Waspada Banjir SMS Pinjaman Online (Pinjol) Ilegal

Berapa kali mendapat SMS menawarkan pinjaman online atau pinjol? Kalau saya sih sudah tak terhitung. Diblok satu, nongol seribu. Ternyata, ada teman yang punya pengalaman serupa tapi melalui whatsapp atau WA. Ini memang sangat mengganggu. Tapi sebenarnya yang lebih penting adalah jika kita sampai meresponnya, entah dengan klik tautan atau menghubungi nomor ponsel yang tertera, karena itu merupakan modus operandi pinjaman online ilegal.

sms-pinjol-ilegal

AWAL JEBAKAN SMS / WA PINJAMAN ONLINE ILEGAL

Foto diatas merupakan tangkapan layar dari ponsel saya. Sebagian sudah saya hapus, sisanya cuma saya blacklist. Kadang daftar blacklist tersebut saya laporkan ke provider, dengan harapan sms seperti itu akan berhenti. Tapi ternyata saran dari provider hanya meminta kita memblokir nomor-nomor tersebut secara manual. Padahal diblokir satu, nongol seribu. Capek, ya?

Biasanya sms paling kencang di tanggal-tanggal tua, jelang liburan dan jelang hari raya. DI tanggal-tanggal itu kemungkinan banyak yang butuh uang. Si pengirim SMS berharap menemukan orang-orang yang putus asa. Orang yang sedang benar-benar putus asa seringkali mengambil jalan pintas. Kata-kata seperti “langsung cair” sangat menggoda.

Meski sedang tidak kepepet, tetap wspadalah! Kita bisa saja tanpa sengaja merespon ketika sedang bangun tidur dan kesadaran belum pulih.


BUTUH DUIT, MASA ENGGAK BOLEH PINJAM?

Saya tidak pernah menghakimi orang yang sedang butuh uang. Toh bukan saya yang kasih makan atau membiayai sekolah anak mereka. Bagaimana jika untuk makan saja mereka sudah kesulitan? Bagaimana jika mereka butuh modal untuk usaha agar tidak perlu mengemis bantuan? Entah mana yang lebih baik, berhutang atau mengemis? Yang jelas, jika saya tak bisa membantu, lebih baik tidak usah berkomentar apa-apa, biarlah mereka mencari jalan yang bisa mereka tanggung.

Namun, dunia ini memang bukan tempat yang suci. Orang-orang yang sedang dalam kesulitan justru menjadi sasaran empuk orang jahat. Diantaranya dalam bentuk pinjol ilegal. Pikiran yang sedang sempit dijadikan target jebakan. 

Itu sebabnya saya ingin mengajak teman-teman untuk dengan sadar melakukan pengecekan sebelum meminjam uang agar bisa membedakan mana fintech lending (pendanaan) legal yang terdaftar di OJK dan mana pinjaman online ilegal. 


HURUF ALAY DI SMS PINJAMAN ONLINE ILEGAL

Selain mengganggu, SMS pinjol ilegal juga bikin sebal karena menggunakan huruf alay. Kita yang sudah paham bahwa ini tak wajar akan langsung menyeletuk, “Apaan sih ini?”

Tahukah teman-teman bahwa ternyata huruf alay itu tidak berhubungan dengan tingkat pendidikan si pengirim SMS yang rendah. Please, jangan menyepelekan muslihat mereka karena faktanya banyak sekali yang tertipu, terutama di kalangan ibu-ibu. 

Ternyata, SMS alay p1njam4n onl1ne 1legal itu memang disengaja untuk menjaring orang-orang yang paling mudah tertipu. Orang yang sejak awal sudah sebal dengan SMS tersebut akan susah untuk diyakinkan. Interaksi yang terlalu lama akan membuat kedok mereka terbongkar. Selain itu hanya akan menghabiskan pulsa saja.

Wah, berarti sasarannya orang-orang yang berpendidikan rendah dong, setidaknya yang tidak paham etika berkomunikasi? Sayangnya, tidak demikian! SMS itu disebar secara random ke banyak nomor simcard. Orang-orang yang sedang dalam kegelapan pikir karena kepepetlah yang akan terjebak. Contohnya, seorang guru yang viral baru-baru ini karena terlilit hutang hingga diatas 200 juta rupiah. Untuk menjadi seorang guru kan tidak bisa hanya berpendidikan SD.


LINK JEBAKAN DI SMS PINJAMAN ONLINE ILEGAL

Agar terlihat meyakinkan, seringkali SMS dilengkapi dengan link menuju ke sebuah website. Buat kami yang blogger, tanpa cek langsung ke situsnya sudah tahu apakah itu website yang valid atau bukan. Tapi orang lain yang bukan blogger belum tentu tahu. Kebanyakan asal melihat ada link, mereka memandangnya sebagai sesuatu yang canggih atau modern. Maka jika teman-teman blogger kebetulan menemukan ciri-ciri website yang tidak valid yang ditunjukkan oleh teman atau saudara yang bukan blogger, tolong beritahukan ciri-cirinya.

