung memilih Bioplacenton karena sudah punya, walaupun akhirnya ketahuan simpanan saya sudah kedaluarsa. Selain itu mudah ditemukan di apotik dimana saja.

luka bakar knalpot


Tapi tunggu dulu! Benarkah Bioplacenton cocok? Nah, hasil pencarian melalui situs SehatQ tidak hanya menampilkan pilihan obat tapi juga artikel tentang definisi dan cara penanganan luka bakar. Keren kan, sekali search langsung menemukan semua yang kita butuhkan. Tidak perlu mencari obat dan artikel secara terpisah.

Dari situ saya bisa tahu bahwa sementara menunggu saya membeli Bioplacenton baru, si sulung bisa mengalirkan air di lukanya untuk mengurangi rasa perih dan mencegah keadaan memburuk. Saya juga bisa tahu bahwa yang saya perlukan bukan hanya membeli Bioplacenton tapi juga perban untuk menutup luka tersebut agar tidak infeksi dan bertambah parah karena gesekan.

Mudah banget, kan? Nggak perlu lagi panik jika kejadian seperti si sulung. Kalaupun kena knalpotnya lebih parah dari si sulung, teman-teman bisa segera memutuskan apakah perlu segera membawanya ke UGD berdasarkan kategori luka bakar yang ada di SehatQ. Tapi saya berdoa, jangan sampai itu terjadi pada siapapun. Semoga kita semua sehat, ya.

1 comment:

  1. ssejauh ini luka bakar cmn gara-gara goreng ikan :|
    dan kapok

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.