Wednesday, September 11, 2019

Cara Cari Kereta Menuju Jakarta Dari Jogja Dan Alternatifnya

Paling gemes kalau diminta mencarikan tiket kereta api untuk jalur padat Jogja ke Jakarta. Sebenarnya pilihan jadwal kereta api di jalur ini sangat banyak. Tapi yang mau naik kereta lebih banyak lagi.  Belum lagi kalau weekend atau long weekend, aduh tolong jangan minta bantuan mencarikan tiket kereta api mepet hari keberangkatan.

stasiun tugu jogja
Stasiun Tugu Jogja

Bukannya sekarang semua sudah serba online, kok masih ada yang minta bantuan mencarikan tiket? Masalahnya tak semua orang senganggur saya. Yang harus bekerja seharian di kantor sering tak sempat mencari tiket sendiri. Kebetulan pula usaha kecil-kecilan keluarga kami adalah penginapan. Kadang tamu minta sekalian dicarikan tiket. Apalagi kalau tamunya sudah kenal, jadi agak manja. Heheheee....

Kalau saya sih  cari kereta menuju jakarta disini. Namun demikian, buat yang tidak biasa mencari tiket kereta api di jalur ini mungkin perlu penyesuaian sedikit terhadap berbagai alternatifnya karena jalur Jogja – Jakarta itu benar-benar padat untuk ukuran kereta api jarak jauh. Tak perlu panik jika semua terlihat penuh. Coba dulu beberapa pilihan dibawah ini. Kalau setelah ditelusuri benar-benar penuh semua, baru boleh panik.

KEPADATAN JALUR KERETA JOGJA - JAKARTA


Ada 3 faktor yang membuat jalur kereta api Jogja – Jakarta ini super padat. Pertama, Yogyakarta atau Jogja adalah daerah tujuan wisata utama di pulau Jawa dan salah satu yang terbaik di Indonesia. Libur kejepit sehari saja wisatawan dari Jakarta berduyun-duyun datang ke Jogja. Belum lagi instansi yang mengadakan gathering atau sekolah yang mengadakan study tour ke Jogja. Biasanya mereka ramai-ramai naik kereta lalu dijemput bus di stasiun.

kereta taksaka
Kereta Taksaka menuju Jakarta

Keterangan foto: Kereta Taksaka dari Jogja menuju Jakarta.
Kedua, musim libur dan pendaftaran kuliah. Ini libur yang berbeda karena mahasiswa justru ramai-ramai meninggalkan Jogja untuk mudik. Selain sebagai kota wisata, Jogja juga merupakan kota pelajar. Jadi pada musim pendaftaran perguruan tinggi banyak yang pulang dan pergi.

Ketiga, pilihan utama penglaju atau penglajon atau PJKA (Pulang Jumat Kembali Ahad). Saking nyamannya Jogja, banyak kepala rumah tangga yang bekerja di Jakarta lebih senang menempatkan keluarga mereka di Jogja. Para penglaju ini akan mendominasi pesanan tiket kereta api untuk hari Minggu sore hingga kereta terakhir.

TRIK PESAN TIKET KERETA JOGJA - JAKARTA


Cara cari tiket menuju Jakarta diawali dengan membuka situs atau aplikasi Traveloka. Kemudian pilih keberangkatan “semua stasiun di Yogyakarta” dan kedatangan “semua stasiun di Jakarta”.  Setelah itu filter berdasarkan keberangkatan paling malam. Pilih stasiun Yogyakarta (Tugu) atau Lempuyangan saja, ya. Stasiun lain jauh dari kota Jogja meski masih dalam wilayah DIY. Biasanya calon penumpang itu berat sekali meninggalkan Jogja yang penuh kenangan, jadi maunya dimaksimalkan meninggalkan Jogja dengan kereta paling malam. Lihat contoh screenshoot dibawah ini.

cari kereta menuju Jakarta disini


Setelah itu dicek lagi apakah jam keberangkatan dan kedatangannya sudah pas? Misalnya kedatangan di Jakarta jam 06.06 seperti diatas bisa berakibat bencana bagi pegawai kantoran. Di Jakarta, pada jam tersebut merupakan puncak kemacetan, jadi bisa telat sampai kantor meski langsung ke kantor, apalagi jika ke kos atau pulang dulu. Untuk yang perempuan, kadang tidak mau sampai Jakarta terlalu dinihari karena rumahnya di daerah yang sangat rawan sebelum subuh. Setelah itu, baru disesuaikan dengan budget. Dibawah screenshoot diatas masih banyak pilihan dengan beragam tarif dari Rp 180.000,- sampai Rp 1.100.000,-. Selanjutnya dipilih lagi berdasarkan stasiun terdekat dengan tempat tinggal atau tujuan teman-teman.

