5 Rekomendasi Jasa Pengiriman Kilat 1 Hari

Selain produk, delivery atau pengiriman paket menjadi bagian penting dari layanan online shop. Sebagus-bagusnya produk jika pengiriman bermasalah, maka keseluruhan layanan olshop tersebut dianggap gagal. Susahnya, layanan pengiriman barang tidak dibawah kendali langsung pemilik olshop. Pengawasan hanya bisa dilakukan melalui pelacakan nomor resi di situs atau aplikasi kurir yang bersangkutan. Karena itu, butuh rekomendasi jasa pengiriman kilat 1 hari yang terbaru dan terbaik.


jasa paket kilat

Yang paling membuat pelaku bisnis dan penerima paket deg-degan adalah pengiriman kilat 1 hari karena paket harus sampai di alamat hanya dalam hitungan jam saja. Pernah kan melihat pembeli yang marah-marah di media sosial karena kirimannya belum juga diterima meski sudah lewat dari 24 jam? Mungkin saja memang jasa ekspedisi ada kendala tapi bisa juga karena pengirim tidak patuh dengan jam pengumpulan paket. Memang butuh kerjasama semua pihak agar pesanan bisa diterima tepat waktu.

Permasalahan Lamanya Proses Pengiriman Paket


Masalah lamanya waktu untuk mengirim paket tidak bisa digeneralisasi tapi harus dilihat satu per satu, kecuali jika masalah tersebut terus berulang atau terjadi secara masal.

Masalah keterlambatan yang tidak bisa diprediksi adalah bencana alam, kerusakan alat transportasi dan kerusuhan. Di musim penghujan seperti sekarang ini, banjir bisa tiba-tiba terjadi. Meski paket-paket kilat antar kota diantar menggunakan pesawat, tapi pengantaran dari pintu ke pintunya tetap perlu usaha tersendiri.

Contoh kerusakan alat transportasi yang ekstrim adalah jatuhnya pesawat Lion tujuan Pangkal Pinang yang juga membawa kiriman-kiriman surat dan barang melalui ekspedisi pengiriman PT POS.

Sedangkan hal kecil tapi berdampak besar yang terjadi misalnya, pengirim tidak menanyakan jam cut off kurir. Kurir yang baik harus memberitahukan jam cut off jika ada kiriman kilat 1 hari karena berarti paket tersebut sangat penting. Padahal jika diluar itu maka paket akan dikirim keesokan harinya. Sebaliknya, pengirim harus aktif bertanya jika kurir tidak memberitahukan jam cut off tersebut untuk menyamakan ekspektasi. Jangan lupa pula untuk memastikan apakah waktu pengiriman termasuk Sabtu, Minggu dan tanggal merah lainnya.

Alamat tidak jelas juga memperlama pengiriman. Ada 2 jenis alamat yang sering membuat kurir pusing. Pertama, alamat di desa atau kampung lama yang hanya menggunakan RT RW tanpa nama jalan dan nomor rumah. Kedua, kompleks perumahan di pinggiran kota besar karena pertumbuhan kompleks perumahan sangat pesat sehingga banyak yang baru dan belum dikenal, di lokasi yang tak jarang lewat jalan sempit di antara sawah-sawah. Belum lagi yang unitnya sangat banyak menggunakan blok-blok sementara antar tetangga tidak saling kenal.

jasa pengiriman paket kilat

Yang paling penting untuk dimaklumi karena secara logika memang tidak akan bisa adalah jangkauan pengiriman. Untuk pengiriman paket kilat 1 hari antar pulau, kebanyakan hanya bisa dilakukan di kota-kota yang ada bandaranya. Dalam satu pulau pun tidak semua kota bisa dilayani. Jadi cek dulu jangkauan pengiriman kurir tersebut sebelum menyerahkan paket atau berjanji ke penerima paket.

Yang terakhir harus di cek apakah paket tersebut diantar langsung ke alamat atau harus diambil di kantor perwakilan kurir di kota tujuan. Jangan sampai saling menunggu.

Contoh Barang Yang Membutuhkan Pengiriman Cepat


Barang yang harus sampai dalam 1 hari atau bahkan SDS Same Day Service itu tentulah sangat penting sehingga pengirim bersedia membayar berapapun asal bisa segera sampai alamat penerima. Pengertian sangat penting ini tidak bisa disamakan pada semua pengirim. Kebanyakan yang termasuk barang sangat penting itu adalah obat-obatan, dokumentasi dan barang ketinggalan.