Sekarang sudah bukan jamannya lagi buka usaha pakai websiter gratisan. Maka jika menemukan website gratisan dengan ciri seperti dibawah ini, abaikan saja, jangan direspon:

www.namawebsite.blogspot.com

www.namawebsite.wordpress.com

Namun, website berbayar sekalipun bisa jadi penipu dengan mengkloning website resmi sehingga kita tidak tahu bedanya. Cara ini sering digunakan oleh organisasi penipuan yang lebih besar. Bahkan kalau teman-teman lihat di penggerebekannya oleh polisi di TV, kaki tangan para penipu ini banyak juga yang merupakan orang asing. Karena itu, meski website itu www.namawebsite.com, perhatikan apakah ada tanda gembok di tab atas atau tidak. Jika tidak ada ikon gembok, berarti website tersebut tidak aman.


CARA PALING SEDERHANA TIDAK TERJEBAK PINJAMAN ONLINE ILEGAL

Cara saya menghindari jebakan pinjaman online ilegal sangat sederhana, yaitu mengabaikan semua telepon yang nomornya tidak terdaftar di kontak saya. Tidak peduli berapa kali berdering, asal nomornya belum saya simpan, akan saya biarkan saja. Kalau telepon tersebut benar-benar penting, yang bersangkutan pasti akan berusaha menghubungi melalui SMS atau WA. Sayangnya, ini agak sulit dilakukan oleh orang-orang yang gampang penasaran, orang-orang yang sedang merantau dan para lansia.

Nah, untuk SMS lebih mudah lagi. Asal ada huruf alay, tidak akan saya baca seluruhnya, langsung blacklist atau block saja. Takutnya jika berusaha membaca seluruh teks, ada yang tidak sengaja salah pencet. 

Sedangkan untuk WA harus lebih berhati-hati. Karena dengan jumlah karakter atau huruf tidak terbatas, penipu di WA bisa membuat narasi yang lebih panjang dan meyakinkan seolah-olah sebuah perusahaan besar. Abaikan saja jika menggunakan nomor ponsel pribadi.


WASPADA PINJAMAN ONLINE ILEGAL

pinjaman-online

Infografik di atas resmi dari website OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Teman-teman bisa mencermati apa saja yang sudah dideteksi oleh OJK. 

Pada dasarnya fintech lending legal tidak boleh meminta akses CAMILAN (Camera, Microphone, Location) untuk meneror peminjam. 

Sedangkan soal bunga yang selalu menjadi sumber teror itu kebanyakan karena calon peminjam tidak melihat detil syarat-syaratnya. Bahkan juga karena memang tidak ada syarat apa-apa. Saking putus asanya, yang ada dalam pikiran adalah yang penting dapat pinjaman dulu. Soal pengembalian nanti dipikirkan sambil jalan. Tolong dipegang logika dasar ini: bukan saudara, bukan mertua, bukan lembaga amal, kok bisa meminjamkan uang tanpa skema pengembalian?

Teman-teman juga bisa melakukan pengecekan fintech lending legal yang terdaftar di OJK. Cara gampang banget! Ada tautannya di halaman depan website OJK dengan tulisan besar-besar. Daftar tersebut selalu diperbaharui.

Memang tidak semua orang terbiasa melakukan pencarian internet. Bahkan yang tidak tahu cara yang menurut kita sesederhana itu juga banyak. Karena itu, tolong teman-teman yang tiap hari lengket dengan ponselnya untuk sudi membantu teman atau keluarga mengecek status lembaga pendanaan yang sedang mereka pertimbangkan.

Meski pendidikannya tinggi, tapi yang namanya orang sedang dikelilingi jalan buntu tidak akan bisa berpikir jernih. Karena itu, edukasi tentang pinjaman online ilegal harus terus disebarkan agar lebih banyak orang yang paham dan mengingatnya ketika mereka sedang butuh uang. Semoga teman-teman banyak rejeki.


Post a Comment

48 Comments

  1. Huhuuu, hiks..
    Tiap hari selalu ada yang SMS menawarkan pinjaman, mereka gencar banget akhir2 ini ya Mak. Semoga saja kita dijauhkan dari Pinjol Ilegal ini yang jadang iming2nya menggiurkan.
    Dan bener deh, penting banget untuk terus update beritanya di situs OJK mana pinjaman online yang terbaik, terpercaya dan terdaftar, biar aman dan nyaman,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamin. Semoga kita tetap menggunakan akal sehat ketika butuh uang.

