Adjustable Book Cover Untuk Buku Dengan Tebal Terserah

Setelah beberapa kali bingung dengan permintaan pembeli yang bermacam-macam, akhirnya saya buat adjustable book cover atau sampul yang ketebalannya bisa disesuaikan dengan koleksi buku di rumah.

book cover


Setelah mencari informasi kesana-kemari, kebanyakan melalui internet sih, saya jadi tahu bahwa tiap penerbit itu punya standar ukuran yang berbeda. Entah apakah ada ukuran buku berstandar nasional, yang jelas panjang dan lebar bagian depan buku tiap penerbit berbeda. Bahkan tiap genre dalam satu penerbit bisa berbeda juga. Bedanya tidak banyak sih, hanya beberapa cm, tapi jika diaplikasikan ke book cover yang fitted akan benar-benar lain hasilnya. Ini akan sangat merepotkan buat saya sendiri maupun teman-teman yang memerlukannya. Sedangkan untuk tebal buku, itu tergantung dengan masing-masing penulis.

Dalam satu penerbit saja mungkin ada ratusan penulis. Satu penulis bisa membuat beberapa buku. Jadi, yang paling masuk akal bagi saya adalah menstandarkan panjang dan lebar muka buka dan membebaskan tebal buku. 

Baca juga: Tutorial Membuat Bookmark Super Mudah

Untuk percobaan pertama, saya sudah membuat beberapa book cover yang pas untuk buku-buku terbitan Gramedia, sebagai penerbit buku terbesar di Indonesia. Itupun baru buku-buku bergenre populer, seperti buku-buku Tere Liye, terjemahan Harry Potter, Ria SW dan sebagainya. Belakangan saya coba di buku-buku populer terbitan Diva Press dan ternyata bisa pas seperti di video berikut ini

.


Keren kan? Sekarang nggak terlalu ribet dengan ukuran. Untuk percobaan ini, saya menggunakan bahan yang tebal. Untuk lapisan dalam memang tidak waterproof tapi dari jenis kain yang sulit tertembus air. Harga saat ini Rp 10.000,-, bisa dibeli di Shopee dan Tokopedia. Teman-teman juga bisa melihat foto-fotonya di IG beyouprojects. Teman-teman juga bisa request bahan yang lebih eksklusif untuk hadiah atau yang lebih murah untuk souvenir tanpa minimal order. Ini karena saya menjahit sendiri, jadi tidak masalah bikin satu saja. 

Teman-teman masih bisa pesan book cover dengan ukuran khusus kok. Pengelompokkan ukuran ini hanya untuk memudahkan teman-teman yang butuh sampul dengan ukuran umum. Ketika lebih banyak di rumah saja pandemi ini, sebagian teman-teman memang menghabiskan waktu dengan menonton drama Korea alias drakor. Tapi ada juga yang memilih membaca. Semoga book cover buatan saya membuat teman-teman makin semangat membaca. Buat teman-teman yang memilih nonton drakor, mau request dibuatkan apa nih?

Post a Comment

0 Comments