Meskipun dokumentasi tersebut tidak akan segera digunakan, tapi banyak orang yang mengirimkannya secara kilat dalam 1 hari karena takut terselip atau penerima tidak berjaga. Dengan membayar lebih untuk jasa tersebut, pengirim mengharapkan kurir memberi perhatian ekstra terhadap paket tersebut.

Ada juga barang yang sebenarnya tidak masalah diterima seminggu kemudian tapi penerima ingin mendapatkannya secepat mungkin. Misalnya merchandise K-Pop yang sedang digilai anak-anak muda. Mereka tidak akan sabar menunggu barangnya yang dikirim terlalu lama.

Daftar Jasa Pengiriman Dengan Layanan Kilat 1 Hari Dan Harganya 


Ketika e-commerce berkembang pesat seperti sekarang ini, jasa kurir ikut tumbuh luar biasa mengikuti naiknya kebutuhan pengiriman dari belanja online. Salah satunya jasa pengiriman kilat 1 hari Ninja Xpress. Selain bersaing harga, tentu yang diharapkan juga ada persaingan layanan. Bahkan ada yang berani menawarkan jaminan uang kembali.

Saya ambil contoh pengiriman dari Kota Bogor ke Jakarta Pusat agar bisa melihat pilihan-pilihan jasa pengiriman kilat 1 hari yang tersedia:
1. Ninja Xpress, Paket Next Day, Rp 13.000,- / kg
2. JNE, Paket YES Yakin Esok Sampai, Rp 18.000,- / kg
3. Tiki, Paket ONS, Rp 18.000,- / kg
4. Pos Indonesia, Paket Express Next Day Dokumen, Rp 18.500,- / kg
5. Sicepat, Paket Best, Rp 13.000,- / kg
Untuk Wahana dan J&T, saya kesulitan menemukan ongkos kirim layanan kilat 1 hari di situs mereka. Mungkin situsnya sedang error atau memang tidak memberikan pelayanan tersebut. Anda bisa mencoba cek sendiri jika sempat, siapa tahu sekarang sudah ada.

Apapun pilihan Anda, luangkan waktu untuk melakukan pengecekan seperti tips diatas sebelum mengirim barang.


Post a Comment

27 Comments

  1. Solusi jitu nih jika mendadak ada yang harus dikirim dan diterima hari itu juga

    ReplyDelete
  2. Iya perlu banget nih pengiriman sehari sampai. Apalagi pengiriman dokumen kalau anak atau keluarga ada yang sekolah di luar kota. Aman dan cepat serta harga terjangkau pasti jadi pilihan ya...

    ReplyDelete
  3. Bener mbk mantab bener rekomendasinya. Tapi aku lebih suka tiki mbk kalau pengiriman kilat. Cepet banget sampainya.

    ReplyDelete
  4. Kalo satu kota atau satu provinsi aja aku prefer Paxel sih, Mbak. Yg jelas nggak deeeh kalo Tiki, banyak gaenaknyaa haha 2x kena zonk mulu ama Tiki.

    ReplyDelete
  5. Pengiriman sehari sampai, selain waktu yg efisien, pengiriman sehari sampai itu sebuah jaminan kenyamanan

    ReplyDelete
  6. Pengiriman intinya cepat, apalagi dokumen. Trus kurirnya jg harus cakap, takut dokumen kececer bkn kepada penerima yang sah

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi pernah saya punya pengalaman gak enak tentang pengiriman. Barang saya pecah, padahal sudah ikut aturan jasanya yaitu memakai buble warp dan kotak kayu

      Delete
  7. Jadi ingat curhatan sepupu saya yang sempat buka toko online. Komplen yang paling sering dia dapatkan itu tentang waktu pengiriman. Padahal katanya dia selalu cepat kirim. Tetapi, ketika barang sudah ada di ekspedisi, udah bukan ranah dia lagi. Hanya saya pelanggan kan suka ada yang gak mau mengerti

    ReplyDelete
  8. Pengiriman sehari sampai banyak tantangannya yah mbak, terutama kalau lagi musim hujan seperti sekarang. Suka kesiyan sama mas kurirnya akutu! Semoga semangat terus yaaah!

