Seperti Apa Sosok Yang Masuk Daftar 50 CEO Terbaik di Indonesia 2022?

Apakah wishlist masuk dalam daftar CEO terbaik di Indonesia termasuk halu? Selama beberapa hari kemarin trending tentang wishlist public figure muda yang dianggap halu. Untuk menjadi CEO (Chief Executive Officer) itu sebenarnya mudah saja, yaitu dengan mendirikan perusahaan sendiri. Heheee. Tapi untuk menjadi CEO di sebuah perusahaan besar, apalagi sampai mendapat penghargaan bergengsi, tentu lain ceritanya.  Baru-baru ini diumumkan nama-nama yang masuk dalam 50 Indonesia Best CEO 2022 Awards. Salah satunya adalah Presiden Direktur JNE. Seperti apakah sosoknya sehingga bisa terpilih dalam jajaran CEO terbaik di Indonesia?


JNE Connecting Happiness

Peran CEO


Saya bisa kok menyebut diri CEO hihiii. Tinggal bikin kartu nama beyouprojects, usaha craft yang saya kerjakan sendiri, lalu membubuhkan jabatan CEO di bawah nama saya. Tapi perjalanan untuk menjadi CEO di sebuah perusahaan besar itu sudah pasti tidak mudah. Setelah menjadi CEO, tanggung jawabnya semakin besar. Bahkan meski perusahaan tersebut adalah milik orangtua, tanggung jawab yang sangat besar tetap melekat.

Di dalam perusahaan, seorang CEO harus bisa mengambil keputusan yang bijaksana, memiliki visi yang maju, punya inovasi strategis dan mampu mengembangkan potensi perusahaan. Seorang CEO perusahaan besar memang lebih banyak terlibat dalam keputusan-keputusan yang paling menentukan perusahaan daripada kegiatan operasional sehari-hari, tapi kehadirannya harus mampu membangun motivasi sampai ke level terendah karyawan. 

Di luar perusahaan, seorang CEO adalah representasi perusahaan yang dipimpinnya. Dia harus mampu mewakili apa yang ingin perusahaan tawarkan kepada konsumen dan apa yang ingin perusahaan berikan kepada masyarakat. Dia harus memiliki skill komunikasi yang baik.

Untuk peran CEO yang sebesar itu dibutuhkan sosok yang benar-benar kompeten, baik berasal dari pengalaman yang terasah, maupun dari keahlian yang teruji.


CEO JNE


JNE adalah perusahaan pengiriman barang dan pengurusan logistik terbesar di Indonesia. Layanan JNE meliputi kurir ekspres, cargo, pergudangan, penjemputan di bandara hingga pengiriman uang. Untuk mempercepat pelayanan di lebih dari 8000 titik pelayanan, JNE telah menggunakan teknologi terkini, antara lain E-Fulfillment (Warehouse Management System yang terintegrasi) dan Mega Hub yang menggunakan Automatic Sorting Center and Gateway System.

Dengan melihat besarnya skala usaha JNE, pastilah dipimpin oleh seorang yang sangat handal dan cepat mengantisipasi perkembangan dunia logistik yang luar biasa, terutama dari e-commerce. Terlebih pada saat pandemi, masyarakat banyak bergantung pada pembelian online.


50 indonesia best ceo 2022


M. Feriadi Soeprapto adalah figur yang dipercaya untuk memimpin sekitar 50 ribu karyawan JNE. Beliau tidak tiba-tiba menjadi Presiden Direktur. Beliau membekali diri dengan pengalaman yang terasah di bidang penjualan dan pemasaran yang berhadapan langsung dengan konsumen. Pengetahuan tentang apa yang diinginkan konsumen tersebut digunakan untuk menyesuaikan model layanan JNE.

Saya sudah menjadi pelanggan JNE kurang lebih 15 tahun. Selama itu usaha imut saya sudah beberapa kali ganti, tapi tetap mengandalkan kurir JNE. Karena itu saya bisa merasakan perubahan nyata dari layanan JNE. Dahulu, hujan angin diterjang naik motor agar pengiriman pesanan tidak tertunda keesokan harinya. Sekarang meski sudah punya mobil, tapi jika kondisi fisik tidak memungkinkan, bisa menghubungi agen JNE terdekat untuk minta pick up. Semudah itu!

Feriadi memegang prinsip berbagi, memberi dan menyantuni. Di luar kegiatan operasional perusahaan, beliau ingin memberikan manfaat dari keberadaan JNE untuk masyarakat yang lebih luas. Salah satu yang dilakukannya adalah mendukung berbagai kegiatan untuk memajukan UKM.

Jadi buat teman-teman yang bercita-cita menjadi CEO perusahaan besar, baik skala nasional maupun internasional, itu bukanlah sebuah khayalan jika dibarengi dengan kerja keras dan kemauan belajar dimulai dari tingkat paling bawah. Selain itu, teman-teman juga perlu mempertajam empati agar bisa menangkap apa yang diperlukan oleh masyarakat sekitar agar ada keseimbangan, tidak hanya mengejar omzet.