Mengapa pilihan stasiun malah yang terakhir diperhatikan? Karena di hari Minggu seperti itu kadang yang penting dapat tiketnya. Soal stasiun keberangkatan di Jogja bisa diakali dengan taksi karena Jogja itu dekat kemana-mana. Sedangkan jarak dari stasiun di Jakarta dengan tujuan bisa diakali dengan KRL atau MRT untuk kemudian disambung dengan ojek atau taksi.

NAIK KERETA KE JAKARTA DARI STASIUN KUTOARJO


Bagaimana jika semua tiket dari Jogja ke Jakarta sudah habis? Ada alternatif lain yaitu naik kereta lokal Prameks atau Solo Ekspress ke stasiun Kutoarjo, lalu disambung kereta ke Jakarta. Sebenarnya ada kereta baru bernama Joglosemarkerto tapi jadwalnya tidak sebanyak 2 kereta lainnya dan tiketnya lebih mahal. Tiket Prameks Rp 8.000.-, Solo Ekspress Rp 30.000,- dan Joglosemarkerto Rp 56.000,-. Dari pengalaman sih lebih mudah mendapatkan tiket Solo Ekspress karena tiket Prameks selalu habis di akhir pekan. Kalau bisa, belilah tiketnya tujuh hari sebelum tanggal keberangkatan.

solo ekspress
Solo Ekspres

Kutoarjo merupakan sebuah kabupaten di wilayah Jawa Tengah, berbatasan dengan DIY. Tidak banyak wisatawan yang tahu keberangkatan dari Kutoarjo ini. Tapi para penglaju sudah biasa mengambil alternatif ini di musim liburan ketika stasiun di Jogja dipenuhi wisatawan.

Kalau dari Jogja saja sudah penuh, kok di Kutoarjo masih ada tiket? Ini karena ada kereta yang awal keberangkatannya dari Kutoarjo, yaitu Sawunggalih. Jadi dari sana masih kosong, belum ada penumpang bawaan dari Jogja atau dari stasiun-stasiun di timurnya. Kadang juga untung-untungan, penumpang dari Jogja, Solo atau bahkan Jawa Timur turun di Kutoarjo untuk melanjutkan perjalanan ke Purworejo dan Magelang.

Nah, seru kan perburuan cari tiket menuju Jakarta ini? Selamat mencoba!

39 comments:

  1. Anakku mau ke Jogya akhir bulan ini bareng temen2 sekelasnya, naik kereta juga. Baliknya juga naik kereta tapi bukan dari Yogya ke Jakarta, tapi dari Yogya ke Surabaya. Beli tiket kereta sekarang mudah ya, pake Traveloka, praktis.

    ReplyDelete
  2. Huwwooooo, buat yg sering traveling, tips ini rasanya seperti tips and trik yg priceless and cihuy bangeettt Mak.
    Yuk yuk, ngetrip lagi kitaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  3. Aku lho gak apal stasiun2nya. Kalau naik kereta kudu teliti nih turun di mananya. Makasih tipsnya, Mbak

    ReplyDelete
  4. aaahh thank you tipsnya mbaa! soalnya aku pernah mau cari tiket solo/yogya - jkt abis trus ya nyerah aja gitu. gak kepikiran bisa naik dari kutoarjo/purworejo. padahal ada kakak di sana, berarti bisa melipir main di sana sekalian. hahaha

    ReplyDelete
  5. Wah iya..bisa juga via kota terdekat ya mba..Aku blm pernah nih naik KA dari Kutoarjo. TFS mba..

