Monday, September 02, 2019

Amankan Website Dengan SSL Certificate Agar Bisnis Onlinemu Terpercaya

Salah satu sebab orang ragu membuat website bisnis online adalah mempertanggungjawabkan semua data dan transaksinya. Sebaliknya salah satu sebab calon konsumen ragu melakukan transaksi adalah karena khawatir data pribadinya akan dicuri. Bisnis online itu memang kuncinya di website atau situs yang aman. Keamanan tersebut bisa dijamin dengan SSL Certificate.

Foto CC0 dari unsplash.com.


ONLINEIN AJA BISNISMU


Jika teman-teman punya bisnis, beredar secara online itu wajib. Jaman dahulu, sebagian besar kemunculan di internet adalah untuk iklan atau promosi dengan tujuan penjualan jangka panjang. Jaman sekarang, tiap pembuatan iklan atau promosi juga diproyeksikan untuk menghasilkan transaksi seketika. Untuk apa menunda penghasilan dari iklan jika bisa langsung dinikmati hasilnya?

Masalahnya, transaksi online itu tidaklah mudah. Teknologinya ada. Tapi siapa yang bisa menjamin keamanan teknologi tersebut? Sudah berapa banyak penipuan dalam bisnis online? Yang jelas, pemilik usaha dan konsumen sama-sama dirugikan.

Jadi bagaimana? Apakah pemilik bisnis online juga harus belajar sistem keamanan website?

Blogger Jogja serius menyimak penuturan perwakilan Gudang SSL.

Bisnis apapun itu, baik jasa maupun barang, baik produsen maupun reseller, menjalankan bisnisnya saja sudah menguras pikiran, energi dan dana, apalagi jika harus mempelajari sistem keamanan website. Mereka mungkin menguasai jasa tour leader, teknik menjahit, distribusi barang, keagenan dan sebagainya, tapi jarang yang sekaligus mengerti pernak pernik website. Kalaupun tahu, tak semua punya waktu untuk mendalaminya. Fokus mereka ke strategi dan pengembangan bisnis secara umum.

Bagi pengusaha bermodal besar, hal itu tidak masalah karena bisa menggaji tim IT. Tapi bagi pengusaha bermodal kecil, kemampuan rata-rata mereka adalah membayar sebatas jasa yang didapatkan. Misalnya membayar jasa pembuatan website, membayar jasa fotografer, membayar jasa pembuatan logo dan sebagainya. Demikian pula dengan jasa keamanan website.

KEAMANAN STANDAR WEBSITE BISNIS ONLINE


Teknologi standar untuk mengamankan enkripsi data antara komputer dan server disebut dengan SSL (Secure Socket Layer). Website yang memiliki sertifikat SSL akan dikenali browser dan search engine sebagai website yang terpercaya. SSL juga melindungi website dari kejahatan cyber seperti hacking, phising dan malware.

gudang ssl
Perhatikan tanda gembok dan https yang diberi lingkaran dan tanda panah merah.

Hacker bisa merusak seluruh sistem website, bahkan mengganti tampilan halaman depan website tersebut. Sedangkan malware adalah virus yang disebar untuk merusak sebagian atau seluruh sistem website. Phising tak kalah bahaya karena menyamar sebagai entitas yang dikenal untuk mencuri informasi pribadi seperti nama pengguna, kata sandi dan informasi perbankan milik konsumen.

Yang diamankan di website bisnis online oleh SSL adalah nama pengguna, kata sandi, informasi personal konsumen (alamat, no telepon dan sebagainya), informasi keuangan (nomor kartu kredit, rekening bank dan sebagainya) dan masih banyak lagi.

Jadi SSL melindungi data pemilik website bisnis online dan konsumen yang login di website tersebut.

Tanpa SSL, pemilik bisnis akan sibuk mengurus klaim penipuan dari para konsumen. Misalnya ada transaksi pembelian padahal konsumen merasa tidak pernah login di waktu yang tercantum dalam form pemesanan.

