Ragam Keseruan Naik Kereta Bandara

Naik kereta bandara menjadi salah satu hal menarik untuk dijadikan opsi transportasi dari dan ke bandara untuk daerah-daerah yang sudah memilikinya. Seperti untuk Bandara Soekarno-Hatta dan Kualanamu di Sumatera Utara. Kereta bandara di Yogyakarta juga akan diresmikan bertepatan dengan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2021 mendatang.


kereta-bandara


Kehadiran angkutan bandara baru ini memberi variasi berbagai kendaraan yang bisa dipakai dari dan ke bandara. Bagi Anda yang masih ragu menggunakan airport transfer yang satu ini, berikut ada berbagai keseruan yang bisa Anda rasakan saat naik kereta bandara.

1. Tiketnya bisa dibeli online

Sama seperti tiket pesawat, tiket kereta bandara pun bisa dibeli online dengan mudah. Melalui Traveloka misalnya. Anda tinggal pilih tanggal berangkat sesuai dengan jadwal Anda naik pesawat, lakukan pembayaran dan e-tiket pun akan dikirim ke email.

2. Sering ada promo

Sebagai salah satu angkutan bandara terbaru, Railink selaku operator kereta bandara di Indonesia seringkali mengadakan promo harga spesial untuk penggunanya. Selain itu platform pembelian tiket kereta bandara online seperti Traveloka Lifestyle SuperApp pun juga sering mengadakan promo sehingga harganya jauh lebih murah, bahkan dari angkutan bandara lainnya.

Jadi Anda yang berencana akan berangkat naik pesawat boleh sekali melihat media sosial Railink atau Traveloka untuk mendapatkan info perihal diskon spesial yang ditawarkan.

3. Nyaman dan sudah full prokes

Di masa pandemi ini, kebersihan menjadi hal yang penting untuk diperhatikan saat memilih moda transportasi untuk meminimalisir potensi Anda terpapar virus saat menaikinya. Begitu juga saat memilih transportasi ke bandara. Pilih yang sudah menjalankan prokes, seperti petugas sudah divaksin, kendaraan rutin dibersihkan dan desinfeksi, staf menggunakan APD standar dan sebagainya. 

Dan kereta bandara termasuk dalam pilihan transportasi umum full prokes yang bisa dipilih. Mulai dari pembatasan kapasitas penumpang, petugas dengan APD, menyediakan tempat cuci tangan di area stasiun dan bagian interior yang rutin didesinfeksi untuk menjaga kebersihannya dari virus dan bakteri.

Dengan begini Anda bisa merasa nyaman dan aman saat menggunakan transportasi ini untuk ke bandara. 

4. Bebas macet

Sama seperti kereta api lokal maupun jarak jauh, kereta bandara juga selalu didahulukan jika melintas di jalan raya. Alhasil naik kereta bandara tentu tidak akan macet apapun kondisi jalan raya. Ini tentunya jadi opsi yang sempurna untuk kota yang sering macet, seperti Jakarta yang bisa membuat Anda ketinggalan penerbangan. 

Anda juga tak perlu menghabiskan waktu di jalan dan perjalanan pun bisa ditakar karena waktu berangkat dan kedatangan sudah tertera dengan jelas, tidak akan molor.

5. Tidak perlu buru-buru ke bandara

Anda memang disarankan untuk tiba lebih awal di bandara karena saat pandemi ada banyak pemeriksaan tambahan yang bisa memakan waktu. Jadi daripada ditinggal pesawat, tiba di bandara lebih cepat tentu opsi terbaik.

Namun Anda tidak perlu sampai terlalu cepat ke bandara karena memperhitungkan kondisi jalan yang mungkin saja macet jika naik kereta bandara. Pasalnya jadwal keberangkatan kereta bandara dan lamanya waktu perjalanan hingga tiba ke bandara pun sudah diketahui sehingga Anda bisa membuat kalkulasi sendiri enaknya berangkat jam berapa agar bisa tidak ditinggal pesawat.

Anda pun tak perlu sibuk-sibuk berangkat terlalu awal karena bisa menyesuaikan waktu perjalanan naik kereta ke bandara dan waktu batas check in pesawat agar tidak sampai ketinggalan penerbangan.

6. Waktu tempuh singkat

Waktu tempuh kereta bandara pun tergolong singkat. Misalnya saja kereta api bandara Kualanamu memiliki waktu tempuh dari Stasiun Medan ke Stasiun Bandara sekitar 24-35 menit saja. Sedangkan untuk kereta Bandara Soekarno-Hatta tergantung dari mana Anda naik karena ada banyak stasiun yang terintegrasi dengan stasiun KRL. 

Misalnya jika Anda berangkat dari Stasiun BNI City, maka waktu tempuh ke Stasiun KA Bandara Soekarno-Hatta akan ditempuh selama 40 menit. Beda lagi jika Anda naik dari Stasiun Manggarai bisa lebih lama lagi. Tapi jika dibandingkan naik mobil atau angkutan bandara, naik kereta masih jauh lebih cepat karena tidak akan macet di jalan.

7. Fasilitasnya lengkap

Soal fasilitas, kereta bandara berbeda dari kereta lokal maupun KRL dimana kereta ini menggunakan rangkaian baru, interior lebih lega, kursi yang lebih nyaman, full AC, banyak colokan USB untuk charger perangkat elektronik, toilet yang bersih, serta wifi gratis. Rangkaian kereta bandara juga dilengkapi CCTV untuk keamanan tambahan. Jadi Anda bisa naik transportasi ini tanpa khawatir dan bisa tiba di bandara dengan cepat dan nyaman.

