Cara Menjahit Masker Lipat Dengan Tali Kain Termudah

Masker lipat merupakan favorit para penjahit karena mudah mengerjakannya. Meski begitu, saya sempat mengalami kesulitan menjahitnya. Setelah mencari beberapa tutorial, akhirnya ketemu cara menjahit termudah dari channel youtube India. Ternyata kuncinya ada di cara menjahit tali kainnya.

cara menjahit masker lipat dengan tali kain

MENCARI TUTORIAL MENJAHIT TALI KAIN MASKER


Alhamdulillah, harga masker pabrikan sekarang berangsur normal. Para penimbun masker banyak yang rugi. Selain karena produksi masker pabrikan digenjot, juga karena masyarakat beralih ke masker kain. Penjahit masker berlimpah, baik untuk disumbangkan maupun untuk dijual, baik penjahit lama maupun penjahit dadakan. Sekarang masker kain juga sudah bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Tapi pembuatan masker kain tidak berhenti, bahkan meningkat ke masker fashion yang cantik-cantik dan lucu-lucu.

Cara Membuat Masker Kain Jahit Tangan

Kembali ke judul artikel ini, saya akan memberikan tutorial basic saja, teman-teman bisa mengembangkannya sendiri. Tutorial ini saya dapatkan dari channel youtube orang India. Sayangnya, saya lupa bookmark. Yang saya ingat hanya di thumbnail berupa foto masker berwarna hijau botol. Saya sudah berusaha mencari lagi tapi tidak ketemu, tertimpa dengan video-video dari Amerika dan negara Eropa lainnya. Padahal hanya selisih beberapa hari saja dari pencarian sebelumnya. Video-video dari Asia memang selalu kalah di pencarian internasional meski berbahasa Inggris. Apalagi kualitas videonya yang jauh dari jernih. Ini sekaligus sebagai disclaimer kalau cara menjahit ini bukan penemuan saya.

Kok tidak mencari video Indonesia saja? Sudah, kok tapi tidak ada seperti yang saya inginkan. Mungkin saya mencarinya kurang jauh meski sudah jauh banget sampai entah menghabiskan berapa kuota. Jadi, saya sudah buatkan videonya di channel youtube beyourselfwoman dalam bahasa Indonesia dengan subtitle bahasa Indonesia juga. Saya berusaha memberikan subtitle yang detil untuk teman-teman tuna rungu karena ketika memberikan narasi sering saya selipkan tips dan berbagai info. Namun, selalu saja ada kekurangannya karena saya belum pandai mengatur tempo sehingga masih sering terlalu banyak bicara membuat saya kesulitan menyarikan omongan saya sendiri. Iya, aneh. Heheheee.

BAHAN MASKER LIPAT DENGAN TALI KAIN


Bahan masker lipat yang difavoritkan penjahit dan pemakai bermacam-macam. Ada yang suka oxford, katun toyobo, katun 100%, katun campuran, kain sprei, wolfis dan lain-lain. Saya belum hapal semua dan masih bingung dengan bedanya. Tapi saya akan terus belajar. Saya sendiri lebih suka katun Jepang karena adem dan mudah diatur. Sayangnya, harga katun Jepang mahal. Jadi lebih sering saya jadikan hadiah buat teman-teman yang saya sayangi dan menyayangi saya. Heheheee. Untuk dijual, saya menggunakan bahan kain jenis lain yang harganya lebih bisa bersaing, kecuali ada permintaan khusus.

Baca juga: Cara Membuat Masker Kain Dengan Tali Adjustable Dan Ada Tempat Tissue

Saran saya buat teman-teman yang masih belajar, gunakan kain seadanya dulu di rumah, misalnya dari baju atau sprei yang tak terpakai. Kalau sudah menemukan cara menjahit yang enak, baru membeli bahan baru. Oya, tidak perlu mengikuti pilihan kain saya loh. Kalau teman-teman ingin menjualnya dan segmen teman-teman cukup mampu, langsung saja pakai bahan terbaik. Marjinnya bisa lebih bagus per item. Kalau bahan yang umum, harus main di volume alias menjual dalam jumlah banyak. Harga pasaran masker seperti ini yang umum untuk bahan-bahan murah sekitar Rp 5.000,-. 

POLA MASKER LIPAT DENGAN TALI KAIN


pola masker lipat dengan tali kain


Polanya saya piling yang cukup gampang. Ini bukan dari video youtube dari India tadi ya. Ini dari berbagai sumber dan telah saya coba.