    ReplyDelete
  6. Aku mau ke Jogja naek kereta belum aja tercapai, hihihi. Terima kasih untuk tipsnya, mbak :)

    ReplyDelete
  7. Udah lama pengin berkereta dari Jakarta ke Jogja, belum kesampaian hahah
    Padahal lihat harga tiketnya lumayan murah ya

    ReplyDelete
  8. Kemarin waktu ke Jogja saya juga akhirnya naik kereta pas balik Jakarta. Pesannya juga lewat Traveloka karena lebih praktis. Begitu udah ditransfer, tak sampai 5 menit e-tiket sudah di tangan. Aih, jadi pengen ke Jogja lagi saya

    ReplyDelete
  9. Aku sering menjadikan kereta sebagai pilihan Mak. Lumayan lah beberapa kali ke Jakarta dan balik Jogja lagi pakai kereta. Sekarang kereta udah makin nyaman buat transportasi keluarga ya

    ReplyDelete
  10. Paling enak memang cari tiket kereta pakai Traveloka karena praktis. Kangen juag saya naik kereta jarak jauh begini

    ReplyDelete
  11. Wah asyik nih, solusinya lengkap dan dirinciin pula tarifnya. Makasih ya, mbk Lus. Smoga aku bs ke sini. Kangen bgd sm jogja.

    ReplyDelete
  12. Kalo dari kutoarjo muter dulu ya mbak, tapi demi dapat bangku ya hehehe aku dulu pernah naik ekonomi jogja-jakarta pas lagi berburu beasiswa haha

    ReplyDelete
  13. Pengalaman say naik kereta dari Bandung ke Yogyakarta yang cukup sulit dapet nomor kursi pilihan. Sementara dari Yogyakarta ke Bandung sebaliknya, beli di tempat pun selalu ada tersedia banyak.

    ReplyDelete
  14. Wah ternyata ada triksny aya mbak kalau kereta Jogja kehabisan tiket bisa ke Kutoarjo dulu. Kaya aku kalau mau ke Semarang itu selalu naiknya dari Cikampek pilih kereta dari Bandung yang relatif sepi dibandingkan dari Jakarta

    ReplyDelete
  15. Bulek suamiku ada di Kutoarjo..duh jadi kangen Yogya-Kutoarjo. Makasih ya infonya mb, bermanfaat klo lagi musim liburan nih

    ReplyDelete
  16. Jakarta Jogya dan Bandung sepertinya menjadi jalur padat ya. Apalagi kalau dah masuk musim liburan. Bisa juga nih idenya buat nyari cara alternatif gini. Makasih infonya ya Mbaa :)

    ReplyDelete
  17. Aku belum pernah naek kereta dari Jakarta ke Yogyakarta atau sebaliknya. Tapi berharap suatu saat juga pengen siih mba :)

    ReplyDelete
  18. Huaaa jadi kangen Jogja deh huhu aku ke Jogja pernahnya naik pesawat belum pernah naik kereta, semoga aja ya bisa naik kereta suatu saat nanti.

    ReplyDelete
  19. Kalo saya belum pernah naik kreta pesan lewat traveloka, boleh juga nih, jd gak perlu jauh2 lg hrus ke stasiun gambir ya Mba

    ReplyDelete
  20. Wah kupikir orang jkt cuman ke Bandung aja klo weekend... Sabtu Bandung sering macet sama kendaraan berleter B hahaha..

    ReplyDelete
  21. Bener banget mak, kerata Jogja-Jakarta dan sebaliknya itu susah banget. Padaaat terus. Jadinya jangan mepet-mepet kalo beli. Pake Traveloka lebih gampang deh daripada mepet terusnya gak kebagian. Nyeseeeek :D

    ReplyDelete
  22. Nah dari kutoarjo ke jogja tuh deket ga sih kak...? transportasi nya gampang ga?

    ReplyDelete
  23. Setuju banget mba, dan biasanya kalo suamiku mendadak pergi nya kadang milih naik bus. Tapi kalo masih 2 hari sebelumnya bisa pesan tiket dulu di Traveloka

    ReplyDelete
  24. Kapan hari aku cari informasi kereta dari Semarang ke Jakarta juga via Traveloka mba. Pokoknya apa-apa carinya langsung di app yang satu ini hehehe... Tinggal klik dan scroll2 sebentar udah beres semua urusan.