Nah, itulah tadi berbagai keuntungan yang bisa Anda rasakan jika menggunakan kereta sebagai pilihan transportasi ke bandara. Jika Anda sudah punya tiket Garuda Indonesia atau maskapai lain dan akan terbang dalam waktu dekat, Anda bisa mencoba alternatif transportasi ke bandara ini ya. Jangan lupa juga untuk selalu menjalankan protokol kesehatan dengan baik dimanapun Anda berada.


Post a Comment

24 Comments

  1. wah pengen juga nih saya nyobain kereta bandara. Mungkin kalau pandemi sudah usai, pengen nih nyoba bareng anak2 :)

    ReplyDelete
  2. Aku masih norak nih mbak, belum pernah nyoba kereta bandara. Keseringan kalau ke bandara naik taksi online atau dianter. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheee emak2 umumnya lebih suka pakai taksi karena bawaan banyak. Suami yg sudah bbrp kali naik kereta bandara

      Delete
  3. aku belum pernah coba karena udah jarang ke bandara hehehe tapi keren banget yaaa

    ReplyDelete
  4. aku belum pernah naik pesawat mbak. hahahaha. tapi kalau keberadaan kereta bandara ini bisa memudahkan calon penumpang apalagi terkait efisiensi waktu sih ya bakalan sangat berguna. Dan paling penting adalah penerapan protokol kesehatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku doain semoga suatu saat bisa naik pesawat ya. Kalau muslim, insya Allah umroh & haji naik pesawat.

      Delete
  5. Saya udah coba KA Bandara dari Soetta menuju stasiun BNI City
    Seru banget, udah kayak serasa di LuNeg mbaaa
    Semuanya serba automatic.

    Aaakkk, bangga banget deh dgn terobosan KA bandara ini.
    Keren abiss ya mbaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya keren banget. Selain di Jkt, suami udah pernah nyoba yg di Kualanamu. Semoga ntar bisa nyoba juga yg di YIA.

      Delete
  6. Naik kereta bandara adalah salah satu impianku yang belum terwujud wkwk. Semoga secepatnya bisa kesampaian. Seneng banget kalau udah banyak transportasi yang memudahkan mobilisasi kita, ya, Mbak. Apalagi no macet-macet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, deg2an banget kalau macet. Tiket suami pernah hangus 600rb karena macet :(

      Delete
  7. Belum kesampaian aja saya nyobain naik kereta bandara. Eh, udah keburu pandemi hehehe.

    Kalau untuk saya sekeluarga jalan ke bandara dengan naik kereta sebetulnya agak lebih mahal ongkosnya dibandingkan taxi. Tetapi, pengen juga sesekali cobain. Menuntaskan rasa penasaran :)

    ReplyDelete
  8. aku belum pernah naik kereta bandara :((( keburu pandemi nih lhoo.. kapan hari waktu ke Medan juga kayaknya pas kosong dan gak beroperasi. sediihh. semoga setelah ini bisa keturutan naik kereta bandara yang hits ituu

    ReplyDelete
  9. Memudahkan sekali kalau bisa beli tiket kereta bandara secara online. Dan aku setuju kalau emang waktu tempuh juga lebih singkat

    ReplyDelete
  10. Aku belum pernah pakai kereta bandara Mba... asyik sih kalau lihat orang2...jadi pengen juga nyoba...semoga kesampaian deh...hehe Aamiin Allohumma Aamiin...

    ReplyDelete
  11. Aku sampai hari ini belum pernah naik kereta bandara. Pengen cobaaa....

    ReplyDelete
  12. Aku belum kesampaian naik kereta bandara nih mbak Lusi, dari Bekasi udah ga beroperasi lagi. Lebih nyaman ya naik kereta bandara kalau berdasarkan review teman-teman yang sudah merasakan. Mudah-mudahan segera bisa naik pesawat lagi nih nanti bisa nyobain kereta bandara

    ReplyDelete
  13. Makin dimudahkan transportasi dan pemesanana tiketnya ya, mbak. Aku belum pernah naik Kereta bandara, dong. Duh..jann ngasi pingin naik kereta bandara. ngasi pingin naik pesawat lagii. Hihihi

    ReplyDelete
  14. Iya ya, asyik sekarang mah di banyak kota udah ada kereta bandaranya. Jadinya makin praktis dan cepet ke bandaranya. Aku sendiri belom pernah naik. Tapi kayaknya seru. Apalagi kalo sama keluarga atau teman-teman sat mau traveling ke mana gitu, ya. Semoga abis pandemi bisa kesampaian naik pesawat dan naik kereta bandara dulu. :D

    ReplyDelete
  15. Menarik nih. Urusan perjalanan ke bandara jadi gak rempong lagi ya kalau pake kereta api karena dari membeli tiket hingga fasilitas yang disediakan serba praktis. Udah gitu pastinya gak perlu khawatir juga bakal telat

    ReplyDelete
  16. Belum pernah naik kereta langsung bandara nih mbak, dulu malah pernahnya waktu di narita. Jadi pengen juga sekali kali naik kereta ke bandara hihi

    ReplyDelete
  17. Belum pernah naik kereta bandara yang di Indonesia.
    Kalau pas ke Jepang dulu, salah satu transportasi yang sangat membantu.

    ReplyDelete
  18. Padahal kalo sedang di LN, aku prefer naik kereta tiap ke bandara. Tapi di Jakarta sendiri blm pernah nyobain. Masalahnya Krn stasiunnya jauh dari rumahku mba. Jadi artinya aku ttp harus pake kendaraan umum lain utk ke stasiun. Krn tiap traveling bawa koper, ya agak repot kalo hrs 2x gitu. Makanya prefer naik taxi atau diantar naik mobil sendiri. Di tambah rumahku Deket Ama tol bandara.

    Semoga aja stasiun ke bandara Soetta makin ditambah, dan semakin Deket rumah ku :D, jadi bisa ngerasain kapan2.

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)