Kain Taslan: Jenis dan Pemanfaatannya untuk Produk Fashion

Apakah Anda sering mendengar tentang kain taslan? Salah satu jenis kain yang paling banyak dimanfaatkan untuk beragam produk fashion maupun non-fashion. Mungkin tak begitu familiar istilah kain ini jika dibandingkan jenis kain yang lebih populer seperti katun atau parasit. Tapi pasti ulasan ini tidak akan asing untuk Anda karena produk-produknya banyak ditemui dalam aktivitas sehari-hari. 

Anda tidak akan sulit untuk menemukan kain ini karena banyak beredar di pasaran. Memiliki serat yang rapat dan karakter permukaan yang agak licin seperti kain parasut. Karena secara umum bahannya adalah benang sintetis. Itulah juga mengapa kain ini memiliki karakter yang kuat, tidak mudah sobek dan awet untuk pemakaian jangka panjang. 

Beberapa jenis kain taslan dibuat dengan lapisan coating tambahan. Biasanya jenis itu dimanfaatkan untuk pembuatan produk outdoor yang dipengaruhi langsung oleh cuaca. Itulah mengapa ada banyak jenisnya yang bisa Anda temukan di pasaran. Simak lebih lengkapnya dalam ulasan di bawah ini beserta dengan pemanfaatannya!


Jenis Kain Taslan


kain-taslan
https://www.lazada.co.id/products/bahan-kain-jaket-taslan-waterproof-anti-air-tebal-100-anti-air-i964984715.html

Perbedaan jenis kain taslan bukan hanya terlihat dari bentuk desainnya tapi juga pemanfaatannya secara umum. Berikut ini adalah beberapa jenis yang mudah Anda temukan di pasaran:

1. Kain Taslan Milky

Jenis kain taslan satu ini banyak dimanfaatkan dalam pembuatan tas, jaket dan bean bag. Karena jenis satu ini dilengkapi dengan coating atau lapisan anti air. Sehingga membuat produk yang dibuat dari kain ini lebih tahan terhadap guyuran air seperti hujan. 

2. Kain Taslan Balon

Jenis yang satu ini juga dilengkapi dengan lapisan coating yang biasanya disebut coating balon. Permukaannya licin dengan serat yang rapat, sehingga semakin mendukung karakternya yang tahan air. Karakternya ringan dan karenanya banyak dimanfaatkan dalam pembuatan produk outdoor seperti tenda. 

3. Kain Taslan Coating Bening

Kain taslan ini juga punya karakter yang water resistant karena dilengkapi dengan lapisan coating. Bedanya dengan jenis-jenis sebelumnya, lapisan coating satu ini bening atau transparan. Jika dibandingkan dengan kain taslan balon, jenis ini lebih memungkinkan untuk dibuat menjadi produk sandang seperti jaket, karena memiliki pori-pori kain. 

Selain beberapa jenis tersebut, juga bisa ditemukan beberapa jenis lain di pasaran. Seperti Kain Taslan Salur, Latex dan Parasut. 


Pemanfaatan Kain Taslan


Kain ini termasuk salah satu yang bisa dimanfaatkan untuk beragam jenis produk. Anda bisa menemukannya dengan mudah dibuat menjadi beberapa produk fashion berikut:

1. Jaket

jaket-kain-taslan
https://www.blibli.com/p/rudcket-jaket-kain-taslan-pria-casual/pc--MTA-13664366


Kain taslan bisa dibuat menjadi jaket yang sangat nyaman dipakai saat cuaca dingin atau musim penghujan. Terutama karena jaket taslan umumnya dirancang dengan lapisan coating. Selain membuatnya tahan terhadap air, juga tahan dalam menahan hembusan angin. Anda bisa menemukannya dengan mudah dibuat menjadi jaket windbreaker, bomber parka dan jaket organisasi mahasiswa. 

2. Tas 

tas-kain-taslan

https://shopee.co.id/Stringbag-tas-serut-request-nama-ukuran-35x45-KAIN-TASLAN-ANTI-AIR-i.31205599.5914905204


Selain untuk jaket, kain taslan juga bisa jadi pilihan yang bagus untuk dibuat menjadi tas. Terutama model tas minibag, goodie bag atau tas model serut. Karena karakter kain taslan yang kuat dan ringan, sehingga akan nyaman untuk dipakai membawa barang-barang. Selain itu juga sangat cocok untuk travel karena mudah dilipat dan dibawa. 

3. Celana

celana-kain-taslan

https://www.lazada.co.id/products/celana-pendek-pria-taslan-waterproff-celana-gunung-cargo-taslan-i979974994.html


Anda juga bisa dengan mudah menemukan kain ini dimanfaatkan menjadi bahan celana outdoor, pendek maupun panjang. Selain ringan, kain taslan juga bisa menyerap keringat dengan cukup baik. Sehingga tetap terasa nyaman meskipun digunakan saat cuaca panas. Kabar baiknya lagi, ketika basah, celana ini juga cukup kering. Sehingga sangat cocok untuk bahan celana adventure seperti celana kargo. 

4. Jas Hujan

jas-hujan-kain-taslan

https://www.topreneur.id/masterain-dan-carol-jas-hujan-berbahan-parasut-taslan-yang-anti-bocor/


Karakternya yang tahan air juga membuat kain taslan banyak dimanfaatkan untuk pembuatan jas hujan. Terutama untuk kain taslan jenis latex dan balon yang kualitas serat sintetisnya lebih tinggi dan lebih kuat dalam menahan air. 

Selain produk-produk fashion di atas, kain taslan juga banyak dimanfaatkan untuk produk lain seperti beanbag, tenda dan cover mobil. Tentu saja pemanfaatannya disesuaikan dengan karakter kain taslan. Karena seperti yang sudah dibahas sebelumnya, masing-masing jenisnya punya karakter yang berbeda dan lebih cocok untuk dibuat produk tertentu. Semoga bermanfaat!


Post a Comment

2 Comments

  1. Perlak buat bayi berarti juga termasuk kain taslan ya, mbak?

    ReplyDelete
  2. Di musim hujan gini kita pasti butuh jas hujan, dengan bahan kain taslan, tubuh kita lumayan terlindungi saat berkendara motor karena ada lapisan tahan air.

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)