Tidak hanya ketika login di website tersebut, jika nomor telepon konsumen berhasil didapatkan hacker, maka ada kemungkinan konsumen mendapat masalah lain. Misalnya dibanjiri telepon  dan sms penipuan. Walaupun ranahnya sudah di luar website itu, tapi ada tanggung jawab untuk melindunginya karena konsumenlah yang memberi nafkah pada pemilik website bisnis tersebut.

Tanda website yang sudah memiliki sertifikat SSL itu mudah dikenali, yaitu url yang diawali dengan https dan ada ikon gembok.

Teman-teman blogger mungkin ingat, tahun lalu ada surat cinta dari Google yang meminta para blogger mengubah awalan url dari http menjadi https. Sampai sekarang banyak yang belum mengubah url blognya. Akibatnya, tiap kali kita mengunjungi blog mereka menggunakan browser chrome, ada peringatan bahwa blog tersebut rusak. Entah apakah semua blogger sudah tahu tentang ini atau belum karena kenyataannya banyak blog TLD (Top Level Domain) yang masih mengabaikan hal itu.

Sedangkan untuk mendapatkan ikon gembok atau https dan gemboknya sekalian perlu sertifikat SSL yang bisa didapatkan dari penyedia jasa. Apakah ada gratisannya? Tentu saja ada, tapi SSL gratisan tidak memberikan jaminan keamanan website dari kebocoran data. Jadi, pilihlah SSL berbayar.

sslqwords
Qwords meluncurkan Gudang SSL


GUDANG SSL, GUDANGNYA SERTIFIKAT SSL


Dalam memilih jasa apapun, kita selalu ingin mendapatkan 2 hal, yaitu murah dan bagus tanpa mengorbankan salah satunya. Pasti tidak mau kan kalau murah tapi pelayanannya tidak bagus?  Demikian pula ketika memilih jasa sertifikasi SSL. Carilah penyedia jasa SSL murah tapi bisa mambantu aktivasi SSL sampai beres, bahkan menyediakan layanan purna aktivasi.

Tanggal 28 Agustus 2019 lalu saya datang ke Ulang Tahun Qwords ke 14 sekaligus peluncuran Gudang SSL. Sertifikasi SSL Indonesia sudah menjadi salah satu layanan Qwords sebelumnya, tapi sekarang teman-teman bisa mendapatkan informasi lebih jelas dan bisa lebih leluasa memilih produk yang dibutuhkan di Gudang SSL.

Bukan semata-mata karena saya kenal beberapa karyawan Qwords tapi insya Allah mereka ramah-ramah, jadi tak perlu ragu atau takut disepelekan jika tidak mengerti apa-apa tentang SSL. Tinggal ceritakan saja apa bisnis teman-teman, seperti apa website teman-teman dan apa yang teman-teman butuhkan. Lalu serahkan semuanya pada tim Gudang SSL lalu bayar.

ssl validasi

ssl jumlah domain

Layanan yang dijanjikan oleh tim Gudang SLL adalah:

  • Kemudahan pembayaran, yaitu menggunakan Virtual Account. VA sudah jamak digunakan di ATM atau mobile banking tanpa perlu ribet verifikasi kode dan konfirmasi ke Gudang SSL. Teman-teman yang sering transaksi online pasti sudah luwes dengan cara ini.
  • Bantuan instalasi. Nah, ini yang diperlukan. Buat apa mempelajari SSL dengan detil? Toh sudah ada tim yang membantu. Lebih baik waktunya digunakan untuk memikirkan bisnisnya.
  • Garansi 15 hari uang kembali. Ada jaminan sampai SSL bekerja seperti seharusnya di website kita.
  • Layanan 24 jam. Kebiasaan pemilik bisnis online yang masih menangani sendiri bisnisnya adalah bekerja malam hari. Meski sudah punya karyawan, seringkali mereka tetap membuka laptop malam-malam untuk sekedar melihat-lihat atau bahkan melakukan housekeeping terhadap data-data yang ada di website tersebut. Jadi kalau jam 02.00 dinihari tiba-tiba ada masalah dengan SSL, tetap bisa meminta bantuan.