      Delete
  2. Jangan sembarangan asal pinjam mentang-mentang syarat mudah, ya. Pinjol yang resmi pun tetap ada bunganya. Jadi kalau tidak butuh dana darurat, dan tidak sanggup bayar cicilan dengan bunga, lebih baik pinjam ke tempat lain saja ya
    Jangan pinjol

    ReplyDelete
  3. Bener mbak, edukasi tentang pinjaman online ilegal harus terus disebarkan agar lebih banyak orang yang paham. Kehidupan kita gak tahu ketika orang terjebak kesulitan ekonomi kadang otak buntu dan bingung mencukupi kehidupan untuk makan dan bayar sekolah. Semoga kita semua diberikan keberkahan. Kalaupun kepepet pinjam cari yang terpercaya dan terdaftar di OJK.

    ReplyDelete
  4. Edukasi tentang pinjaman online memang penting ya, Mbak. Aku pun sering sekali mendapatkan SMS tawaran pinjaman online seperti itu. Jadi memang kita harus cerdas dan hati-hati saat ingin pinjam uang melalui pinjaman online.

    ReplyDelete
  5. Pengiriman SMS yang menawarkan pinjaman juga sering saya terima, Mbak. Kadang gak saya baca langsung didelete aja hehehe
    Memang harus berhati-hati pada pinjaman online ilegal, malah bikin peminjam tambah susah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kalau nggak sempat baca mending langsung delete. Jangan ambil keputusan jika tak sempat ngecek detilnya.

      Delete
  6. Iya, Mbak. Apalagi sekarang banyak yang sedah ekonominya. Bikin kalut juga saat butuh uang. Harus tetap diingatkan supaya berhati-hati

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan sungkan ngingetin teman yg begitu ya. Kasihan kalau terjebak.

      Delete
    2. iya, kasihan karena jadi makin besar masalahnya. Memang godaan banget sih itu segala sms pinjaman. Kalau di hp saya langsung masuk ke spam. Tetapi, kasihan buat yang gak tau

      Delete
  7. Iya miris banget banyak banget yang memanfaatka perekonomian yang lagi terpuruk ini....duh semoga kita terhindar dari jeratan pinjol apalagi yang geje....

    ReplyDelete
  8. Saya sering nih dapat sms nawarin pinjaman online, tapi gak pernah saya gubris langsung delete hehe

    ReplyDelete
  9. Oh ya bener kalau yang ditawarkan via SMS itu biasanya pakai huruf huruf Alay. Baru ngeh aku. Makasih sudah berbagi tipsnya ya mba

    ReplyDelete
  10. Aamiin ya Allah. Saling mendoakan semoga kita dicukupkan rejekinya aamiin. Pinjol ini asli bergerilya terus mba. Ak sering dapet SMSNya

    ReplyDelete
  11. sama mba aku juga terus dapat sms pinjaman online entah darimana yah dapat nomerku ini hahaha rasanya wes bosan ya semoga hati2 dalam milih pinjol

    ReplyDelete
  12. Ya ampuun...iyaya, hurufnya alay kalau si pinjol ini sudah menurunkan trust dari nasabah seharusnya.
    Kalau sampai ada yang percaya dan nekat meminjam...emm, harus siap terima konsekuensinya.

    Kini, kudu jeli dengan mengecek segala sesuatunya terkait pinjaman online di lembaga di bawah Pemerintah seperti OJK dan AFPI.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pinjol ini pinter banget cari peluang yaa..
      Kalau di block satu, nanti ada lagi ada lagi...keukeuh bin gigih.
      Kalau uda kena, baru deeh...terasa beratnya.

      Delete
    2. Diblock satu tumbuh seribu. Capek ngeblocknya ya.

      Delete
  13. Iyaaaa nih banyak banget terima SMS gtu mbak. Kesel banget kok bisa2nya tahu no hpku sampai aku blok2in dan aku komplain ke CS providerku.
    Sering banget nawarin dana besar.
    Yaa aku sih mau aja dananya tapi gak mau dianggap utang, maunya dikasi aja wkwkwkw #ngimpi
    Iyeess kudu hati2 jangan tergiur yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, kalau nggak wajib balikin ya mau banget hihihii

      Delete
  14. Salah satu ciri khas ilegal adalah tulisan sms yg alay mbak. Dan memang meresahkan kalau yg dapat orang yg blm terlalu paham jadi bisa terjebak.

    ReplyDelete
  15. Serem banget kalo sampe berhubungan sampe pinjaman online ilegal. Temenku pernah banget kena dan jadi depresi gara-gara si pinjol, apalagi suka ada yang nagih via kontak list temen. Semoga aplikasi pinjaman online bisa qualified, terdaftar OJK, dan ngga merugikan nasabah.