    ReplyDelete
  25. Wah seru banget mbak bisa cari perjalanan kereta ke Yogyakarta begini. Udah lama enggak lakukan trip ke Yogya, jadi rekomendasi untuk cari tiket di Traveloka.

    ReplyDelete
  26. suka ngga kebagian tiket memang mba kalua di jalur favorite seperti ini. Tapi aku belum pernah ke Jogja naik kereta nih mba..seruuu kayaknyaa

    ReplyDelete
  27. Iyyaaa..
    JOgja sekarang ramaaii...
    Dan aku taunya tempat wisata itu lagi-itu lagi siih..
    Tapi selalu Jogja buatku bahagiaaa~

    ReplyDelete
  28. Jogja memang selalu jadi tempat nyaman untuk rehat sejenak. Pantas tiket KA aja selalu penuh 😄
    Btw anak-anak MI di desaku sering piknik ke Jogja naik kereta dari Kutoarjo, biar anak2 ada pengalaman naik kereta. Jadi dr Wsb-Kta naik bis, kta-jog kereta. Bisnya melaju kosongan kta-jogja. Ntar habis muter2 jogja pulangnya langsung bis sampe Wsb

    ReplyDelete
  29. Jogja memang selalu jadi tempat nyaman untuk rehat sejenak. Pantas tiket KA aja selalu penuh 😄
    Btw anak-anak MI di desaku sering piknik ke Jogja naik kereta dari Kutoarjo, biar anak2 ada pengalaman naik kereta. Jadi dr Wsb-Kta naik bis, kta-jog kereta. Bisnya melaju kosongan kta-jogja. Ntar habis muter2 jogja pulangnya langsung bis sampe Wsb

    ReplyDelete
  30. Wah kalo aku sih langsung buka OTA aja deh buat cari tiket kereta. Enak bepergian pakai kereta. Ongkos juga masih terjangkau asal gak mepet perginya hehe

    ReplyDelete
  31. Aku belum pernah negerasain SOlo expres.
    Biasanya kalo ke Jogja aku transit dulu ke SOlo kalau nggak ya muter yang lewat Purwokerto wkwwk

    ReplyDelete
  32. waah iya yah emang bener nih jalur ini tu padat banget, harus pesen tiket kereta dari jauh jauh hari emang, sodaraku bulan juni lalu dari jogja ke jakarta pun belinya udah dari beberapa bulan sebelumnya hihihi

    ReplyDelete
  33. Mbak Lusi kapan ke Surabaya?
    Rasanya belum pernah ketemuan ya kita

    Kalau saya suka sekali naik kereta ke Jogja karena naik bus bikin kaki cepat kram, haha

    ReplyDelete
  34. lumayan tipsnya, apalgi memang aku ada rencana buat jalan2 pakai kereta... thx yaaa mbaaaa

    ReplyDelete
  35. Aku juga dulu milih kereta dari Jogja yang agak malam karena pengen memaksimalkan waktu, tapi nggak begitu malam, sih. Maunya subuh udah sampai biar nggak perlu salat di kereta.

    ReplyDelete
  36. Baca ini jadi ingat almarhum sepupuku, Mbak. Dia kerja di Jakarta, keluarganya di Jogja. Suatu hari dia ditemukan meninggal di kamar kosnya. Sepertinya serangan jantung. Usianya sama dengan saya. :'(

    Eh malah jadi curhat.:)

    Semoga postingan ini membantu banyak orang yang selalu bolak-balik Jogja-Jakarta.

    ReplyDelete
  37. Memang sekarang zaman serba canggih beli tiket kereta jarak jauh saja tidak seribet dulu

    ReplyDelete
  38. Jaman kuliah beberapa kali ke yk naik kereta. kelas ekonomi padat banget. Sekarang yg ekonomi sudah keliatan lebih baik yah

    ReplyDelete
  39. udah lama bolak2 balik jakarta- jogja, tapi belum pernah naik kereta,, karena takut tertinggl kereta lagi yang ada angus tiketnya

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.