Ingin Bisnis Anda Punya Daya Saing Tinggi? Ini Solusinya!

Sebuah perusahaan bisa terus bersaing, jika memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, memiliki keinginan terus bertumbuh, dan dapat memahami perkembangan zaman dengan cepat. Untuk itu, pelatihan-pelatihan pun harus dilakukan, tentunya menyesuaikan dengan kebutuhan setiap perusahaan. Apalagi, di era yang segalanya serba cepat, termasuk ilmu pengetahuan.


ruangkerja-by-ruangguru


Terlebih lagi, persaingan bisnis di segala bidang kini terasa semakin ketat. Untuk dapat mempertahankan keberlangsungan sebuah bisnis, perusahaan perlu memastikan bahwa SDM (Sumber Daya Manusia) yang dimiliki sudah bisa dikatakan baik kualitasnya.

Kenapa? Agar sebuah perusahaan dapat mengembangkan eksistensinya ke depan. Maka dari itu, pelatihan dan pengembangan SDM sangat krusial bagi kemajuan perusahaan.

Namun, pandemi Covid-19 menjadi hambatan untuk melakukan pelatihan-pelatihan SDM seperti yang biasanya dilakukan. Tidak diperbolehkannya interaksi secara langsung dan pengetatan untuk mengadakan acara yang mengundang kerumunan, menjadi salah satu kendalanya. Padahal, anggaran sudah disiapkan. 

Lantas bagaimana langkah yang tepat agar perusahaan tetap bisa mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan SDM? 

Pelatihan online adalah jawabannya. Didukung dengan teknologi yang semakin memudahkan setiap individu atau kelompok melakukan aktivitas meskipun tanpa bertemu secara langsung, pelatihan pun kini juga bisa dilakukan secara digital. 

Mungkin Anda pernah mendengar Learning Management System (LMS). Ya, LMS kini menjadi alternatif untuk melakukan kegiatan-kegiatan pembelajaran secara digital.  

Nah, salah satu LMS di Indonesia yang menyajikan jasa pelatihan online bagi SDM-SDM di berbagai perusahaan, dan sudah memiliki track record yang baik dalam menjawab kebutuhan pelatihan karyawan secara digital adalah ruangkerja by Ruangguru

Ruangkerja memahami beragam kebutuhan terkait proses pelatihan perusahaan di era modern. Berbagai fitur yang mendukung proses pelatihan membuat proses pelatihan yang sangat nyaman untuk karyawan.

Dengan menggunakan teknologi mobile learning, ruangkerja menawarkan sistem pembelajaran yang lebih fleksibel, dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja ketika karyawan benar-benar tidak sibuk bekerja.

Apakah efektif bagi karyawan? Bukankah jika pelatihan harus ada struktur yang jelas agar tidak ada poin-poin pembelajaran yang terlewat?

Kekhawatiran seperti itu ternyata juga sudah diantisipasi oleh ruangkerja. Dengan menggunakan sistem learning journey, karyawan akan belajar dengan gaya belajar yang terstruktur dan sistematis, sehingga tidak akan kebingungan harus mulai belajar dari mana dan sampai mana. Tentu sangat cocok digunakan oleh karyawan-karyawan yang sangat sibuk.

Kemudian terdapat fiur learning plan untuk karyawan. Fitur tersebut didesain untuk memudahkan perusahaan dalam menyusun kelas-kelas pelatihan karyawan secara terstruktur dan sistematis, sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan masing-masing karyawan. Jadi perusahaan tidak perlu khawatir, jika yang karyawan pelajari tidak sesuai kebutuhan.

Selain itu, untuk menghindari rasa bosan dan membingungkan, pada aplikasi ruangkerja, desain dibuat dengan baik, agar enak dilihat, mudah saat digunakan, dan tidak berbelit-belit ketika mengakses pelatihannya. Sehingga karyawan menjadi nyaman saat belajar.

Oh ya, ada hal menarik juga dari salah satu fitur yang diberikan oleh ruangkerja, yaitu fitur kolaborasi. Jadi, ruangkerja membuat forum diskusi, agar setiap peserta pelatihan mendapat kesempatan berkolaborasi dengan peserta pelatihan lainnya. Bahkan dapat bertanya langsung kepada para ahli terkait materi yang mereka pelajari. Sangat efektif dan efisien kan.

