Tutorial Membuat Pengikat Kabel (Cable Ties) Dari Perca, Mudah Banget, Semua Pasti Bisa

Tutorial membuat pengikat kabel (cable ties) dari kain perca yang sangat mudah ini untuk mengurangi perca yang makin menumpuk di rak jahit saya. Selain mesin jahit, teman-teman juga bisa menggunakan jahit tangan. Sebelumnya saya sudah pernah membuat tutorial yang hampir sama dengan nama cord keeper. Jika sebelumnya saya hanya remake dari pinterest dengan ukuran tertentu, maka untuk tutorial kali ini saya menggunakan gaya bebas sehingga teman-teman tidak perlu mengukur dan menghasilkan perca baru lagi.


tutorial pengikat kabel kain cable ties perca

Baca juga: DIY Membuat Pengikat Kabel Setrika (Cord Keeper)

Yang membuat saya malas memanfaatkan perca adalah memikirkan akan dibuat apa karena perca yang ada dalam ukuran yang bermacam-macam. Campur! Baru-baru inilah saya terpikir untuk memanfaatkannya sebagai pengikat kabel setelah mendapat pesanan serupa meski dengan ukuran tertentu. Membuatnya sangat mudah sehingga terbersit untuk memperbanyaknya tapi menggunakan perca seadanya, tanpa diukur. Pengikat kabel tersebut telah dijual di instagam dan shopee beyouprojects dengan harga hanya Rp 1.000,- untuk yang paling kecil. Sebagian lagi saya bagi-bagikan sebagai bonus ke pembeli dan sebagai gift untuk teman-teman. Lucu dan berguna!


KEGUNAAN PENGIKAT KABEL (CABLE TIES)

Pesanan yang pernah saya kerjakan adalah pengikat kabel untuk charger ponsel dan laptop. Saya harus mengukur dan membuat pola lebih dulu agar cukup untuk mengikat. Sedangkan yang saya perbanyak sebagai ready stock di beyouprojects lebih kecil lagi untuk kabel earphone. Kalau pas beruntung mendapat perca yang lebih besar, bisa untuk kabel charger ponsel.

Jadi prinsipnya, tutorial pengikat kabel kali ini manut ukuran percanya saja.


KAIN PERCA UNTUK MEMBUAT PENGIKAT KABEL

Sebagai contoh dalam video di youtube beyourselfwoman, saya menggunakan kain kanvas dan katun jepang. Kain kanvas yang saya jadikan outer tersebut merupakan sisa dari pembuatan boxy pouch. Agar alas pouch kotak, kita harus menggunting sambungan berbentuk kerucut di bagian bawah. Semakin besar ukuran pouchnya, semakin besar bagian kerucut yang terbuang. Teman-teman juga bisa menggunakan kain jenis lain misalnya katun, blacu dan sebagainya. Jika menjahit menggunakan tangan, kain kanvas memang agak menyusahkan karena tebal dan kasar.

Untuk bagian inner, saya menggunakan kain katun jepang sisan membuat masker. Bentuk masker yang melengkung atau oval membuatnya menyisakan banyak perca. Teman-teman bisa menggunakan kain lain juga. Bahkan jika kain outer dan inner sama pun tak apa-apa. Saya sering pula menggunakan kain spunbun. Itu loh, yang sering dipakai sebagai bahan tas goodie bag.

Baca: Ide Menyamarkan Kabel Listrik di Tembok

BAHAN UNTUK MEMBUAT PENGIKAT KABEL

1. Kain untuk outer.
2. Kain untuk inner dengan ukuran sama dengan outer.
3. Velcro. Bagian yang halus 2x panjang yang kasar agar pengikat bisa diatur maju mundur menjadi lebih ketat atau lebih longgar.
4. Alat jahit

TUTORIAL CARA MEMBUAT PENGIKAT KABEL (CABLE TIES)

1. Ambil bahan outer, lalu bentuk persegi panjang dengan merapikan pinggirannya menggunakan gunting.
2. Tempelkan bahan outer yang telah dirapikan ke atas bahan inner. Permukaan kain yang bagus saling berhadapan. Sematkan jarum pentul agar tidak bergerak.
3. Gunting bahan inner mengikuti bentuk bahan outer.
4. Jahit keliling (bentuk U) dengan menyisakan salah satu sisi tidak dijahit untuk jalan membalik kain. Bagian kain yang buruk di luar, ya. Jarak jahitan dari tepi kain 1/2 - 1 cm tergantung karakter kain. Untuk kain kanvas saya ambil aman saja, yaitu 1cm karena seratnya renggang sehingga gampang brodol (terurai).
5. Gunting bagian siku yang dijahit agar tidak ada gundukan ketika dibalik nanti. Gunting cacah juga samping kanan kirinya. 
6. Balik kain sehingga bagian kain yang bagus berada di luar. Gunakan pensil untuk membantu merapikan semua pojokan.
7. Tekuk bagian yang tidak dijahit ke dalam lalu sematkan jarum pentul.
8. Jahit tindas keliling.
9. Pasang velcro yang permukaannya halus di atas outer, yang permukaannya kasar di atas inner. Posisi keduanya di ujung yang berbeda.
10. Selesai!

VIDEO TUTORIAL CARA MEMBUAT PENGIKAT KABEL (CABLE TIES)

Jika teman-teman lebih nyaman menyimak tutorial dalam bentuk video, jangan khawatir! Sudah saya upload videonya di channel youtube beyourselfwoman. Jangan lupa subscribe ya, biar saya makin semangat bikin tutorial baru. Untuk video tutorial kali tidak saya percepat dan hanya ada satu kali skip saja. Semoga tidak bosan menyimaknya. Ada yang suka video yang berisi prinsip-prinsipnya saja, ada yang senang dengan tutorial yang sangat detil. Saya mencoba adil dengan keduanya. Begitu juga dengan subtitle untuk teman-teman difable, mohon maaf jika sering tidak lengkap karena saya mengedit menggunakan ponsel. Menulis subtitle lengkap dengan jokes garing saya tentu sangat sulit. 

Selamat mencoba! Semoga Bermanfaat! 

Post a Comment

0 Comments