Cara Mudah Membuat Masker Kain Dengan Tali Head Loop Dan Slot Tissue

Ini merupakan tutorial cara membuat masker kain ke 3 yang saya buat. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Masker dengan head loop ini memudahkan penggunanya jika ingin melepas masker barang sebentar tapi tetap tergantung di leher sehingga memudahkan mengenakannya lagi. Masker ini cocok bagi mereka yang sibuk sehingga tidak repot menyimpannya jika perlu pakai lepas beberapa kali.

cara membuat masker kain dengan tali head loop

Banyak sekali model masker beredar di internet, baik untuk pemakaian sendiri maupun untuk dijual. Bagi sebagian orang, berjualan masker kain merupakan rejeki penolong karena semua sektor terimbas wabah virus corona atau COVID19. Sampai saat ini saya belum mendengar orang rugi karena banyaknya persaingan penjual masker kain. Semakin banyak yang jual masker kain untuk masyarakat umum semakin bagus agar tidak menganggu supply masker medis bagi tenaga kesehatan.

Sejalan dengan itu, banyak pula beredar pola atau pattern masker kain gratis di internet. Berbagi pengetahuan itu tidak akan rugi. Jika banyak yang menggunakan pola tersebut untuk dijual demi menafkahi sebuah keluarga, maka si empunya pola akan mendapat pahala. Jika banyak yang menggunakan pola tersebut untuk kebutuhan pribadi, berarti pemilik pola tersebut telah membantu mengurangi demand karena supply terpenuhi dan menekan harga masker medis ke harga normal kembali.

Jika teman-teman tidak punya mesin jahit, silakan klik link di bawah ini:

https://www.beyourselfwoman.com/2020/03/cara-membuat-masker-kain-jahit-tangan.html

Untuk pola masker yang saya pakai ini namanya Olson Mask Pattern. Pola ini saya pilih karena mondar-mandir di beranda youtube saya dan sudah ada aku medis yang memperagakannya. Tapi saya agak susah memahaminya, bukan karena bahasa Inggris, melainkan yang praktik bukan seorang crafter. Biasanya kalau peraganya crafter, bisa menyampaikan dengan lebih jelas. Soal simple atau enggak, itu faktor preferensi saja karena ada crafter yang maunya sempurna sehingga tidak mau pakai shortcut. Akhirnya saya coba sendiri sekalian divideo. Pas sudah selesai, ternyata sudah ada beberapa video juga mencoba Olson pattern dengan cara yang lebih mudah. Heheheee. Jadi, memang banyak crafter yang punya pemikiran sama.

OLSON MASK PATTERN


Olson mask pattern dibuat dalam bentuk file PDF. Teman-teman bisa buka link dibawah ini, lalu print: 

https://www.unitypoint.org/cedarrapids/filesimages/Coronavirus/003902oo-1%20Olson%20Mask%20V07.pdf

Dari file tersebut, teman-teman akan mendapatkan 7 halaman yang berisi:
  • Bahan yang dibutuhkan.
  • Step by step cara membuat masker.
  • Pola masker yang siap diprint, digunting dan ditempelkan ke bahan kain.
  • Tali earloop, yang di tutorial saya, saya ganti dengan headloop.

Yang wajib diperhatikan ketika menggunakan pola yang diprint seperti ini adalah kotak kecil di pojokan lembar pola. Ukuranya bermacam-macam. Untuk Olson pattern ini ukurannya 1" x 1". Print satu lembar dulu lalu ukur dengan penggaris, apakah ukurannya sudah benar 1 inch x 1 inch. Jika belum pas, setting printer agar tidak fit to paper, lalu print ulang. Kotak ini untuk mengontrol pola yang kita print apakah sudah sesuai dengan ukuran sebenarnya atau belum.

Sedangkan garis putus-putus keliling pola merupakan garis untuk jahitan. Jadi, pola yang kita digunting ini sudah termasuk kampuh atau lebihan untuk jahitan.

MASKER KAIN DENGAN TALI HEAD LOOP DAN SLOT TISSUE


Masker yang saya buat ini menggunakan satu tali panjang. Di postingan sebelumnya saya sudah membuat tutorial masker menggunakan 2 tali. Buat saya agak kerepotan, padahal kalau lihat orang lain sepertinya nyaman-nyaman saja. Kemungkinannya ada 2, tali terlalu kecil dan bahan licin.

Jika teman-teman membutuhkan tutorial tentang cara membuat masker simple dengan 2 tali, silakan klik link di bawah ini:

https://www.beyourselfwoman.com/2020/03/cara-membuat-masker-kain-tali-adjustable-ada-tempat-tissue.html

Saya juga sudah pernah membuat tutorial masker termudah dengan jahit tangan. Masalahnya masker ini menggunakan ear loop atau karet buat di telingan. Karena saya berhijab, cara memakainya cukup merepotkan. Masker harus saya pakai dulu, baru kemudian pakai hijab. Bisa sih diselipkan, tapi kalau nggak biasa, hijab jadi berantakan.

