Berbagi Kiat Sukses Bisnis Online UKM

Sewaktu akan membuat akun toko online di Shopee untuk beyouprojects, saya meminta saran dari beberapa teman yang lebih dulu terjun di platform e-commerce. Salah satunya Lina, teman blogger dan pemilik UKM dari Cilacap. Beliau ini sukses berjalan sarung batik instan untuk anak-anak secara online, lalu merambah ke produk lain. Pengusaha UKM Cilacap memang tangguh. Maka tak heran jika JNE mengawali program Goll..Aborasi Bisnis Online 2022 dari Cilacap.


produk ukm
Produk beyouprojects kami.


PERKEMBANGAN UKM


Saat ini, memiliki usaha bisa dengan berbagai jalan, tak harus buka toko dan punya banyak stok. Skala usaha kecil menengah atau UKM bisa dimulai dari individu dengan produk yang paling dekat dengan kehidupan kita. 

Saya punya banyak teman perempuan, terutama para ibu, yang memulai usaha dari rumah dengan pasar sesama para ibu. Mereka punya keluwesan untuk mengemas jualan dengan pembawaan yang akrab dan hangat. Tak terasa, konsumen mereka semakin banyak. Perempuan jaman sekarang juga tidak gagap dengan teknologi. Mereka piawai menggunakan berbagai aplikasi seperti snapseed, canva dan sebagainya untuk menyajikan produk mereka secara online. 

UKM dalam skala sangat kecil tersebut terbukti menjadi penolong ketika Indonesia menghadapi pandemi. Ketika para pencari nafkah utama keluarga mengalami PHK, mereka tampil menggantikan peran tersebut. Karena waktu itu kita diharuskan banyak di rumah, para bapak juga turun tangan membantu usaha para ibu.


GOLL..ABORASI BISNIS ONLINE 2022


Ketika masyarakat Indonesia mulai bisa beradaptasi dengan pandemi, maka sudah saatnya bagi UKM untuk semakin maju. Sayang kan jika usaha yang sudah dirintis dengan susah payah tidak dikembangkan? Cara untuk memajukan usaha itu bermacam-macam. Salah satunya menggali pengalaman pengusaha lain yang lebih dulu sukses di bidang yang ingin kita pelajari.

JNE mewadahi para pengusaha UKM yang ingin tumbuh bersama-sama menuju bisnis 5.0 melalui Goll..Aborasi Bisnis Online 2022 dengan tema JNE Ngajak Online 2022. Meski berawal dari Cilacap, wadah ini bisa diikuti dari mana saja karena diselenggarakan secara online. Nantinya,akan tampil bergilirian pengusaha dari 59 kota di Indonesia. Teman-teman bisa memilih sesuai lokasi usaha agar ilmu yang didapat lebih mengena.


goll aborasi bisnis online 2022


Mengawali Goll..Aborasi Bisnis Online 2022 ini, tampil Sugeng Paijo sebagai Direktur Teman Kreasi Cilacap dan Owner Jajanan Mamake, serta Arif Hermawan sebagai Owner Workshop Ableh 47 Custom (AK47 Project). Mereka membagikan pengalaman selama menjadi pengusaha UKM.


KIAT SUKSES BISNIS ONLINE


1. Edukasi Produk

Sugeng Paijo yang berusaha di bidang kuliner menyampaikan bahwa menyajikan foto produk itu memang penting. Tapi edukasi produk juga sama pentingnya. Konsumen harus diberi pengetahuan yang cukup tentang produk yang akan dijual agar konsumen merasa harus membelinya. Misalnya tentang manfaat produk tersebut atau bagaimana produk tersebut telah membantu mensejahterakan para petani.

2. Diferensiasi Produk

Sugeng Paijo juga menyarankan untuk tidak terpaku pada produk utama. Cobalah mengembangkan ke banyak pilihan. Misal yang dijual adalah produk snack, teman-teman bisa menambah varian topping keju, isian boba dan sebagainya.

3. Kemasan Yang menarik

Terakhir Sugeng Paijo menyarankan untuk membuat kemasan yang lain dari lain agar produk kita menonjol dan mudah dikenali. Beliau menegaskan, meski dalam bisnis makanan yang terpenting adalah rasa tapi kemasan juga menentukan. Bukankah sebelum merasakan produknya, konsumen melihat kemasannya dulu?

4. Bergabung Dengan Ekosistem UKM

Sedangkan Arif Hermawan yang bergerak di bidang kriya menginginkan adanya ekosistem UKM kriya agar para perajin di Cilacap bisa saling membantu. Beliau berharap, perajin yang menganggur bisa mendapat pelatihan agar karyanya lebih menarik dan dilirik konsumen. Perajin yang sudah berhasil mandiri sebagai pengusaha UKM diharapkan akan merekrut perajin lain yang masih menganggur. Jadi dalam ekosistem ini para perajin akan saling tolong menolong.

