Tips Tampil Profesional dengan Setelan Jas

Setelan jas menjadi pakaian formal wajib yang harus dimiliki oleh pria, tak terkecuali di Indonesia. Sekalipun setelan jas pada mulanya bukan pakaian adat asli Indonesia, kini semua momen penting memerlukan jas sebagai pakaian resmi yang tidak tergantikan. Jika dibuat sebuah grade untuk merangking formalitas pakaian pria, dibandingkan batik, jas masih yang paling unggul. Model setelan ini masuk ke Indonesia sejak masa penjajahan eropa dan perlahan-lahan diperkenalkan kepada rakyat pribumi selama bertahun-tahun hingga sekarang.


jenis-jenis setelan jas

Untuk seorang pria, setelan jas dapat menambah kadar kepercayaan diri sebab ada semacam paradigma bahwa siapapun yang mengenakan jas akan terlihat lebih tampan dan keren beberapa derajat lebih tinggi dari biasanya. Benar atau tidaknya pemikiran itu, tergantung pada masing-masing orang, namun yang pasti bahwa setelan jas adalah pakaian wajib untuk tampil lebih profesional.

Nah, untuk Anda yang ingin terlihat profesional secara maksimal, dan juga lebih tampan dengan setelan jas, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat Anda pertimbangkan dan coba!


Pilih model jas sesuai dengan acara

Setelan jas tidak hanya satu model saja. Ada jenis tuxedo, single breasted, double breasted, mandarin suits dan juga blazer. Jenis-jenis setelan jas ini semuanya cocok dipakai untuk acara formal karena potongan dan model jasnya yang memang dibuat untuk kegiatan resmi. Meskipun demikian, kita tidak bisa asal memilih tanpa pertimbangan yang pasti model mana yang paling sesuai untuk kita. Setiap jenis jas diciptakan untuk cocok pada acara-acara tertentu, begitu pula dengan kadar formalitasnya, setiap model jas memiliki kelas yang berbeda-beda. Pilihlah jenis jas yang sesuai dengan acara yang akan dihadiri. Contohnya pada pertemuan penting dengan para pemegang saham, maka lebih cocok memakai jas single atau double breasted daripada tuxedo dan mandarin.


Semakin tinggi jam terbang penjahit, semakin berkualitas hasil jasnya

Untuk mendapatkan setelan jas yang menawan dan profesional, kita tidak cukup modal kain yang mahal saja, namun juga harus menemukan penjahit yang profesional yang memiliki jam terbang tinggi. Setelan jas memiliki tingkat kesulitan pembuatan yang sangat berbeda dibanding pakaian biasa. Setelan jas menuntut bentuk yang indah, fit di tubuh namun tidak terlalu ketat dan tetap memberikan fleksibilitas gerak. Untuk mendapatkan itu semua, kita membutuhkan penjahit dengan keterampilan tinggi dan penjahit yang demikian hanya bisa dilakukan oleh mereka yang sudah memiliki banyak pengalaman.


setelan jas profesional

Jas berwarna gelap untuk tampil lebih formal dan menawan

Untuk acara-acara formal, jas berwarna hitam dan abu tua lebih cocok dibanding jas-jas berwarna terang. Jas berwarna gelap dinilai memiliki kadar formalitas yang lebih tinggi. Tidak hanya itu, setelan jas berwarna gelap memberikan kesan bentuk tubuh yang lebih slim namun tetap proporsional sesuai keadaan.


Pilihlah bahan jas terbaik seperti kain Tradero

Yang tidak kalah penting untuk mendapatkan penampilan jas terbaik adalah memilih bahan jas yang tepat. Salah satu bahan setelan jas yang banyak direkomendasikan dan terbukti hasilnya menawan adalah kain tradero. Jenis kain ini memiliki handfeel yang lembut, mirip seperti ketika kita membelai kain wol. Serat-serat benangnya ditenun dengan kuat sehingga kain lebih awet dan memiliki daya elastisitas yang sempurna untuk sebuah setelan jas. Tidak hanya itu, setelan jas yang nyaman dipakai adalah yang tetap sejuk dan tidak membuat gerah. Kain Tradero memiliki karakteristik breathable yang bagus sehingga panas tubuh pemakai dapat disalurkan keluar. Jas dapat dipakai nyaman sepanjang hari.


Post a Comment

0 Comments