50 Indonesia Best CEO 2022 Awards


Sebuah award jika diberikan oleh lembaga yang terpercaya, berarti ada dedikasi tiada henti dari si penerima dibalik penghargaan tersebut. The Iconomics Research memilih 50 CEO terbaik se Indonesia melalui survei online terhadap hampir 8.000 responden. Para CEO dinilai melalui indikator popularity, compentency, crisis leadership dan personality. Indikator tersebut kurang lebih sama dengan kualitas CEO JNE di atas. Jadi, enggak heran jika M. Feriadi Soeprapto sebagai Presiden Direktur JNE terpilih sebagai penerima 50 Indonesia Best CEO 2022 Awards untuk “Employee’s  Choice” Courrier Category.

Pencapaian Feriadi tersebut tentu tak mudah karena penilaian dilakukan di masa pandemi ketika banyak perusahaan bangkrut. Terlebih penilaian didasarkan pada apresiasi karyawan terhadap kebijakannya menghadapi pandemi itu. Beliau harus mampu mempertahakan kepercayaan diri karyawan untuk  melalui masa-masa sulit itu dalam semangat Connecting Happiness. Penilaian seperti ini mengingatkan kita bahwa perusahaan bisa melewati segala kesulitan hanya jika pimpinan bisa melakukan inovasi yang didukung oleh optimisme karyawan. 

Jika teman-teman sedang merintis karir di level paling bawah, rajin-rajinlah bekerja dan menyerap ilmunya karena akan selalu berguna di semua level. Jika teman-teman sudah menjadi CEO bagi usaha sendiri, semoga bisa mengambil pelajaran dari kesuksesan Feriadi.  

Post a Comment

14 Comments

  1. Baru tahu kalau ada Indonesia Best CEO Awards setelah baca postingan ini. Aku juga kalau belanja online pakai jasa pengiriman JNE.

    ReplyDelete
  2. keren nih CEO JNE, semoga award ini jadi penyemangat untuk meningkatkan pelayanan JNE yaa.. dan bisa terus menggandeng UMKM biar bangkit bareng

    ReplyDelete
  3. keren emang bapak Feriadi bos JNE ini. Aku baca banyak cerita tentang beliau isinya seputar betapa humblenya beliau, betapa dermawannya beliau, dan dia tetap bisa mempertahankan JNE di antara persaingan perusahaan serupa yang mulai banyak bertumbangan. Itu keren sih

    ReplyDelete
  4. Salut dengan kerja keras Bapak Feriadi ini. Mulai dari bawahan hingga akhirnya menjadi pimpinan JNE, selalu mengadakan pendekatan dengan masyarakat dan anak buahnya. Apa yang diinginkan bawahannya selalu didengarkan. Beliau sosok yang mengayomi. Wajar saja bila anak buahnya menaruh hormat padanya bahkan sampai berada di puncak karir meraih penghargaan bergengsi. Salut dan patut ditiru nih oleh siapapun yang tengah merintis usaha.

    ReplyDelete
  5. waa keren banget ini CEO JNE yaaa, semoga JNE bisa selalu membantu para pecinta belanja online kaya aku niih, terutama di tanggal kembar hehehe

    ReplyDelete
  6. Suka sama prinsip berbaginya Pak Feriadi dan juga pesannya utk meningkatkan empati, nggak fokus ke cuan dan cuan lagi.

    ReplyDelete
  7. Bapak M. Feriadi memang pantas untuk mendapatkan penghargaan ini ya, mbak. Karena dapat mempertahankan kinerja JNE walau ditengah pandemi. Tentu saja ini berkat kerja sama team yang baik juga 😍

    ReplyDelete
  8. Mantap soul si ini. Baru tau ada award ini ternyata. Memang banyak hikmah dan tauladan yg bisa diambil ya dari beliau.

    ReplyDelete
  9. Asyeekk CEO Beyourproject :D
    CEO perusahaan emang perannya sangat penting ya mbak krn berkaitan dengan pengambilan keputusan . Keren sekali CEO JNE terpilih jd best CEO, semoga makin membawa kebaikan buat perusahaan dan karyawannya.

    ReplyDelete
  10. Untuk perusahaan sebesar JNE, tentunya sangat dibutuhkan perannya dan kontribusinya ya mba. Dan terbukti ini berhasil. JNE jadi makin sukses

    ReplyDelete
  11. Peran CEO dalam sebuah perusahaan memang sangat besar ya..
    dan Selamat dan sukses untuk Bapak M. Feriadi Soeprapto sebagai 50 Indonesia Best CEO 2022 Awards untuk “Employee’s  Choice” Courrier Category.

    ReplyDelete
  12. congratulations to all the candidates of the CEO awards.. sosok yang luar biasa dan pastinya penuh dengan inspirasi

    ReplyDelete
  13. way to go Pak! Menjadi CEO itu tanggung jawabnya besar dan tidak main - main ya mba .. kereen dan bisa jadi panutan

    ReplyDelete
  14. Dilihat dari perusahaannya yang sangat berkembang pesat maka sudah pasti CEO nya sangat berpengaruh dan memberikan semangat yang lebih kepada anggota dalam organisasi. Keren CEO JNE ini.

    ReplyDelete

Dear friends, thank you for your comments. They will be appeared soon after approval.

Emoji
(y)
:)
:(
hihi
:-)
:D
=D
:-d
;(
;-(
@-)
:P
:o
:>)
(o)
:p
(p)
:-s
(m)
8-)
:-t
:-b
b-(
:-#
=p~
x-)
(k)