5. Menguasai Digital Marketing Tools

Dalam acara tersebut JNE menyediakan pelatihan pembuatan instagram ads, facebook ads dan berbagai konten digital agar produk UKM bisa disajikan lebih menarik dan luas melalui media sosial.

Banyak yang bilang menjadi pengusaha UKM itu enak, kerja santai dan modal sedikit. Disitulah jebakannya! Menggaet konsumen itu perlu ilmu dan pengalaman. Jika tak serius, maka hanya membuang-buang waktu, tenang dan uang meski sedikit. Menjadi pengusaha UKM juga perlu kolaborasi dan wadah berbagi. Event semacam Goll..Aborasi Bisnis Online 2022 yang merupakan kolaborasi antara JNE dan para pengusaha UKM ini memberikan kesempatan kepada para pengusaha UKM itu sendiri untuk menambah ilmu, jejaring dan pengalaman. 

Post a Comment

15 Comments

  1. Lucu-lucu pouchnya. Emang nih JNE yaa, bisnisnya langgeng karena dia terus berinovasi dan mendukung UMKM juga maju bersama. Kebanggaan Indonesia banget!

    ReplyDelete
  2. Dunia Maya bisa memperlancar rezeki apalagi kalau pakai jne. Amanah barang sampai

    ReplyDelete
  3. KIat2nya emang mantul banget ya MakLus, terutama di jaman sekarang yang wajib menguasai digital marketing sesuai dengan kebutuhannya akan makin meningkatkan penjualan di onlen.
    SAlut sama JNE dengan programnya yang Ngajak Online,apalagi dimulai dari Cilacap yang memang banyak juga UKM2 yang memang sukses.

    ReplyDelete
  4. aku sangat salut dengan mbak yang sangat fokus dalam berbisnis beyouprojects ini, aku melihat dari hari ke hari semakin keren

    ReplyDelete
  5. Dalam berbisnis online harus menerapkan kiat2 diatas ya mbak supaya tetap survive meski di masa pandemi. Bersyukurnya ada JNE yang selalu support UKM, sehingga para owner UKM pun siap bangkit dan terus berinovasi dalam menciptakan produknya.

    ReplyDelete
  6. Kemasan yang menarik saya sangat setuju banget. Saya pun ingin belajar banyak nih tentang packaging. Meski ga jualan, tapi ilmunya bermanfaat sekali itu

    ReplyDelete
  7. rasanya di jaman sekarang digital marketing sudah menjadi pack and parcels ya mba, bagian penting dalam usaha bisnis yang dijalani. Potensinya memang besar dan karenanya perlu kita dalami dengan baik

    ReplyDelete
  8. Aku dari dulu selalu pakai JNE karena dekat juga puas sih dengan kinerjanya apalagi sekarang semakin peduli ke UKM makin suka...

    ReplyDelete
  9. Aku selalu kagum sama yang kreatif dan punya bisnis UMKM, pengen terjun juga tapi msh bingung mau bikin produk apa hehe
    JNE sering ya mbak bikin webinar2 gini utk kasi kiat2 tentang penjualan secara online, semoga sukses semuany :D

    ReplyDelete
  10. Ih, kepengen banget deh aku bisa berbisnis online. Tapinya aduh, kebanyakan alesan. Masih aja stuck di penentuan produk yang mau aku jual. Huhuhu. Kudu belajar nih dari Mak Lusi. Dicatat ah kiat suksesnya.

    ReplyDelete
  11. seneng kalau lihat para umkm ini saling bantu dan dukung.. apalagi didukung juga sama logistik asli Indonesia yaitu JNE. jadi makin optimis bahwa UMKM bisa bertahan bersaing ama produk2 asing

    ReplyDelete
  12. Jadi pebisnis itu pasti berat ya mba, semua-semua kan ditanggung sendiri. Merintisnya pasti bukan jalan yang mudah. Orang lihat enaknya karena sudah berhasil, tidak tau di belakang itu harus berdarah-darah dulu.

    ReplyDelete
  13. Keren mba. Semoga bisnis UKMnya makin solid dan sukses ya.

    ReplyDelete
  14. Dengan melihat peluang apalagi kini masanya digital marketing, berkolaborasi adalah salah satu tips jitu untuk para UKM saat memasarkan produknya. Semoga semakin seru berbagi ilmu bersama JNE dan para pengusaha UKM di Indonesia yang telah sukses.

    ReplyDelete
  15. Menurutku malah pejuang UKM itu malah yang paling berat karena dimulai dari 0. Gimana caranya bisa ngenalin produk ke khalayak sehingga layak untuk dibeli, dan marketing-in lagi ke luar. Maka itu produk UKM biasanya lebih mahal karena memang semua dikerjakan manual dan sendiri. Salut sama JNE yang perhatian sekali dengan para pengusaha UKM.

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)