Masker dewasa:

  • Selembar kain ukuran 40 x 20 cm
  • 2 lembar kain ukuran  4 x 90 cm
Masker anak:
  • Selembar kain ukuran 30 x 18 cm
  • 2 lembar kain ukuran 4 x 75 cm
Menurut saya ini sudah cukup untuk lipatan. Tapi jika teman-teman ingin lipatan yang lebih besar dan rapi, panjangkan saja kainnya, sementara lebarnya tetap. Misalnya untuk dewasa jadi ukuran 50 x 20 cm. 

CARA MENJAHIT MASKER LIPAT DENGAN TALI KAIN


Cara menjahit masker model ini sangat mudah dan cepat. Ini karena tidak banyak sambungan sehingga tidak sering pindah arah menjahit. Kalau sudah bisa, tidak sampai 5 menit selesai. Makanya disukai penjahit karena bisa menghasilkan banyak masker dalam waktu singkat.

Baca juga: Cara Membuat Masker Kain Dengan Tali Headloop Dan Slot Tissu

Pertama, lihat foto di bawah ini. Pertemukan 2 tepi lebar kain. Letak pertemuannya tidak di pinggir, tidak pula di tengah, melainkan sedikit di bawah lipatan. Pertemuan ini akan menjadi jalan masuk tissue atau filter. Sebelumnya, saya mencontek tutorial yang pertemuannya ada di pinggir. Ini tidak aman karena tissue atau filter bisa merosot ke bawah. Jika lubang pertemuan itu ditaruh di hidung, rasanya juga tidak nyaman.

Jangan lupa, lipat masing-masing ujung kain ke dalam 2 kali agar tepi kain tidak terurai. Masing-masing lipatan selebar 1/2 cm.

tutorial masker mudah

Balik kain sehingga pertemuan tepi tadi berada di bawah. Buat 2 atau 3 lipatan yang rapi. Saya membuat 3 lipatan dengan lebar kira-kira. 

Jika teman-teman ingin lipatan yang seragam, ukur dan tandai dari atas 4 cm. Lalu ukur dan tandai urut ke bawah: 2,5 cm - 1 cm - 2,5 cm - 1 cm - 2,5 cm. Lalu lipat menurut titik-titik tersebut dimulai dari tanda paling atas atau 4 cm dari atas tadi.

tutorial masker lipat

Nah, inilah bagian terpentingnya! Letakkan tali dan body masker seperti foto di bawah ini. Jika talinya merupakan kain bermotif, maka permukaan kain yang buruk berada paling atas. 

Jahit di posisi anak panah merah itu sepanjang body masker saja. Usahakan mepet tepi tapi jangan sampai ada yang tidak terjahit, terutama bagian lipatan.

tutorial memasang tali masker kain

Balik body masker! Sekarang sudah sampai proses akhir. Tapi jangan buru-buru, di bagian ini jahit pelan saja. 

Ambil ujung tali dan lipat ke dalam 2 kali sehingga tepi kain berada di dalam semua, lalu jahit menuju ke arah body masker.

Sampai di body masker, tinggal menurutkan saja dengan lipatan tali tersebut tapi sambil menahan agar tepi body masker ikut terjahit didalam lipatan talinya. Jika bahan talinya katun sangat mudah karena tinggal mengikuti lipatan talinya. Tapi jika dari kain yang lemes seperti wolfis, yah agak sabar karena harus ditahan dengan jari agar tidak ambyar. Untuk hasilnya akhirnya sih, tali dari wolfis lebih mudah diikatkan daripada katun. Jadi, saya kembalikan ke pilihan teman-teman.

Jika bahan kain tidak cukup untuk tali sepanjang 90 cm, bisa disambung dengan teknik penyambungan bisban yang miring-miring itu supaya tali tidak melintir ketika dijahit. Saya sendiri masih belum pengin mencoba karena selain menghabiskan kain juga tidak punya corong sebagai bantuan menjahit biar rapi. Kalau teman-teman berniatnya menjualnya sih sebaiknya pakai teknik yang benar. Sudah banyak kok video tutorial membuat bisban yang benar. Saya belum bisa komentar karena belum mencobanya.

cara menjahit tali masker kain

Bagi teman-teman yang lebih suka melihat cara menjahit masker lipat dengan tali kain melalui video, bisa melihat di channel youtube beyourselfwoman di bawah ini:


Post a Comment

0 Comments