Cara Membuat Pembatas Buku Dari Kertas Brosur

Cara membuat pembatas buku dari kertas brosur atau majalah ini sangatlah mudah. Cuma dalam hitungan detik dan cuma butuh bantuan gunting. Mungkin sudah banyak yang bisa membuatnya.

cara membuat pembatas buku kertas

Saya yakin diantara pembaca blog ini banyak yang senang membaca buku. Karena kesibukan, kadang buku tersebut tidak bisa langsung diselesaikan. Jadi buku tersebut harus diberi penanda sampai di halaman berapa terakhir membaca.

Seringkali jika membeli buku baru, ada gimmick berupa pembatas buku. Jika tak ada pembatas buku gratisan, yang biasanya dilakukan adalah melihat ujung halaman terakhir yang dibaca. Wah sayang banget karena akan meninggalkan bekas lipatan. Padahal, kita bisa meraih kertas brosur tak terpakai di sekitar meja baca lalu secepat kilat mengubahnya menjadi pembatas buku.


BAHAN MEMBUAT PEMBATAS BUKU


Bahan yang dibutuhkan untuk membuat pembatas buku adalah kertas berbentuk bujursangkar. Biasanya bentuk brosur itu berlipat-lipat memanjang. Ada pula yang hanya selembar. Cara mendapatkan bentuk bujur sangkar, cukup dengan melipat kertas menjadi segitiga, lalu mengguntingnya. Bentuk segitiga tersebut jika dibuka sudah berbentuk bujursangkar.

Jika teman-teman merasa cara itu membuahkan pembatas kertas yang terlalu besar, silakan menggunakan penggaris untuk mengukur bujursangkar secara manual. Fotonya ada dibawah ini. Jika tidak jelas, teman-teman bisa melihat di video youtube-nya di penutup artikel nanti.

membuat pembatas buku kertas

Foto diatas itu menunjukkan bagaimana mendapat bentuk bujursangkar tanpa penggaris. Setelah dilipat segitiga seperti itu, gunting tepat di garis yang membentuk segitiga tersebut. Ketika dibuka nanti, teman-teman sudah mendapatkan bentuk bujursangkar.

Baca juga: Cara Membuat Lampion Mini Untuk Hiasan Kamar

CARA MEMBUAT PEMBATAS BUKU


Cara membuat pembatas buku ini sangatlah mudah. Agar bisa mengikuti penjelasannya, kita lihat dulu foto dibawah ini.


1. Lipat kertas berukuran sama sisi atau bujursangkar menjadi segitiga.
2. Letakkan dengan posisi landscape membentuk seperti gunung lalu lipa ujung atas ke arah bawah.
3. Lipat salah satu sisi ke arah tengah sehingga membentuk segitiga, lalu selipkan ujung atasnya kedalam lipatan pertama tadi.
4. Lakukan langkah yang sama untuk sisi lainnya.
5. Selesai!

Mudah banget kan? Untuk yang suka melihat tutorial dalam bentuk video, tonton saja youtube dibawah ini. Jangan lupa like dan subscribe, ya. Semoga bermanfaat!


Post a Comment

2 Comments

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)