    ReplyDelete
  9. Nah kalau libur panjang gini, kepikiran buat pakai jasa pengiriman yang cepat.Makasih rekomendasinya mba. Jadi banyak pilihan

    ReplyDelete
  10. Aku seringnya pake JNe ma TIKi Mak, yang lainya belom pernah nyobain, dan selalu puas Alhamdulillah cepet sesuai dengan harapan.

    ReplyDelete
  11. Paxel gak dimasukin mbak? hehe
    Kalau JNE dan TIki kyknya liat dikirim ke kota mana dulu kyknya itu lbh ke masih satu area ya mbak.
    Biasanya kalu yak kukirim cepet tu makanan :D

    ReplyDelete
  12. Adik iparku pakai J&T untuk pengiriman barang yang dipesan konsumennya. Hampir tiap hari selalu ada pengiriman karena emang omzetnya banyak. Dan dia butuh pengiriman yang murah, meski nggak bisa kilat

    ReplyDelete
  13. udah pernah cobain 3 diantaranya, sofar smpe skrg aku puas sama si cepat deh mbakk,,

    ReplyDelete
  14. Karena yang paling dekat rumah & terlewati itu JNE jadinya seringnya pakai JNE ONS, tapi beberapa kali terima paket kilat biasanya Sicepat

    ReplyDelete
  15. Beberapa teman saya juga merekomendasikan ninja untuk pengiriman kilat, tapi aku belum pernah menggunakan jasa ekpedisi nija ekpress ini, karena memang belum ada kebutuhannya.. ngga ada lagi deh ya pengalaman barang tercecer atau diterima oleh orang yang salah

    ReplyDelete
  16. Dari semuanya aku belum pernah pakai si cepat mbak. Dulu beberapa kali pakai JNE untuk pengiriman dokumen dan sejauh ini aman mbak.

    ReplyDelete
  17. Setuju sekali bahwakita harus cek ricek duluutk penyamaan ekspektasi itu y mba.. Nah klo sdh diaepakati semua dan rernyata tdk sesuai kesepakatan baru deh kita komplain..

    ReplyDelete
  18. Beneran ekspres y Mb
    Enggak cuma pelaku bisnis yg butuh ekspres
    Maren nunggu dokumen dr suami (d Jepang) lamaa bgt hampir 2 minggu pdhl doi pakai ekspres jg hikss
    Hehe maaf jd curcol
    Kalau beneran ekspres gini kan jd enak
    Salut bwt pak kurir yg amanah

    ReplyDelete
  19. sekarang banyaaak ya mba..suka pakai yang online juga tapi harganya lumayaan banget

    ReplyDelete
  20. Paket kilat dalam waktu setu hari itu keren menurut saya karena barang bisa cepat sampai. Say belum pernah terima yang sehari tiba, biasanya lebih dari itu. Belum pernah ada yang gitu. Tetapi paket kilat itu sangat penting uantuk antar makanan.

    ReplyDelete
  21. Biasanya kalau butuh cepet banget saya pakainya kurir motor yang dari kendaraan online itu lho mbak atau pakai paxel. Tetep kudu cek apakah bisa atau gaknya :D

    ReplyDelete
  22. Kebetulan rumahku gampang banget ditemukan oleh pak pos ataupun jasa kurir lainnya mba. Meskipun ga masukin kecamatan sekalipun, tapi asalkan udah ada kode posnya biasanya nyampe sih. Rumah di kampung malah gampang nemunya, ga pake blok blokan :))
    Rata-rata memang kurir yang Mba Lusi sebutin tadi kepake semua oleh penjual online ya. Bisa jadi referensi nih misal suatu saat ganti aku yang jadi penjual dan kudu kirim-kirim paket ke pelanggan.

    ReplyDelete
  23. aku pernah disuruh kirim berkas kilat pakai tiki dan ttp kecew dong, ttp gak kilat juga hahahhahaha , aku lebih prefer pakai sicepat loh bagusss

    ReplyDelete
  24. Saya sukanya pakai JNE, soalnya deket rumah.. hhe
    tapi kalau nemu yang lain mungkin pengen nyoba juga

    ReplyDelete
  25. Pelanggan Setia JNE,,, tapi saat ini di pelosok pelosok udah ada juga ekspedisi yang cepet kayak Ninja ekspres dan J&T

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)