Mendampingi Anak Pembelajaran Jarak Jauh PJJ Tanpa Stress

Apakabar buuun? Apakabar juga bapak-bapak yang mungkin mampir ke blog beyourselfwoman? Memasuki liburan pergantian tahun ajaran baru ini, bisa dong bernapas lega sejenak. Semoga nanti  lebih bersemangat mendampingi putra-putri mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh atau PJJ. Jangan ngeri dulu membayangkan sulitnya pelajaran di tingkat selanjutnya.

pembelajaran-jarak-jauh-pjj


ORANGTUA PENDAMPING PJJ

Satu hal yang harus dipahami supaya orangtua tidak merasa terbebani, bahwa peran orangtua dalam PJJ itu adalah sebagai pendamping, bukan guru. Tidak semua orangtua punya latar belakang kependidikan dan menguasai semua ilmu pengetahuan.  Jadi, tidak apa-apa jika tidak tahu. Orangtua dan anak bisa bersama-sama mencari tahu. Kemana mencari tahunya? Banyak yang merekomendasikan Ruangbelajar by Ruangguru.

Bukankah kita bisa dengan mudah mencari segala informasi di internet? Mengapa Ruangbelajar dari Ruangguru banyak diminati?


INTERNET SUMBER INFORMASI

Memang benar, semua informasi tersedia di internet. Tapi masalahnya:

1. Narasumber dan Sumber  yang terpercaya. Kita jarang melakukan pengecekan latar belakang narasumber apakah benar-benar kredibel sesuai dengan bidangnya. Kita juga jarang melakukan pengecekan terhadap sumber informasi berasal, baik buku, film, atau media. Kita sering terpesona dengan penyajiannya baik dan langsung menganggapnya benar. 

2. Penjelasan. Penjelasan terhadap suatu materi harus tetap mengacu pada kurikulum yang sudah digariskan Kemendikbud. Cara penyajian boleh populer, tapi penjelasan harus tetap berdasarkan teori yang sudah teruji.

3. Distraksi. Fokus anak-anak mudah teralihkan, padahal di internet banyak sekali hal-hal menarik. Ijinnya mau cari latihan soal, bisa saja mampir cari games cheat sheet.


KELUHAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)

Diantara keluhan siswa dalam belajar adalah:

Aku belum paham penjelasan bu guru, tapi waktu online sudah habis.

Aku nggak ngerti karena mengajarnya terlalu cepat.

Aku bosan karena penjelasan diulang-ulang, ada teman yang belum paham.

Kok di ujian sudah keluar? Padahal belum diajarkan.

Diantara keluhan orangtua sebagai pendamping belajar adalah:

Dikasih tau malah mengantuk.

Dimarahi terus ngambek. Nangis! Bubar deh!

Jaman sekolah mamah dulu nggak sesulit ini.


RUANGBELAJAR DARI RUANGGURU

ruangbelajar-ruangguru

Bagaimana Ruangbelajar dari Ruangguru menjawab keluhan terhadap PJJ?

1. Belajar sesuai kebutuhan. Target mungkin sama, tapi proses menuju target tersebut berbeda pada tiap anak. Ada anak yang bisa belajar cepat bahkan diselingi main. Ada anak yang butuh fokus. Ada yang lebih lambat mencerna pelajaran tapi konsisten menunjukkan kemajuan. Anak itulah yang paling tahu kebutuhannya. Ruangbelajar menyediakan prasarananya berupa puluhan ribu video beranimasi. Si anak bisa belajar kapan saja dan mengulang-ulangnya sampai paham. Orangtua mendampingi pemilihan paket belajar yang sesuai.

2. Rangkuman infografis. Rangkuman membuat belajar lebih efektif dan efisien. Rangkuman merupakan pengingat dari keseluruhan video panjang yang baru disimak. Siswa bisa saja membuat rangkuman sendiri. Tapi dengan infografis, rangkuman menjadi lebih menarik dan rapi. Orangtua bisa menggunakan infografis tersebut untuk bermain tebak-tebakan sambil melihat sejauh mana si anak paham.

3. Latihan soal. Latihan soal berfungsi untuk menguji pemahaman siswa dan sebagai latihan mental menghadapi ujian seperti UTBK. Ada ratusan ribu soal yang disediakan. Latihan soal dimulai dengan per bab sehingga bisa membantu tes harian atau PR dari sekolah. Selanjutnya ada soal-soal latihan menghadapi ujian kelulusan dan UTBK untuk kelas 12.

4. Monitor orangtua. Sebelum pandemi, orangtua banyak yang mengeluh anak-anak hanya main dan jajan di kelas bimbel.  Bahkan ada pula yang bolos. Ruangbelajar membuat anak-anak tenang belajar di rumah tanpa gangguan dari teman-temannya. Orangtua juga bisa meminta Rapor Anak untuk melihat kemajuan si anak. Jika rapornya kurang bagus, jangan dimarahi ya. Coba si anak ditanya dimana kesulitannya, apakah perlu paket lain atau jangan-jangan suasana belajar yang kurang nyaman.