Keunggulan SSL dari Gudang SSL:
  • Harga lebih hemat hingga 30% dibandingkan harga dari Certified Authority.
  • Bekerja di semua browser.
  • Security Warranty bahkan saat kegagalan protokol SSL terjadi.
  • Gratis reissue SSL jika Private Key SSL terhapus.

Meng-online-kan bisnis memang tindakan yang wajib dipikirkan dan dilaksanakan saat ini. Namun hanya bisnis online melalui website atau situs terpercaya saja yang mampu bersaing. Salah satu penentu kepercayaan tersebut adalah  SSL Certificate.


16 comments:

  1. Nyimak aja mba, roaming soal daleman website hehe.

    ReplyDelete
  2. SSL memang penting sejak google 'mewajibkan' untuk punya mbak, ada banyak penedia ssl, ada yg gratis n berbayar, tentu yg berbayar punya fitur lebih.

    untuk qwords sendiri saya tau penyedia hlsting ini cukup bisa diandalkan

    ReplyDelete
  3. Nah
    Sekarang memang eranya kolaborasi ya Mak.
    Yg punya bisnis, silakan fokus ke detail usahanya.
    Untuk urusan keamanan website dll, serahkan saja pd ahlinya
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  4. Pentingnya SSL ini untuk keamanan website kita ya mbak. Apalagi ada gudang SSL yang mampu melindungi serta memberikan kemudahan pencarian di google search. Ada diskonnya pula ya mbak di Qwords ini.

    ReplyDelete
  5. Semakin canggih teknologi, semakin canggih juga aksi kejahatannya ya. Adanya SSL ini bikin kita nyaman deh. Web kita terjaga dan diharapkan usaha online apapun akan semakin beromset pesat. Amin.

    ReplyDelete
  6. Wah di qwords ada juta tho mbk. Alhamdulillah kalau gt. Kebetulan domain sydr qwords juga. Ah semoga segera saya bs punya ssl bersertifikat biar tenang biar aman.

    ReplyDelete
  7. Wah info penting nih..TFS ya mba, jadi lebih faham akan pentingnya hal ini. Maklum saya awam mengenai teknis blog haha..

    ReplyDelete
  8. Aku pakai Qword juga dan udah kusetting sll. Nanti kalau punya usaha dan dibuatin website udah gak bingung lagi karena udah pengalaman ini

    ReplyDelete
  9. Aq br tau setelah temen nyaranin pake kode aman ini Mba.. Pantesan slama ini bnyk bgt spam masuk

    ReplyDelete
  10. Punya website bisnis sungguh butuh banget yang namanya keamanan, secara namanya juga untuk bisnis, kadang banyak tangan-tangan jahil yang siap mengerjai website tersebut :(

    ReplyDelete
  11. Saya masih belum paham banget mnegenai ini soale domain juga dibikinin mba Lid dan kalau apa2 minta tolong beliau hehe.

    ReplyDelete
  12. Wah iya, kalo bisa memang ber SSL ya karena demi keamanan. Apalagi kalo punya bisnis, aku baca biasanya lebih rawan diserang kalo nggak ber-SSL.

    ReplyDelete
  13. Jadi semakin paham tentang pentingnya SSL ini.. jadi ngga asal pilih SSL ya.. harus melalui yang terpercaya seperti Gudang SSL ini yang kasih garansi dan juga layanan prima yang akan membantu calon pelanggannya.. nice info kak

    ReplyDelete
  14. Emang kudu dipastikan web dalam kondisi aman ya mba jika akan digunakan untuk bertransaksi dengan para pelanggan nantinya. soalnya kan data segala macam tersimpan tuh di web tersebut, kalau diretas adududuuuu...ngeri deh.

    ReplyDelete
  15. wah, informasih penting nih, kebetulan adikku punya usaha online. sepertinya mereka harus baca artikel ini nih. setidaknya mereka tahu harus berbuat apa dagangan online mereka aman.

    ReplyDelete
  16. Betul
    Pelaku bisnis online tang punta website harus perhatikan ini agar tidak ada masalah dalam menjalankan usaha
    Pak suami tuh udah bolak balik kuingatkan agar SSL sudah oke

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.