Cara Membuat Masker Kain Dengan Tali Adjustable Dan Tempat Tissue

Artikel cara membuat masker kain dengan tali adjustable ini merupakan permintaan teman yang ingin mengenakan masker tapi tidak membuat hijabnya tertekan tali elastik. Sekalian saya buat yang ada tempat tissuenya. Tissue ini fungsinya untuk mengatasi serat kain yang longgar sehingga bisa menghambat virus. Tapi ini untuk tissue kering ya, bukan tissue basah seperti yang pernah viral tapi ternyata berbahaya itu.

masker dengan tali adjustable dan tempat tissue


Sebelumnya saya pernah membuat tutorial untuk model masker yang paling sederhana agar bisa dibuat semua orang.


Tutorial masker sudah amat banyak bersamaan dengan wabah virus corona atau COVID19 yang melanda dunia. Tutorial masker yang mirip dengan tutorial saya pun juga ada. Semoga teman-teman bisa memanfaatkannya dengan baik. Masker yang sekali pakai di pasaran sudah langka, padahal para tenaga kesehatan, tenaga keamanan dan sektor pelayanan lain yang tidak bisa bekerja dari rumah sangat membutuhkannya. Saya dan mungkin teman-teman yang lebih banyak di rumah bisa mengalah, membuat masker sendiri yang bisa dicuci dan dipakai lagi.

BAHAN MEMBUAT MASKER DENGAN TALI ADJUSTABLE DAN TEMPAT TISSUE


1. 1 lembar kain untuk bagian luar masker ukuran 23 x 19 cm.
2. 2 lembar kain untuk bagian dalam masker ukuran 23 x 19 cm.
3. 2 helai pita lebar 1 cm dengan panjang masing-masing 80 cm.

bahan membuat masker kain dengan tali adjustable dan tempat tissue


Kain untuk bagian dalam dan luar boleh menggunakan motif yang sama atau berbeda. Silakan teman-teman baca artikel saya sebelumnya untuk pemilihan jenis kainnya.


Sedangkan untuk pita, kebetulan saya hanya punya itu di rumah. Selama 2 minggu di rumah saja dan masih diperpanjang, saya hanya bisa menggunakan bahan yang ada. Tak apa, manusia itu makhluk yang adaptif terhadap keterbatasan. Teman-teman juga bisa menggunakan bisban, membuat sendiri dari kain atau pita yang lebih lebar.

CARA MEMBUAT MASKER DENGAN TALI ADJUSTABLE DAN TEMPAT TISSUE


cara membuat masker kain

Lihat gambar di atas. 2 lembar kain untuk bagian dalam ditumpuk. Bagian kain yang bagus saling berhadapan. Letakkan horisontal lalu tandai garis tengahnya. Jahit kanan dan kiri garis tengah tersebut masing-masing 6 cm dari pinggir.

cara membuat masker kain dengan tempat tissue

Lihat gambar di atas. Setelah dijahit, buka tumpukannya dan lipat sehingga menampakkan bagian yang berlubang untuk jalan keluar masuk tissue. Bagian kain yang bagus sekarang ada luar. Gunakan seterika jika perlu untuk merapikan.

cara menjahit masker kain

Lihat gambar di atas. Kain untuk bagian luar (warna hitam) ditumpuk dengan yang bagian dalam tadi. Bagian kain hitam yang bagus menghadap ke dalam. Letakkan dengan posisi horisontal. Jahit sisi kanan dan kiri dengan kampuh 1/2 cm. Setelah dijahit, balik sehingga jahitan berada didalam. Rapikan menggunakan jarum pentul atau disetrika.

cara membuat masker dengan tali adjustable

Lihat gambar di atas. Letakkan pita menjepit bagian kain yang belum dijahit. Karena lebarnya hanya 1 cm, jahit saja pelan-pelan dengan bantuan ujung pensil untuk menekan pita yang dekat dengan jarum mesin jahit. Jika teman-teman kesulitan dan punya, bisa menggunakan pita atau bisban yang lebih lebar.

cara membuat masker dengan tempat tisu

Nah, masker sudah jadi. Begini penampakan bagian belakang dengan tissu yang saya keluarkan sedikit. Bagian depan ada di foto atas. 

Video juga sudah saya upload di channel youtube beyourselfwoman dan bisa ditonton dibawah ini. 



Post a Comment

5 Comments

  1. Mbak, itu talinya atas bawah diikat sendiri-sendiri, ya?

    Kalo dibikin diikatnya di satu tempat aja gimana caranya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa mbak. Tapi modifikasi sedikit di talinya. Modelnya jadi kayak gagang kacamata itu lo. Hehehee. Coba ntar kalau udah aku utak atik aku post di IG ya.

      Delete
  2. ini gara2 penimbun masker dan para eksportir yang pengen nyari untung besar, akhirnya bangsa kita kesulitan mendapatkan masker dan apd lainnya

    ReplyDelete
  3. wah dobel ya jadi bisa masukin tisu ke dalamnya, mantap

    ReplyDelete
  4. Artikel bikin masker kain yang sebelumnya udah saya kasih lihat ke mamah. Alhamdulillah, mamah saya jadi bikin beberapa masker. Ini mau saya kasih lihat juga. Biar mamah juga ada kegiatan di rumah. Terima kasih banyak, Mbak :)

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)