Masker dengan hanya satu tali panjang ini memiliki loop untuk dikalungkan di leher. Jadi jika ingin membuka masker sebentar, cukup cuka tali yang atas maka masker tetap menggantung di dada, tak perlu repot menyimpan.

Sedangkan masker dengan model mirip N-95 ini sekarang banyak disukai karena bentuknya mengikuti konstruksi wajah. Meski begitu, masker ini bukannya tanpa keluhan, terutama yang berhidung terbatas. Tapi jika bahannya tidak kaku membentuk, saya kira semua orang bisa pakai. Guyonan dikalangan teman-teman crafter menyebutkan bahwa bentuk masker ini mirip bra wanita.

ALAT DAN BAHAN UNTUK MEMBUAT MASKER KAIN DENGAN TALI HEAD LOOP


Untuk masker kain yang lengkap, harusnya memerlukan kain, tali atau elastik, filter dan nose wire. Dengan berbagai keterbatasan gerak selama sebulan karantina mandiri ini, saya hanya punya:
  • Kain katun
  • Tali sepatu. Jika punya tali lain, panjanganya sekitar 113 cm.

Kebetulan saya punya tali sepatu yang warnanya matching dengan kain yang saya gunakan. Jika punya filter, tak perlu menggunakan slot tissue karena bisa dicuci dan bisa dipakai bolak-balik. 

Saya selalu posting tutorial berdasarkan bahan yang saya miliki di rumah dengan maksud agar teman-teman juga tidak ragu berkreasi dengan bahan seadanya atau melakukan modifikasi sesuai dengan kebutuhan sendiri atau permintaan pelanggan. Crafting dan DIY itu dinamis, tak ada tutorial yang 100% sempurna sehingga tidak bisa ditawar spesifikasinya dengan fungsi atau bahan lain.

Sedangkan alat yang dibutuhkan adalah alat tulis, termasuk peralatan ngeprint, dan alat jahit. 

Jika teman-teman ingin tahu rekomendasi bahan masker, silakan klik link di bawah ini:

https://www.beyourselfwoman.com/2020/03/rekomendasi-bahan-pola-tutorial-cara-membuat-masker-cegah-virus-corona-covid19.html

CARA MEMBUAT MASKER KAIN DENGAN TALI HEAD LOOP


1. Print Olson mask pattern dan pastikan sudah ukuran sebenarnya, lalu gunting.
2. Letakkan di kain dan gunting kain sesuai dengan pola. Akan didapatkan: 
  • 2 lembar kain untuk bagian depan masker
  • 2 lembar kain yang lebih kecil untuk bagian dalam masker yang menghadap hidung dan mulut
  • 2 lembar kain untuk bagian dalam masker

bahan masker head loop

3. Jahit pasangan kain yang memiliki bagian yang melengkung. Bagian yang menonjol itu nantinya kan menjadi tempat hidung.
4. Lipat dan setrika tepi kanan dan kiri bagian kain yang menghadap wajah kita.
5. Lipat dan setrika tepi yang lebar di kain yang belum dijahit.

cara membuat masker head loop
Bagian-bagian yang dilipat dan disetrika.

6. Atur posisi sebagai berikut: permukaan kain yang bagus menghadap ke atas. Kain yang menghadap wajah berada ditengah. Kain yang belum dijahit berada dikanan dan kirinya dengan posisi lipatan kain yang disetrika berada dibawah kain yang menghadap wajah. Usahakan ada kesinambungan bagian tepi dari ketiga kain tersebut.

cara membuat masker dengan slot tissue
Posisi bahan kain yang menghadap wajah.

7. Letakkan kain untuk bagian luar masker. Permukaan kain yang bagus menghadap no 6 tadi.  Bagian yang menonjol untuk hidung harus ketemu dengan bagian yang menonjol juga. Jangan terbalik! Sematkan jarum pentul atau pin, lalu jahit keliling.

cara membuat masker kain
Posisi bahan kain bagian luar masker diatas susunan langkah no.6.

8. Balik kain melalui lubang slot tissue.
9. Jahit tindas keliling masker.
10. Posisikan tali melewati kanan dan kiri masker. Ujung-ujung tali berada di atas atau sejajar hidung, yang melengkung di bagian bawah dagu. Jahit mepet tali tapi jangan sampai kena tali karena tali harus masih bisa digerakkan dan diserut jika ingin mengikatnya di kepala.

tutorial membuat masker kain head loop

Video tutorialnya sudah saya upload di channel youtube beyourselfwoman. Jangan lupa subscribe jika channel saya tersebut bermanfaat buat teman-teman. Jaga jarak, jaga kesehatan! Insya Allah kita ketemu lagi dalam keadaan yang lebih baik.

Post a Comment

1 Comments

  1. Nah, ini masker kain yang kami pakai. Namanya Head Loop mask? #barutahu

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)