Kemudian ada leaderboard juga yang bisa memacu peserta pelatihan untuk mendapat nilai setinggi-tingginya, dan peringkat tersebut akan dilihat oleh pimpinannya. Maka, bukan tidak mungkin, karyawan-karyawan Anda semakin semangat untuk belajar. Setelah itu mereka akan dapat sertifikat.

LMS ruangkerja menawarkan kepada Anda solusi untuk pelatihan karyawan perusahaan yang fleksibel. Para peserta akan mendapatkan kemudahan dalam mengakses materi belajar dengan menggunakan beragam perangkat mulai dari handphone atau PC/laptop.


fitur-ruangkerja-by-ruangguru


Nah, salah satu bagian terpenting yang menjadi alasan mengapa ruangkerja dipercaya oleh banyak perusahaan menjadi mitra pelatihan online yaitu, ruangkerja memiliki fitur-fitur yang dapat memudahkan para administrator bahkan pimpinan dalam monitoring, menentukan kelas apa saja yang ingin diberikan, dan memberikan penilaian.

Kemudian, peserta dapat memperoleh poin yang bobotnya ditentukan langsung oleh perusahaan apabila peserta telah menyelesaikan modul pelatihan pada kelas perusahaan yang telah ditugaskan. Jadi, semuanya bisa dikontrol dengan baik tanpa khawatir pelatihan yang dilakukan berjalan tidak maksimal

Oke, secara teknis ruangkerja memang sangat efektif, begitu juga berdasarkan waktu sangat efisien untuk digunakan. Lalu bagaimana terkait harga? Apakah ruangkerja juga mampu menghemat anggaran perusahaan untuk pelatihan para karyawan? 

Jawabannya adalah IYA. Ruangkerja memiliki sistem Cloud-Based, sebuah investasi perusahaan agar lebih hemat. 

Subscription model melalui cloud ruangkerja, akan menghemat investasi perusahaan hingga milyaran rupiah dibandingkan membangun sistem sendiri. Waktu implementasi pun jauh lebih singkat dan hanya butuh 2 minggu saja untuk dapat go live. Dilengkapi SSL Security, konten dan data perusahaan juga akan aman terlindungi di cloud ruangkerja.

Jadi, tunggu apalagi? Inilah saatnya membantu para karyawan Anda untuk tumbuh, dengan begitu, rencana dan inovasi perusahaan untuk bergerak lebih maju dapat dilakukan dengan bersama-sama dan lebih mudah.

Dengan memercayakan proses pelatihan karyawan melalui ruangkerja, perusahaan Anda akan menghemat waktu, memangkas pengeluaran perusahaan, serta mempermudah monitoring pelatihan.


Post a Comment

22 Comments

  1. Karena pandemi, pelatihan pun harus online ya mba...
    Keren juga skrg ruang guru ada ruang kerjanya juga. Mantap

    ReplyDelete
  2. Iya nih
    Kemarin tuh diinfo soal ruangkerja ini
    Hanya saja saya masih harus selesaikan dulu kerjaan yang ada
    Nanti coba stalking lagi

    ReplyDelete
  3. Nah iya nih, Ruang Kerja bisa jadi solusi pelatihan karyawan perusahaan secara online ya apalagi by Ruang Guru.

    ReplyDelete
  4. Masih meraba-raba aku mbak bagaimana cara Ruang Kerja memahami pola kerja perusahaan yang karyawannya mengikuti kelas di sana. Apa disesuaikan dengan jobdesknya kali ya biar kerjanya terstruktur. Jadi penasaran..

    ReplyDelete
  5. wah ruang kerja by ruang guru ini beneran ngebantu banget ya mbak, karyawan bisa nambah ilmu, perusahaan bisa efisiensi juga

    ReplyDelete
  6. Wah bagus ya ada pelatihan karyawan oleh LMS ruang kerja. Sebagai karyawan tentunya akan senang bakalan dapat pengetahuan dan ilmu ya

    ReplyDelete
  7. Sekarang modelnya kolaborasi, ya. Perusahaan gak jalan sendiri-sendiri. Bagus juga jadinya bisa lebih menghemat. Apalagi kalau proses pelatihannya dipercayakan ke pihak yang recommmended

    ReplyDelete
  8. Bener banget mbak selama pandemi pelatihan SDM jadi terkendala ya soalnya gak bisa interaksi ketemu langsung. Tapi ada LMS pelatihan online buat SDM ruangkerja dari Ruanggu yang bisa dipakai untuk pelatihan karyawan.
    Ada kelas-kelasnya juga ternyata ya yang bisa dipakai karyawan sehingga bisa meningkatkan kompetensi juga.