    ReplyDelete
  16. Saya juga belakangan ini sering dapat SMS berkedok pinjaman online dn ada link yg bisa di klik, untungnya sy masih abaikan

    ReplyDelete
  17. Iya banget, mbakk...
    tiap hari adaaa aja sms nawarin kredit bahkan sampai pesugihan yang mampir ke nomor ku.
    kesel bangett!

    ReplyDelete
  18. Pinjol ini sebenarnya kayak simalakama. Apalagi di masa pandemi kayak sekarang. Banyak orang butuh duit cash. Tapi tetap aja yg namanya hutang apalagi berbunga itu kalo ga waspada habis lah

    ReplyDelete
  19. Sering dapat sms pinjol tapi enggak pernah yang pake bahasa alay. Itu berarti sasarannya anak muda nna galau gitu, ya

    ReplyDelete
  20. Setuju Mba. Sebisa mungkin sih engga pinjem kecuali keadaan darurat sekali. Harus dipertimbangkan juga kemampuan bayar dan harus jelas pinjamannya

    yg legal dan diawasi OJK lebih baik

    ReplyDelete
  21. Kebetulan tadi pagi saya ngikutin webinar tentang investasi ilegal, termasuk di dalamnya bahas ttg pinjol ilegal

    ReplyDelete
  22. aku mikirnya SMS pinjol pakai 4l4y supaya menghindari terdeteksi spam. Biasanya kata-kata yang disamarkan itu intinya trus diganti pakai huruf atau karakter lain.

    Iya bener sih kalau blogger udah paham dengan tipe link situs yang kredibel. Orang awam belum tentu.

    ReplyDelete
  23. aku nih sering banget dapet sms pinjol, auto ga percaya sekaligus takut sih, apalagi pake hurufnya aja ala 4L2y gituuuu.. mending pinjem ke tempat yang pasti-pasti aja ya mba :D

    ReplyDelete
  24. Aku sering nih dapat sms yang menawarkan pinjaman online, langsung block aja deh. Entah dari mana mereka dapat no hp ya, tapi belum pernah melalui WA sih cuma sms aja. Nah, kalau telepon biasanya gak jelas dari siapa, gak aku angkat haha. Aku save deh Infografik resmi dari website OJK nya.

    ReplyDelete
  25. Aku juga sering dapat SMS dengan bahasa ALAY yang isinya tuh tentang pinjaman online. Kayaknya banyak orang ya yang dapat SMS tentang pinjaman online.

    ReplyDelete
  26. Setuju banget, Mbak.. Edukasi tentang keuangan harus terus digalakkan sih. Kita juga sebaiknya selalu mengingatkan orang-orang terdekat untuk ngga ambil pinjaman begitu saja. Harus teliti dengan aplikasinya, dengan S dan K-nya. Karena biasanya yang janjinya terlalu manis di awal, endingnya suka "nyakitin". Hihi

    ReplyDelete
  27. Bener banget ini aku ngalamin, disms gak jelas yang isinya tawaran pinjol, serem banget kalau baca cerita pinjol ilegal tanpa naungan OJK, persis renternir

    ReplyDelete
  28. Baik yang legal maupun yang ilegal yang sudah pengawasan OJK pinjaman online tetap harus diwaspadai karena jika salah pengelolaan dana maka tidak bisa mengembalikan.

    ReplyDelete
  29. saya juga suka dapat sms blast kayak gitu mba. Sedih banget kalau ada orang yang perlu uang dan berpikir kalap tanpa tau gimana nantinya. Harus pilih-pilih ya mba buat pinjol yang legal dan terdaftar ojk

    ReplyDelete
  30. syukurlah sampai sekarang aku ga kejebak ama pinjol2 ini mbaa.. memang kudu hati2 banget dan mendingan diabaikan aja lah yaa.. moga2 rezeki kita juga lancar terus biar ga kepikiran pakai pinjol ilegal

    ReplyDelete
  31. Iya sering nih dapat pesan nawarin pinjol dengan bunga segini, tanpa agunan, langsung cair dan berbagai tawaran angin surga lainnya. Semoga ada tindakan tegas ke pinjol pinjol ilegal itu. Aamiin. Makasih banyak infonya mbak Lusiii

    ReplyDelete
  32. Aku juga sering nih dapet SMS begituan mba nawarin pinjol gitu. Untung lah ya dah melek beginian. Penting banget mengedukasi masyarakat nih soal pinjol.

    ReplyDelete
  33. samaan mbak, aku juga banyak banget dikirimin sms sama pinjol. terus aku blocked aja mereka, karena mengganggu juga kan. saya tuh herannya, dapat dari mana coba nomor telpon kita ya? ini misteri banget buat aku hihi

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)