5. Motivasi Master  Teacher. Belajar efektif itu adalah belajar atas keinginan sendiri, bukan karena diomeli orangtua. Master Teacher Ruangbelajar adalah orang-orang yang penuh dengan prestasi. Selain berbagi cara memahami materi yang disajikan, prestasi mereka bisa menjadi motivasi terbaik bagi anak-anak. Apalagi penampilan Master Teacher yang mayoritas muda, enerjik dan bersahabat.

Nah, orangtua tak perlu stress lagi ketika mendampingi putra dan putri Pembelajaran Jarak Jauh atau PJJ. Bantuan sudah tersedia melalui Ruangbelajar dari Ruangguru.


Post a Comment

15 Comments

  1. sebentar lagi mulai PJJ, kudu banyakin stok sabar ya mak, huhu. Udah setahun sebenernya, udah ketemu ritmenya, cuma itu deh kalo ada distraksi, suka bikin esmosi hehehe

    ReplyDelete
  2. Ruang Belajar By RuangGuru ini solusi banget buat membantu anak agar kembali semangat menghadapi PJJ. Setelah lihat fitur fiturnya menarik banget, anak anak pasti betah belajarnya...

    ReplyDelete
  3. bukan cuma orang tua yang kemungkinan ngalamin stress yaa dalam mendampingi anak PJJ, anak anaknya juga bisa ngalamin stress huhu, semoga kondisi ini bisa sgera berlalu

    ReplyDelete
  4. Super BANGGA dengan app RuangGuru dan aneka produk pendidikan yg ditawarkan.
    Keren keren dan sangat bermanfaat!
    Apalagi, ortu seperti diriku, pastinya mumeettt kalo diajak mikir pelajaran SMP :D
    Alhamdulillah, ada tim RuangGuru yg siap membantu, yeayyy!

    ReplyDelete
  5. Bagi orang tua yang bukan pendidik seperti saya, kurikulum sekarang membuat agak keder juga membantu anak belajar di rumah. Solusi terbaik memang ikut kelas belajar di ruangbelajar by Ruangguru. Anak2 senang belajarnya, orang tua happy.

    ReplyDelete
  6. PJJ ini ga dirasakan mengeluh sama ortu saja ya Mak, si anak pu merasakan yang sama . Tinggal bagaimana ortu sebagai pendamping di rumah bisa lebih smart untuk mengikuti atau nambah wawasan di aplikasi Ruangbelajar Ruangguru. Babay stress, selamat datang bahagia mendampingi anak ketika PJJ.

    ReplyDelete
  7. Adanya ruang belajar ini orang tua makin mantap dan juga semakin siap mendampingi anak2 saat PJJ yaa, Buunnn. Ini Kecemutku juga udah mulai belajar di ruangbelajar. Stimulasiii pelan2.

    ReplyDelete
  8. dengan pilihan bimbingan belajar yang ini, kita bisa bantu mendukung anak. anak bisa belajar dengan maksimal dan optimalkan kemampuan mereka yaaa

    ReplyDelete
  9. Mendampingi anak melakukan proses pembelajaran jarak jauh suatu langkah yg tepat disamping ibu mengawasi dan mengontrol cara anak belajar.

    ReplyDelete
  10. Untungnya ada apl ruangguru ya. belajar anak bisa dimudahkan. pelajaran yg belum dipaham bisa diulang lewat apl ruang guru.

    ReplyDelete
  11. Banyak banget keluhan belajar secara online.
    Kalau aku pribadi, anakku sudah merasa nyaman belajar sama Ibunya, jadi kalau ada yang gak dipahami, bukan tanya, malah diem aja.
    Nanti udahannya tanya ke Mama. HUhuuu...

    Jadi andalanku saat ini adalah instal dan belajar bareng di aplikasi ruangbelajar.

    ReplyDelete
  12. Hahaha iya aku ingat ada guru yang pas ngomong ke anak eh malah anaknya nyeletuk buuu ngantuk buu. Hahaa. Senangnya skarang banyak fasilitas pendukung ya mba

    ReplyDelete
  13. Setuju bgt kak, org tua itu sbgai pendamping bukan sbgai guru.
    Tp syangnya mlah skrg orgtua bnyak yg salah kaprah ikut mengerjakan tugas anak2nya, bkn sbgai guru/pendamping lagi, mlah mreka yg blajar 😢😢

    Mreka harus tau ruangbelajar ini, agar cukup memantau anak2nya, jgan ikut mengerjakan

    ReplyDelete
  14. Hepi banget ada ruang guru sekarang ya Kak. Jadi anak-anak dan bunda ada wadah belajar dari yang expert nya langsung karena guru-guru nya sudah diakui

    ReplyDelete
  15. sebetulnya stress itu udah besar kemungkinan ada yaa.. tapi yang penting gimana kita mengaturnya. salah satunya caranya ya sebisa mungkin kita memantau proses belajar anak.. bisa melalui report harian ataupun bulanan, dan tanya ke gurunya deh :D

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)