    ReplyDelete
  9. Keren banget sih Ruangkerja dari ruangguru ini, paham betul apa masalah perusahaan di masa pandemi ini.

    Karena persaingan bisnis akan terus berjalan, meskipun dalam masa pandemi, di mana perusahaan sulit memberikan upgrade pada karyawannya :)

    ReplyDelete
  10. Jaman udah makin canggih begini kok ya mba, jadi ruangkerja milik ruangguru astaga kirain tadinya berdiri sendiri. Keren nih ada ruangkerja jadi tetap bisa memberikan pelatihan biar terus berkembang

    ReplyDelete
  11. Perusahaan nggak perlu repot2 bikin pelatihan sendiri utk karyawan-karyawannya ya mbaa, udah deh serahkan aja kepada ahlinya ya

    ReplyDelete
  12. Keren banget ruangguru ini. Nambah terus cakupan layanannya ya. Sekarang ada ruangkerja pula. Solusi pelatihan karyawan di masa pandemi.

    ReplyDelete
  13. dengan sistem seperti ini kapasitas SDM bisa lebih meningkat dong, pelatihannya pun juga bisa secara online ya, karyawan tetap bisa melakukan pelatihan meski tidak bertatap muka langsung dengan mentor ya, mantab banget deh ruangkerja by Ruangguru ini.

    ReplyDelete
  14. pandemi bukan alasan untuk tidak upgrade skill yaa. Pelatihan bisa tetap dilaksanakan via online

    ReplyDelete
  15. Belajar dimana dan kapan saja, asal platformnya tepat pasti efektif ya, jadi nambah nih referensi untuk belajar supaya punya daya saing lebih

    ReplyDelete
  16. Ini kyknya cocok buat perusahaan yang mau bikin training utk karyawannya ya mbak.
    Emang agak susah pas pandemi bikin pelatihan offline khawatir tertular, blm lagi kalau offlinenya dananya biasanya besar. Bisa nih memanfaatkan platform seperti ini.

    ReplyDelete
  17. Perusahaan bisa memanfaatkan ruangkerja ini untuk upgrade kemampuan karyawannya. Daripada membangun cloud server sendiri, mending bisa menggunakan ruangkerja saja ya mba.

    ReplyDelete
  18. Inovasi bagus nih dari ruang guru. Bagus buat yang mulai bisnis

    ReplyDelete
  19. Lengkap banget yah produk dari Ruangguru. Nggak cuma buat siswa tapi ada juga platformnya yang dikhususkan untuk perusahaan yang ingin meningkatkan daya saingnya dengan mengadakan pelatihan2 secara online. Sangat menarik nih karena di masa pandemi ini memang kegiatan pelatihan offline masih dihindari ya.. jadi ruangkerja ini sudah pasti bisa jadi solusinya apalagi fitur2nya juga lengkap

    ReplyDelete
  20. Wah, Ruang Guru punya Ruangkerja ya? Keren ini, bisa bantu untuk meningkatkan kompetensi para pekerja dan karyawan ya.

    ReplyDelete
  21. Aku baru tahu ada pelatihan karyawan oleh LMS ruang kerja, bagus ini di masa pandemi ya untuk menambah pengetahuan dan ilmu baru , upgrade diri istilahnya

    ReplyDelete
  22. Wuih, ada produk seperti ini juga ya di Ruangguru. Keren. Ini pastinya banyak yang perlu, mengingat di masa sekarang pelatihan kerja akan susah secara langsung. Nah dengan pelatihan online, semua bisa teratasi. Percaya deh, kalo dibuat Ruangguru mah gak main-main. Total dan profesional ya. Ada banyak fitur dan fasilitas yang akan memaksimalkan pelatihannya.

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)